Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga?

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga
21 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros – Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Siapa yang memegang keuangan dalam rumah tangga?

5. Selalu Siapkan Dana Darurat – Last but not least, tips mengatur keuangan rumah tangga adalah kamu dan pasangan harus sudah mulai menyiapkan dana darurat. Dana darurat yang sebaiknya kamu miliki adalah minimal 9 kali dari pengeluaran bulanan jika kamu sudah menikah dan belum memiliki anak.

  1. Akan tetapi, jika kamu sudah memiliki anak, maka dana darurat yang harus kamu miliki adalah minimal 12 kali pengeluaran bulanan.
  2. Dana darurat ini hanya boleh kamu gunakan untuk keadaan yang darurat dan tidak bisa kamu rencanakan sama sekali.
  3. Jadi sebaiknya, dana darurat tidak digunakan untuk kamu pergi liburan.

Baca juga: Nah, itulah penjelasan mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga dengan efektif. Maka bisa disimpulkan bahwa mengenai siapa yang berhak mengatur keuangan rumah tangga jawabannya adalah suami dan istri. Kerja sama tim antara keduanya sangat penting dalam hal ini.

Siapa yang berhak memegang uang dalam rumah tangga menurut islam?

Hak-Hak Suami terkait Keuangan – Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Foto: Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Islami -2 Foto: Orami Photo Stock Peran suami sebagai kepala rumah tangga, juga berhak mengelola keuangan tanpa harus mempertanggungjawabkannya kepada istri. Suami berkewajiban menafkahkan sebagian harta, bukan semuanya.

Allah SWT berfirman: “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka,” (An-Nisa: 34) Di sisi lain, justru istrilah yang wajib meminta izin untuk menggunakan harta suami yang tidak/belum diberikan kepadanya.

Istri boleh bersedekah dengan harta suaminya jika tahu pasti suaminya rela. Jika tidak, hukumnya haram. Ulama fiqih sepakat, zakat tidak boleh diberikan kepada ayah, kakek, ibu, nenek, anak dan cucu. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda: “Kamu dan hartamu adalah miliki ayahmu.” Dengan begitu, haram hukumnya istri melarang suami menafkahi orang tua atau adik-adiknya, sebab itu masih merupakan kewajibannya.

Apa itu 50 30 20?

Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis Senin, 8 Agustus 2022 | 06:59 WIB Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Ilustrasi – Cara mengelola keuangan agar gaji yang didapat tak sekadar lewat dan habis. (Sumber: Dok. Canva) Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus JAKARTA, KOMPAS.TV – Bagi orang yang berpenghasilan/gaji rendah maupun berpenghasilan tinggi, penting untuk bisa mengelola keuangan bulanan.

Salah mengelola keuangan bisa-bisa gaji yang kamu miliki terkuras sebelum akhir bulan atau berganti ke bulan berikutnya. Untuk itu, ada tips untuk mengatur penghasilan dengan metode 50-30-20. Metode ini bisa menjadi alternatif dalam perencanaan keuangan. Sederhananya, metode ini akan mengalokasikan pendapatan anda sebesar 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk memenuhi keinginan pribadi, dan 20 persen lainnya disisihkan untuk tabungan/investasi.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini rincian dari masing-masing pos pengeluarannya.

50 persen untuk kebutuhan

Sebanyak 50 persen dari pendapatan bulanan perlu kamu gunakan untuk hal-hal yang kamu butuhkan. Kategori ini mencakup semua biaya penting, seperti membeli bahan makanan, pembayaran hipotek rumah, utilitas, biaya listrik, pulsa. Pastikan kamu menglakukan 50 persen dari penghasilan bersih setiap bulan.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat daftar pengeluaran setiap bulan sehingga tidak mengalami overspending, Jika pengeluaran tersebut menghabiskan lebih dari setengah pendapatanmu, kamu perlu memotong biayanya atau memasukkan dana kebutuhan yang lebih besar. Misalkan penghasilanmu Rp4 juta, maka kamu bisa mengalokasikan Rp2 juta untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut.

Dalam hal ini, penting mengenali prioritas pos pengeluaran.

You might be interested:  Cara Pengenaan Pajak Yang Dilakukan Pada Awal Tahun Pajak Disebut?

