Naufal Muhsy Founder of Trifaris Media site. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Keistimewaan Bahan Moscrepe beserta Tips Merawatnya

6 min read

keistimewaan bahan moscrepe dan cara merawatnya

Bahan moscrepe saat ini mudah sekali dijumpai. Jika dahulu konsumen lebih menyukai kain yang bertekstur halus tanpa pori-pori. Namun ternyata yang mempunyai ronga-rongga pun tidak kalah menarik. Bahkan hingga bisa digunakan untuk beragam produk seperti jilbab, baju, hingga celana.

Jika ingin membelinya, maka Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sebab, berbagai macam jenis sudah tersedia dan bisa dipilih untuk membuat pakaian.

Jikalaupun ingin bentuk yang sudah jadi, langsung daja berbelanja di toko busana terdekat.

Ciri Khas dari Bahan Moscrepe

Ciri Khas dari Bahan Moscrepe
source: ethica-collection.com

Bagi pengguna outfit berhijab pasti tidak asing lagi dengan istilah bahan moscrepe. Kain ini berasal dari golongan crepe yang memiliki ciri khas bertekstur seperti kulit jeruk.

Ada pula yang mengatakan bahwa permukaannya menyerupai butiran pasir, meski saat dipegang secara langsung tetap halus.

Bahan moscrepe ini dibuat dari serat rayon yang kemudian diproses menggunakan mesin tenun dobby. Alat tersebut memiliki ciri khas menghasilkan tenunan yang bermotif geometris. Tepatnya berbentuk butiran-butiran kecil secara berulang.

Bahan moscrepe juga cenderung memiliki massa yang ringan. Tidak hanya itu, selain dikenali dari teksturnya yang memiliki tekstur seperti pasir tetapi juga mudah diatur.

Seringkali pemakainya tidak perlu menyetrika terlebih dahulu maka tampilan kain tetap rapih dan halus.

Jenis-jenis Bahan Moscrepe

Bahan Moscrepe saat ini banyak sekali dimanfaatkan untuk pakaian. Mulai dari hijab, atasan, cardigan, hingga dress.

Ternyata terdiri dari beberapa jenis yang termasuk di dalamnya dan mempunyai ciri serupa. Tidak heran bila kain-kain tersebut sulit dibedakan ketika mencari di pasaran. Berikut ulasannya:

1. Arabian Crepe

jenis-jenis-bahan-crepe

Jenis bahan pertama yang masuk ke dalam moscrepe biasa disebut sebagai arabian crepe.

Karakteristiknya cenderung memiliki permukaan yang sangat halus. Ketika dipegang tanpa melihat, hampir mirip dengan katun karena menimbulkan bulu-bulu lembut di luarnya.

Kain arabian crepe ini sering dipakai untuk hijab karena nuansanya cukup sejuk sehingga cocok digunakan sebagai penutup kepala.

Namun meski terkesan dingin, bukan berarti memiliki ciri kain yang tipis bahkan sebaliknya yaitu cukup tebal.

Jika Anda menjumpainya di pasaran, kain arabian crepe ini juga dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Hal tersebut karena banyak dicari oleh konsumen, sebab dapat dimanfaatkan untuk beragam bentuk produk. Tingkat kenyamanannya pun juga sangat tinggi.

2. Bubble Crepe

jenis-jenis-bahan-moscrepe
source: pusathijabterbaru.com

Bahan berikutnya yang tergolong jenis moscrepe juga sering dijumpai di pasaran. Namun tekstur permukaannya cenderung lebih kasar ketika dipegang.

Saat dilihat saja, sudah terlihat tidak lagi seperti butiran pasir melainkan menyerupai kulit jeruk. Meski dilihat dari jarak jauh pun dapat mudah dikenali.

Pada kain jenis bubble crepe ini cenderung menonjolkan pola jahitan di permukaannya, meski hanya terlihat tanpa perlu diraba menggunakan tangan.

Biasanya dimanfaatkan untuk membuat produk berupa dress atau busana panjang, lebih banyak pula dipakai dalam kategori berhijab.

Pemanfaatan kain bubble crepe ini dipilih menjadi bahan dress karena dinilai lebih tipis dan ringan. Ketika digunakan akan terasa sejuk.

Namun meski begitu sama sekali tidak menerawang. Selain dress, kebanyakan kain ini juga digunakan bahan rok karena jatuh dan elastis atau dapat tertarik tanpa melar.

3. Crepe De Shine

Bahan Crepe De Shine
source: indonesian.alibaba.com

Berikutnya memiliki tekstur perpaduan antara kulit jeruk dengan butiran pasir. Konsumen dapat melihat 2 jenis bahan di atasnya dalam satu kain crepe de shine.

Biasanya kain ini terbuat dari bahan sutra, maka tidak heran bila ketika dipegang memberi kesan halus dan sedikit mengkilap.

