Jelaskan Mengapa Laporan Keuangan Itu Penting Bagi Perusahaan?

Jelaskan Mengapa Laporan Keuangan Itu Penting Bagi Perusahaan
Apa saja manfaat dan tujuan dari adanya laporan keuangan bagi pengusaha, bisnis, investor, manajemen perusahaan, karyawan, pelanggan, masyarakat bahkan pemerintah? Temukan jawabannya di Blog Mekari Jurnal ! Laporan keuangan dibuat untuk mengetahui informasi yang menyangkut kondisi keuangan, kinerja karyawan, dan perubahan posisi keuangan perusahaan yang dapat memanfaatkan pengusaha untuk pengambilan keputusan di kemudian hari.

Selain sebagai bahan pertanggungjawaban kegiatan suatu perusahaan terhadap investor dan pihak berkepentingan lainnya. Laporan ini juga bisa menjadi sumber informasi mengenai posisi keuangan yang telah mencapai suatu perusahaan. Oleh karena itu, penting sekali bagi perusahaan untuk memiliki laporan keuangan sederhana ataupun kompleks.

Menurut pendapat dari dari Munawir (2010:5), laporan keuangan pada umumnya terdiri atas neraca serta perhitungan laba rugi dan juga perubahan ekuitas dari suatu entitas di dalam neraca terdiri dari data sejumlah aset kewajiban perusahaan dan juga ekuitas dari sebuah perusahaan dalam satu periode tertentu.

  1. Pemilik perusahaan atau pengusaha
  2. Manajemen perusahaan
  3. Pemegang saham dan calon investor
  4. Pemasok atau supplier
  5. Karyawan
  6. Pelanggan
  7. Pemberi pinjaman atau kreditor
  8. Pemerintah
  9. Masyarakat

Mengapa laporan keuangan itu penting?

Alasan Mengapa Laporan Keuangan itu Penting. – Setelah kita sudah memahami tentang Laporan Keuangan, pembahasan selanjutnya adalah. Pentingnya laporan keuangan, mengapa sih harus di mulai dari laporan keuangan? Alasan apa yang menyimpulkan bahwa laporan keuangan ternyata berperan penting bagi perusahaan di masa sekarang dan dimasa yang akan datang.

  • Untuk melihat kondisi perusahaan, karna laporan keuangan ini bisa menjadi evaluasi untuk mengetahui kondisi perusahaan sedang mengalami kerugian atau mendapat laba. Dapat di ketahui juga berapa nilai asset yang penting atau berharaga bagi perusahaan. Produk mana yang lebih banyak peminatnya atau yang menjadi best seller penjualan. Dan, dapat mengetahui berapa banyak hutang juga piutang. Dengan data data laporan keuangan tersebut pengusaha dapat menentukan langkah kedepan yang akan diambil untuk perusahaannya.
  • Sebagai informasi untuk para investor, untuk para calon investor laporan keuangan ini sangat penting, sebab sebelum mereka melakukan investasi diperusahaan yang kita jalani mereka akan terlebih dahulu melihat laporan keuangannya seperti apa. Serta bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan kita seperti apa sehingga investor bisa menentukan berapa banyak keuntungan yang diambil ketika melakukan investasi di perusahaan yang kita kelola.
  • Laporan keuangan juga dapat menjadi acuan para karyawan yang bekerja di perusahaan kita. Mengingat bahawa gaji atau sumber pendapatan karyawan bersumber dari perusahaan yang kita kelola. Maka dengan laporan keuangan yang stabil dan rapi tentu karyawan akan semakin nyaman dan aman merasa kerja di perusahaan kita.
  • Laporan keuangan juga bisa menjadi pegangan kepercayaan oleh customer atau supplier kita. Dengan kondisi laporan keuangan yang baik mereka akan bersedia bekerja sama dalam waktu jangka panjang. Tetapi jika kondisi keuangannya berantakan itu bisa mengakibatkan pailit atau kebangkrutan akibatnya tak hanya perusahaan kita yang bangkrut tetapi juga pihak pihak yang bekerja sama dengan perusahaan kita.

