Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Bisnis Agen Kuota: Cara Kerja & Tips Sukses Menjalankannya

5 min read

tips memulai bisnis online agen kuota

Kini ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa kamu lakukan hanya dengan mengandalkan handphone dan paket data saja, dan bisnis ini bisa kamu kerjakan dari rumah saja loh. Salah satunya adalah bisnis agen kuota.

Bisnis agen kuota menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan, apalagi kita semua tahu kan ya, bahwa nyaris seluruh penduduk di Indonesia membutuhkan paket data setiap harinya untuk berbagai hal, mulai dari keperluan bekerja, nonton serial kesukaan, nonton film, mengakses informasi, hingga chattingan dan video call.

So, kalau sekarang bingung harus bisnis apa, mending bisnis agen kuota aja. Ia nggak sis?

Kenapa Sih Harus Bisnis Agen Kuota?

Keuntungan Bisnis Online Agen Kuota

Jika memilih bisnis ini, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan, sehingga menjawab pertanyaan ‘kenapa harus bisnis agen kuota, bukan bisnis yang lain’.

Jadi, kalau besok ada yang tanya-tanya, kamu bisa jawab dengan mudah. Ya siapa tahu ada yang kepoin bisnis agen kuota kamu kan.

1. Bisnis Agen Kuota Tidak Membutuhkan Modal Banyak

Faktor utama mengapa banyak orang yang enggan memulai bisnis adalah membutuhkan modal yang besar.

Tapi kalau kamu memulai bisnis satu ini, kamu bakalan nemuin bahwa bisnis nggak harus dimulai dari modal yang besar, karena biasanya bisnis agen ini bisa mulai kamu jalankan asal punya modal Rp. 50.000 atau Rp. 100.000 doang.

Beda jauh sis sama bisnis lain yang butuh dana besar. Padahal, kalau bicara keuntungan mah, bisnis agen kuota juga cukup menguntungkan, nggak beda jauh sama bisnis lain.

Modal minim, nggak menjadi patokan keuntungan juga minim ya. Hehehe.

Meskipun kamu bisa memulai bisnis ini dengan odal Rp. 50.000 atau Rp. 100.000, kayaknya bakalan lebih bagus deh kalau kamu ngisi deposit awal lebih.

Kenapa? Ya biar kamu nggak bolak balik dong. So, kalau kamu punya uang lebih, mending langsung ngisi deposit lebih ya.

2. Bisnis Sampingan yang Fleksibel

Bisnis agen kuota bisa kamu jadikan sebagai bisnis sampingan, karena sistem kerjanya sangat fleksibel, kamu bisa menjalankannya dimanapun atau kapanpun.

Meski hanya dijadikan sebagai bisnis sampingan, bisnis satu ini juga bisa memberikan keuntungan yang besar kok.

Hal ini karena bisnis agen kuota nggak akan pernah mati, semua orang akan membutuhkan kuota sampai kapanpun untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan tuntutan perkerjaan atau studi.

Kamu bahkan bisa memulai bisnis agen dengan menggunakna ponsel saja. Tingginya kebutuhan kuota membuat bisnis ini berpeluang besar dan sangat menggiurkan.

3. Dapat Dilakukan Oleh Siapa Saja

Prospek bisnis agen mempunyai prospek yang sangat tinggi. Apalagi kita tahu ya, kalau sekarang penggunaan kuota sudah seperti menjadi kebutuhan pokok semua orang.

Sehingga bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun, bahkan bagi kamu yang berstatus sebagai pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau siapapun deh.

Jadi, kalau kamu merasa masih terlalu dini, alias masih duduk di bangku SMP, nggak ada salahnya loh untuk memulai bisnis ini. Semakin cepat kamu memulainya, semakin cepat kamu memperoleh keuntungan.

Apalagi kalau jadi pelajaran, kamu pasti punya relasi yang luas, maka, teman-teman kamu bisa menjadi pangsa pasar yang paling tepat loh.

4. Bisa Bekerjasama Dengan Downline

Sistem downline adalah sebuah sistem yang bersedia memberikan tambahan keuntungan bagi kamu.