Tidak heran bila kemudian bahan ini banyak dipakai untuk gaun mewah dan mahal. Tampilan yang ditonjolkan cenderung jatuh dan lemas. Kain crepe de shine ini juga seringkali dimanfaatkan untuk pembuatan produk kemeja, rok, dan sebagainya karena mudah dikendalikan.

Bila dilihat sekilas permukaan kain crepe de shine dengan jenis sebelumnya cenderung berbeda. Tidak hanya dari tampilan luarnya namun juga harga jualnya lebih mahal.

Meski mengkilap, namun terdapat pula lapisan matte halus sehingga ketika dipakai tidak terlalu licin.

4. Crepe Georgette

Bahan Crepe Georgette
source: yesfabrics.eu

Kategori berikutnya ini sedikit berbeda dengan jenis-jenis sebelumnya. Pasalnya pada kain crepe georgette sekilas bisa dilihat menyerupai dengan satin.

Ciri lainnya juga tipis sehingga mirip juga dengan crepe de shine, namun perbedaan paling menonjol terkesan dari tekstur permukaannya.

Bila ciri khas jenis kain moscrepe perpaduan antara tekstur kulit jeruk dengan butiran pasir. Namun pada crepe georgette Anda hampir tidak menjumpainya. Karena ketika dipegang sangat halus bahkan pori-pori tidak terlihat secara jelas. Tetapi bila diamati lebih dekat maka rongga kain terlihat.

Pada jenis kain crepe georgette ini justru lebih mirip dengan bahan shifon. Baik dari segi ketipisan juga keringanan. Hanya saja, tidak memiliki tampilan mengkilap di luarnya.

Ketika digunakan sehingga tidak licin. Perbedaannya dengan shifon yaitu crepe georgette masih dapat melar atau ditarik walaupun sedikit.

Ketahui juga ya Keistimewaan dari bahan polyester ini!

5. Wolly Crepe

Bahan Wolly Crepe
source: notepam.com

Anda pasti tidak asing mendengar jenis kain yang tergolong dalam moscrepe berikutnya ini. Wolly crepe banyak sekali dijumpai di industri tekstil terutama pakaian. Biasanya tipe kain ini dimanfaatkan untuk pakaian mulai dari atasan, dress, maupun bawahan.

Hal tersebut karena wolly crepe cenderung memiliki karakteristik bahan yang tebal sehingga ketika digunakan tidak menerawang.

Meski begitu bahan ini justru ringan. Karena kelebihannya, tidak heran bila bahan ini banyak dipilih oleh konsumen juga penemuannya di pasaran sangat mudah.

Perbedaan wolly crepe dengan jenis moscrepe lainnya yaitu, tidak memiliki karakteristik elastis sama sekali. Jadi ketika bahan ini digunakan akan lebih tahan lama, karena tidak gampang rusak dan anti melar.

Kelebihan lainnya dari segi harga jual lebih murah.

6. Cerruti

bahan-ceruti
source: ingatallah.com

Bahan cerruti juga tergolong dalam moscrepe yang sudah tidak asing lagi. Hal ini karena hampir semua pengguna hijab memiliki kerudung berbahan cerruti.

Ciri khasnya yaitu berbahan tipis sehingga ketika dilihat sekilas menyerupai kain shifon. Hanya saja pada cerruti lebih transparan dan membutuhkan pemasangan dobel.

Kain ceruti seringkali digunakan sebagai bahan jilbab pashmina. Meski cenderung tipis, namun tetap disukai oleh konsumen karena nyaman.

Ciri khas lainnya pada bahan ini hampir tidak memiliki tekstur sama sekali. Bahkan sangat halus seperti tidak terdapat pori-poridi permukaannya.

Kebanyakan bahan cerruti ini hanya dimanfaatkan sebagai hijab. Meski cenderung tipis dan menerawang namun dapat diberi ikat ninja, sehingga menutup rambut. Hampir tidak pernah dibuat sebagai bahan dasar baju atau lainnya, karena membutuhkan kain tebal sebagai penutupnya.

7. Crepe Plisse

Bahan Crepe Plisse
source: ivyyangchina.en.ec21.com

Jenis bahan moscrepe berikutnya ini cenderung bertekstur seperti kulit jeruk. Bahkan detailnya sangat terlihat jelas, sehingga ketika dilihat sekilas unsur yang paling terlihat yaitu terdiri dari garis-garis.

Biasanya crepe plisse dipakai sebagai bahan baku pembuatan baju atau pakaian lainnya.

Pembuatan crepe plisse ini berasal dari bahan katun yang kemudian diproses melalui tahapan penutupan menggunakan lilin.

Kemudian, dibentuk pola berupa garis-garis atau bergerigi untuk menonjolkan tekstur bagian luarnya. Namun tidak semua bagian diberi lilin. Pada beberapa bagian yang tidak diberi penutup lilin nantinya akan memberikan efek kerutan ketika lapisan lilin dihilangkan.

