Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Bisnis Tanpa Modal Sepeserpun

5 min read

Bisnis Tanpa Modal Sepeserpun yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Sampai kini, berbisnis adalah sesuatu yang menyenangkan, apalagi bisnis yang kamu jalankan sesuai dengan hobi, passion, minat dan bakat.

Tapi sayangnya, masih tetap banyak kok yang nggak berani bisnis cuman gara-gara nggak punya modal atau takut gagal. Padahal namanya bisnis ya memang penuh risiko, karena hadiahnya kan sukses.

Buat kamu yang dari dulu kepingin banget punya bisnis sendiri, tapi harus terkendala modal, tenang aja, saat ini sudah banyak kok bisnis tanpa modal sepeserpun yang bisa kamu jalankan, ya asalkan kamu bisa cerdas dalam memilih bisnis dan menjalankannya ya.

Ada banyak banget cara yang bisa kamu lakukan ketika akan memulai bisnis, dengan catatan bisnis yang kamu jalankan memang sesui hobi ya, karena peluang suksesnya akan lebih besar.

Bisnis Tanpa Modal Sepeserpun yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Bisnis Tanpa Modal Sepeserpun yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Meskipun dinamai dengan bisnis tanpa modal sepeserpun, namun bukan berarti benar-benar tanpa modal ya, karena kan modal bentuknya bukan cuman uang, tapi ada juga modal yang lain, seperti hp dan paket data.

Pilihlah jenis bisnis yang memang kamu rasa cocok dengan pashion dan lingkunganmu. Hal ini agar proses bisnismu bisa berjalan dengan lancar.

Bingung bisnis tanpa modal sepeserpun yang cocok untuk kamu? Tenang, karena kami akan menghadirkan informasi mengenai bisnis tanpa modal yang bisa kamu coba.

1. Memanfaatkan HP dan Menjadi Spesialis Media Sosial

Saat ini, Hp sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi hampir seluruh manusia. Keberadaannya yang awalnya hanya dirancang sebagai alat komunikasi jarak jauh ternyata sudah mulai dikembangkan menjadi alat multifungsi yang memang telah didukung oleh banyak hal, aplikasi misalnya.

Sehingga, hanya dengan benda mungil tersebut kamu sudah bisa melakukan banyak hal dengan mudah.

Tapi sayang, kebanyakan orang hanya menggunakan hp sebagai alat hiburan, bolak-balik membuka media sosial, menonton siaran kesukaan, dan sebagainya.

Padahal sebenarnya, hp juga bisa digunakan untuk memulai bisnis tanpa modal sepeserpun loh. Percaya nggak?

Apa kamu juga tipe yang menggunakan hp cuma sebagai hiburan? Kalau ia, coba deh tinggalkan, jangan habiskan waktumu hanya untuk berselancar di media sosial. Sudah ngabisin waktu, ngabisin duit lagi heuheu.

Yuk mulai gunakan hp kita untuk sesuatu yang bermanfaat, salah satunya adalah dengan menggunakannya sebagai alat bisnis tanpa modal sepeserpun.

Misalnya dengan menjadi spesialis media sosial. Bisnis tanpa modal sepeserpun yang satu ini memang masih terdengar asing, tapi tidak menutup kemungkinan untuk kamu coba loh.

Apalagi gajinya terbilang lumayan menggiurkan. Hanya saja, kamu harus mempunyai keahlian khusus nih, yaitu desain. So, kalau kamu punya keahlian ini, nggak ada salahnya buat nyoba ya.

2. Menjadi Dropshipper

Kalau kamu sering berbelanja di marketplace, pasti sudah nggak asing dengan istilah dropshipper ya. Dan buat kamu yang belum tahu apa itu dropshipper, nggak usah khawatir, karena kita akan bahasa sedikit.

Jadi, dropshipper merupakan salah satu jenis bisnis yang sedang naik daun nih. Banyak orang yang mulai menyukai sistem bisnis satu ini, karena dianggap lebih mudah dan menguntungkan.

Gimana, udah tertarik? Oke lanjut ya biar kamu makin tertarik.

Dropship adalah jalan ninja bagi kamu yang sedari dulu ingin berbisnis tapi nggak jadi-jadi karena nggak punya duit buat nyetok barang.

Yap, karena dengan menjadi dropshipper, kamu bisa mulai bisnis tanpa modal sepeserpun, kamu nggak perlu nyetok barang sis. Keren kan?

