Apa Manfaat Modal Ventura Bagi Mitra Usaha Untuk Modal Usaha?

Apa Manfaat Modal Ventura Bagi Mitra Usaha Untuk Modal Usaha
Kesimpulan – Sejauh ini dapat kita simpulkan bahwa modal ventura merupakan jenis investasi mendapatkan dana dalam bentuk penyertaan modal pada sebuah perusahaan swasta dalam kurun waktu tertentu. Ada pun dua jenis metodenya yakni berdasarkan cara pemberian dana dan cara penghimpunan dana berdasarkan kepemilikan.

Manfaat modal ventura adalah untuk meningkatkan aktivitas dan potensi bisnis, membuat pemasaran produk lebih efisien, likuiditas dan profitabilitas. Download Skema Harga Software ERP Download Sekarang Saat perusahaan sudah mendapatkan pendanaan, alangkah baiknya jika memperhatikan untuk selalu mencatatnya ke dalam keuangan bisnis Anda.

Ini akan sangat penting dan akan memungkinkan investor Anda di masa depan untuk laporan keuangan tahunan perusahaan Anda. Namun, jika Anda memiliki kesulitan dalam menyiapkan laporan keuangan, terdapat solusi Untuk membantu Anda dalam mengelola laporan keuangan atau mengelola arus atau keuangan dengan menggunakan Software Akuntansi dari HashMicro.

Apa manfaat yang didapatkan bagi usaha modal ventura bagi perusahaan maupun bagi rekan bisnisnya?

Pernah mendengar istilah modal ventura? Perusahaan Modal Ventura adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu Perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan ( investee company ) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Dana ventura ini akan mengelola dana investasi dari pihak ketiga (investor) dengan tujuan utamanya adalah melakukan investasi pada perusahaan yang memiliki risiko tinggi sehingga tidak memenuhi persyaratan standar sebagai perusahaan terbuka ataupun guna memperoleh modal pinjaman dari perbankan. Penyertaan modal yang dilakukan oleh modal ventura ini kebanyakan dilakukan kepada perusahaan-perusahaan baru berdiri dimana umumnya belum memiliki suatu riwayat operasional sebagai catatan guna memperoleh suatu pinjaman.

Banyak sekali manfaat dari modal atau dana ventura yang belum banyak diketahui, padahal pendanaan atau pembiayaan ini sangat bermanfaat sekali untuk perusahaan baru berdiri/rintisan ( startup ). Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari modal ventura untuk penting diketahui: 1.

Meningkatkan Kegiatan Dan Potensi Usaha Perusahaan modal ventura ini tidak hanya berperan sebagai investor saja namun mereka juga akan ikut terlibat dalam manajemen dan menjadikan perusahaan yang diberikan dana tersebut sebagai partner nya. Perusahaan yang menjadi partner ini biasanya usaha kecil atau rintisan yang tentunya membutuhkan modal dan dana cukup besar untuk bisa meningkatkan usahanya.

Investor dana ventura akan menjadi rekan yang membantu dalam pengembangan produk, pengembangan ide, maupun bisnis supaya menjadi lebih besar lagi. Oleh sebab itu, bisa dipastikan bahwa dengan adanya keterlibatan dari pemberi dana ventura ini kegiatan dan potensi usaha akan menjadi jauh lebih meningkat.2.

Pemasaran Produk Lebih Efisien Pada perusahaan kecil atau UMKM umumnya menghadapi kendala pemasaran yang belum maksimal, namun dengan dana ventura maka kredibilitas perusahaan akan meningkat, kemudian proses produksi UMKM akan menjadi lebih besar lagi sehingga dengan produk yang melimpah pemasarannya akan menjadi lebih maksimal dan lebih mudah.3.

Kepercayaan dari Bank Perusahaan rintisan akan sulit mendapatkan kepercayaan dari bank karena manajemennya masih belum efektif dan juga stabil. Bank juga tidak mau mengambil risiko jika perusahaan tersebut tidak memiliki kemampuan membayar utang atau cicilan dikarenakan mengalami kebangkrutan akibat manajemen yang belum stabil tersebut.

Berbeda dengan dana ventura yang mana akan terlibat dalam manajemen sehingga ketika ada masalah terjadi maka mereka juga akan ikut membantu memecahkannya. Dengan tergabung dalam dana ventura, ini menjadi nilai plus bagi perusahaan dalam mendapatkan kepercayaan dari bank yang juga berperan sebagai pemberian modal usaha potensial.4.