Keunggulan dari kain jenis crepe plisse ini sangat kuat, sehingga ketika akan digunakan tidak perlu melalui tahap setrika.

Pengaplikasian Bahan Moscrepe

Jika mendengar istilah bahan moscrepe pasti tidak lagi asing. Hal tersebut karena saat ini hampir semua pakaian maupun jilbab memanfaatkan bahan tersebut.

Keunggulan yang paling menonjol karena harga jualnya cukup terjangkau, namun dari segi kualitas tetap menjamin. Lantas digunakan untuk apa saja bahan moscrepe ini?

1. Jilbab

jilbab-bahan-moscrepe
source: ibadah.co.id

Bahan moscrepe memang identik dengan jilbab. Terdiri dari banyak jenis, namun pada umumnya memiliki tekstur terlihat jelas seperti butiran-butiran halus maupun menyerupai kulit jeruk. Tetapi ada beberapa kategori mempunyai permukaan lembut tanpa berpori-pori.

Banyak sekali jilbab yang menggunakan bahan moscrepe karena harga jualnya lebih murah. Selain dari segi murah, kenyamanannya terjamin.

Nuansa hijab memakai kain moscrepe cenderung dingin dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Meskipun kain moscrepe cenderung ringan namun ketika dipakai sebagai hijab justru jatuh. Sekalipun terkena angin tidak mudah terbawa angin. Pantas saja selalu dipilih oleh konsumen. Warna-warna yang tersedia pun cukup bervariasi.

2. Atasan

atasan-bahan-moscrepe
source: seva.id

Jika dahulu kebanyakan bahan moscrepe hanya dipakai untuk jilbab. Namun, kini karena keberadaannya paling mudah dijumpai di pasaran saat ini mulai merambah ke berbagai produk lain. Seperti beragam atasan yang digunakan oleh wanita.

Bahan moscrepe juga cocok digunakan untuk pembuatan atasan dengan beragam model. Anda hanya perlu memilih satu dari beberapa jenis maupun menggabungkan lebih dari satu kategori.

Kemudian, hasil akhirnya dapat menampilkan kesan mewah maupun sederhana bergantung pada jenis kain.

Bila Anda seringkali belanja daring melalui toko-toko baju. Hampir semua jenis bahan baku yang dipakai berasal dari salah satu kategori moscrepe.

Tidak heran bila kemudian harga jual pakaian ini cenderung terjangkau serta dapat diubah menjadi model yang bermacam-macam.

3. Gamis

gamis-bahan-moscrepe
source: popbela.com

Selain dibentuk sebagai atasan maupun jilbab, bahan moscrepe juga seringkali dibuat menjadi gamis. Sampai menjadi ciri khas hampir semua pengguna hijab memiliki baju gamis yang berasal dari bahan tersebut.

Gamis milik kaum berhijab semakin hari muncul model yang kian beragam. Tidak heran bila bahan moscrepe cenderung dipilih. Karena terdiri dari beragam jenis yang bisa digunakan, salah satunya  yaitu memadukan beberapa hingga lebih untuk menampilkankesan yang berbeda-beda.

Bahan moscrepe yang biasa digunakan untuk gamis biasanya berasal dari wolly crepe. Hal tersebut karena memiliki karakteristis yang lebih tebal dibandingkan lainnya.

Pantas saja bila dipakai untuk kaum berhijab karena anti menerawang. Ketika pengguna memakainya tidak perlu pakaian tambahan.

4. Bawahan

model-bawahan
source: shopee.co.id

Mengingat keberadaan bahan moscrepe yang mulai terdapat banyak di pasaran. Saat ini bawahan juga menggunakan kain serupa.

Hampir semua jenis bawahan yang memilih penjualan dengan harga terjangkau maka memilih memanfaatkan moscrepe.

Seperti rok mulai dari pendek hingga panjang menggunakan bahan moscrepe. Biasanya mengambil jenis crepe plisse karena memiliki tekstur yang tampak. Keunggulan lainnya tidak perlu disetrika pun tampilannya tetap rapih dan anti kusut.

Selain rok, bahan moscrepe juga dimanfaatkan untuk pembuatan celana. Biasanya dimanfaatkan untuk celana atau bawahan khusus outfit kantor atau lainnya yang memberi kesan casual.

Jenis bahan yang dipakai hanya salah satu, karena lebih menonjolkan kesan yang simpel namun tetap mewah.

Sekian

Keberadaan bahan moscrepe semakin hari kian mudah dijumpai. Selain harganya terjangkau juga terdiri dari berbagai jenis sehingga dapat dimanfaatkan untuk beragam produk.

Semoga dengan adanya pembahasan berikut dapat membantu dan memudahkan Anda dalam memahami jenis-jenis kain dengan baik.

Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Founder of Trifaris Media site. Sangat menyukai bisnis online dan saat ini sedang mendalami Internet Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.