Apalagi nih, buat jadi dropshipper juga sama sekali nggak butuh modal selain yakin, gigih, dan kerja keras.

Kini, ada banyak sekali ibu rumah tangga yang mengikuti trend bisnis satu ini dengan modal hp doang. Jadi, yuk ambil kesempatan sukses kamu sekarang juga dengan menjadi dropshipper.

Kamu bisa mendaftarkan diri menjadi dropshipper dimanapun, ya yang penting pastikan dulu toko yang kamu tuju memang membuka lowongan dropshipper. Kalau tersedia, gasssss sis. Kapan lagi coba mulai bisnis tapi nggak pake modal. Ia kan?

Jadi sistem kerjanya gini, kamu cari dulu nih toko atau perusahaan yang menyediakan sistem dropshippingnya, terus kamu tinggal promosiin barang ke berbagai media sosial yang kamu punya.

Nah, begitu ada yang tertarik kamu bisa langsung menghubungi penyedia barang tadi, dan mereka akan menyiapkan pesanan. Gampang banget kan?

Untuk mengetahui pengertian dan cara lebih lengkapnya mengenai dropship ini, kamu dapat membacanya di sini “pengertian dropship dan cara kerjanya.”

3. Bisnis Barang Bekas

Bisnis Tanpa Modal Sepeserpun yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Bisnis tanpa modal sepeserpun yang selanjutnya adalah dengan berbisnis barang bekas.

Apabila kamu mempunyai barang bekas dan sudah tidak digunakan lagi, kamu bisa loh menjadikannya sebagai ladang bisnis yang akan menambah penghasilan kamu.

Kamu bisa menawarkannya ke berbagai tempat, seperti ke OLX, marketplace Facebook, dan sebagainya.

Dan sampai saat ini, menawarkan barang bekas di Facebook masih pilihan yang paling tepat loh. Tahu kenapa? Ya karena pengguna Facebook sangat banyak, sehingga sekali kamu posting pasti bisa langsung dilihat banyak orang.

Maka saran saya ketika akan memulai bisnis barang bekas ini, cobalah bergabung dengan banyak grup jual beli barang bekas yang ada di kotamu.

Meski terlihat sangat simple dan tidak menjanjikan, tapi pada kenyataannya bisnis satu ini sangat berpotensial loh. Sayang banget kalau kamu lewatkan.

Baca Juga:

4. Survey Online

Bisnis tanpa modal sepeserpun yang berikutnya adalah survey online. Di era digital ini, ada banyak sekali lembaga riset yang membutuhkan data dari banyak orang, dan mereka lebih memilih untuk mengumpulkan data lewat survey secara online.

Nah, selain mempermudah sebuah lembaga mendapatkan data, survey online ini juga menguntungkan kamu yang sedang ingin bisnis tanpa modal sepeserpun. Hanya saja, bisnis jenis ini harus diimbangi dengan bisnis tanpa modal sepserpun yang lain ya.

Karena kamu tahu sendiri, bahwa yang namanya survey online tentu tidak selamanya ada, sehingga agar bisa menunjang bisnis yang kamu jalankan, kamu membutuhkan bisnis yang lainnya.

5. Jualan Produk Fashion

Jualan Produk Fashion

Dunia fashion kian berkembang, ada banyak sekali fahion-fashion baru yang menggiurkan. Tak heran jika kemudian berbisnis fashion terbilang sangat potensial menghasilkan.

Nah, bagi kamu yang selama ini mempunyai ketertarikan di dunia fashion dan ingin berbisnis di dalamnya, kamu tetap bisa kok bisnis tanpa modal sepeserpun ini.

Caranya gimana kak? Gampang, coba deh kamu cari tempat jual baju yang dekat dengan rumah kamu. Carilah produsen yang memang bersedia diajak bekerjasama, kamu bisa menawarkan diri untuk membantu mereka dalam menawarkan produk yang ada. Jika cocok, kamu bisa menawarkannya ke media sosial yang kamu miliki.

Cara ini hampir sama dengan sistem dropshipper ya. Bedanya, dropshipper terbilang serba online, sementara cara satu ini masih ada sistem offlinenya.

6. Menjadi Customer Service

Bisnis tanpa modal sepeserpun yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi kamu ya, karena memang informasi lowongan kerja sebagai customer service terbilang sangat banyak beredar di media sosial.

