Anggaran Adalah Rencana Keuangan Yang Berisi Tentang?

Anggaran Adalah Rencana Keuangan Yang Berisi Tentang
Apa itu Anggaran? – Mari Belajar Lebih Dalam Mengenai Anggaran (Sumber: Pexels.com)

Anggaran adalah sebuah perencanaan keuangan yang dikelola secara rinci dan terkoordinasi yang berkaitan dengan perkiraan penerimaan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu.Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), anggaran adalah perkiraan tentang penerimaan dan pengeluaran kas yang diharapkan dalam suatu periode yang akan datang.Anggaran disusun secara terstruktur dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang mencakup seluruh kegiatan dalam sebuah usaha atau organisasi tertentu.

Perencanaan ini dirangkai dalam jangka waktu atau suatu periode yang akan datang. Umumnya anggaran disusun pada awal tahun periode untuk jangka waktu satu tahun.

Apa yang dimaksud dengan anggaran keuangan?

Anggaran Keuangan (Financial Budget) adalah anggaran yang berisi taksiran-taksiran tentang kegiatan-kegiatan dan kondisi finansial perusahaan dalam jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang. Dimana Anggaran Keuangan perusahaan secara terstruktur dituangkan dalam laporan Neraca (Balance Sheet).

Oleh sebab itu Anggaran Keuangan sering juga disebut Budget Neraca (Balance Sheet Budget). Anggaran Keuangan merupakan bagian yang penting dalam suatu perusahaan, karena Anggaran Keuangan memperlihatkan ekspektasi arus kas dan posisi keuangan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang terencana. Dalam penyusunan Anggaran Keuangan harus dapat menyajikan informasi yang jelas mengenai tujuan, sasaran, hasil, dan manfaat yang ingin dicapai.

Untuk itu didalam proses penyusunannya diperlukan personil yang memahami berbagai informasi yang relevan dengan Anggaran Keuangan. Melalui buku ini pembaca diajak untuk memahami proses penyusunan Anggaran Keuangan yang baik. Dalam penjabaran materi buku, dibuat sepraktis mungkin sehingga akan sangat mudah untuk dipahami pembaca.

Apa yang dimaksud dengan perencanaan anggaran?

Periode : JANUARI – JULI Merupakan tahap Penyiapan konsep pokok-pokok kebijakan fiskal dan ekonomi makro. Asumsi dasar ekonomi makro yang akan digunakan sebagai acuan penyusunan kapasitas fiskal oleh Pemerintah disiapkan oleh Pemerintah, BPS dan Bank Indonesia.

  • Egiatan perencanaan kegiatan dan anggaran dilakukan oleh Kementerian Negara/Lembaga (K/L) yang menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL).
  • RKP/RKAKL mencerminkan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan oleh Presiden dan mendapat persetujuan DPR.
You might be interested:  Berdasarkan Uraian Diatas Yang Termasuk Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Yaitu?

Setelah melalui pembahasan antara K/L selaku chief of operation officer (COO) dengan Menteri Keuangan selaku chief financial officer (CFO) dan Menteri Perencanaan, dihasilkan Rancangan Undang – Undang APBN yang bersama Nota Keuangan kemudian disampaikan kepada DPR.

Penyusunan rencana kerja mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2004 tentang Rencana Kerja Pemerintah dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004 tentang RKA-KL. Penyusunan rencana kerja kementerian negara/lembaga untuk periode satu tahun dituangkan dalam RKA-KL. Untuk selanjutnya, petunjuk teknis penyusunan RKA-KL ditetapkan setiap tahun melalui Keputusan Menteri Keuangan.

Reformasi di bidang penyusunan anggaran juga diamanatkan dalam Undang-undang 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara yang memuat berbagai perubahan mendasar dalam pendekatan penyusunan anggaran. Perubahan mendasar tersebut, meliputi aspek-aspek penerapan pendekatan penganggaran dengan prospektif jangka menengah (medium term expenditure framework), penerapan penganggaran secara terpadu (unified budget), dan penerapan penganggaran berdasarkan kinerja (performance budget).

  1. Dengan menggunakan pendekatan penyusunan anggaran tersebut, maka penyusunan rencana kerja dan anggaran diharapkan akan semakin menjamin peningkatan keterkaitan antara proses perencanaan dan penganggaran (planning and budgeting).
  2. Sumber : a.
  3. Buku Tinta Emas Perbendaharaan b.
  4. Http://www.anggaran.depkeu.go.id c.

http://www.wikiapbn.org Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI Manajemen Portal DJPb – Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt.1 Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4 Jakarta Pusat 10710 Call Center: 14090 Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402