Likuiditas yang Membaik Perusahaan rintisan yang akan mendapatkan bantuan dana dari modal ventura tidak harus membayar beban bunga dan angsuran utang. Sehingga penambahan modal tersebut bisa secara langsung digunakan untuk meningkatkan likuiditas perusahaan.5.

Rentabilitas yang Semakin Baik Perusahaan modal ventura tidak hanya membantu dari sisi pendanaan saja namun sekaligus membantu dari sisi manajemen, dengan begitu biaya pemasaran dan juga biaya produksi bisa lebih efisien sehingga kemampuan bagi perusahaan untuk bisa mendapatkan keuntungan atau rentabilitas akan semakin meningkat.

Nah Sobat Sikapi, setiap badan usaha termasuk di antaranya UMKM, ternyata memiliki kesempatan untuk dibiayai oleh perusahaan Modal Ventura. Sobat hanya perlu menonjolkan nilai lebih dan potensi pertumbuhan yang pesat dari bisnis. Jadi, Sobat tak perlu ragu untuk mengajukan proposal permintaan investasi lewat Modal Ventura dengan mendapatkan keuntungan berupa sumber dana bagi perusahaan.

Apa Manfaat modal ventura baik bagi perusahaan pasangan usaha maupun perusahaan modal ventura?

Tujuan Modal Ventura – Berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Permenkeu) No.18 Tahun 2021 tentang Perusahaan Modal Ventura, terdapat beberapa tujuan yang diatur antara lain:

Pelaksanaan pendirian atau pembentukan sebuah perusahaan baru Membantu perusahaan yang sedang mengalami kesulitan dana dalam pengembangan usahanya khususnya pada tahap awal. Membantu perusahaan yang sedang mengembangkan produk serta perusahaan yang sedang mengalami kemunduran bisnis Merealisasikan gagasan menjadi produk, terutama teknologi yang siap dipasarkan tanpa bergabung dari pembiayaan kredit bank. Memperlancar mekanisme investasi dalam dan luar negeri Mengembangkan proyek penelitian dan pengembangan Mengembangkan teknologi baru dan alih teknologi Mengalihkan kepemilikan sebuah perusahaan.

You might be interested:  Bagaimana Pengaruh Pasar Modal Terhadap Perekonomian Indonesia?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan modal ventura apa manfaatnya?

Modal Ventura adalah – Dalam membangun suatu bisnis atau badan usaha, tentu Anda membutuhkan yang namanya modal. Gunanya modal ini adalah untuk mendukung operasional dan kinerja bisnis yang sedang dirintis. Meski modal yang dimiliki terbilang pas-pasan, namun jika dialokasikan dengan sebaik mungkin, maka operasional perusahaan bisa berjalan dengan baik.

Ada berbagai macam modal yang bisa digunakan oleh pengusaha, salah satunya adalah modal ventura. Modal ventura biasa disebut dengan venture capital, Modal ventura adalah salah satu jenis investasi yang pembiayaannya berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta dalam jangka waktu tertentu.

Bentuk venture capital ini adalah uang tunai yang diberikan kepada perusahaan. Selanjutnya, perusahaan akan memberikan sejumlah saham kepada pemodal. Investasi dalam bentuk modal ini sebenarnya memiliki risiko yang cukup tinggi, namun return yang diterima pun tinggi.

Apa yang dimaksud modal ventura dan sebutkan serta jelaskan karakteristik yang dimiliki oleh modal ventura?

Perusahaan Modal Ventura (Venture Capital Company) adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu Perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau

Mengapa perusahaan modal ventura berani melakukan investasi dalam kondisi tingkat resiko yang sangat tinggi?

