Kegiatan Yang Dilakukan Oleh Lembaga Keuangan Selalu Berkaitan Dengan Bidang?

Kegiatan Yang Dilakukan Oleh Lembaga Keuangan Selalu Berkaitan Dengan Bidang
Pengertian dan Peran Lembaga Keuangan » » Pengertian dan Peran Lembaga Keuangan Lembaga keuangan adalah badan usaha yang mengumpulkan asset dalam bentuk dana dari masyarakat dan disalurkan untuk pendanaan proyek pembangunan serta kegiatan ekonomi dengan memperoleh hasil dalam bentuk bunga sebesar prosentase tertentu dari besarnya dana yang disalurkan.

Menurut Keputusan Menteri Keuangan RI No.792 Tahun 1990 tentang Lembaga Keuangan didefinisikan sebagai semua badan yang kegiatannya di bidang keuangan, melakukan penghimpunan dan penyaluran dana kepada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan. Sedangkan Lembaga Keuangan menurut Undang- Undang No.14/1967 Pasal 1 ialah semua badan yang melalui kegiatan kegiatannya di bidang keuangan, menaruh uang dari dan menyalurkannya kedalam masyarakat.

Artinya kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan selalu berkaitan dengan bidang keuangan.

  • Dari ketiga pengertian tersebut lembaga keuangan adalah suatu lembaga yang dalam operasi sehari-harinya menjalankan jasa di bidang keuangan, yaitu berupa perantara (intermediasi) dari pihak yang surplus dana kepada pihak yang defisit dana baik itu sektor rumah tangga, swasta, maupun pemerintah.
  • Peran Lembaga Keuangan
  • Menurut Ycager & Seitz lembaga keuangan sebagai badan yang melakukan kegiatan-kegiatan di bidang keuangan mempunyai peranan sebagai berikut:
  1. Pengalihan aset (assets transmutation). Lembaga keuangan sebenarnya hanyalah mengalihkan atau memindahkan kewajiban peminjam menjadi suatu aset dengan suatu jangka waktu jatuh tempo sesuai keinginan penabung.
  2. Likuiditas (Liquidity). Sekuritas sekunder seperti tabungan, deposito, sertifikat deposito yang diterbitkan bank umum memberikan tingkat keamanan dan likuiditas yang tinggi, di samping tambahan pendapatan.
  3. Alokasi pendapatan (Income allocation). Pemilikan sekuritas sekunder yang dikeluarkan lembaga keuangan, misalnya program tabungan, deposito, program pensiun, polis asuransi atau saham-saham adalah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan membeli atau menyimpan barang.
  4. Transaksi (Transaction). Lembaga keuangan berperan sebagai lembaga perantara keuangan yang menyediakan jasa-jasa untuk mempermudah transaksi moneter.

Ada beberapa faktor yang mendorong peningkatan peranan lembaga keuangan (Rose & Frasser, 1988 : 13), yaitu:

  1. Besarnya peningkatan pendapatan masyarakat kelas menengah.Lembaga keuangan menyediakan sarana atau saluran yang menguntungkan untuk tabungan keluarga dan individu dengan pendapatan yang cukup.
  2. Pesatnya perkembangan industri dan teknologi. Lembaga keuangan memiliki kemampuan untuk memenuhi semua kebutuhan modal dan dana sektor industri yang biasanya dalam jumlah besar yang bersumber dari para penabung.
  3. Besarnya denominasi instrumen keuangan menyebabkan sulitnya penabung kecil memperoleh akses. Lembaga keuangan dapat memberikan kesempatan bagi penabung kecil untuk memperoleh instrumen keuangan yang menarik tersebut.
  4. Skala ekonomi dan ruang lingkup dalam produksi dan distribusi jasa-jasa keuangan. Lembaga keuangan suatu keunggulan kompetitif (competitif advantage) terhadap pihak-pihak lain yang menawarkan jasa keuangan.
  5. Lembaga keuangan menjual jasa-jasa likuiditas yang unik, mengurangi biaya likuiditas bagi nasabahnya. Lembaga keuangan menjual jasa-jasa likuiditas, misalnya deposito.
  6. Keuntungan jangka panjang lembaga keuangan dapat memperoleh sumber dana atau meminjam uang dan penabung dengan tingkat bunga yang relatif lebih rendah kemudian meminjamkannya dengan tingkat bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih panjang kepada nasabah debitur.
  7. Risko yang lebih kecil. Pengawasan dan pengaturan pemerintah dan adanya program asuransi menyebabkan risiko atas simpanan pada lembaga keuangan menjadi lebih kecil dan investasi lain.

Secara garis besar, resiko yang dihadapi lembaga keuangan dapat dituliskan sebagai berikut:

