Naufal Muhsy Founder of Trifaris Media site. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Mengenal Bahan Monalisa, dari Karakter hingga Tips Merawatnya

5 min read

karakteristik-bahan-monalisa

Bahan monalisa – Kain menjadi bahan utama dalam pembuatan berbagai produk, seperti pakaian. Saat ini terdapat jenis bahan yang ada di pasaran.

Material pembuatnya juga beragam, mulai dari sintetis maupun non-sintetis. Macam-macam tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Salah satu kain yang banyak digunakan untuk membuat produk fashion adalah bahan monalisa. Jenis ini mempunyai serat benang rapat sehingga menghasilkan pakaian tidak transparan. Tidak hanya itu, material tersebutjuga sangat lembut dan halus.

Bahan yang satu sering dipakai dalam pembuatan produk-produk pakaian muslimah, seperti gamis, hijab, dan baju syar’i lainnya. Berikut adalah penjelasan tentang karakteristik, kelebihan, serta kegunaan kain jenis monalisa tersebut.

Karakteristik Bahan Monalisa

Karakteristik Bahan Monalisa
source: mizutex.com

Kain monalisa memiliki tekstur yang lembut dan halus dengan tingkat ketebalan sedang. Sifat bahan ini jatuh serta ringan sehingga sangat nyaman digunakan.

Selain itu, terdapat karakteristik dari material yang satu ini. Berikut daftarnya:

  • Serat kain rapat sehingga tidak menerawang/transparan.
  • Tidak membutuhkan furing sebagai tambahan lapisan pakaian.
  • Berbagai macam warna pada kain monalisa tidak mudah luntur dan awet.
  • Memiliki daya serap keringat yang baik sehingga nyaman digunakan.
  • Sifat bahan yang ringan.
  • Tidak mudah melar atau luntur.
  • Tidak mudah kusut.
  • Tidak memiliki serabut seperti kain katun.
  • Mudah dijahit untuk dibuat berbagai model pakaian dan produk fashion lainnya.
  • Rentan dengan panas yang berlebihan karena terbuat dari bahan sintetis.

Dengan beberapa poin di atas, tidak mengherankan jika semakin banyak orang yang beralih untuk menggunakan jenis bahan satu ini.

Kelebihan Bahan Monalisa

Kelebihan dan kekurangan Bahan Monalisa
source: shopee.co.id

Penggunaan bahan monalisa menjadi favorit terutama dalam membuat produk fashion. Baju-baju muslimah menjadi salah satu contohnya. Banyak yang merasa nyaman saat mengenakan pakaian dari material ini.

Meskipun, serat benangnya padat dan hasil kain tebal, kain monalisa terasa ringan ketika dikenakan. Terdapat beberapa kelebihan lain dari material ini, seperti:

1. Memiliki Serat Benang Rapat, Bersifat Adem dan Tidak Mudah Luntur

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa kain monalisa memiliki serat benang rapat dan menghasilkan bahan halus dan lembut. Sehingga membuat material ini cocok dipakai untuk membuat berbagai macam pakaian muslimah.

Sifat kain monalisa sangatlah adem saat digunakan. Hal ini tentu akan membuat pemakainya nyaman dan percaya diri.

Sangat cocok dipakai untuk pembuatan baju syar’i yang tertutup, karena akan memberikan sensasi yang tidak akan membuat tubuh semakin panas dan gerah.

Kelebihan berikutnya dari monalisa adalah tidak mudah luntur. Bahan ini mempunyai kualitas baik, walaupun sudah lama digunakan. Proses pencuciannya juga sangat mudah dan kain akan tetap nampak seperti baru.

Ketahui juga jenis bahan polyester lengkap dengan keunggulannya!

2. Memiliki Ketebalan yang Cukup untuk Berbagai Jenis Baju

Tingkat ketebalan kain monalisa ini bisa dibilang sedang. Sehingga tidak terlalu tebal dan membuat tubuh panas saat mengenakannya. Meskipun dengan ketebalan yang cukup, bahan ini tidak transparan.

Tidak perlu menambahkan furing untuk tambahan pembuatan pakaian dari kain monalisa ini. Dengan begitu, bahan tersebut cocok dipakai dalam membuat baju yang dapat dikenakan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Saat ini berbagai jenis pakaian kekinian dapat dibuat dengan menggunakan material monalisa. Mulai dari polos tapi tetap elegan, bercorak/ bermotif, model syar’i, simple, dan masih banyak lagi lainnya.

Semua macam-macam baju tersebut akan sangat nyaman dikenakan untuk segala macam kegiatan.

3. Warna dan Kain Awet/Tahan Lama

Kain monalisa merupakan jenis yang sangat berkualitas. Hal ini bisa dilihat dari benangnya yang rapat, hasil halus dan lembut, serta tahan lama.