Ciri-ciri Perusahaan Modal Ventura – Ciri-ciri Modal Ventura via gitasarisanastuti08.blogspot.co.id Sedangkan ciri-ciri perusahaan modal ventura adalah:

  1. Pembiayaan modal ventura merupakan equity, Bentuk pembiayaan oleh perusahaan modal ventura dilakukan dengan penyertaan modal langsung pada perusahaan pasangan usaha.
  2. Modal ventura adalah investasi dengan perspektif jangka panjang. Modal ventura tidak mengharapkan perolehan keuntungan dengan memperdagangkan sahamnya secara jangka pendek akan tetapi mengharapkan capital gain setelah jangka waktu tertentu.
  3. Modal ventura merupakan pembiayaan yang bersifat risk capital, Beresiko tinggi karena pembiayaan modal ventura tidak disertai dengan jaminan seperti halnya dengan kredit perbankan. Resiko tinggi tersebut sebenarnya diimbangi dengan harapan mendapatkan return yang lebih besar.
  4. Modal ventura bersifat sementara. Meskipun pembiayaan modal ventura berupa penyertaan saham, namun ada prinsipnya tetap bersifat sementara yaitu misalnya ketentuan jangka waktu penyertaan modal ventura di Indonesia maksimun 10 tahun
  5. Keuntungan berupa capital gain dan deviden, Keuntungan yang diharapakan diperoleh perusahaan modal ventura terutama capital gain atau apresiasi nilai saham di samping deviden.
  6. Rate Of Return yang tinggi. Bidang usaha yang umunya dibiayai oleh modal ventura adalah yan bersifat terobosan-terobosan baru yang menjanjikan keuntungan yang tinggi.

Mengapa modal ventura dikatakan pembiayaan yang bersifat risk capital?

Modal ventura merupakan pembiayaan yang bersifat resiko tinggi ( risk capital ). Dikatakan beresiko tinggi karena pembiayaan modal ventura tidak disertai dengan jaminan seperti halnya dengan kredit perbankan. Akan tetapi hanya didasarkan pada keyakinan atau gagasan yang diusulkan tersebut.

Menurut pandangan anda bagaimana perkembangan modal ventura di Indonesia apakah berjalan dengan lambat atau berjalan dengan pesat?

JAKARTA – Perusahaan modal ventura (PMV) di Indonesia dinilai kurang berkembang karena akses sumber pendanaan jangka panjang yang masih sulit. “Skema pembiayaan yang menyangkut penyertaan modal ventura itu termasuk risiko tinggi. Oleh karena itu, agak susah bagi internal perusahaan ventura sendiri mendapatkan dana dibanding dengan bagi hasil dan obligasi,” ujar ekonom Indonesia Economic Intelligence (IEI) Sri Yani Kusumastuti di Jakarta, Jumat.

  1. Ia mengatakan, di Indonesia perusahaan dari penyertaan modal ventura belum terlihat keberadaannya, berbeda dengan di luar negeri yang perkembangannya cukup signifikan.
  2. Ebanyakan ventura di luar negeri itu perusahaan teknologi informasi (IT), sementara di Indonesia belum merambah ke arah sana,” katanya.

Meski demikian, lanjut dia, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 18/PMK.010/2012 tentang Perusahaan Modal Ventura dinilai positif karena PMV secara rutin harus melaporkan neraca keuangannya. PMV merupakan badan usaha yang melakukan kegiatan usaha pembiayaan atau penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.

  1. Egiatan PMV bisa dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi dan atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.
  2. Menurut Sri Yani, kondisi saat ini di tengah melambatnya ekonomi global, penyertaan modal PMV akan masih lambat di dalam negeri.
  3. Penyertaan modal PMV lebih cenderung kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), UMKM di Indonesia perkembangannya belum siginifikan apalagi saat ini pertumbuhan ekonomi global pertumbuhannya melambat dan Indonesia merasakan dampaknya,” katanya.

Ia juga menilai sumber daya manusia di bidang ventura belum siap karena banyak PMV yang akhirnya hanya fokus pada skema pembiyaan bagi hasil padahal ventura adalah penyertaan. “Pemodal cenderung menginginkan capital gain, dalam penyertaan modal sulit mendapatkan keuntungan tinggi,” katanya.

Bagaimana cara perusahaan modal ventura mendapat keuntungan?

Bagaimana Perusahaan Modal Ventura Mendapatkan Profit? Di era industri 4.0 ini, tidak sedikit perusahaan yang mengalami perkembangan yang cukup pesat.

