Apa Saja Unsur-Unsur Laporan Keuangan Perusahaan Jasa?

Apa Saja Unsur-Unsur Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
JAKARTA, investor.id – Laporan keuangan yang disusun dalam periode tertentu memiliki beberapa aspek penting yang bisa membantu proses analisis pergerakan aset keuangan kamu secara tepat. Simak 7 unsur-unsur laporan keuangan dilansir dari Pintu Academy, Jumat (25/03/2022).1.Aset Aset adalah apa yang dimiliki sebuah perusahaan dan diharapkan bisa menghasilkan manfaat di masa depan.

Tanah Bangunan Properti Peralatan komputer Modal di bank Uang tunai yang ada di perusahaan Uang muka dari pemesanan oleh klien Inventaris Piutang dan aset lainnya yang sesuai dengan kriteria.

Baca juga: BPK Segera Audit Laporan Keuangan Kejaksaan Tahun 2021 2.Liabilitas Liabilitas adalah kewajiban perusahaan. Kewajiban ini diharapkan juga bisa menghasilkan dan memberikan manfaat ekonomi yang positif bagi perusahaan. Beberapa contoh liabilitas adalah:

Pinjaman bank Bunga bank Pajak Utang antar perusahaan Utang gaji dan masih banyak lagi

3.Ekuitas Sederhananya, ekuitas adalah nilai dari aset dikurangi biaya liabilitas. Beberapa contohnya adalah pembayaran dividen dan modal saham. Bertambah atau berkurangnya ekuitas bergantung pada pergerakan aset dan liabilitas.4.Pendapatan Pendapatan termasuk ke dalam salah satu unsur-unsur dasar laporan keuangan.

Pendapatan perusahaan bisa berupa hasil penjualan dari aktivitas bisnis yang menjual barang maupun jasa atau di luar aktivitas utama sebuah bisnis. Di luar aktivitas bisnis, pendapatan bisa didapatkan dari deposito bank dan dividen yang diperoleh dari investasi ekuitas.5.Pengeluaran Pengeluaran perusahaan bisa berupa pengeluaran operasional maupun administratif.

Beberapa contoh unsur-unsur laporan keuangan yang termasuk ke dalam pengeluaran adalah sebagai berikut.

Biaya produksi barang Gaji Biaya utilitas Transportasi Promosi Beban sewa Biaya perbaikan dan pemeliharaan aset perusahaan Tagihan listrik, internet, dan telepon.

Baca juga: Mekari Edukasi Masyarakat soal Manfaat Laporan Keuangan untuk Pengelolaan Perusahaan 6.Keuntungan Unsur-unsur dalam laporan keuangan berikutnya adalah keuntungan. Keuntungan didapat dari peningkatan ekuitas seseorang maupun sebuah perusahaan.

Keuntungan jumlahnya bisa berbeda dari satu periode ke periode lainnya. Apabila nilai dari sebuah aset pada masa sekarang lebih tinggi dibandingkan ketika kamu membelinya dulu, maka nilai keuntungan adalah perbedaan antara nilai aset sekarang dan biaya pembelian aset. Dalam investasi, keuntungan dapat dihitung sebagai berikut.

Misalkan kamu berinvestasi di Bitcoin pada tanggal 20 Juli ketika harganya berada di angka Rp439.038.302. Lalu kamu menjual aset tersebut pada tanggal 27 Juli ketika harga aset berada di angka Rp580.261.516. Jika diasumsikan tidak terdapat biaya lain dari investasi tersebut, maka kamu memperoleh keuntungan sebesar (Rp580.261.516-Rp439.038.302) / Rp439.038.302 x 100% = 32,17% dari investasi kripto tersebut.7.Kerugian Merupakan kebalikan dari keuntungan.

Kerugian terjadi ketika nilai pembelian aset di masa dulu lebih besar daripada nilai aset di masa sekarang, yang juga bisa menunjukkan penurunan nilai dari sebuah aset. Sementara itu dari sisi lain, kerugian juga bisa berarti kelebihan nilai pengeluaran dibandingkan terhadap pendapatan yang diperoleh dalam rentang waktu tertentu.