Warna dan kain produk ini juga dapat dipakai untuk jangka waktu lama dengan cara merawatnya secara benar.

Jenis bahan ini juga bisa dicuci berulang kali, namun warna tidak akan pudar alias tetap awet/ tahan lama. Berbagai macam warna bisa dipilih disesuaikan dengan keinginan untuk kemudian dibuat pakaian dengan model/desain tertentu.

Pilihannya mulai dari, dark hingga soft colour yang sedang tren di era sekarang ini. Selain itu, Anda juga dapat memilih motif untuk mempercantik tampilan pakaian. Berbagai jenis bentuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

4. Tidak Mudah Melar

Kelebihan berikutnya dari kain monalisa adalah tidak mudah melar setelah dicuci atau dipakai secara berulang-ulang. Hal tersebut menjadikan bahan yang satu ini digemari banyak orang, karena lebih awet jika dibandingkan jenis lainnya.

5. Mudah untuk Dijahit dan Bisa Dipadu-padankan dengan Model Pakaian Lainnya

Kain monalisa yang berserat halus membuatnya sangat mudah untuk dijahit dan dibuat menjadi beragam jenis serta model produk fashion.

Bahan monalisa memiliki beragam motif yang bisa dipadu-padankan dengan pakaian lainnya. Untuk menghasilkan kombinasi outfit kekinian, Anda dapat memilh busana bermotif dengan celana berwarna polos tetapi setelan tersebut akan tampak cantik dan elegan.

Kegunaan Kain atau Bahan Monalisa

Kain jenis yang satu ini dapat dijadikan bahan dasar pembuatan berbagai jenis pakaian. Mulai dari, model, warna, hingga motif bisa disesuaikan sesuai dengan permintaan konsumen.

Berikut adalah beberapa kegunaan material monalisa untuk pembuatan berbagai macam produk:

1. Gamis

Kegunaan Kain atau Bahan Monalisa
source: shopee.co.id

Salah satu pakaian muslimah yang paling sering dibuat dari kain monalisa adalah gamis. Baju panjang jenis ini terlihat sangat anggun dan elegan. Menggunakan material adem membuat pakaian tersebut sangat nyaman untuk dipakai.

Bahan yang memiliki ketebalan cukup ini tidak membuat pakaian menerawang. Sehingga pengguna bisa menggunakannya tanpa memakai/ menambahkan furing dalam.

Bekegiatan apa pun pasti nyaman dengan baju dari kain monalisa ini.

Sebuah tips bisa dilakukan agar gamis tetap awet dan warna tetap bagus adalah merawatnya dengan benar.

Perhatikan cara mencuci serta mengeringkannya. Gunakan tangan dalam proses pencucian dengan dikucek secara lembut. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

Saat menjemur gamis usahakan dengan cara flat untuk menghidari terjadi kerusakan. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung sehingga warna pakaian tidak akan mudah pudar.

Apa saja kelebihan dari bahan drill? Yuk kenali!

2. Jilbab

Kegunaan Kain atau Bahan Monalisa
source: jumi.store

Kain monalisa juga dapat dibuat menjadi jilbab dengan berbagai macam desain dan warna. Penggunaan bahan yang satu ini akan membuat nyaman dipakai, karena bahannya adem dan tidak menerawang.

Terdapat berbagai pilihan varian desain dan warna jilbab yang cantik dan kekinian. Mulai dari polos hingga tambahan berbagai motif-motif untuk memberikan tampilan elegan serta membuat semakin percaya diri.

3. Scarf

Kegunaan Kain atau Bahan Monalisa
source: id.carousell.com

Scarf merupakan aksesoris yang biasa dipakai untuk melengkapi penampilan. Pemilihan bahan monalisa akan memberikan pilihan warna serta motif beragam.

Kini scarf tidak hanya digunakan oleh pekerja kantoran saja. Banyak yang memakainya sebagai pelengkap fashion kekinian.

Mulai dari keluar jalan-jalan bersama teman/ keluarga, menghadiri berbagai acara, seperti resepsi pernikahan, dan masih banyak lainnya.

4. Mukena

Kegunaan Kain atau Bahan Monalisa
source: pusatmukenaindonesia.com

Mukena dari bahan monalisa akan sangat nyaman karena adem saat digunakan. Dengan begitu, beribadah menjadi lebih tenang dan khusyu’.

Anda bisa memilih berbagai desain, mulai dari polos hingga bermotif. Selain itu juga terdapat pilihan warna sesuai dengan kesukaan.