  • Perusahaan yang saat ini berkembang tidak hanya perusahaan yang bergerak di bidang industri barang, seperti makanan, minuman, pakaian, dan sejenisnya, tetapi juga perusahaan yang bergerak di pasar modal.
  • Salah satu perusahaan yang cukup digandrungi saat ini adalah perusahaan modal ventura.
  • Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan perusahaan modal ventura?
  • Modal ventura pada dasarnya merupakan salah satu bentuk investasi yang diperoleh dalam bentuk penyertaan modal atau pembiayaan pada suatu badan usaha hingga badan usaha tersebut menjadi badan usaha swasta.
  • Investasi yang diberikan berupa suntikan dana cash yang selanjutnya akan ditukarkan dengan sejumlah saham di perusahaan mitra atau sekarang banyak disuntikkan ke perusahaan,
  • Investasi ini biasanya dilakukan oleh perusahaan swasta yang memiliki mitra kerja.
  • Misalnya perusahaan X menginvestasikan uang sebesar 500 juta rupiah.
  • Uang tunai tersebut akan ditukarkan dengan 1/3 saham milik perusahaan Y.
  • Dengan demikian, 1/3 saham di perusahaan Y menjadi milik perusahaan X.
  • Investasi jenis ini memang terbilang cukup berisiko.
  • Namun jika peluang yang didapatkan cukup bagus, keuntungan yang akan diperoleh juga sangat menggiurkan.
  • Dana yang disuntikkan oleh investor selanjutnya akan dikelola oleh dana ventura.
  • Lalu, bagaimana perusahaan modal ventura mendapatkan profit?

Apa Manfaat Modal Ventura Bagi Mitra Usaha Untuk Modal Usaha Bagaimana perusahaan modal ventura mendapatkan profit

  1. Perusahaan modal ventura mendapatkan profit berupa capital gain.
  2. Capital gain merupakan selisih antara nilai investasi awal dengan nilai investasi setelah dirilis atau dapat dikatakan sebagai selisih antara nilai investasi awal dengan hasil penjualan saham.
  3. Tidak cukup sampai di situ, perusahaan modal ventura juga mendapatkan keuntungan berupa dividen.
  4. Dividen merupakan sistem pembagian laba yang digunakan oleh perusahaan modal ventura dalam pembagian keuntungan untuk para investor pemilik saham sesuai dengan jumlah atau nilai saham yang dimiliki.
  5. Pembagian dividen ini memang akan mengurangi kas serta laba ditahan milik perusahaan, tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah lantaran tujuan utama perusahaan modal ventura adalah membagikan keuntungan kepada pemilik modal.
  6. Terdapat empat jenis dividen yang umumnya digunakan oleh perusahaan modal ventura, yaitu:
You might be interested:  Surat Berharga Yang Menunjukkan Penyertaan Modal Dalam Suatu Perusahaan Disebut?

Bagaimana modal ventura bisa mempengaruhi perekonomian suatu negara?

Mendukung kebutuhan lokal – Salah satu celah lain yang bisa diisi oleh para perusahaan modal ventura dalam mendukung agenda pengembangan nasional adala memenuhi kebutuhan lokal. Perusahaan modal ventura cenderung terbuka untuk mengambil investasi yang lebih berisiko.

  • Dan terbukti, saat ini mereka cenderung memberikan investasi kepada sektor yang “tidak biasa” seperti industri digital dan teknologi.
  • Arena itu, perusahaan modal ventura sebenarnya membuka lebih banyak pintu bagi startup teknologi dengan ide-ide menarik yang benar-benar menyelesaikan masalah dan kebutuhan lokal, dibanding perusahaan lain yang hanya fokus pada keuntungan semata.

Startup yang terlihat akan mengubah industri tertentu secara drastis, akan diminati oleh banyak investor. Contoh dari kisah sukses seperti ini adalah Grab, sebuah perusahaan transportasi online yang awal kemunculannya didukung oleh dana investasi dari perusahaan modal ventura.

Mereka tidak hanya merevolusi industri taksi, namun juga mendukung pasar transportasi yang selama ini kurang terlayani di Asia Tenggara. Hal serupa bisa juga kita katakan untuk GOJEK, startup asal Indonesia yang serupa dengan Grab. Contoh kasus menarik lainnya adalah kemunculan Tokopedia, yang berusaha memenuhi dahaga masyarakat Indonesia akan e-commerce.

Pada tahun 2009, penetrasi internet di Indonesia hanya sekitar 12,5%, namun penggunaan smartphone berkembang dengan sangat cepat. Negara kepulauan ini pun telah menjadi rumah bagi basis pengguna Facebook dan Twitter yang terbesar di dunia. Platform marketplace consumer-to-consumer (C2C) tersebut menerima pendanaan dari East Ventures pada tahun 2010.