Dengan adanya laporan keuangan yang kita susun atau sajikan dengan baik, itu ternyata tidak hanya membantu perusahaan yang kita kelola saja tetapi juga sangat membantu para pengusaha atau investor yang ingin bekerjasama dengan perusahaan kita. Sampai sini paham mengapa laporan keuangan itu penting? Tak hanya itu tetapi juga dengan adanya laporan keuangan yang baik dan benar ini jadi sangat penentu untuk pengusaha mengambil kep utusan yang tepat atas perusahaan yang kita kelola untuk dimasa sekarang dan masa yang akan datang.

  • Zahir merupakan aplikasi bisnis terbaik dan tertepat untuk para pengusaha mengelola laporan keuangannya dengan sangat mudah, aman,cepat dan tepat.
  • Dengan Zahir, para pengusaha hanya perlu memasukan transaksi transaksi nya saja pada menu(fitur) yang sudah di sediakan, maka laporan keuangan akan otomatis tersusun dengan sangat rapi.
You might be interested:  Pajak Yang Harus Dipikul Sendiri Oleh Wajib Pajak?

Jadi para pengusaha akan lebih dengan mudah mengetahui kondisi keuangan perusahanannya. Mudah bukan? Yuk tunggu apa lagi. Coba Zahir Online sekarang juga disini: Free Trial

Apa yang dimaksud dengan laporan keuangan?

Beberapa kali saya menyampaikan pentingnya sebuah perusahaan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan secara periodic dan kontinyu. Itu sebabnya saya juga beberapa kali menyampaikan beberapa tahapan yang perlu Anda jalankan dan pahami untuk dapat menyusun laporan keuangan sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah apa alasannya sehingga demikian pentingnya sebuah perusahaan untuk menyusun laporan keuangan mereka sendiri. Mengapa sebuah perusahaan diprioritaskan untuk memiliki laporan keuangan secara peiodik? Ternyata ada peran besar dari sebuah pelaporan keuangan terhadap berjalannya roda perusahaan terutama pada roda keuangan.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini adalah gambaran mengenai mengapa sebuah laporan keuangan harus Anda susun. Pada dasarnya laporan keuangan perusahaan adalah sebuah gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan, Dari sanalah Anda bisa menemukan informasi mengenai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan.

Termasuk pula bagaimana gambaran nilai ekonomis dari aktivitas perusahaan termasuk efisiensinya. Dan secara umum laporan keuangan adalah bentuk pertanggung jawaban pengelola roda usaha terhadap pihak-pihak yang berkepentingan. Ada banyak pihak yang berkepentingan terhadap pertanggung jawaban pengelola usaha.

Ada pula pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan untuk menjadikannya sebagai titik tolak ukur bagi beberapa keputusan dan perencanaan. Dan berikut ini adalah pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan perusahaan berikut denga pemanfaatannya.

Pihak internal perusahaan

Sebagai bentuk pertanggung jawaban pihak pengelola terhadap pihak-pihak pemilik perusahaan. Biasanya terjadi bila tampuk pengelolaan perusahaan diserahkan pada pihak kedua atau bukan langsung dijalankan oleh pemilik perusahaan. Sebagai media evaluasi terhadap pengelolaan periode sebelumnya, melihat titik prestasi dan titik kelemahan dalam pengelolaan, menjadi penilaian terhadap kemampuan, pencapaian dan kekurangan dalam pengelolaan. Sebagai media perbandingan dari laju keuangan perusahaan dari satu period eke periode yang lain, sebagai titik tolak progress perusahaan, sebagai cerminan efek dari sebuah kebijakan jangka panjang atau untuk melihat imbas dari sebuah situasi makro perusahaan. Sebagai titik tolak dalam menentukan perencanaan perusahaan dalam periode berikutnya. Untuk media promosi bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari pihak ketiga bagi perkembangan usaha, seperti dari investor atau dari kreditur. Sebagai rujukan pada periode akan datang untuk melihat kebijakan dan perkembangan perusahaan di masa lampau. Kadang situasi dan kondisi makro dan mikro pada satu masa memiliki kemiripan dengan situasi pada masa sebelumnya. Laporan keuangan dari periode tertentu kelak bisa menjadi rujukan dalam pengambilan keputusan pada periode akan datang. Laporan keuangan perusahaan juga berguna sebagai dasar dalam perhitungan pajak

You might be interested:  Bank Adalah Lembaga Keuangan Yang Mempunyai Tugas Pokok?

