Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Kenali Karakteristik dari Bahan Drill ini Sebelum Membeli!

5 min read

mengenal-karakteristik-bahan-drill

Kebutuhan dalam membuat seragam tidak terlepas dari penggunaan kain sebagai bahan utama. Berbagai jenis pun hadir dengan tekstur, karakteristik, warna dan kelebihannya masing-masing. Salah satu yang cukup dikenal adalah bahan drill dengan ketebalan serat kain berbeda-beda.

Kain drill juga dikenal memiliki kecenderungan warna debu atau khaki. Tingkat ketebalan serat berbeda-beda mulai dari tipis, sedang, dan tinggi.

Tekstur permukaan bahannya juga cukup lembut, sehingga memberi rasa nyaman ketika dikenakan oleh para konsumen atau penggunanya.

Bahan drill juga diketahui memiliki kekuatan tenunan yang kokoh dan tahan lama. Maka tidak heran bila diaplikasikan pada seragam militer, pekerja lapangan, operasi medis, almamater, totebag dan masih banyak lagi.

Pengertian dan Karakteristik dari Bahan Drill

Pengertian dan Karakteristik dari Bahan Drill

Bahan drill merupakan kain dengan pemintalan bertekstur diagonal atau miring dengan kekuatan jalinan benang yang baik.

Umumnya produk ini terbuat dari polyester atau katun. Bahan jenis ini juga memiliki beberapa karakteristik yang menjadi ciri khasnya, seperti:

1. Dari Segi Ketebalan

Apabila tingkat ketebalan tidak terlalu tinggi, penerapannya biasa dilakukan pada jaket safari, blus, kemeja dan pakaian olahraga.

Namun jika ketebalan kainnya tinggi, penerapannya dilakukan pada jenis pakaian koki. Kedua hal tersebut bertujuan demi melindunginya dari suhu panas.

Warna bahan drill cenderung khaki atau mirip seperti warna debu. Maka, tidak heran bila dapat diimplementasikan pada seragam tentara.

2. Dari Segi Warna

Kain drill saat ini masih terus diproduksi dan diperdagangkan, mengingat berbagai manfaat yang diberikannya.

Meskipun identik dengan warna khaki, bahan ini juga memiliki variasi warna berbeda-beda seperti:

  • Oranye
  • Merah
  • Hijau
  • Kuning
  • Putih
  • Biru
  • Cokelat
  • Hitam
  • Silver
  • Dan masih banyak lagi

3. Dari Segi Tekstur

Bahan drill dikenal memiliki karakteristik atau ciri khas tersendiri, sehinga cukup mudah untuk membedakannya dengan jenis kain lainnya.

Selain menyuguhkan berbagai variasi warna, kain drill dikenal karena tekstur pintalan berbentuk diagonal/miring. Bentuk fisik tersebut dapat dilihat dari permukaan kainnya.

Jenis-jenis Bahan Drill

Kain drill yang diproduksi dan dijual di pasaran memiliki keragaman jenis. Setiap variannya memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing.

Penerapannya pun berbeda-beda mengingat tingkat ketebalan bahan ini juga bervariasi. Pada umumnya produk ini diterapkan lebih banyak untuk seragam.

Namun di sisi lain, terdapat pula beberapa jenis seperti berikut ini:

1. Twist/Twill Drill

Bahan Twist/Twill Drill

Twist Drill dikenal memiliki sifat tahan air dengan serat-seratnya yang kecil. Pengaplikasiannya lebih ke arah pakaian luar ruangan seperti jaket.

Tidak heran jika almamater untuk kebutuhan kampus atau komunitas pun juga menggunakan kain ini sebagai bahan utamanya. Meskipun tebal, bahan ini tidak terlalu panas di tubuh.

Bahan Twill Drill memiliki pola tenunan secara diagonal dengan berbagai pilihan warna.

Kain ini diproduksi dengan menggunakan benang pakan atau lusi secara bersilangan sehingga membuat tekstur pemukaannya miring. Untuk penerapannya tidak hanya mencakup seragam saja, tetapi juga celana.

2. American/Florida Drill

bahan american drill

American Drill dapat dikenali dari tampilan fisiknya yang memiliki serat benang lebih besar dari Twist Drill. Berasal dari campuran polyester dan katun sehingga terasa lebih lembut.

Di Indonesia, jenis bahan ini diterapkan pada seragam. Harga jual di pasaran cukup terjangkau dengan variasi warna yang berbeda.

Bahan Florida Drill digunakan dalam produksi jas, almamater, seragam dinas harian dan lapangan. Selain itu, penerapannya juga mencakup totebag.

