Faktor Yang Digunakan Sebagai Modal Usaha?

Faktor Yang Digunakan Sebagai Modal Usaha

Home / New Economy / Entrepreneur

Kamis, 07 September 2017, 11:25 WIB Warta Ekonomi, Jakarta – Seringkali untuk memulai usaha, seseorang mengalami kebingungan dalam hal permodalan. Tidak jarang modal menjadi alasan seseorang menunda menjadi pengusaha. Ada banyak sekali sumber modal usaha yang? bisa Anda gali manfaatnya, mulai dari tabungan pribadi hingga pinjaman bank.

Berikut adalah 10 sumber modal usaha menurut Cekaja.com : 1. Tabungan Alangkah baiknya jika calon pengusaha bisa menggunakan uang hasil tabunganmu sendiri sebagai modal bisnis. Dengan cara ini, akan lebih tenang karena tidak melibatkan orang lain dan tidak berutang. Apalagi jika bisnis yang kamu miliki tergolong berisiko tinggi.2.

Pesangon Saat kamu kena terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dunia seakan berhenti berputar. Namun, kamu harus tetap bangkit menjalani hidupmu. Karyawan yang terkena PHK akan diberi pesangon yang jumlahnya cukup besar. Daripada kamu hanya menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, manfaatkan sebagian pesangon untuk modal bisnis.

Kamu pun tak perlu sibuk melamar kerja kesana-kemari, karena harus fokus mengurus bisnis.3. KUR Kamu juga bisa memanfaatkan program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk menjalankan program ini, pemerintah bekerja sama dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan beberapa bank. Kredit yang disalurkan memiliki limit hingga Rp500 juta.4.

Kredit dengan jaminan Kamu sudah berusaha mati-matian untuk mendapatkan modal bisnis lewat berbagai cara, tetapi belum juga berhasil? Manfaatkan aset yang kamu punya untuk mendapatkan modal bisnis. Gunakan surat kendaraan atau sertifikat rumah sebagai jaminan saat mengajukan kredit ke bank.5.

KTA Kalau kamu tak punya jaminan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk mendapatkan modal bisnis. Saat ini, proses pengajuan KTA semakin mudah. Kamu bisa mengajukan KTA secara online dan membandingkan terlebih dahulu produk KTA dari bank yang berbeda untuk mencari bunga terendah.6.

Crowfunding Crowfunding yaitu mengumpulkan dana dari sejumlah besar orang, umumnya memanfaatkan internet. Situs crowfunding di Indonesia antara lain wujudkan.com dan kitabisa.com. Situs yang sudah terkenal di dunia antara lain kickstarter.com.7. Kompetisi businesss plan Tak sedikit pihak yang menyelenggarakan kompetisi business plan dengan hadiah menarik.

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Dengan Penanaman Modal Asing?

Amu tinggal menyiapkan ide sematang mungkin. Susunlah dalam proposal yang menarik.8. Angel investor Masih ada lagi alternatif sumber untuk mendapatkan modal bisnis yaitu dari angel investor. Angel investor adalah para investor yang bersedia mendanai bisnis yang masih dalam tahap awal, biasanya terdiri dari para individu ternama.9.

Pinjaman keluarga Tak ada salahnya meminta bantuan keluarga ketika kamu berniat membuka usaha. Bukan tidak mungkin ada anggota keluarga yang berbaik hati bersedia meminjamkan modal bisnis yang cukup besar untukmu.10. Harta warisan Sayang sekali bukan jika harta warisan dalam jumlah banyak habis tak terkontrol? Saat kamu mendapatkan warisan, alokasikan sebagian untuk membangun bisnis.

Apa saja Contoh modal usaha?

Dana Pribadi (Bootstrapping) – Cara mendapatkan modal perusahaan yang pertama, biasanya adalah pebisnis merogoh kocek sendiri. Dengan kata lain, pemilik bisnis membayar semua pengeluaran dari dana pribadi atau tabungan pribadinya. Pin Contoh modal usaha ini bisa diperoleh dari warisan keluarga, menjual aset rumah atau properti, menjual mobil pribadi, dan lainnya. Sumber modal usaha ini juga bisa berupa pemberian atau hibah dari orangtua untuk menambah modal perusahaan bagi anak-anaknya.

Apa saja faktor yang mempengaruhi struktur modal perusahaan?

Adapun faktor yang mempengaruhi struktur modal perusahaan diantaranya sebagai berikut: Apabila semakin besar jumlah aktiva perusahaan terutama aktiva lancar, maka perusahaan akan cenderung mengoptimalkan terpenuhinya kebutuhan dan utang. Tentu hal ini yang menunjukkan adanya pengaruh dari struktur aktiva pada struktur modal perusahaan.

You might be interested:  Mengapa Seorang Wirausaha Harus Memahami Aspek Manajemen Keuangan?

Apakah bisnis memerlukan modal untuk menyediakan bahan-bahan produksi?

Penyediaan Bahan Produksi – Kamu memerlukan modal untuk menyediakan bahan-bahan produksi termasuk bahan baku, peralatan penunjang dan mesin produksi. Pada bisnis yang menjalankan usaha di bidang penyedia produk tentu membutuhkan modal untuk membeli peralatan produksi.

Apa yang dimaksud dengan faktor produksi modal?

Faktor Produksi Modal: Pengertian, Jenis, dan Contohnya Cari soal sekolah lainnya KOMPAS.com – Ada empat jenis faktor produksi dalam sektor ekonomi, yakni sumber daya alam, sumber daya manusia, modal dan keahlian. Empat faktor produksi ini memiliki karakteristiknya masing-masing.

  1. Faktor produksi alam langsungBisa langsung digunakan tanpa harus diolah terlebih dahulu. Contohnya udara dan sinar matahari.
  2. Faktor produksi alam tidak langsungPerlu pengolahan sebelum digunakan. Contohnya gas alam dan hasil tambang.

Sumber daya manusia atau faktor produksi tenaga kerja merupakan segala bentuk aktivitas manusia, baik dalam bentuk fisik ataupun rohani. Tenaga kerja diperlukan untuk mengolah faktor produksi alam agar bisa digunakan. Baca juga: Modal atau berkaitan dengan sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses produksi atau lain sebagainya.