Naufal Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk ummat

Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah

3 min read

alat-musik-kalimantan-tengah

Mengenal alat musik tradisional Kalimantan Tengah – Kalimantan Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan Ibu Kota Palangkaraya.

Sebagaimana provinsi lain Kalimantan Tengah juga memiliki beragam ciri khas, salah satunya terletak pada kesenian dan budayanya.

Nah, karena sebelumnya kita sudah membahas mengenai alat musik Kalimantan Barat dan alat musik Kalimantan Selatan, maka pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai alat musik dari Kalimantan Tengah.

Daftar Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah memiliki berbagai macam alat musik tradisional, baik dari jenis alat musik petik, alat musik pukul, hingga alat musik tiup.

Alat musik tradisional khas Kalimantan Tengah ini meliputi:

  • Sarun/ Saron
  • Balawaung
  • Bahlang
  • Tote/ Serupai/ Serpai
  • Katambung
  • Garantung
  • Japen
  • Salung, dan
  • Sulim Bahie
  • Babun

Berikut ini adalah penjelasan singkat seputar alat musik tradisional Kalimantan Tengah:

1. Alat Musik Sarun/ Saron

alat-musik-sarun-saron

Sarun/ Saron merupakan salah satu alat musik khas masyarakat suku Dayak yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar logam atau besi.

Alat musik Saron memiliki kesamaan dengan alat musik Saluang, perbedaannya hanya terletak pada bahan pembuatannya.

Adapun nada yang dihasilkan dari alat musik berikut ini yaitu hanya 5 nada, yaitu: Do, Re, Mi, Sol, La.

2. Alat Musik Suling Balawung

Alat Musik Suling Balawung

Suling Balawung merupakan salah satu jenis alat musik tradisional tiup yang berasal dari Kalimantan Tengah. Alat musik ini memiliki ukuran kecil dengan 5 jumlah lubang pada bagian bawahnya, dan 1 jumlah lubang pada bagian atas.

Alat musik Balawung terbuat dari bahan dasar bambu.

Pada umumnya alat musik ini sering digunakan oleh kaum wanita di suku Dayak yang tinggal di sepanjang sungai Katingan, daerah Kalimantan Tengah.

Suling Balawung cukup populer dikalangan masyarakat suku Dayak, selain itu alat musik tradisional ini juga dianggap sakral.

Suling Balawung memiliki 5 jumlah nada, yaitu: Do, Re, Mi, Fa, Sol, Da atau berjenis Pentatonik.

3. Alat Musik Suling Bahalang

Alat Musik Suling Bahalang

Selain Suling Balawung, Kalimantan Tengah juga memiliki alat musik tradisional berupa Suling Bahalang. Suling Bahalang tidak jauh berbeda dengan Suling Balawung, alat musik ini juga terbuat dari bahan dasar bambu.

Perbedaan dari kedua alat musik ini yaitu terletak pada jumlah lubang, jika Suling Balawung memiliki 5 jumlah lubang, maka Suling Bahalang ini memiliki 7 jumlah lubang.

Cara memain Suling Bahalang juga tidak jauh berbeda dengan memainkan alat musik Suling pada umumnya.

Kenali Alat Musik Khas Kalimantan Timur yang mendunia ini!

4. Alat Musik Tote/ Serupai/ Serpai

Alat Musik Tote/ Serupai/ Serpai

Tote/ Serupai / Serpai merupakan alat musik tradisional yang umumnya digunakan sebagai pelengkap alat musik lain pada saat kegiatan upacara Belian.

Serupai atau Tote akan dimainkan pada saat puncak upacara yang biasa disebut dengan Ngawak.

Umumnya alat musik ini terbuat dari bahan dasar bambu kecil yang sudah dikeringkan, kemudian pada bagian ujung dalamnya diberi semacam lidah, dan pada bagian batangnya diberi lubang agar dapat menghasilkan nada.

Alat musik Serupai dapat dimainkan dengan cara ditiup.

Selain itu, alat musik ini juga dapat dijadikan sebagai musik penghibur pribadi ataupun menjadi bagian pada saat upacara adat oleh masyarakat Kalimantan Tengah.

5. Alat Musik Katambung

Alat Musik Katambung

Katambung merupakan sebuah alat musik jenis perkusi yang memiliki bentuk seperti alat musik Tifa, hal tersebut disebabkan bentuk badannya seperti gendang yang langsing dengan panjang 75 cm.

