Berikut Ini 2 Cara Membuat Barcode Produk Melalui PC

Barcode bisa dibilang merupakan suatu kode yang digunakan sebagai penanda pada satu produk. Biasanya kode ini akan ada pada salah satu sisi produk dengan ukuran yang kecil dan memiliki nomor produk atau bahkan ISBN. Bila dilihat dari fungsinya tentu barcode menjadi satu hal penting yang harus ada pada suatu barang yang dijual dalam kemasan.

Membuat barcode produk juga harus menggunakan alat khusus. Namun, semakin canggihnya teknologi kini barcode sudah bisa dibuat sendiri menggunakan teknologi digital seperti ponsel maupun PC.

Bila melalui ponsel maka, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi pihak ketiga sebagai perantara pembantu. Nah, lalu bagaimana cara membuat barcode melalui PC? Simak dibawah ini untuk ulasan lengkapnya:

1. Membuat Barcode Melalui Browser

Cara membuat barcode produk yang pertama adalah menggunakan browser yang tersedia di PC.

Membuat barcode melalui cara ini cukup praktis untuk dijadikan solusi bahkan bagi pemula. Nah, lalu bagaimana langkah-langkahnya? Simak berikut ini untuk lebih jelasnya:

  1. Silakan buka browser yang ada di Pc untuk membuka situs barcode.gs1us.org untuk mendapatkan kode ISBN/ UPC.
  2. Masukkan data serta rincian produk ke barcode.gs1us.org untuk mendapatkan kode  nomor UPC.
  3. Apabila nomor kode UPC/ ISBN sudah didapatkan maka, silahkan masuk pada situs Creat Barcode untuk membuat barcode.
  4. Silakan nama serta nomor seri pada setiap produk barang yang akan diberikan pada produk. Ikuti arahan yang ada pada situs supaya lebih mudah.
  5. Lakukan printing pada barcode yang sudah didapatkan.
  6. Tempelkan pada barang yang nomor seri yang sesuai dengan pembuatan barcode.
  7. Sementara untuk kode ISBN maka, pengguna diharuskan meminta kode pada situs ISBN Nantinya pengguna harus menunggu hingga barcode selesai dibuat.
  8. Apabila barcode telah dikirimkan oleh organisasi terkait dalam pemberian izin maka, barulah pengguna bisa menggunakan barcode pada produk yang bersangkutan.

Pembuatan barcode pada situs online ini memang memiliki cara yang berbeda pada produk universal yang bisa diproduksi sendiri.

Nah, sedangkan untuk produk International Standard Book Number atau (ISBN), pengguna harus terlebih dahulu menunggu konfirmasi dari lembaga terkait untuk mendapatkan izin hingga pada akhirnya barcode dikirimkan.

2. Membuat Barcode dengan Excel

Excel juga bisa dijadikan aplikasi terinstall PC sebagai salah satu cara membuat barcode produk.

Membuat barcode melalui Excel ini memang terbilang akan lebih rumit bila dibandingkan dengan cara online. Lalu bagaimana caranya? Silahkan simak langkahnya berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah buka terlebih dahulu situs Idautomation, setelahnya silahkan pilih menu Font Tool.
  2. Tahap selanjutnya silahkan download Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access, & Word untuk dapat mengakses Excel sebagai sistem pembuat barcode.
  3. Selanjutnya silahkan buka Microsoft Excel yang tersedia di PC, kemudian klik menu tools dan pilih macro.
  4. Langkah selanjutnya silahkan buka menu visual basic editor yang akan membantu pengguna  membuat barcode.
  5. Silahkan menuju menu file yang ada pada pojok kanan atas, selanjutnya pilih menu import file dan pilih file macro yang sebelumnya telah di download. File ini biasanya akan  tersimpan pada folder Modules.
  6. Tahap selanjutnya apabila file telah ditemukan, pengguna diharuskan untuk terlebih dahulu keluar dari workbook visual basic editor.
  7.  Silakan buka kembali workbook Excel baru yang tentunya masih kosong untuk menggunakan kode barcode.
  8. Tahap berikutnya silahkan membuat pengujian dengan cara mengetikkan nomor barcode pada A1, ketikkan juga fungsi barcode di B1.
  9. Pada sel B2 silakan masukkan rumus =Code128(A1) kemudian tekan enter bila sudah.
  10. Apabila rumus telah berhasil dimasukkan maka, langkah selanjutnya adalah memilih otomatisasi font pada menu font. Nantinya kode akan muncul pada rumus yang telah diketikkan pada sel B2.

Pastikan bahwa proses download font tool telah selesai dilakukan dengan sempurna serta pengetikan pada sel juga benar supaya kode barcode bisa muncul saat rumus dimasukkan.

Nah, itulah tadi 2 cara membuat barcode produk secara manual yang bisa dilakukan di PC. Lakukan langkah yang sama apabila ada kekeliruan saat proses pembuatan. Terkadang bisa saja ada kesalahan penempatan pengetikan pada sel yang bisa membuat kode tidak muncul.  

Tinggalkan komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.