Pada saat itu, masyarakat yang mau melakukan jual beli online berkembang dengan cepat, namun infrastruktur yang ada masih beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kami melihat potensi dari Tokopedia dan berhasil masuk ke pasar pada waktu yang tepat, demi mengambil keuntungan dari berkembangnya raksasa e-commerce tanah air tersebut.

“Kami memprediksi bahwa apa yang terjadi di Amerika Serikat juga akan terjadi di negara-negara lain, seperti Cina, India, dan Indonesia,” ujar Willson. “Di negara-negara tersebut, e-commerce menjadi lokomotif utama untuk ekosistem digital, menarik produk-produk menarik lain di belakangnya.” Masalah yang dihadapi Indonesia berbeda dengan masalah yang dihadapi oleh Malaysia atau Singapura.

Arena itu, perusahaan multinasional besar yang telah mempunyai model bisnis yang sukses di negara lain, belum tentu bisa menghadirkan solusi yang tepat untuk masyarakat lokal. Perusahaan modal ventura bisa menjadi sangat lokal dengan mendukung perusahaan yang menyediakan solusi bagi kebutuhan spesifik tersebut.

Menurut riset McKinsey pada tahun 2018, sektor e-commerce di Indonesia berhasil mendorong pertumbuhan daya beli masyarakat hingga delapan kali lipat, meningkatkan inklusi keuangan bagi para pengusaha perempuan, dan menghasilkan 26 juta lapangan kerja pada tahun 2022.

Faktor apa saja yang membuat perusahaan modal ventura mau membantu perusahaan lain?

Lalu, apa yang dicari oleh Modal Ventura dari investasi bisnisnya? – Terdapat tiga faktor penting yang harus dimiliki suatu usaha agar perusahaan Modal Ventura mau menyalurkan modalnya, yaitu manajemen yang kuat, pasar yang besar dan berpotensi, serta produk atau servis unik yang memiliki competitive advantage,

  • Selain ketiga hal tersebut, perusahaan Modal Ventura biasanya juga mencari badan usaha di dalam ranah industri yang dikenalinya dengan baik.
  • Tak hanya itu, beberapa Modal Ventura juga mengharapkan persentase Ekuitas dalam jumlah besar dari usaha yang dibiayainya, agar mereka juga mempengaruhi arah perusahaan ke depannya.

Baca Juga: Apa itu Angel Investor?

Mengapa jangka waktu penyertaan modal ventura tersebut bersifat sementara?

4. Sifat Pembiayaan Modal Ventura Terbatas dan Aktif – Pembiayaan modal ventura memang berupa penyertaan saham tetapi sifatnya sementara karena memiliki ketentuan jangka waktu sekitar 10 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, diharapkan perusahaan yang diberikan suntikan dana sudah mencapai tingkat yang diinginkan.

Bagaimana cara kerja perusahaan modal ventura?

Mekanisme modal ventura, pada prinsipnya, merupakan suatu proses yang menggambarkan arus investasi, yang dimulai dari masuknya pemodal dengan membentuk suatu pool of funds, proses pembiayaan pada perusahaan pasangan usaha, sampai proses penarikan kembali penyertaan tersebut (divestasi).

Bagaimana perkembangan pembiayaan modal ventura di Indonesia?

Beberapa perusahaan Modal Ventura pun telah menyiapkan dana untuk investasi di tahun ini. Berdasarkan data OJK, penyertaan modal ventura sudah mencapai Rp 15 triliun per Februari 2021 atau tumbuh 14,6% ytd. Kontribusi terbesar masih berasal dari pembiayaan usaha produktif yang mencapai Rp 10 triliun.

Bagaimana cara untuk melakukan divestasi modal ventura?

Jenis pembiayaan modal ventura – Ada tiga jenis pembiayaan yang biasa dilakukan oleh modal ventura yaitu:

Penyertaan dalam bentuk saham

Jenis penyertaan ini merupakan jenis pembiayaan saham langsung kepada perusahaan pasangan usaha yang berbadan hukum (perseroan terbatas). Penyertaan saham dilakukan untuk jangka waktu tertentu, bisanya paling lama 10 tahun. Setelah jangka waktu penyertaan selesai, maka perusahaan modal ventura harus melakukan divestasi terhadap penyertaan tersebut sehingga tidak menjadi pengendali pada perusahaan pasangan usaha.