30 persen untuk keinginan

Selanjutnya, kamu bisa menyisihkan 30 persen dari pendapatan/gajimu untuk hal-hal yang kamu inginkan. Misalnya, untuk langganan layanan streaming film, jalan-jalan, belanja, dan kesenangan lainnya. Alokasi ini juga bisa dibilang untuk memenuhi keinginanmu sebagai bentuk self reward. Baca Juga: Simak Tips Keuangan Aman Saat Resesi Ekonomi

20 persen untuk investasi

Sisihkan 20 persen dari pendapatanmu untuk tabungan atau investasi. Kategori ini termasuk tabungan likuid seperti dana darurat; tabungan pensiun, dan investasi lainnya seperti rekening perantara. Para ahli biasanya menyarankan untuk membangun dana darurat terlebih dahulu, sebelum beranjak ke tabungan lain maupun investasi.

Setelah dana darurat terkumpul, berkonsentrasilah pada investasi jangka panjang. Paling banyak, orang mengalokasikan sebagian penghasilan ke dalam instrumen investasi berisiko rendah seperti reksadana. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan profil risiko, tujuan finansial, dan jangka waktu investasi agar bisa mendapatkan imbal hasil optimal.

Selain reksadana, emas batangan atau logam mulia juga bisa dipertimbangkan untuk investasi dengan tujuan jangka panjang. Kemudian Surat Berharga Negara (SBN) Ritel bisa dipilih untuk mendiversifikasi investasi karena menawarkan imbalan yang menarik, juga aman karena 100 persen kupon dan pokoknya dijamin oleh negara Itulah cara mengatur keuangan dengan metode 50-30-20.

Apakah istri berhak mengatur keuangan suami?

#3 Istri Boleh Membantu Keuangan Suami – Mengelola keuangan keluarga islami harus dilandasi prinsip keyakinan bahwa penentu dan pemberi rezeki adalah Allah dengan usaha yang diniati untuk memenuhi kebutuhan sehingga memiliki komitmen dan prioritas penghasilan halal yang membawa berkah.

Jika seorang suami tidak mampu mencukupi kebutuhan rumah tangganya karena fakir, istri boleh membantu suaminya dengan cara bekerja atau berdagang. Hal itu merupakan salah satu bentuk ta’awun ‘ala birri wat taqwa (saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan) yang dianjurkan Islam. Selain itu, istri pun boleh memberikan zakat hartanya kepada suaminya yang fakir atau memberi pinjaman kepada suami apabila suami tidak termasuk fakir yang berhak menerima zakat.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Cara Mengatur Keuangan yang Benar Untuk Ibu Rumah Tangga

Apakah keuangan harus dipegang istri?

Mengurus Keuangan Keluarga Adalah Tanggung Jawab Anda Berdua. Namun Masing-Masing Beda Tugasnya. – Mengurus keuangan keluarga memang tanggung jawab suami dan istri.

  • Jika keuangan keluarga Anda saat ini sedang sehat dan sejahtera, maka itulah prestasi Anda dan pasangan.
  • Sebaliknya jika keuangan keluarga Anda saat ini sedang bermasalah, maka itulah permasalahan Anda dan pasangan.

Dalam prakteknya Anda dan pasangan harus menentukan pembagian tugas masing-masing. Namun Anda dan pasangan harus tahu kondisi keuangan keluarga saat ini. Jangan sampai pasangan Anda tidak mengetahui kondisi saat ini. Jika Anda ingin memulai, silakan coba saran-saran ini:

  1. Belajar membuat anggaran bersama.
  2. Suami dan istri sama-sama mencatat keuangan. Di Aplikasi Finansialku, Anda berdua dapat memasukkan informasi keuangan, jadi tidak ada alasan repot atau sulit mencatat keuangan.
  3. Anda berdua harus membuat sebuah rencana keuangan ( financial planning ).
  4. Anda berdua harus sama-sama belajar berinvestasi.
  5. Anda berdua harus sama-sama kompak mewujudkan tujuan-tujuan keuangan, baik tujuan jangka pendek (tujua dalam waktu 12 bulan ke depan), tujuan jangka menengah (2-5 tahun) dan tujuan jangka panjang (lebih dari 5 tahun).

Jangan lupa share artikel ini kepada pasangan dan saudara-saudara Anda, karena mereka juga punya permasalahan yang sama dengan Anda. Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mengurus keuangan keluarga? Silakan kirim pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini, karena perencana keuangan kami akan membantu menjawabnya. Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 a n (GRATIS) keyboard_arrow_left Previous Melvin Mumpuni S.T., M.B.A., CFP, QWP adalah seorang perencana keuangan independen dan technopreneur. Memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan mengambil pendidikan pasca sarjana di Sekolah Bisnis dan Management Institut Teknologi Bandung (MBA – ITB).

