Berdasarkan Uraian Diatas Yang Termasuk Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Yaitu?

Berdasarkan Uraian Diatas Yang Termasuk Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Yaitu
Bidang-bidang manajemen dibagi menjadi beberapa, salah satunya adalah manajemen keuangan. Yang termasuk ruang lingkup manajemen keuangan meliputi : sumber dana penggunaan dana pengawasan penggunaan dana Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E. – Bidang-bidang manajemen dibagi menjadi beberapa, salah satunya adalah manajemen keuangan. Yang termasuk ruang lingkup manajemen keuangan meliputi :

sumber dana penggunaan dana pengawasan penggunaan dana

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Bagaimana Manajer Keuangan menyusun rencana-rencana yang akan dilakukan terutama yang berkaitan dengan keuangan perusahaan?

1. Meramalkan dan merencanakan keuangan –

  • Artinya, seorang manajer keuangan harus mampu berinteraksi dengan eksekutif lain dan bersama sama merencanakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk ke depan.
  • Sebelumnya tentu saja terlebih dahulu meramalkan kondisi yang akan terjadi di masa yang akan datang dan yang kemungkinan besar berdampak, baik langsung maupun tidak langsung terhadap pencapaian tujuan perusahaan.
  • Setelah diramalkan barulah manajer keuangan menyusun rencana-rencana yang akan dilakukan terutama yang berkaitan dengan keuangan perusahaan yaitu kebutuhan keuangan dan pengelolaan keuangan.

Apa itu manajemen keuangan?

02. Keputusan Investasi – Ruang lingkup manajemen keuangan berikutnya adalah keputusan investasi. Apabila pendanaan perusahaan sudah diperoleh oleh manajemen. Manajemen keuangan bisa menentukan kebijakan tentang penanaman modal untuk penguatan perusahaan.

Manajer keuangan mempertimbangkan dan memutuskan penggunaan dana yang diperoleh untuk kegiatan investasi. Ada banyak bentuk dan jenis kegiatan investasi yang bisa dijalankan. Seperti diinvestasikan dalam bentuk pembelian aktiva tetap seperti tanah, mesin, gedung atau peralatan yang lainnya. Manajemen juga bisa menginvestasikan dana yang ada dalam bentuk aktiva finansial dengan melakukan pembelian surat surat berharga seperti obligasi dan saham.

You might be interested:  Hasil Pemeriksaan Keuangan Yang Dilakukan Bpk Dilaporkan Kepada?

Apapun yang dilakukan manajemen dalam keputusan investasinya. Kemana dana itu akan diinvestasikan. Yang jelas, hasil yang akan diperoleh dari investasi tersebut akan dirasakan hingga beberapa periode jangka panjang kedepan. Bukan hanya pada saat periode dimana investasi itu dilakukan.

Apa itu keputusan pendanaan pada lingkup manajemen keuangan?

01. Keputusan Pendanaan – Keputusan pendanaan pada lingkup manajemen keuangan adalah bagaimana kebijakan dan upaya manajemen dalam mencari dana bagi perusahaan. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan seperti untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan, ekspansi usaha ataupun untuk membayar utang perusahaan.

  • Contoh kebijakan manajer keuangan dalam keputusan pendanaan adalah perusahaan mencari utang atau menambah modal baru.
  • Misalnya perusahaan bisa menerbitkan surat berharga baik saham (modal baru) maupun olbligasi (hutang) di pasar modal.
  • Selain itu juga mempertimbangkan sifat kebijakan pendanaan apakah bersifat jangka panjang atau jangka pendek sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.

Sumber pendanaan perusahaan bisa berasal dari eksternal perusahaan ataupun dari internal perusahaan itu sendiri. Baca lebih lanjut : Sumber Dana Perusahaan

Apa itu fungsi keuangan?

6. Audit Internal – Administrasi dan accounting secara berkala melakukan audit internal terhadap aktivitas keuangan perusahaan selama periode tertentu. Fungsi keuangan ini, secara khusus tiap perusahaan berbeda satu perusahaan dengan perusahaan lain. Perbedaan ini biasanya tergantung dari jenis usaha yang dijalankan serta besar kecilnya aktivitas perusahaan tersebut (besar atau kecil).