Penyertaan melalui pembelian obligasi konversi

Perusahaan modal ventura membeli obligasi konversi yang diterbitkan oleh perusahaan pasangan usaha dengan kesepakatan akan dikonversi atau ditukar menjadi saham pada waktu yang telah disepakati. Baca juga: Sewa Guna Usaha: Definisi, Manfaat, dan Kegiatan Usahanya

Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil

Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil dilaksanakan dalam bentuk penyediaan modal kepada perusahaan pasangan usaha dengan jangka waktu tertentu. Pembagian keuntungan didasarkan pada kesepakatan antara kedua belah pihak.

Bagaimana modal ventura bisa mempengaruhi perekonomian suatu negara?

Mendukung kebutuhan lokal – Salah satu celah lain yang bisa diisi oleh para perusahaan modal ventura dalam mendukung agenda pengembangan nasional adala memenuhi kebutuhan lokal. Perusahaan modal ventura cenderung terbuka untuk mengambil investasi yang lebih berisiko.

  1. Dan terbukti, saat ini mereka cenderung memberikan investasi kepada sektor yang “tidak biasa” seperti industri digital dan teknologi.
  2. Arena itu, perusahaan modal ventura sebenarnya membuka lebih banyak pintu bagi startup teknologi dengan ide-ide menarik yang benar-benar menyelesaikan masalah dan kebutuhan lokal, dibanding perusahaan lain yang hanya fokus pada keuntungan semata.
You might be interested:  Surat Berharga Yang Diperjualbelikan Dalam Pasar Modal Adalah?

Startup yang terlihat akan mengubah industri tertentu secara drastis, akan diminati oleh banyak investor. Contoh dari kisah sukses seperti ini adalah Grab, sebuah perusahaan transportasi online yang awal kemunculannya didukung oleh dana investasi dari perusahaan modal ventura.

Mereka tidak hanya merevolusi industri taksi, namun juga mendukung pasar transportasi yang selama ini kurang terlayani di Asia Tenggara. Hal serupa bisa juga kita katakan untuk GOJEK, startup asal Indonesia yang serupa dengan Grab. Contoh kasus menarik lainnya adalah kemunculan Tokopedia, yang berusaha memenuhi dahaga masyarakat Indonesia akan e-commerce.

Pada tahun 2009, penetrasi internet di Indonesia hanya sekitar 12,5%, namun penggunaan smartphone berkembang dengan sangat cepat. Negara kepulauan ini pun telah menjadi rumah bagi basis pengguna Facebook dan Twitter yang terbesar di dunia. Platform marketplace consumer-to-consumer (C2C) tersebut menerima pendanaan dari East Ventures pada tahun 2010.

Pada saat itu, masyarakat yang mau melakukan jual beli online berkembang dengan cepat, namun infrastruktur yang ada masih beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kami melihat potensi dari Tokopedia dan berhasil masuk ke pasar pada waktu yang tepat, demi mengambil keuntungan dari berkembangnya raksasa e-commerce tanah air tersebut.

“Kami memprediksi bahwa apa yang terjadi di Amerika Serikat juga akan terjadi di negara-negara lain, seperti Cina, India, dan Indonesia,” ujar Willson. “Di negara-negara tersebut, e-commerce menjadi lokomotif utama untuk ekosistem digital, menarik produk-produk menarik lain di belakangnya.” Masalah yang dihadapi Indonesia berbeda dengan masalah yang dihadapi oleh Malaysia atau Singapura.

Arena itu, perusahaan multinasional besar yang telah mempunyai model bisnis yang sukses di negara lain, belum tentu bisa menghadirkan solusi yang tepat untuk masyarakat lokal. Perusahaan modal ventura bisa menjadi sangat lokal dengan mendukung perusahaan yang menyediakan solusi bagi kebutuhan spesifik tersebut.

Menurut riset McKinsey pada tahun 2018, sektor e-commerce di Indonesia berhasil mendorong pertumbuhan daya beli masyarakat hingga delapan kali lipat, meningkatkan inklusi keuangan bagi para pengusaha perempuan, dan menghasilkan 26 juta lapangan kerja pada tahun 2022.

Faktor apa saja yang membuat perusahaan modal ventura mau membantu perusahaan lain?