You might be interested:  Apa Hak Dan Kewajiban Wajib Pajak?

Menabung 100 ribu setahun dapat berapa?

“Aku yakin dan percaya aku bisa menabung 100 juta dalam setahun,” kalimat ini dapat menjadi awal yang baik ketika kamu memutuskan untuk mencapai target keuangan. Para ahli menjelaskan bahwa apabila seseorang memiliki keyakinan, maka dia akan bisa mencapainya. Selalu ada alasan yang menjadi dasar atau fondasi bagi seseorang untuk melakukan sesuatu. Seseorang yang menginginkan tubuh yang sehat menjadi alasan bagi dirinya untuk menjalani gaya hidup sehat. Begitu juga dengan seseorang yang ingin menabung. Dengan menemukan apa yang menjadi alasan kuat untuk menabung, kamu akan mengambil langkah-langkah dan mengikuti berbagai tips untuk mencapai target jumlah tabungan tertentu dalam waktu tertentu.

Apakah kamu menabung untuk biaya pernikahan, atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Atau kamu ingin membahagiakan orang tua dengan membawa mereka melaksanakan ibadah ke tanah suci? Semakin kuat alasan kamu untuk menabung, maka semakin kuat pula dorongan kamu untuk melaksanakannya.

Pada akhirnya, semakin cepat juga rencana tersebut terwujud. Untuk itu, mulailah dengan mencari alasan yang kuat bagi kamu untuk bisa menemukan cara menabung 100 juta dalam setahun. Okay, sekarang kamu sudah tahu bahwa menemukan alasan yang kuat adalah dasarnya, dan kamu sudah menemukan alasan tersebut. Selanjutnya kamu harus mengambil langkah praktis untuk mewujudkan rencana menabung. Cobalah untuk menghitung secara lebih terperinci, berapa total penghasilanmu, baik yang berasal dari gaji tetap, bisnis, dan juga penghasilan sampingan lainnya.

  • Apakah mungkin bagi kamu untuk bisa menabung 100 juta setahun dengan penghasilannya yang sekarang? Kita ambil contoh sederhana saja ya.
  • Dalam 1 tahun ada 12 bulan, itu berarti bila kamu ingin mengumpulkan 100 juta dalam setahun, maka perhitungannya adalah: 100.000.000 : 12 = 8.333.333 Itu berarti kamu harus bisa menabung minimum sejumlah Rp8.334.000 setiap bulannya.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah kamu sudah memiliki kemampuan untuk menabung sejumlah itu? Sebagai contoh, menabung 100 ribu setahun dapat berapa? Bila kamu konsisten menabung 100 ribu per hari, maka hasilnya adalah: 100.000 x 30 hari = 3.000.000 sebulan.3.000.000 x 12 bulan = 36.000.000 setahun.

Tabungan/Hari Jumlah Tabungan Sebulan (30 hari) Jumlah Tabungan Setahun(12 bulan)
100.000 3.000.000 36.000.000
200.000 6.000.000 72.000.000
300.000 9.000.000 108.000.000

Lalu, bagaimana cara agar kamu bisa mencapai target menabung lebih dari 8 juta rupiah per bulan? Apabila penghasilan kamu sekarang belum cukup, maka ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penghasilan, sehingga bisa menabung lebih dari 8 juta per bulan. Cari Perusahaan yang Membayar Lebih Tinggi Bagi kamu yang merasa memiliki keahlian tertentu yang banyak dibutuhkan tetapi tidak banyak orang lain yang memilikinya, maka kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan bayaran lebih tinggi. Bila perusahaan yang sekarang belum mampu membayar kamu lebih tinggi, mengapa tidak mencoba melamar ke perusahaan lain? Carilah perusahaan yang membutuhkan kemampuan kamu dan siap untuk membayar lebih tinggi. Bila kamu merupakan tipe orang yang setia pada perusahaan, ada juga pilihan lain, yaitu dengan mencari pekerjaan sampingan atau melakukan bisnis yang bisa kamu lakukan di waktu luang. Mungkin awalnya hasilnya terlihat kecil, tapi bila kamu melakukan dengan sungguh-sungguh, hasilnya bisa cukup untuk mewujudkan impian kamu menabung 100 juta dalam setahun. Setelah kamu memiliki pekerjaan sampingan, hitunglah berapa banyak yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan atau bisnis sampingan tersebut. Apakah hasilnya lebih besar dari pekerjaan utama yang selama ini kamu lakukan? Apabila hasilnya lebih besar, artinya beralih profesi bisa menjadi cara mendapatkan uang 100 juta dengan cepat.

Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk lebih fokus mengerjakan pekerjaan atau bisnis sampingan tersebut. Dengan begitu, ada kemungkinan hasilnya akan jauh lebih besar bila kamu bisa fokus mengerjakannya. Sejauh ini kamu pasti sudah semakin yakin bahwa menabung 100 juta dalam 1 tahun adalah sesuatu yang mungkin kamu wujudkan.

Sekarang, yuk, masuk ke tips yang lebih rinci lagi. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Sumber: Jason Briscoe / unsplash Kelemahan pada sebagian orang adalah ketika penghasilannya bertambah, keinginannya juga semakin bertambah. Akibatnya, pengeluaran juga bertambah. Contohnya keinginan untuk makan di restoran dan nongkrong di cafe. Untuk memenuhi kebutuhan akan makanan, mulailah untuk memasak sendiri di rumah. Salah satu pengeluaran bulanan terbesar adalah membeli barang kebutuhan rumah tangga seperti bahan makanan dan alat kebersihan rumah. Selain itu, kamu juga biasanya mengeluarkan uang untuk membeli peralatan kebersihan diri seperti sabun mandi dan sampo. Sekali lagi, jangan biarkan keinginan bertambah ketika penghasilan bertambah. Bila sebelumnya hanya memiliki sepeda motor, sekarang ingin membeli mobil. Kalau sebelumnya cuma pakai kipas angin, sekarang menginginkan AC. Keinginan ini akan terus bertambah bila kamu tidak segera menghentikannya. Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Ternyata ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan nilai tabungan kamu, yaitu dengan menabung sekaligus berinvestasi. Tips ini menjadi salah satu cara mengumpulkan 100 juta pertama. Menabung saja hanya meningkatkan jumlah uang yang kamu tabung. Berbeda dengan menabung sekaligus berinvestasi.

  1. Ada kemungkinan peningkatan nilai investasi.
  2. Salah satu sarana investasi terbaik adalah emas, dan kamu bisa memulainya di Traveloka Gold yang bekerja sama dengan Pegadaian.
  3. Semakin besar jumlah uang yang kamu investasikan di Traveloka Gold dan semakin meningkat harga emas, semakin cepat pula kamu mewujudkan tujuan.

Investasi Emas di Traveloka Sudah percaya bahwa menabung 100 juta dalam setahun sangat mungkin untuk kamu wujudkan? Traveloka juga siap untuk membantu mewujudkan tujuan kamu lewat fitur Traveloka Gold, sarana menabung sekaligus investasi.

Menabung 5rb setahun dapat berapa?

Menabung Rp 5000 di Awal Tahun, Dapat 6 Juta di Akhir Tahun Bila menabung adalah resolusi Anda di tahun baru, dan Anda tidak mencapainya, cobalah sekali lagi di tahun ini. Mungkin Anda pernah membaca tentang 52 Weeks Money Challenge yang sempat ramai menyebar di media sosial.

Berapa gaji suami untuk istri?

Jumlah Uang Belanja yang Seharusnya Diterima Istri – Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Di UU Perkawinan pun tidak membahas mengenai besaran uang belanja yang seharusnya diterima istri dari suaminya setiap bulan. Kembali lagi, semua disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tiap keluarga. Namun yang ideal, Pakar Keuangan Bareyn Mochaddin, S.Sy., M.H., RPP® memberikan rumusan sebagai berikut: 20-30-50.

Gaji istri Milik Siapa?

3. Gaji Istri – Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Sumber: Shutterstock Jika penghasilan suami adalah milik istri lalu bagaimana dengan penghasilan istri? Islam pada dasarnya mengizinkan perempuan untuk bekerja dan memiliki pendapatan sendiri. Beberapa ulama menyakini bahwa gaji istri adalah milik bersama sebagaimana gaji suami.

  1. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa gaji istri adalah milik ia sendiri.
  2. Istri boleh menggunakan pendapatannya untuk membiayai kebutuhan keluarga namun suami tak boleh memaksa.
  3. Suami tak boleh menggunakan gaji istrinya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.
  4. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis harta yang dimiliki istri, misalnya gaji, warisan, ataupun hadiah.

Nah, Parents, demikian sekilas informasi tentang hak istri dalam gaji suami. Sekarang sudah jelas ya bagaimana hukum pembagian keuangan dalam Islam. Semoga informasi di atas membantu Bunda mengetahui hak-haknya ya.