Apa itu SPSS? Ketahui Fungsi dan Pengertiannya!

Pada era modern seperti sekarang ini, terdapat banyak sekali software atau aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia pada bidang pengolahan data statistik.

Salah satu software yang paling sering digunakan untuk mengolah data adalah SPSS.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai apa itu olah data SPSS beserta fungsinya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Apa itu SPSS?

apa itu spss pengertian spss

SPSS merupakan sebuah software yang biasa digunakan untuk analisis statistik interaktif, atau batch. Analisis data menggunakan algoritma machine learninganalisis string, serta analisis big data yang bisa diintegrasikan dalam membangun platform data analisis.

SPSS adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences (atau juga Statistical Product and Service Solutions) . SPSS mempunyai tampilan yang user friendly dengan cara penggunaan yang cukup mudah.

SPSS banyak digunakan untuk pengolahan dan menganalisis data yang memiliki kemampuan analisis statistik, serta sistem manajemen data dengan lingkungan grafis.

Pada umumnya software ini hanya digunakan untuk ilmu sosial saja, namun pada perkembangan berikutnya digunakan untuk berbagai disiplin ilmu lainnya.

Software olah data SPSS sangat populer di kalangan para peneliti dan statistikawan dalam membantu melakukan perhitungan mengenai analisis data.

Sebab SPSS dapat menyediakan library untuk perhitungan statistika dengan antarmuka interaktif yang menjadikannya sebagai software analisis data tingkat lanjut yang paling populer di berbagai intansi, perusahaan, dan universitas.

Fungsi dan Fitur Dasar SPSS

SPSS banyak diminati sebab memberikan fitur-fitur yang dapat memudahkan setiap penggunanya, berikut adalah beberapa fitur dasar yang disediakan oleh software olah data SPSS:

1. Statistika Deskriptif

Statistika deskriptif merupakan sebuah metode yang berkaitan dengan pengumpulan data dan penyajian data, sehingga bisa mendapatkan suatu informasi dari data tersebut.

Beberapa contoh statistika deskriptif yang umum digunakan di antaranya yaitu:

  • Mean (Rataan Hitung)
  • Median (Nilai Tengah)
  • Modus (Nilai yang Sering Muncul)
  • Standar Deviasi
  • Ragam
  • Dan lain sebagainya.

2. Statistika Bivariat

Statistika bivariat yaitu analisis yang biasa dilakukan secara simultan untuk melakukan pengujian antar 2 variabel.

Beberapa contoh statistika bivariat yaitu:

  • Uji T
  • ANOVA
  • Uji Non-Parametrik
  • Teorema Bayes
  • Dan lain sebagainya.

3. Regresi Linear

Regrasi linear yaitu suatu alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur suatu hubungan linear variabel independen dengan variabel independen.

4. Identifikasi Kelompok

Beberapa metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kelompok di antaranya:

  • Analisis Faktor
  • Analisis Klaster (two-stepK-means, Hierarchical)
  • dan Discriminant

5. Analisis Spasial

Analisis spasial merupakan metode yang sering digunakan untuk pengolahan data GIS (Geographic Information System).

6. R Extension

R Extension SPSS merupakan aplikasi berupa plugin yang dapat diinstall atau dipasang untuk melakukan implementasi algoritma yang dimasukkan user dengan bahasa pemrograman R.

Keuntungan Menggunakan Jasa Analis dan Olah Data di Fastwork.id

Keuntungan Menggunakan Jasa Analis dan Olah Data di Fastwork.id
source: novelofficial.com

Sebelum membahas mengenai keuntungan menggunakan jasa analis dan olah data di Fastwork.id, saya akan sedikit memperkenalkan mengenai apa itu Fastwork.id.

Fastwork.id merupakan salah satu platform freelance online yang bisa membantu para pemilik bisnis menemukan dan mempekerjakan freelancer secara mudah, aman, cepat, dan tentu hemat biaya untuk membantu pertumbuhan bisnis mereka.

Jasa Pengolahan Data SPSS

Jasa Analis Data SPSS hadir untuk membantu para mahasiswa yang sudah merasa lelah dengan skripsinya.

Buat kamu yang termasuk ke dalamnya dan membutuhkan bantuan, Jasa Analis Data SPSS dari Fastwork.id siap membantu kamu dengan memberikan hasil olah data yang baik dan akurat.

Tidak perlu takut dengan harga mahal, karena harga yang diberikan sangat bersahabat dengan kantong para mahasiswa.

Langkah Pengerjaan

Berikut adalah langkah mudah yang perlu dilakukan jika kamu ingin menggunakan Jasa Pengolahan Data SPSS di Fastwork.id.

  1. Konsultasikan data yang akan diolah
  2. Range harga
  3. Client mengirimkan bahan/ data

Untuk lebih mudah menghubungi Jasa Pengolah Data SPSS dari Fastwork.id klik link berikut https://fastwork.id/data-analysis

Keuntungan Menggunakan Platform Fastwork.id

Lalu apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan Jasa Pengolahan Data SPSS di Fastwork.id? Berikut adalah keuntungannya:

  1. Freelancer Terverifikasi: KTP, informasi kontak, dan portofolio yang terverifikasi
  2. Jaminan Uang Kembali Jika Tidak Mendapatkan Hasil Kerja: Dengan sistem pembayaran yang terlindungi, pembayaran akan di transfer  ke Freelancer hanya setelah hasil kerja disetujui. Jaminan pekerjaan terkirim.
  3. Tim Support Siap Melayani Customer dan Freelancer: Tim cancel order dan customer support siap membantu bila terjadi masalah. Melakukan investigasi dan mempertimbangkan secara adil untuk kedua belah pihak, customer, dan freelancer.

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu SPSS dan fungsinya, serta manfaat dan keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan Jasa Olah Data dan Analis di Fastwork.id. Semoga Bermanfaat, terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.