Lalu, apa yang dicari oleh Modal Ventura dari investasi bisnisnya? – Terdapat tiga faktor penting yang harus dimiliki suatu usaha agar perusahaan Modal Ventura mau menyalurkan modalnya, yaitu manajemen yang kuat, pasar yang besar dan berpotensi, serta produk atau servis unik yang memiliki competitive advantage,

Selain ketiga hal tersebut, perusahaan Modal Ventura biasanya juga mencari badan usaha di dalam ranah industri yang dikenalinya dengan baik. Tak hanya itu, beberapa Modal Ventura juga mengharapkan persentase Ekuitas dalam jumlah besar dari usaha yang dibiayainya, agar mereka juga mempengaruhi arah perusahaan ke depannya.

Baca Juga: Apa itu Angel Investor?

Resiko apa yang terkait dengan perusahaan modal ventura?

Abstract – Perusahaan lembaga pembiayaan lahir karena kebutuhan konsumen yang terus tidak dapat dibendung, sehingga masyarakat memerlukan lembaga alternatif dalam memenuhi kebutuhanya. Di sisi lain, industri perbankan Indonesia terus mengalami penurunan yang tajam karena krisis moneter tahun 1997.

  1. Situasi ini menciptakan lembaga penyandang dana yang lebih fleksibel bagi masyarakat yang dalam hal-hal tertentu tingkat risikonya bahkan lebih tinggi.
  2. Inilah yang dikenal sebagai lembaga pembiayaan.
  3. Salah satu perusahaan pembiayaan yang dari dahulu telah ada adalah perusahaan pembiayaan modal ventura.

Namun di Indonesia sendiri, modal ventura masih kurang berkembang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antarannya kesesuaian, tenaga profesional, peraturan perundang-undangan, dan risiko yang menjadi faktor terbesar, meskipun pembiayaan dengan cara penyertaan memungkinkan adanya rate of return yang lebih tinggi bagi PMV, namun salah satu konsekuensi dari pembiayaan dalam bentuk penyertaan adalah adanya risiko yang lebih tinggi yakni risiko apabila PPU tidak mampu membeli penyertaan modal PMV pada akhir waktu perjanjian dan / atau ketika PPU tidak mau membeli penyertaan modal PMV.

  1. Rumusan masalah yang diulas dalam penelitian ini adalah risiko perjanjian modal ventura dan upaya hukum bagi PMV apabila PPU tidak mampu/tidak mau membeli penyertaan modal PMV.
  2. Metode yang dipergunakan adalah penelitian noormatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan studi kasus.

Hasil dari penenlitian ini dapat diketahui bahwa risiko bagi PMV adalah risiko strategi, risiko operasional, risiko aset dan liabilitas, risiko kepengurusan, risiko tata kelola, risiko dukungan dana dan risiko pembiayaan dengan risiko hukum yang terbesar adalah gagalnya divestasi.

Risiko tersebut dapat ditanggulangi dengan upaya hukum yang dapat dilakukan PMV adalah apabila PPU tidak mampu membeli penyertaan modal adalah Rescheduling dan Restrukturisasi Utang dengan mencantumkan recapture clause, menjual PPU kepada perusahaan lain, PPU mencari investor baru, penawaran saham PPU dalam pasar modal, dan melikuidasi PPU.

Selanjutnya upaya hukum yang dapat dilakukan bagi PMV apabila PPU tidak mau membeli penyertaan modal adalah melalui upaya negosiasi, mediasi, dan konsoliasi serta arbitrasi yang lebih bersifat semi formal. Apabila upaya non litigasi yang ditempuh ini mengalami kegagalan, barulah melalui upaya litigasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FH.167/17 Nov r
Uncontrolled Keywords: Modal Ventura, PMV, PPU.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
Creators NIM
ABDUL ROSID NOVIANTO, 031311133044 UNSPECIFIED

/td> Contributors:

Contribution Name NIDN / NIDK
Thesis advisor Agus Widyantoro, S.H., M.H. UNSPECIFIED

/td> Depositing User: Mr Binkol1 1 Date Deposited: 27 Dec 2017 21:56 Last Modified: 17 Jan 2018 21:54 URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64318 Sosial Share:

Mengapa jangka waktu penyertaan modal ventura tersebut bersifat sementara?

4. Sifat Pembiayaan Modal Ventura Terbatas dan Aktif – Pembiayaan modal ventura memang berupa penyertaan saham tetapi sifatnya sementara karena memiliki ketentuan jangka waktu sekitar 10 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, diharapkan perusahaan yang diberikan suntikan dana sudah mencapai tingkat yang diinginkan.