6 Tips Jualan Es di Musim Hujan Supaya Tetap Laku

Tips Jualan Es di Musim Hujan – Prospek jualan es di musim hujan seringkali dianggap sebelah mata karena kemungkinan mendapatkan untung sangat minim dan malah memperoleh rugi lebih besar.

Hal inilah yang membuat sebagian orang memilih mengesampingkan usaha ini bila musim hujan telah tiba.

Nah, lalu bagaimana cara supaya bisnis es tetap bisa berjalan dengan minimal resiko kerugian pada musim hujan? Simak dibawah ulasannya: 

Tips Jualan Es ketika Musim Hujan Agar Tetap Laku

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu agar tetap bisa survive berjualan es meskipun di kala musim hujan tiba:

1. Promosi Melalui Media Sosial 

Melakukan promosi melalui media sosial bisa jadi solusi. Lakukan promosi yang menarik pada media sosial sehingga customer akan tertarik untuk membeli es.

Instagram, Facebook atau mungkin Whatsapp adalah aplikasi yang cukup populer untuk melakukan promosi seperti ini. 

Mengunggah video atau mungkin gambar yang menarik tentang produk es yang dijual tentu bisa menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat. Apalagi bila ada logo atau mungkin jargon yang bisa dijadikan ide untuk lebih mengenalkan es yang tengah dijual.

2. Lakukan Sistem Pre Order 

Salah satu langkah yang bisa dipilih untuk tetap mendapatkan omset dari jualan es di musim hujan adalah menyediakan sistem pre order.

Pelaku bisnis bisa melakukan promosi melalui media sosial tentang pre order produk es yang dijual. Tentukan batas waktu pemesanan setiap harinya dengan promosi yang menarik. 

3. Tentukan Waktu untuk Berjualan 

Solusi lain yang bisa dilakukan untuk tetap mendapatkan omset di musim hujan adalah memperhatikan waktu-waktu tertentu untuk berjualan.

Hujan memang bukan suatu hal yang bisa diprediksi namun, penjual tetap bisa memperhatikan waktu-waktu tertentu saat hujan akan turun. 

Apabila biasanya hujan turun pada sore hari maka, akan lebih baik bila memilih waktu berjualan dari pagi hari hingga siang. Nah, menghindari jam malam untuk berjualan es juga satu pilihan yang tepat.

Hal ini karena udara pada malam hari memiliki suhu yang lebih dingin sehingga kebanyakan orang akan lebih memilih membeli minuman hangat seperti wedang ronde daripada es. 

4. Memberikan Diskon 

Memberikan diskon pada hari-hari tertentu juga bisa jadi solusi untuk membuat jualan es tetap bertahan. Tentunya diskon ini tetap harus dalam perhitungan yang tepat supaya antara omset serta pengeluaran tidak minus.

Diskon merupakan salah satu jenis manajemen promosi yang cukup ampuh untuk menarik pembeli 

5. Kurangi Jumlah Produksi 

Mengurangi jumlah bahan atau mungkin produksi es juga bisa dijadikan salah satu cara untuk dapat membuat jualan es di saat musim hujan tetap berjalan. Pengurangan jumlah dagangan seperti ini merupakan satu bentuk antisipasi bila jualan es tidak terlalu laku karena musim hujan. 

Tentunya dengan jumlah dagangan yang dikurangi maka, kemungkinan kerugian yang akan diperoleh juga akan lebih kecil bila dibandingkan dengan jumlah normal. 

6. Buat Menu Paket 

Nah, menu paket bisa jadi solusi selanjutnya untuk tetap membuat jualan es laku di musim hujan. Menawarkan menu makanan atau mungkin cemilan dengan harga satu paket dengan es tentu akan lebih menarik bagi pembeli. 

Menu paket ini bisa ditawarkan dengan kemasan yang menarik dan nama yang unik. Hal seperti ini tentunya akan membuat pembeli merasa tertarik untuk mencoba.

Membandrol menu dengan harga yang miring juga bisa dilakukan. Perkirakan porsi yang tepat antara pengeluaran dalam pembuatan es dan menu makanan dengan harga jual. 

Nah, keenam hal di atas adalah beberapa dari sekian banyak solusi yang bisa membuat jualan es di musim hujan tetap laku terjual. Tentunya dengan perhitungan produksi es dan cara promosi yang tepat maka, es yang dijual juga akan tetap laku meskipun dalam jumlah yang tidak sebanyak musim kemarau. 

Tinggalkan komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.