Sistemnya juga sederhana, yakni apabila kamu bisa menawarkan bisnis agen kuota kepada orang lain, dan ternyata mereka tertarik untuk bergabung, maka kamu akan mendapatkan keuntungan. Gampang toh?

Baca juga:

Cara Kerja Bisnis Online Agen Kuota Lengkap dan Tips Memilih Distributor

Cara Kerja Bisnis Online Agen Kuota Lengkap dan Tips Memilih Distributor

Bisnis agen kuota merupakan bisnis yang sangat potensial untuk menghasilkan keuntungan yang besar meskipun modal untuk memulai bisnis ini terbilang kecil.

Sistem kerja bisnis agen kuota juga mirip dengan bisnis pulsa. Dan biasanya, para pebisnis agen kuota adalah sepaket dengan pebisnis pulsa. Sehingga, ketika kamu menemukan tempat jual pulsa, maka di sana juga ada paket data.

Dengan menjalankan bisnis agen kuota, kamu akan memberikan harga yang murah kepada pelanggan, seperti token listrik, PDAM, Telkom, dan jenis tagihan yang lain, tergantung dengan distributor yang kamu pilih.

Sistem kerja bisnis agen kuota ini juga sangat mudah. Langkah awal yang harus kamu lakukan ialah dengan menyiapkan sejumlah uang untuk membeli deposit di awal.

Biasanya, setiap distributor menawarkan harga yang berbeda-beda. Ada yang menentukan harga minimal Rp. 100.000, ada juga Rp. 50.000.

Maka, pilihlah distributor yang memberikan penawaran pengisian deposit awal Rp. 50.000. Apabila kamu sudah menyiapkan uang Rp. 50.000, carilah distributor yang tepat.

Nah, jika sudah menemukan distributor yang tepat, kamu bisa langsung mendaftarkan diri, dan melakukan mengisian deposit awal, beres deh. Kamu sudah bisa mulai berjualan saat itu juga. Biar lebih jelasnya, saya buat beberapa poin ya sis.

Siapa tahu kalian agak bingung cara kerjanya, heheh.

  • Kamu meski menyiapkan modal. Nah, meskipun kamu hanya menyiapkan satu modal, namun faktanya, modal tersebut bisa digunakan untuk berbagai layanan loh, bukan cuman agen kuota, tapi juga layanan token, pulsa, dan sebagainya.
  • Pilihlah perusahaan atau distributor yang menawarkan persyaratan mudah dan aman. Yakni, cari perusahaan yang bisa menawarkan modal pengisian deposit di awal sesuai dengan budget yang kamu miliki, alias tidak mematok angka minimal, sehingga tidak akan memberatkan kamu yang pemula di bisnis ini. Kata aman di sini bermakna, modal yang kamu berikan sesuai dengan produk yang akan kamu terima.
  • Cari perusahaan atau distributor yang menawarkan harga murah, sehingga kamu bisa menentukan harga jual dan keuntungan yang tepat.
  • Pilih perusahaan yang berani membebaskan biaya admin ya, dan menawarkan kemudahan dalam proses transaksi. Karena bagaimanapun, masih banyak distributor yang menentukan biaya admin saat perdaftaran. Ya daripada buat biaya admin, mending buat ngisi deposit awal kan?
  • Dapatkan system downlinekan. System ini bisa menambah keuntungan kamu dalam menjalankan bisnis, karena biasanya, perusahaan pasti mempunyai cabang, dan kamu juga bisa membuka lapangan kerja untuk menjadi mitra dalam menjalankan bisnis agen kuota ini.
  • Pastikan tempat perusahaan yang akan kamu pilih sudah legal, termasuk mempunyai IMB (Izin Membangun Bangunan).
  • Apabila sudah menemukan dan memilih yang paling tepat, maka kamu bisa langsung menyambungkan ponsel atau laptop kamu ke internet, suapat transaksi bisa langsung dimulai. Tapi biasanya, setiap perusahaa berbeda-beda ya. Dan biasanya, setiap perusahaan pasti akan memberikan tutorial transaksi yang akan kamu jalankan di bisnis ini.
  • Di zaman digital ini, nyaris semua perusahaan yang menawarkan pulsa dan paket pasti mempunyai webnya, maka pastikan bahwa web perusahaan yang akan kamu pilih terjamin terpercaya, dan ada lokasi yang jelas di sana. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan. Nah, di web inilah kamu akan menemukan cara atau tutorial ketika akan mendaftar, dan biasanya, kamu akan diarahkan ke nomor admin perusahaan.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta mengeluarkan modal pengisian deposit awal. Apabila kamu menggunakan web, maka kamu akan diminta untuk mentransfer ke rekening perusahaan.
  • Atau, kamu juga bisa langsung datang ke lokasi perusahaan, dan kamu akan langsung diberikan aplikasi agar bisa memulai bisnis ini dengan melakukan pengisian deposit.
  • Kalau sudah selesai, baru deh kamu bisa mulai jualan lewat hp ataupun laptop.