Pihak eksternal perusahaan

Pihak investor berkepentingan untu melihat kesehatan, profitabilitas dan peluang dari investasi yang mereka lakukan, termasuk juga untuk melihat kemampuan pengembalian modal dari perusahaan. Dari pelaporan, investor akan memutuskan penarikan modal atau penambahan modal dalam periode berikutnya. Pihak kreditur berkepentingan untuk melihat kesehatan, likuiditas dan kemampuan perusahaan dalam melakukan pelunasan hutang sesuai jatuh tempo. Dari pelaporan, kreditur akan mengambil keputusan untuk meneruskan pinjaman, pemberian keringanan atau malah memberikan status bangkrut pada perusahaan dengan pengambilan asset. Pihak supplier juga kerap berkepentingan dengan perusahaan, terutama bila ada transaksi piutang antara perusahaan denga supplier. Dari pelaporan supplier bisa menilai perkiraan kelancaran pembayaran dari pihak perusahaan dan menilai kelayakan perusahaan mendapatkan termin dalam transaksi berikutnya. Pihak pemerintah juga berkepentingan dengan laporan keuangan perusahaan terutama terkait dengan perhitungan pajak dan jumlah pajak disetor pada periode bersangkutan. Pihak pemerintah secara makro juga akan menjadikan pelaporan keuangan periode ini sebagai rujukan dalam menentukan estimasi nilai pajak di periode berikutnya. Pihak karyawan yang tentu saja memiliki kepentingan untuk mengetahui sesehat apa perusahaan tempat mereka bekerja dan memahami perbandingan kesejahteraan karyawan dengan kondisi perkembangan keuangan perusahaan dari periode ke periode.

Ternyata ada begitu banyak pemanfaatan dari laporan keuangan perusahaan dan begitu banyak pula pihak yang berkepentingan dengan sebuah pelaporan keuangan, Jadi kini semakin kuat dan mendasar bukan kenapa Anda perlu membuat laporan keuangan perusahaan, seprematur apapun perusahaan Anda saat ini. sumber gambar: taylorchandler.com

Apa fungsi laporan keuangan perusahaan dalam perhitungan pajak?

Beberapa kali saya menyampaikan pentingnya sebuah perusahaan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan secara periodic dan kontinyu. Itu sebabnya saya juga beberapa kali menyampaikan beberapa tahapan yang perlu Anda jalankan dan pahami untuk dapat menyusun laporan keuangan sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan.

  • Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah apa alasannya sehingga demikian pentingnya sebuah perusahaan untuk menyusun laporan keuangan mereka sendiri.
  • Mengapa sebuah perusahaan diprioritaskan untuk memiliki laporan keuangan secara peiodik? Ternyata ada peran besar dari sebuah pelaporan keuangan terhadap berjalannya roda perusahaan terutama pada roda keuangan.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini adalah gambaran mengenai mengapa sebuah laporan keuangan harus Anda susun. Pada dasarnya laporan keuangan perusahaan adalah sebuah gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan, Dari sanalah Anda bisa menemukan informasi mengenai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan.

Termasuk pula bagaimana gambaran nilai ekonomis dari aktivitas perusahaan termasuk efisiensinya. Dan secara umum laporan keuangan adalah bentuk pertanggung jawaban pengelola roda usaha terhadap pihak-pihak yang berkepentingan. Ada banyak pihak yang berkepentingan terhadap pertanggung jawaban pengelola usaha.

Ada pula pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan untuk menjadikannya sebagai titik tolak ukur bagi beberapa keputusan dan perencanaan. Dan berikut ini adalah pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan perusahaan berikut denga pemanfaatannya.