5. Baju Atasan Wanita

Kegunaan Kain atau Bahan Monalisa
source: lazada.co.id

Berbagai model baju atasan dari bahan monalisa bisa menjadi referensi fashion yang keren. Anda bisa memilih berbagai motif, mulai dari bunga-bunga, garis-garis, polkadot, abstrak, dan masih banyak lagii lainnya.

6. Blouse

Kegunaan Kain atau Bahan Monalisa
source: bukalapak.com

Blouse merupakan jenis pakaian atasan wanita dengan beragam pilihan warna dan motif. Buat Anda yang suka busana ini bisa memilih bahan dasar monalisa. Kainnya adem dan jatuh akan membuat nyaman dipakai sehari-hari untuk berbagai kegiatan.

7. Baju Koko

Kegunaan Kain atau Bahan Monalisa
source: m.blanja.com

Kain monalisa juga bisa digunakan untuk membuat baju koko. Bahan yang dingin akan menjadikan pakaian adem serta sangat nyaman dikenakan. Ada berbagai desain dan warna yang bisa dipilih sesuai dengan permintaan pelanggan.

Pastikan Anda mengetahui karakteristik dari bahan lotto sebelum membeli!

Pilihan Motif Bahan Monalisa

Pilihan Motif Bahan Monalisa
source: katalogbajugamismu.com

Bahan monalisa memiliki motif yang beragam untuk dibuat berbagai produk fashion. Berikut adalah ragam corak untuk dijadikan referensi:

1. Motif Sakura

Motif bunga sakura sangatlah populer saat ini. Untuk menghasilkan produk fashion keren pemilihan warna dasar yang soft sangat disarankan.

Warna pink bunga sakura yang cerah bisa dipadukan dengan biru pastel untuk menghasilkan jilbab cantik dan anggun. Tampilan pun akan terlihat lebih segar.

2. Motif Bunga

Selanjutnya terdapat motif bunga yang akan memberikan tampilan lebih cantik dan anggun. Jenis ini bisa dibuat untuk beberapa produk fashion, seperti jilbab, gamis, atasan, mukena, cardigan, serta masih banyak lainnya.

3. Motif Flamingo

Motif yang satu ini terlihat sangat menggemaskan. Biasanya sering dipakai untuk membuat jilbab, scarf, dan aksesoris lainnya.

Motif flamingo akan memberikan hasil tampilan yang cantik dan menarik. Anda bisa memadu-padankannya dengan fashion item lainnya agar serasi.

4. Motif Polkadot

Motif yang satu ini sempat populer beberapa tahun ke belakang. Dengan kombinasi warna hitam putih atau monokrom, polkadot akan membuat penampilan Anda semakin menarik.

Motif polkadot yang dipakai untuk membuat jilbab bisa dikombinasikan dengan pakaian berwarna polos, seperti hitam dan putih.

Sedangkan jika digunakan dalam membuat pakaian, maka gunakan warna hijab polos untuk menghasilkan tampilan anggun.

Tips Merawat Bahan Monalisa Agar Tetap Awet

Tips Merawat Bahan Monalisa Agar Tetap Awet
source: tribunnews.com

Meskipun kualitas bahan monalisa sudah terjamin bagus, namun Anda tetap harus melakukan perawatan secara benar. Berikut tips yang bisa dilakukan:

  • Untuk mencuci kain ini, pertama-tama Anda harus merendamnya terlebih dahulu ke dalam ember berisikan sabun cuci/ deterjen.
  • Kemudian cuci dengan cara dikucek. Tidak disarankan untuk menggunakan mesin cuci agar serat pakaian tidak mudah rusak atau warna luntur.Kucek secara perlahan dan lembut. Cari bagian-bagian yang sering kotor, seperti leher.
  • Selanjutnya bilas dengan air yang mengalir. Peras secara perlahan dan jangan terlalu keras. Hal ini agar kain tidak kusut dan rusak. Selain itu, juga memudahkan saat mau menyetrika nantinya.
  • Keringkan pakaian tidak di bawah sinar matahari langsung. Bahan monalisa termasuk golongan yang tidak tahan dengan panas. Dengan begitu, jemur di tempat yang sedikit redup agar warna kain tetap cerah.
  • Setelah kering segera diangkat dan jika terdapat bagian yang kusut Anda bisa menyetlikanya terlebih dulu sebelum dilipat.

Sekian

Jenis kain sangatlah beragam saat ini. Pemilihan bahan monalisa karena beberapa kelebihan yang diberikan, seperti benang padat, tekstur halus, lembut, dingin, nyaman dikenakan, tidak mudah luntur dan melar, serta memiliki beragam pilihan warna dan motif lainnya.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu dan memudahkan Anda dalam memahami karakteristik dari bahan kain monalisa dengan lebih baik.

Akhir kata, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Founder of Trifaris Media site. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.