Naufal Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk ummat

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

4 min read

alat-musik-tradisional-kalimantan-timur

Menengenal alat musik tradisional Kalimantan Timur – Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan. Tepatnya, dibagian ujung timur yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Selain terkenal dengan kekayaan alam dan tempat wisatanya, ternyata Kalimantan Timur juga memiliki beragam kesenian dan budaya yang patut untuk diketahui dan dilestarikan. Salah satu kesenian dan budaya Kalimantan Timur diantaranya adalah alat musik tradisional.

Nah, jika sebelumnya kita sudah merangkum pembahasan mengenai alat musik Kalimantan Barat, maka pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai alat musik tradisional Kalimantan Timur ini.

Yuk langsung saja, simak ulasannya!

Daftar Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Kalimantan Timur memiliki berbagai macam alat musik, baik dari alat musik petik, alat musik tiup, dan juga alat musik pukul. Beberapa diantaranya adalah:

  • Alat musik tradisional Jatung Adau
  • Alat musik tradisional Genikng
  • Alat musik tradisional Gemer/ Gimar
  • Alat musik tradisional Jatung Utang
  • Alat musik tradisional Sampe
  • Dlsb.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai ragam alat musik tradisional Kalimantan Timur tersebut:

1. Alat Musik Jatung Adau

alat-musik-jatung-adau
source: id.wikipedia.org

Jatung Adau merupakan alat musik khas Kalimantan Timur yang masih sejenis dengan alat musik Kendang. Alat musik ini berasal dari suku Dayak Kenyah.

Alat musik Jatung Adau ini terbuat dari bahan dasar kayu adau yang kuat dan tidak mudah pecah. Kemudian pada sisi membran kabarnya juga terbuat dari kulit binatang berupa lembu hutan ataupun hewan lain seperti kijang.

Selanjutnya diikat dengan menggunakan rotan dan ring pengikat yang biasa disebut dengan “serapah” oleh warga setempat.

Sebagaimana Kendang, Jatung Adau dapat dimainkan dengan cara dipukul.

Umumnya pada zaman dahulu, alat musik ini digunakan untuk mengiringi tarian adat Belian dan Jimamnugroho, serta tari tradisional Hudoq.

Selain itu, pada zaman dahulu suku Kenyah juga menjadikan alat musik ini sebagai alat komunikasi untuk menginformasikan berita kematian seseorang dan berita lainnya.

2. Alat Musik Genikng 

alat-musik-genikng
source: docplayer.info

Genikng merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan dasar logam, yang dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pukul khusus.

Di pulau Jawa, Genikng lebih terkenal dengan sebutan Gong.

Perlu diketahui jika Genikng memiliki 3 jenis yang dapat dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu:

  • Sukatn
  • Lesung
  • Pamole’

Adapun penempatan Genikng tergantung pada tempatnya yang terbuat dari kayu.

Umumnya Genikng digunakan sebagai alat pendukung untuk mengiring kegiatan upacara adat Kalimantan Timur dan tarian daerah Kalimantan Timur yang juga memiliki keunikan tersendiri.

Kenali ragam jenis Alat Musik Kalimantan Utara yang super eksotis ini!

3. Alat Musik Gemer/ Gimar

alat-musik-gemer
source: wayangku.id

Gemer/ Gimar merupakan alat musik yang memiliki kemiripan dengan Gendang. Alat musik ini terbuat dari bahan dasar kayu yang dilapisi dengan kulit binatang.

Alat musik Gemer dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan tangan (tanpa alat bantu sebagaimana alat musik lain).

Adapun cara memukulnya yaitu dengan menggunakan teknik tertentu, agar dapat menghasilkan irama yang selaras dengan alat musik lainnya dalam satu pertunjukan.

4. Alat Musik Sampe

alat-musik-sampe
source: jelajahsamboja.com

Sampe merupakan salah satu alat musik Kalimantan Timur yang dibuat dengan menggunakan bahan kayu, serta memiliki dawai dan senar.

Sebagaimana Kecapi, alat musik ini juga dimainkan dengan cara dipetik.

Sampe dapat dimainkan secara tunggal ataupun bersamaan dengan instrumen atau alat musik lainnya di dalam sebuah pertunjukan tradisional suku Dayak.

Alat musik ini biasanya memiliki nada yang berbeda jika dimainkan di siang hari atau malam hari. Pada saat dimainkan di siang hari, alat musik ini akan menampilkan sebuah nada keceriaan dan kegembiraan.