Seragam atau tas dari American Drill tidak mudah kusut dan pudar. Bahkan, kekuatan bahannya juga baik dan mampu memberi kesan elegan bagi pengguna.

3. Japan Drill

Bahan Japan Drill

Jenis kain berikut ini dikenal memiliki serat yang lebih tebal dari jenis Florida Drill.

Kekuatan bahannya juga lebih baik, karena terdapat komposisi penggunaan katun lebih banyak. Harganya pun tergolong mahal bila dibandingkan dengan American Drill. Namun tetap memberi rasa adem ketika dikenakan.

Kain Japan Drill memiliki kemampuan dalam menyerap keringat. Kondisi tersebut tentunya memberi rasa nyaman bagi para pengguna yang aktif bekerja di luar ruangan.

Maka, tidak heran bila pengaplikasiannya mencakup pembuatan seragam dinas lapangan dengan pilihan warna yang cukup beragam.

4. Castilo Drill

Bahan Castilo Drill

Castilo Drill adalah turunan dari bahan drill dengan tekstur lebih tipis dari American Drill dan sifatnya tidak kaku.

Bahannya berasal dari polyester dan katun sehingga nyaman untuk dikenakan. Seragam dengan bahan satu ini cocok digunakan ketika Anda berada di dalam ataupun luar ruangan.

Harga Castillo Drill dikenal cukup ekonomis dan berkualitas baik. Pola tenunnya pun terlihat rapat dan kuat sehingga seragam menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Bentuk pengaplikasiannya dapat dilihat pada seragam kerja lapangan, almamater perkuliahan atau komunitas, dan seragam operasi medis.

5. Hisofy/Hisoft Drill

Hisofy/Hisoft Drill

Tingkatan bahan drill lebih tinggi dari Japan Drill tersemat pada bahan Hisoft Drill. Kain ini terbuat dari campuran polyester dan katun.

Hisoft Drill dikenal kemampuannya dalam menyerap keringat sehingga memberikan rasa bebas gerah dan nyaman ketika dikenakan. Kualitasnya juga dikenal baik.

Tekstur dari Hisofy Drill lebih lembut dan lemas. Kandungan katunnya lebih banyak dari Japan Drill.

Hisoft Drill juga cocok untuk penggunaan di daerah tropis. Pilihan warnanya, juga termasuk bervariasi dan umumnya diterapkan dalam pembuatan seragam instansi, kantor, universitas dan sebagainya.

Kenali juga Karakateristik Bahan Monalisa yang Unik 

Beberapa Kelebihan dari Bahan Drill

Beberapa Kelebihan dari Bahan Drill

Bahan drill tidak hanya dikenal memiliki karakteristik dengan pola tenunan miring atau diagonal saja. Terdapat kelebihan lainnya ketika produk ini diterapkan pada beragam aktivitas, berikut beberapa ulasannya:

1. Bahannya Tahan Lama/Awet

Ketahanan kain untuk jangka panjang tentu diharapkan bagi penggunanya. Hal ini umumnya menjadi kelebihan dari kain drill yang dikenal memiliki tingkat ketebalan bervariasi.

Seperti diketahui, Japan dan Hosify Drill memenuhi unsur tersebut. Maka tidak heran bila digunakan untuk seragam militer.

Kain drill mampu mendukung penggunaan pakaian dengan banyaknya aktivitas gerak. Pakaian olahraga, kerja lapangan, dan seragam operasi medis merupakan beberapa di antaranya.

Tapi perlu diketahui bahwa kekuatan bahan ini juga harus disertai cara mencuci yang tepat agar kondisinya terjaga.

2. Menyediakan Berbagai Pilihan Warna

Selera konsumen mengenai warna pakaian umumnya berbeda-beda. Ada yang lebih memilih warna cerah/terang namun tidak sedikit pula menginginkan warna gelap.

Hal ini kembali lagi kepada pilihan masing-masing pembelinya. Bahan drill umumnya menyuguhkan ragam variasi warna.

Meskipun identik dengan warna khaki atau mirip warna debu, bukan berarti pilihannya menjadi terbatas. Saat ini diketahui ada puluhan jenis warna bahan drill.

Ketika memesan suatu produk dari jasa konveksi atau industri tekstil, terdapat beberapa kode angka yang mewakili tampilan warnanya.

3. Tidak Mudah Kusut

Seragam dengan bahan drill memberikan kelebihan seperti tidak mudah kusut. Pola tenunannya yang diagonal bisa dilihat dengan jelas saat menyetrika.

Proses merapikan pakaian juga tidak butuh waktu lama. Maka, kerapihan baju dari jenis kain ini dapat membangun rasa percaya diri terhadap penampilan.