Jika selama ini kamu hanya membiarkannya saja lewat, saat ini kamu harus mengambil kesempatan untuk bergabung menjadi customer service.

Selain sistem kerjanya mudah, bisnis satu ini biasanya juga bisa dilakukan hanya dari rumah loh. Sehingga dijamin tidak akan memberatkanmu.

Tunggu apa lagi? Yuk segera ambil bagian dari bisnis yang menguntungkan ini.

7. Penulis Konten

Penulis Konten

Apakah kamu mempunyai keahlian menulis? Kalau punya coba deh mencoba untuk membuat konten.

Buat sebanyak mungkin, kemudian kamu bisa menjualnya. Biasanya, jika tulisan yang kamu tawarkan cukup bagus, akan ada orang yang siap merekrut kamu menjadi tim penulis mereka loh.

Awalnya mungkin memang terlihat agak sulit, namun jika lama kelamaan, kamu akan merasakan betapa bisnis tanpa modal sepeserpun yang satu ini sangat menguntungkan.

Bingung kak mau mulainya darimana, mungkin kamu akan berfikir demikian ya.

Oke gini sis, pertama, kamu bisa menulis beberapa artikel, temanya bebas. Tulis saja tema yang memang kamu kuasai.

Jika sudah tawarkan ke beberapa grup blogger di Facebook. Di sana, ada banyak sekali pangsa pasar yang siap melarisi tulisan kamu.

Percaya deh, nggak butuh waktu yang lama tulisan kamu akan diborong. Saya sudah membuktikannya sendiri.

Kamu juga bisa menawarkan jasa penulis artikel ke grup-grup blogger di Facebook. Jangan lupa membuat iklan yang menarik, cantumkan harga, niche yang kamu sanggupi, hingga metode pembayaran.

Kalau bisa berikan hasil tulisan terbaik yang kamu bisa, karena biasanya, jika tulisan kamu bagus, mereka akan repeat order.

Nggak percaya? Coba sendiri aja deh. Sebulan kamu bisa dapat Rp. 3 juta lebih. Asalkan kamu kuat nulisnya ya, hehehe.

Baca Juga:

8. Jasa Desain Grafis

Bisnis tanpa modal sepeserpun yang terakhir adalah bisnis desain grafis. Apabila kamu mempunyai keahlian desain, bisnis satu ini sangat cocok untuk kamu lakoni loh, karena peluangnya sangat besar.

Ada banyak sekali lembaga yang membutuhkan jasa desain grafis untuk berbagai keperluan perusahaan. Sayang banget kalau kamu sia-siain, serius deh.

Penutup

So, itulah dia bisnis tanpa modal sepeserpun yang bisa kamu jalankan. Cara memulai bisnis sepeserpun di atas cukup mudah, kamu bisa melakukan beberapa tips.

  • Memanfaatkan keahlian
  • Fokus dengan tujuan
  • Berhenti untuk takut akan gagal
  • Sering-sering melakukan promosi.

Keempat tips di atas akan membantu kamu dalam menjalani bisnis, percaya deh. Keempat poin itu harus kamu pahami terlebih dahulu, sehingga bisnis apapun yang akan kamu mulai hasilnya akan memuaskan.

Yuk, mulai dari sekarang temukan dulu kelebihan, minat, bakat, hobi, dan passion yang kamu miliki. Jika sudah, tentukan dulu tujunan kamu berbisnis.

Yang namanya berbisnis, semua orang punya tujuan masing-masing. Nah, temukan tujuan kamu, lalu fokuslah di sana.

Tips berikutnya, berhenti untuk takut gagal. Sampai saat ini, semua pebisnis terkenal yang kamu tahu pasti tidak pernah takut bisnis yang dijalankannya mengalami kegagalan, karena dengan takut gagal, itu artinya kamu sudah mempersiapkan gagalmu sendiri.

Percaya saja pada kemampuan diri sendiri, jalankan dengan baik, lalu promosikan bisnis yang kamu jalankan kemanapun.

Yang namanya bisnis mah, nggak bisa sehari, sebulan, setahun bisa langsung sukses ya. Ada waktu yang panjang untuk memperoleh kesuksesan dalam berbisnis, so, nikmati semua prosesnya, dan tunggu giliran suksesmu.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.