Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Alat Musik Kalimantan Utara

2 min read

alat-musik-tradisional-kalimantan-utara

Alat musik Kalimantan Utara – Kalimantan Utara atau yang biasa disingkat dengan Kaltara merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak dibagian utara Pulau Kalimantan.

Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yaitu Negara bagian Sabah dan Sarawak.

Selain memiliki makanan khas dan rumah adat yang terkenal, Kalimantan Utara juga memiliki beberapa alat musik yang sangat layak untuk kita pelajari dan lestarikan.

Nah, jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai alat musik Kalimantan Barat dan alat musik Kalimantan Timur, berikut ini adalah pembahasan lengkap mengenai alat musik khas Kalimantan Utara yang dapat kalian pelajari dan jadikan sebagai referensi.

Daftar Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Kalimantan Utara memiliki beberapa macam alat musik, yang diantaranya adalah alat musik babun, alat musik gambang, alat musik rebab, dan alat musik jatung utang.

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai daftar alat musik tersebut:

1. Alat Musik Babun

alat-musik-babun
source: awalludinmiskam.blogspot.com

Babun merupakan alat musik yang terbuat dari bahan dasar kayu, yang kemudian dilapisi dengan kulit binatang (sapi, kerbau, ataupun kambing) pada kedua sisinya.

Jika di Jawa alat musik ini hampir sama dengan alat musik Gendang.

Adapun bentuk dan cara memainkan alat musik Babun yaitu tidak jauh berbeda dengan alat musik Gendang pada umumnya.

Alat musik ini biasa digunakan oleh masyarakat Kalimantan Utara pada saat acara-acara adat ataupun untuk mengiringi tarian tradisional Kalimantan Utara.

Sedangkan teknik yang digunakan untuk bermain Babun yaitu disesuaikan dengan kondisi atau keadaan pemainnya, dan juga tergantung pada acara yang sedang berlangsung.

2. Alat Musik Gambang

alat-musik-gambang
source: dictio.id

Gambang merupakan salah satu alat musik pukul yang dibuat dengan menggunakan bahan bambu serta lempengan-lempengan kayu, dan logam.

Alat musik ini memiliki bentuk seperti miniatur perahu, yang dimana pada bagian atasnya tersusun lempengan-lempengan logam mulai dari yang kecil hingga besar.

Alat musik Gambang dapat dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus, yang bagian ujung pemukulnya dibalut dengan menggunakan kain. Hal tersebut bertujuan agar suara yang dihasilkan lembut dan syahdu.

Gambang memiliki beberapa tangga nada, diantaranya yaitu Mayor, Minor, dan Greogorian.

Pada bunyi nada yang rendah berasal dari bilah yang lebar dan panjang, yang bagian tengahnya telah ditipiskan. Sedangkan pada nada tinggi dihasilkan dari bilah yang kecil, serta bagian tengahnya tebal.

Umumnya alat musik ini digunakan sebagai hiburan ataupun untuk mengiringi acara-acara adat di Kalimantan Utara.

3. Alat Musik Rebab

alat-musik-rebab
source: bobo.grid.id

Rebab merupakan salah satu alat musik tradisional yang banyak tersebar pada beberapa wilayah di Nusantara.

Alat musik ini adalah bagian dari pengaruh budaya Asia Timur di negara Indonesia.

Alat musik ini dapat dibilang memiliki bentuk yang unik, cara memainkannya yaitu dengan digesek sebagaimana memainkan alat musik biola.

Umumnya alat musik ini digunakan oleh masyarakat Kalimantan Utara sebagai pengiring pada acara-acara adat ataupun pertunjukan musik daerah.

4. Alat Musik Jatung Utang

alat-musik-jatung-utang
source: dictio.id

Jatung Utang merupakan salah satu alat musik yang hampir seluruh provinsi di Kalimantan menjadikannya sebagai alat musik khas.

Alat musik ini berasal dari daerah suku Dayak Kenyah yang mendiami beberapa wilayah di pulau Kalimantan, salah satunya yaitu Kalimatan Utara.

Jatung Utang termasuk kedalam golangan alat musik Xilofon yang terdiri dari 9 hingg 13 potongan kayu kecil.

Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan 2 batang kayu. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat alat musik Jatung Utang yaitu kayu kapit dan kayu temaha.

Umumnya alat musik ini digunakan oleh masyarakat Kalimantan Utara sebagai sarana hiburan pada saat sedang diladang.

5. Alat Musik Sluding

alat-musik-sluding
source: alattradisionalkhaskaltim.blogspot.com

Sluding merupakan alat musik yang terbuat dari 8 (delapan) bilah kayu dengan ukuran yang berbeda-beda, alat musik ini diuntai menyerupai bentuk alat musik Gambang dengan seutas rotan.

Ke-8 bilah kayu tersebut disusun pada sebuah rangka kayu dengan hiasan berupa kepala burung Enggang di bagian atasnya.

Alat musik Sluding dapat dimainkan dengan cara dipukul, sehingga alat musik ini termasuk salah satu jenis alat musik Ideophone.

Sekian

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat menambah wawasan, serta kecintaan kita terhadap kesenian dan budaya yang ada di negara Indonesia ini.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.