Editor : Lona Olavia ([email protected]) Sumber : Investor Daily

You might be interested:  Badan Usaha Yang Menjual Saham Untuk Mendapatkan Modal Adalah?

Contents

Apa saja isi dari laporan keuangan perusahaan jasa?

Laporan Keuangan Pada Perusahaan Jasa – Laporan keuangan adalah hasil dari siklus akuntansi pada perusahaan jasa yang dapat menggunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan.

  1. Laporan Laba Rugi ( Statement of Profit or Loss )
  2. Laporan Perubahan Modal/Laporan Perubahan Ekuitas/Laporan Ekuitas Pemilik ( Statement of Changes in Equity )
  3. Neraca ( Statement of Financial Position ), adapun jenisnya yakni neraca saldo, neraca pembayaran, neraca keuangan, dan lainnya
  4. Laporan Arus Kas ( Statement of Cash Flows )

Sedangkan komponen lain yang terdapat pada laporan keuangan perusahaan jasa adalah seperti berikut:

  • Nama perusahaan pelapor atau identitas lain.
  • Cakupan laporan keuangan, apakah mencakup hanya satu entitas atau beberapa entitas.
  • Tanggal atau periode yang mencakup oleh laporan keuangan, mana yang lebih tepat bagi setiap komponen laporan keuangan.
  • Mata uang pelaporan.
  • Satuan angka yang menggunakan dalam penyajian laporan keuangan.

Pelajari juga bagaimana Anda bisa mengelola bisnis jasa Anda dengan aplikasi pembukuan Mekari Jurnal dengan menonton video di bawah ini. 

Mengapa laporan keuangan penting dalam proses pengambilan keputusan?

Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pemegang Saham dan Calon Investor – Sebagai penanam modal pada bisnis, investor pasti selalu ingin tahu apakah modal yang mereka berikan telah digunakan secara tepat. Bagi para pemegang saham dan juga calon investor, perusahaan dengan kondisi keuangan yang stabil tentunya akan lebih dipercaya.

Jika suatu perusahaan memiliki kondisi keuangan yang stabil dan baik, berarti peluang sahamnya bernilai tinggi adalah kesempatan yang bagus. Sebaliknya, jika kondisi keuangan suatu perusahaan tidak stabil, hal ini membuat pemegang saham khawatir akan merugi. Dengan laporan keuangan yang baik, investor akan merasa yakin terhadap bisnis Anda.

Dengan begitu, mereka tidak akan merasa keberatan untuk menanamkan modalnya ke perusahaan, sehingga perusahaan dapat lebih mudah mengembangkan bisnis dengan modal tambahan dari investor tersebut. Untuk lebih jelasnya, manfaat laporan keuangan bagi pemegang saham dan calon investor adalah sebagai berikut:

You might be interested:  Pajak Yang Dikenakan Atas Dasar Subjeknya?

4 Dalam kondisi seperti apakah suatu perusahaan mengalami laba Sebaliknya jika mengalami rugi?

Apabila pendapatan lebih besar daripada biaya maka dikatakan bahwa perusahaan memperoleh laba dan bila terjadi sebaliknya maka perusahaan mengalami rugi.

Apa saja unsur unsur laporan audit?

Unsur penting laporan audit baku adalah: (1) Judul Laporan, (2) Pihak yang dituju, (3) paragraf pengantar, (4) paragraf lingkup, (5) paragraf pendapat, (6) tanda tangan, (7) tanggal laporan.

Apa yang dimaksud dengan pengakuan unsur laporan keuangan?

PENGAKUAN UNSUR LAPORAN KEUANGAN BLU/BLUD Pengakuan dalam akuntansi adalah proses penetapan terpenuhinya kriteria pencatatan suatu kejadian atau peristiwa dalam catatan akuntansi sehingga menjadi bagian yang melengkapi unsur aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan LRA, belanja, pembiayaan, pendapatan LO, dan beban.