Sedangkan pada saat malam hari, maka alat musik ini akan menampilkan sebuah nada kesedihan dan penderitaan yang mencerminkan suasana perasaan.

5. Alat Musik Jatung Utang

Jatung Utang merupakan salah satu alat musik khas Kalimantan Timur yang memiliki ukuran cukup besar, yaitu sekitar 3 meter dan berdiameter 50 cm.

Jatung Utang dapat dimainkan dengan cara dipukul.

Pembuatan alat musik ini yaitu dengan menggunakan kayu yang dirangkai dan diikat menggunakan tali. Selain itu, pada setiap susunannya terdapat nada yang dapat dimainkan dengan dua tangan.

6. Alat Musik Klentangan

alat-musik-klentengan
source: tikarmedia.or.id

Klentengan merupakan alat musik tradisional yang terdapat di dalam budaya masyarakat suku Dayak Benuaq.

Jika di masyarakat Jawa alat musik ini semacam Gamelan.

Umumnya alat musik ini dimainkan untuk mengiringi pertunjukan seni tradisional ataupun acara ritual masyarakat suku Dayak Banuaq.

7. Alat Musik Uding/ Uring

alat-musik-uding
source: id.wikipedia.org

Uding/ Uring merupakan alat musik tradisional Kalimantan Barat yang terbuat dari bahan dasar bambu ataupun enau yang berdiameter 2-3 cm dengan panjang 20 cm.

Uding yang ada pada masyarakat Dayak Kalimantan Timur ini hampir sama dengan alat musik Karinding pada masyarakat Jawa Barat.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan mendekatkannya pada rongga mulut, yang kemudian disentil dengan jari untuk bisa menghasilkan nada.

Alat musik Uding memiliki peranan penting untuk menghasilkan variasi bunyi nada yang lebih beragam, sehingga menghasilkan aransemen musik yang lebih meriah.

9 Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah ini layak kamu ketahui!

8. Alat Musik Sulikng

alat-musik-sulikng
source: guratgarut.com

Sulikng merupakan salah alat musik tiup yang memiliki kesamaan dengan alat musik Seruling atau Suling.

Di Kalimantan Timur terdapat 4 (empat) jenis Sulikng yang dapat dibedakan dengan merujuk pada bentuk dan ukurannya, yaitu:

  • Seupaai
  • Suliikng Dewa
  • Kelalii
  • Tompong

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat alat musik Sulikng yaitu bambu yang diberi lubang-lubang. Sehingga dari setiap lubang tersebut dapat menghasilkan nada yang berbeda-beda.

9. Alat Musik Kadire

alat-musik-kadire
source: semuatentangprovinsi.blogspot.com

Kadire merupakan alat musik tiup dari Kalimantan Timur yang memiliki keunikan tersendiri dari alat musik tiup lainnya.

Alat musik Kadire dibuat dengan menggunakan bahan dasar bambu, labu, dan tempurung kelapa.

Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara meniup pada bagian yang terbuat dari bahan labu. Namun bagian yang dapat menghasilkan suara yaitu pada bagian yang terbuat dari tempurung.

Umumnya Kadire dimainkan untuk mengiringi suatu pertunjukan tradisional Kalimantan Timur.

10. Alat Musik Gening

alat-musik-gening
source: demabetuen.blogspot.com

Gening merupakan salah alat musik tradisional yang terdiri dari 8 buah alat musik yang dimainkan oleh beberapa orang. Namun ada juga yang memainkan alat musik ini hingg berjumlah 12 buah.

Di dalam suku Dayak, “Gening” memiliki arti “Bunyi.”

Pada awalnya Gening adalah alat musik yang dibuat dengan menggunakan bahan kayu, hanya saja pada saat ini banyak ditemui Gening yang terbuat dari bahan logam.

11. Alat Musik Lulung

alat-musik-lulung
source: indonesiakaya.com

Lulung merupakan alat musik yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar bambu. Alat musik satu ini berupa sitar tabung yang masuk ke dalam golongan idiokordofon. 

Alat musik Lulung dilengkapi dengan 6 buah senar/ dawai yang diambil langsung dari badan bambu.

Umumnya alat musik ini dimainkan oleh para wanita suku Dayak Kenyah dengan cara dipetik.

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai 11 alat musik tradisional Kalimantan Timur yang sudah dirangkum secara baik dan menarik.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat menambah wawasan kita dan kecintaan kita terhadap kesenian dan kebudayaan yang ada di Indonesia ini, khususnya Kalimantan Timur.

Akhir kata, semoga pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Pemuda biasa yang ingin hidupnya bermanfaat untuk ummat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.