Umumnya alat musik ini digunakan oleh masyarakat suku Dayak pada saat peringatan upacara-upacara besar ataupun yang berkaitan dengan upacara Gawi Belom dan Gawi Matey.

Adapun cara penggunaan Katambung berbeda-beda, tergantung pada jenis upacara adat yang diselenggarakan.

Pada saat upacara Gawi Belom maka alat musik Katambung akan digunakan sebagai pengiring dalam penyambutan tamu, sedangkan pada saat upacara Gawi Matey maka Katambung akan digunakan pada saat upacara kematian dengan nuansa hening.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara ditabuh dengan menggunakan telapak tangan ataupun jari tangan, bergantung pada teknik permainan yang digunakan oleh pemain agar dapat menghasilkan suara atau nada yang seirama.

Dalam permainannya, Katambung biasa dimainkan dengan jumlah anggota 5- 7 orang, sebab jika dimainkan sendirian suara yang dihasilkan akan menjadi aneh.

Namun berbeda lagi jika kamu ingin memainkannya dengan tujuan untuk melatih teknik dalam memainkan alat musik ini.

6. Alat Musik Garantung

Alat Musik Garantung

Garantung adalah salah satu alat musik Kalimantan Tengah yang termasuk ke dalam alat musik idiofon.

Alat musik ini merupakan salah satu alat musik khas suku Dayak yang terbuat dari campuran logam seperti kuningan dan perunggu.

Alat musik garantung memiliki bentuk sama persis dengan alat musik Gong pada instrumen Gamelan di Jawa, hanya saja Garantung memiliki suara yang sedikit berbeda apabila dibandingka dengan Gong tersebut.

Adapun bunyi yang dikeluarkan oleh Garantung memiliki getaran yang pendek, selain itu teknik dalam memainkannya pun juga berbeda.

Alat musik Garantung biasa dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari bahan dasar kayu, yang kemudian dilapisi dengan kain pada bagian ujungnya agar tidak merusak Garantung.

Garantung sering digunakan pada saat upacara ritual adat masyarakat di Kalimantan Tengah, selain itu ia juga digunakan untuk mengiringi Balian pada saat menyanyikan mantra atau menari.

Garantung juga biasa digunakan untuk memanggil masyarakat setempat sebagai penanda akan adanya suatu acara yang diselanggarakan.

7. Alat Musik Japen

Alat Musik Japen

Japen merupakan salah satu jenis alat musik petik yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah dan cukup populer dikalangan Masyarakat setempat.

Alat musik Japen memiliki bentuk seperti gitar, dan juga memiliki dawai.

Japen juga memiliki hiasan khusus sebagai penanda bahwa alat musik tersebut adalah alat musik khas dari Kalimantan Tengah.

Selain memiliki bentuk yang sama dengan gitar, Japen juga menghasilkan nada suara yang unik.

Adapun irama yang dikeluarkan pada setiap petikan alat musik Japen sangat akrab dengan kebudayaan Tionghoa-Melayu.

9. Alat Musik Sulim Bahie

Alat Musik Sulim Bahie

Sulim Bahie merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan dasar bambu (humbang), yaitu humbang lamang (bambu untuk membuat lamang).

Adapun sebutan dari humbang lamang itu sendiri adalah tolung. Tolung yang dipilih yaitu tolung yang paling besar, dengan ukuran garis tengah pada bagian pangkal sebesar 15-20 cm.

Alat musik ini biasa dimiliki oleh masyarakat suku Dayak Siang yang tinggal di Kecamatan Tanah Siang, Kecamatan Laung Tuhup, Kecamatan Sumber Barito, dan juga Kecamatan Permata Intan di Kabupaten Murung Raya.

10. Alat Musik Babun

Alat Musik Babun

 

Babun merupakan salah satu alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditabuh langsung dengan menggunakan tangan.

Alat musik ini terbuat dibuat dengan menggunakan bahan dasar kayu, yang kemudian kedua ujung sisinya ditutup dengan menggunakan kulit binatang (kambing, sapi, dlsb).

Di luar Kalimantan Tengah, alat musik ini biasa disebut dengan alat musik Gendang atau Kendang.

Sekian

Itulah beragam jenis alat musik tradisional Kalimantan Tengah yang dapat teman-teman ketahui dan pelajari.

Semoga dengan adanya pembahasan mengenai beragam jenis alat musik tradisional tersebut, dapat menambah wawasan kita dan kecintaan kita terhadap kesenian dan kebudayaan Indonesia.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk ummat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.