Pengakuan diwujudkan dalam pencatatan jumlah uang terhadap pos-pos laporan keuangan yang terpengaruh oleh kejadian atau peristiwa tersebut. Kriteria minimum yang perlu dipenuhi oleh suatu kejadian atau peristiwa untuk diakui yaitu: a. terdapat kemungkinan bahwa manfaat ekonomi yang berkaitan dengan kejadian tersebut mengalir keluar atau masuk ke dalam entitas pelaporan yang bersangkutan.b.

kejadian atau atau peristiwa mempunyai nilai atau hanya yang dapat diukur atau dapat diestimasi dengan andal. Selain itu kejadian atau peristiwa harus memenuhi kriteria pengakuan perlu mempertimbangkan aspek materialitas. Kriteria pengakuan pada umumnya didasarkan pada nilai uang akibat peristiwa atau kejadian yang dapat diandalkan pengukurannya.

Namun ada kalanya pengakuan didasarkan pada hasil estimasi yang layak. Apabila pengukuran berdasarkan biaya dan estimasi yang layak tidak mungkin dilakukan, maka pengakuan transaksi demikian cukup diungkapkan pada Catatan atas Laporan Keuangan. PENGAKUAN ASET Aset diakui pada saat potensi manfaat ekonomi masa depan diperoleh oleh pemerintah dan mempunyai nilai atau biaya yang dapat diukur dengan andal.

You might be interested:  Surat Setoran Pajak Merupakan Lembaran Yang Berisi Informasi Berupa?

Aset dalam bentuk kas yang diperoleh pemerintah antara lain bersumber dari pajak, bea masuk, cukai, penerimaan bukan pajak, retribusi, pungutan hasil pemanfaatan kekayaan negara, transfer, dan setoran lain-lain, serta penerimaan pembiayaan, seperti hasil pinjaman.

Proses pemungutan setiap unsur penerimaan tersebut sangat beragam dan melibatkan banyak pihak atau instansi. Dengan demikian, titik pengakuan penerimaan kas oleh pemerintah untuk mendapatkan pengakuan akuntansi memerlukan pengaturan yang lebih rinci, termasuk pengaturan mengenai batasan waktu sejak uang diterima sampai penyetorannya ke Rekening Kas Umum Negara/Daerah.

Aset tidak diakui jika pengeluaran telah terjadi dan manfaat ekonominya dipandang tidak mungkin diperoleh pemerintah setelah periode akuntansi berjalan. PENGAKUAN KEWAJIBAN Kewajiban diakui jika besar kemungkinan bahwa pengeluaran sumber daya ekonomi akan dilakukan untuk menyelesaikan kewajiban yang ada sampai saat pelaporan, dan perubahan atas kewajiban tersebut mempunyai nilai penyelesaian yang dapat diukur dengan andal.

PENGAKUAN PENDAPATAN Pendapatan-LO diakui pada saat timbulnya hak atas pendapatan tersebut atau ada aliran masuk sumber daya ekonomi. Pendapatan-LRA diakui pada saat kas diterima di Rekening Kas Umum Negara/Daerah atau oleh entitas pelaporan. PENGAKUAN BEBAN DAN BELANJA Beban diakui pada saat timbulnya kewajiban, terjadinya konsumsi aset, atau terjadinya penurunan manfaat ekonomi atau potensi jasa.

Belanja diakui berdasarkan terjadinya pengeluaran dari Rekening Kas Umum Negara/Daerah atau entitas pelaporan. Khusus pengeluaran melalui bendahara pengeluaran pengakuannya terjadi pada saat pertanggungjawaban atas pengeluaran tersebut disahkan oleh unit yang mempunyai fungsi perbendaharaan : PENGAKUAN UNSUR LAPORAN KEUANGAN BLU/BLUD