Baca juga:

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Agen Kuota

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Online

Sekarang kamu sudah tahu kan gimana sistem kerja bisnis agen pulsa. Maka, selanjutnya kamu bisa langsung menjalankan bisnis ini dengan cara yang benar.

So, berikut ini saya sajikan juga beberapa tips sukses dalam berbisnis agen kuota supaya kamu memperoleh keuntungan yang besar.

1. Tentukan Harga yang Terbaik

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan harga yang terbaik.

Nggak harus memberikan harga yang tinggi cuman gara-gara ingin memperoleh keuntungan yang besar loh, karena jika kamu menawarkan harga yang tinggi, maka yang berminat dengan bisnis kamu tidak akan banyak.

Apalagi harga yang tinggi buka satu-satunya cara agar kamu bisa sukses dalam menjalankan bisnis ini.

Selain itu harga sebuah produk atau barang biasanya merupakan hal yang cukup sensitif, tak heran jika kemudian ada selisih harga yang sangat kecil saja bisa membuat pelanggan mencari tempat lain.

Maka, tentukanlah harga yang memang tepat dan terbaik, supaya kamu bisa menemukan konsumen  yang tepat dan siap menjadikan toko kamu sebagai pilihan.

Kamu tidak harus menentukan harga yang rendah banget ya, buat saja harga yang sesuai dengan pasaran. Pokok e, jangan terlalu murah dan jangan terlau mahal juga.

Nah, agar kamu bisa menentukan harga yang tepat, coba survey aja ya sis, biar nggak bingung.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Saat ini sudah banyak sekali model promosi yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan keberadaan media sosial.

Sampai kini, yang namanya bisnis pasti selau berkaitan erat dengan promosi. Tak heran jika promosi menjadi salah satu penentu berkembang atau tidaknya bisnis yang kamu jalankan.

So, manfaatkan media sosial dengan bijak, promosikan bisnis kamu di sana dan lihat dampaknya.

Apalagi jika kamu bisa copywriting dan desain, beuhhh pasti gampang banget kalau mau nyari pelanggan.

Bisnis satu ini juga nggak terlalu perlu kios kok, cuman kalau nanti kamu sudah punya modal banyak nggak ada salahnya ya buat buka kios, biar produk yang kamu tawarkan semakin beragam.

3. Mengenal Lokasi

Tips berikutnya yang meski kamu perhatikan adalah dengan menentukan lokasi. Pilihlah lokasi yang strategis, sehingga keuntungan yang akan kamu peroleh akan tinggi.

4. Memberi Diskon Kepada Pelanggan Setia

Tips terkahir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan diskon kepada pelanggan. Tips satu ini merupakan strategi pemasaran yang sangat keren dan ampuh dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

Diskonnya juga nggak harus gede-gedean kok, karena biasanya, sekecil apapun diskon yang kamu berikan pasti akan sangat berarti bagi semua pelanggan. Nggak percaya? Coba deh buktiin sendiri.

Demikian pembahasan kita hari ini ya gais, semoga bermanfaat. Yuk mulai ikuti tips dan sistem kerja bisnis agen kuota ini. Kalau kamu bisa menemukan sistem pemasaran yang berbeda, tentu kesuksesan bukan hal yang mustahil bagi bisnis kamu.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.