Apa Yang Dimaksud Dengan Struktur Modal?

Apa Yang Dimaksud Dengan Struktur Modal
Kesimpulan – Struktur modal adalah perimbangan atau perbandingan antara modal ditahan dan kepemilikan perusahaan dengan modal asing yang berupa utang jangka pendek maupun utang jangka panjang. Pengelolaan capital structure ini bertujuan untuk memadukan sumber-sumber dana permanen yang digunakan untuk kegiatan operasional, yang akan memaksimalkan nilai perusahaan.

Dengan kata lain, pengelolaan capital structure yang baik menandakan perusahaan berada dalam pengelolaan keuangan yang baik. Kondisi finansial terjaga aman sehingga perusahaan terhindar dari kerugian yang dapat mendatangkan masalah. Untuk memudahkan pengelolaan struktur modal, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengoptimalkan proses bisnis dengan menggunakan aplikasi seperti OnlinePajak,

Sebagai mitra resmi DJP, aplikasi OnlinePajak menghadirkan berbagai fitur yang dirancang khusus untuk mengoptimasi proses bisnis dan meningkatkan performa perusahaan. Bagaimana caranya? Cari tahu sekarang, daftar gratis di sini,

Apa yang dimaksud dengan struktur modal menurut para ahli?

Menurut Riyanto (2010:296) menyatakan bahwa Struktur Modal adalah perimbangan atau perbandingan antara jumlah hutang jangka panjang dengan modal sendiri. Hutang jangka panjang merupakan salah satu dari bentuk pembiayaan jangka panjang yang memiliki jatuh tempo lebih dari satu tahun.

Apa saja yang termasuk dalam struktur modal?

Komponen modal terdiri dari modal setor, agio saham, laba yang ditahan, cadangan laba dan lainnya (Kasmir, 2010:81). Menurut Brigham (2006:62) modal adalah jumlah dari hutang jangka panjang, saham preferen dan ekuitas saham biasa atau mungkin pos-pos tersebut plus hutang jangka pendek yang dikenakan bunga.

1 Apa yg dimaksud dengan struktur modal dan bagaimana kita bisa menentukan struktur modal yg tepat bagi bisnis kita?

Pengertian capital structure adalah? Apa dampak dan hubungannya terhadap bisnis? Bagaimana cara menentukan struktur modal yang optimal bagi perusahaan? Simak penjelasannya di Blog Mekari Jurnal, Dalam dunia manajemen dan keuangan, dikenal suatu term bernama ( capital structure ).

  • Capital structure atau struktur modal adalah jumlah utang dan atau ekuitas yang digunakan oleh perusahaan untuk membiayai aktivitas operasional dan pembelian aset perusahaan.
  • Struktur ini biasanya dinyatakan atau direpresentasikan oleh rasio utang terhadap ekuitas ( debt-to-equity ratio ).
  • Dengan kata lain, struktur modal digunakan sebagai alat keputusan manajemen dalam mempertimbangkan dan menentukan pendanaan jangka panjang perusahaan.
You might be interested:  Kegiatan Manajemen Keuangan Yang Benar Adalah?

Jika digambarkan, maka struktur modal akan berkaitan erat dengan persamaan dasar akuntansi, yaitu: aset = liabilitas (utang) + ekuitas (modal) Area capital structure adalah hanya mencakup pada sisi liabilitas (utang) + ekuitas (modal). Utang dan modal ekuitas adalah digunakan untuk membiayai operasi bisnis, belanja modal, akuisisi, dan investasi lainnya.