Seperti diketahui, bahwa seragam kantor untuk kepentingan formal begitu terikat dengan aturan berpakaian. Apabila baju tersebut menggunakan bahan drill, ketentuan ini dapat ditangani secara tepat.

Sehingga, kesan kain tidak mudah kusut mampu menjaga penampilan agar tetap terjaga kerapiannya.

4. Memberi Kenyamanan saat Digunakan

Implementasi bahan drill lebih banyak digunakan pada pakaian. Meskipun dikenal memiliki ketebalan yang bervariasi atau bahkan dalam tingkat tertinggi sekalipun, jenis kain ini sangat nyaman dikenakan.

Campuran bahan polyester dan katun memberi rasa adem bagi para penggunanya.

Kain drill juga dikenal mampu menyerap keringat. Hal ini tentu menghindarkan penggunanya dari rasa gerah dan panas berlebihan.

Kenyamanan dalam berpakaian merupakan aspek penting ketika seseorang menjalani rutinitas kesehariannya. Jenis bahan ini mampu memenuhi unsur penting tersebut.

5. Mendukung Aktivitas yang Lebih Banyak Bergerak

Bahan drill juga diterapkan pada pakaian olahraga dan pekerja lapangan. Hal ini menandakan bahwa jenis kain tersebut memiliki kapasitas yang mumpuni.

Aktivitas dengan banyak gerakan perlu didukung penggunaan seragam sesuai dengan keadaan di tempat kerja atau lapangan olahraga.

Kain drill memiliki kekuatan bahan dengan pola tenunan yang rapat dengan berbentuk diagonal. Ketebalan bahannya juga menjadi pertimbangan dalam membuat pakaian kerja maupun olahraga.

Tidak hanya mengandalkan aspek tersebut, bahan ini juga mampu menghindarkan rasa gerah saat digunakan.

Penempatan/Pengaplikasian Kain Drill

Kain drill yang telah diproduksi kemudian akan dirancang menjadi kebutuhan sandang dengan berbagai variasi bentuk dan warna.

Pengaplikasiannya dapat dilihat di berbagai bidang, seperti:

  • Instansi pendidikan
  • Instansi pemerintahan
  • Perkantoran atau industri berskala kecil sampai besar

Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan berikut:

1. Seragam Kerja Lapangan

Seragam Kerja Lapangan Bahan Drill
source: finest-garment.com

Seragam Pekerja Dinas Lapangan (PDL) menggunakan bahan drill. Hal ini karena jenis kain tersebut mampu mendukung kinerja bagi para karyawan yang bertugas.

Rancangan modelnya dapat bervariasi mengingat perusahaan di Indonesia ada banyak sekali jumlahnya.

Seragam kerja lapangan berbahan drill mampu menyerap keringat ketika para karyawan lebih banyak menghabiskan waktunya di luar ruangan.

Hal ini tentu memberi rasa nyaman ketika bekerja pada lingkungan dengan iklim tropis seperti Indonesia.

2. Seragam Militer

Bahan Drill Seragam Militer

Kekuatan bahan drill tidak lepas dari penerapannya pada seragam militer. Bahkan jenis kain tersebut telah digunakan sejak lama.

Warna khaki atau atau mirip warna debu memungkinkan prajurit untuk berkamuflase dengan lingkungan di sekitarnya.

Kekuatan bahannya juga menjadi faktor penting dalam penerapan seragam militer. Kriteria dari kain drill memiliki berbagai ketebalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sama halnya dengan aktivitas para tentara dengan lebih banyak bergerak di luar ruangan.

3. Totebag/Tas Belanja

Totebag/Tas Belanja

Pembuatan totebag juga perlu didukung dengan kekuatan bahan yang baik. Hal ini karena tas tersebut akan menahan beban berbagai barang atau produk hasil pembelian.

Bahan drill biasanya dilibatkan dalam produksi tas belanja tersebut. Selain kuat, jenis kain ini dikenal tidak mudah kusut.

Totebag juga memiliki variasi warna karena bahan drill juga dapat memenuhi unsur tersebut.

Campuran antara bahan polyester dengan katun serta pola tenunan diagonal menjadi ciri khas dari tas belanja dengan kain drill. Semakin banyak kadar cotton maka biaya belinya juga lebih mahal.

Sekian

Demikianlah pembahasan mengenai bahan drill yang memiliki kriteria, manfaat dan kelebihan tersendiri bila dibandingkan jenis kain lainnya.

Kekuatan bahan dan variasi warna membuat pemanfaatannya masih dipertahankan dan tetap berlangsung sampai saat ini.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu Anda untuk mengenal jenis-jenis kain yang baik untuk dijadikan pakaian.

Akhir kata semoga dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.