Pihak internal perusahaan

Sebagai bentuk pertanggung jawaban pihak pengelola terhadap pihak-pihak pemilik perusahaan. Biasanya terjadi bila tampuk pengelolaan perusahaan diserahkan pada pihak kedua atau bukan langsung dijalankan oleh pemilik perusahaan. Sebagai media evaluasi terhadap pengelolaan periode sebelumnya, melihat titik prestasi dan titik kelemahan dalam pengelolaan, menjadi penilaian terhadap kemampuan, pencapaian dan kekurangan dalam pengelolaan. Sebagai media perbandingan dari laju keuangan perusahaan dari satu period eke periode yang lain, sebagai titik tolak progress perusahaan, sebagai cerminan efek dari sebuah kebijakan jangka panjang atau untuk melihat imbas dari sebuah situasi makro perusahaan. Sebagai titik tolak dalam menentukan perencanaan perusahaan dalam periode berikutnya. Untuk media promosi bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari pihak ketiga bagi perkembangan usaha, seperti dari investor atau dari kreditur. Sebagai rujukan pada periode akan datang untuk melihat kebijakan dan perkembangan perusahaan di masa lampau. Kadang situasi dan kondisi makro dan mikro pada satu masa memiliki kemiripan dengan situasi pada masa sebelumnya. Laporan keuangan dari periode tertentu kelak bisa menjadi rujukan dalam pengambilan keputusan pada periode akan datang. Laporan keuangan perusahaan juga berguna sebagai dasar dalam perhitungan pajak

You might be interested:  Suatu Laporan Yang Merupakan Bagian Dari Laporan Keuangan Adalah?

Pihak eksternal perusahaan

Pihak investor berkepentingan untu melihat kesehatan, profitabilitas dan peluang dari investasi yang mereka lakukan, termasuk juga untuk melihat kemampuan pengembalian modal dari perusahaan. Dari pelaporan, investor akan memutuskan penarikan modal atau penambahan modal dalam periode berikutnya. Pihak kreditur berkepentingan untuk melihat kesehatan, likuiditas dan kemampuan perusahaan dalam melakukan pelunasan hutang sesuai jatuh tempo. Dari pelaporan, kreditur akan mengambil keputusan untuk meneruskan pinjaman, pemberian keringanan atau malah memberikan status bangkrut pada perusahaan dengan pengambilan asset. Pihak supplier juga kerap berkepentingan dengan perusahaan, terutama bila ada transaksi piutang antara perusahaan denga supplier. Dari pelaporan supplier bisa menilai perkiraan kelancaran pembayaran dari pihak perusahaan dan menilai kelayakan perusahaan mendapatkan termin dalam transaksi berikutnya. Pihak pemerintah juga berkepentingan dengan laporan keuangan perusahaan terutama terkait dengan perhitungan pajak dan jumlah pajak disetor pada periode bersangkutan. Pihak pemerintah secara makro juga akan menjadikan pelaporan keuangan periode ini sebagai rujukan dalam menentukan estimasi nilai pajak di periode berikutnya. Pihak karyawan yang tentu saja memiliki kepentingan untuk mengetahui sesehat apa perusahaan tempat mereka bekerja dan memahami perbandingan kesejahteraan karyawan dengan kondisi perkembangan keuangan perusahaan dari periode ke periode.

Ternyata ada begitu banyak pemanfaatan dari laporan keuangan perusahaan dan begitu banyak pula pihak yang berkepentingan dengan sebuah pelaporan keuangan, Jadi kini semakin kuat dan mendasar bukan kenapa Anda perlu membuat laporan keuangan perusahaan, seprematur apapun perusahaan Anda saat ini. sumber gambar: taylorchandler.com

Bagaimana Cara membuat / menyusun laporan keuangan?

Apa itu Laporan Keuangan? – Laporan keuangan merupakan informasi akuntasi yang paling kursial yang mengendalikan seluruh aktivitas financial perusahaan. Laporan Keuangan juga dapat di artikan laporan yang mencatat dan merangkum semua transaksi keuangan yang dilakukan dalam sebuah bisnis pada periode tertentu.

  1. Dapat di pahami
  2. Relevan dengan keadaan perusahaan,
  3. Memiliki keandalan dengan informasi yang benar,
  4. Dapat dibandingkan dengan laporan pada periode sebelumnya.

Jika keempat standard tersebut telah di penuhi, maka laporan keuangan dianggap layak dalam menyampaikan informasi juga dapat di jadikan alat ukur untuk pengambilan keputusan financial.