  1. Resiko Kredit: resiko bahwa aliran kas yang dijanjikan dari pinjaman dan surat berharga mungkin tidak dibayar penuh.
  2. Resiko Likuiditas: resiko bahwa kenaikan tiba-tiba dari penarikan kewajiban dapat menyebabkan lembaga keuangan melikuidasi aset dalam waktu yang sangat pendek dan harga yang rendah.
  3. Resiko suku bunga: resiko yang diciptakan perusahaan keuangan bahwa maturitas dari aset dan kewajiban tidak sesuai
  4. Resiko Pasar: resiko yang muncul pada aset yang diperdagangkan dan kewajiban karena perubahan tingkat suku bunga, nilai tukar dan harga aset lain.
  5. Resiko Luar Neraca (Off-Balance Sheet): resiko yang muncul dari perusahaan keuangan sebagai hasil dari aktivitas yang berhubungan dengan aset yang tergantung dan kewajiban-kewajiban.
  6. Resiko Nilai Tukar Asing: Resiko yang muncul dari perubahan nilai tukar dapat menyebabkan nilai dari asset perusahaan keuangan dan kewajiban didenominasi dalam nilai tukar asing
  7. Resiko Negara atau Kedaulatan: Resiko yang muncul karena pembayaran dari peminjam luar negeri dapat tertahan karena adanya intervensi dari pemerintah luar negeri.
  8. Resiko Teknologi: Resiko yang muncul dari perusahaan keuangan oleh sebuah Perusahaan keuangan ketika investasi teknologi tidak menciptakan simpanan biaya yang terantisipasi
  9. Resiko Operasional: Resiko bahwa teknologi yang ada atau sistem pendukung dapat rusak atau hancur
  10. Resiko Insolvensitas: Resiko bahwa perusahaan keuangan tidak memiliki cukup modal untuk menutup penurunan tiba-tiba dari nilai asetnya.

Posted by Nanang_Ajim Updated at: 3:36 PM : Pengertian dan Peran Lembaga Keuangan

Apa saja kegiatan dari lembaga keuangan?

Kegiatan Usaha Bank Umum – Kegiatan usaha yang dapat dilaksanakan oleh Bank Umum:

Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan, dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.Memberikan kredit.Menerbitkan surat pengakuan utang.Membeli, menjual, atau menjamin atas risiko sendiri maupun untuk kepentingan dan atas perintah nasabahnya:

Surat-surat wesel termasuk wesel yang diakseptasi oleh bank yang masa berlakunya tidak lebih lama daripada kebiasaan dalam perdagangan surat-surat dimaksud.Surat pengakuan utang dan kertas dagang lainnya yang masa berlakunya tidak lebih lama dari kebiasaan dalam perdagangan surat-surat dimaksud.Kertas perbendaharaan negara dan surat jaminan pemerintah.Sertifikat Bank Indonesia (SBI).Obligasi.Surat dagang berjangka waktu sampai dengan satu (1) tahun.Instrumen surat berharga lain yang berjangka waktu sampai dengan satu (1) tahun

Memindahkan uang baik untuk kepentingan sendiri maupun untuk kepentingan nasabah.Menempatkan dana pada, meminjam dana dari, atau meminjamkan dana kepada bank lain, baik dengan menggunakan surat, sarana telekomunikasi maupun dengan wesel unjuk, cek atau sarana lainnya.Menerima pembayaran dari tagihan atas surat berharga dan melakukan perhitungan dengan antar pihak ketiga.Menyediakan tempat untuk menyimpan barang dan surat berharga.Melakukan kegiatan penitipan untuk kepentingan pihak lain berdasarkan suatu kontrak.Melakukan penempatan dana dari nasabah kepada nasabah lainnya dalam bentuk surat berharga yang tidak tercatat di bursa efek.Melakukan kegiatan anjak piutang, usaha kartu kredit dan kegiatan wali amanat.Menyediakan pembiayaan dan atau melakukan kegiatan lain berdasarkan Prinsip Syariah, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.Melakukan kegiatan lain yang lazim dilakukan oleh bank sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Apa tugas dari lembaga keuangan?

Sebagai informasi, ada banyak pengertian lembaga keuangan, baik pengertian secara formal maupun menurut para ahli. Pengertian lembaga keuangan disebutkan dalam Pasal 1 UU No.14 Tahun 1967 diganti UU No.7 Tahun 1992. Undang-undang tersebut menjelaskan bahwa lembaga keuangan adalah suatu badan usaha atau lembaga yang aktivitasnya menarik dana dari masyarakat dan kemudian menyalurkan ke masyarakat.

Selain itu, ada pula pengertian menurut Kep. SK Menkeu RI No.792 Tahun 1990 yang menyebutkan bahwa lembaga keuangan adalah semua badan usaha yang berada di suatu bidang keuangan yang melakukan suatu penghimpunan dana, menyalurkan ke masyarakat, dan yang paling utama memberikan biaya untuk investasi pembangunan.

Dengan demikian, lembaga keuangan adalah seluruh lembaga yang bergerak di bidang keuangan dengan aktivitas menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat, serta berperan penting dalam pembangunan dan investasi. Definisi Lembaga Keuangan “Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).” Otoritas Jasa Keuangan “Badan di bidang keuangan yang bertugas menarik uang dan menyalurkannya kepada masyarakat.” Kamus Besar Bahasa Indonesia Apa itu Lembaga Keuangan? Lembaga keuangan adalah lembaga yang memberikan fasilitas dan produk di bidang keuangan serta memutar arus uang dalam perekonomian.

Umumnya kegiatan operasional dari sebuah lembaga keuangan meliputi proses pengumpulan dana dari masyarakat dan menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan. Namun, pada prakteknya beberapa lembaga keuangan hanya menjalankan salah satu dari kegiatan operasional tersebut. Contoh proses pengumpulan dana yang dilakukan oleh lembaga keuangan yang cukup konvensional adalah penyediaan layanan penyimpanan dana (tabungan) dan contoh dari kegiatan proses penyaluran dana bisa seperti penyediaan jasa pinjaman (kredit).

Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli

Keraf (2001: 284)

Laporan adalah suatu cara komunikasi di mana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

J.C. Denyern

Laporan adalah suatu alat komunikasi tempat penulis membuat beberapa kesimpulan atau keadaan yang telah diselidiki.

Prof. Dr. Prajudi Atmosudirjo

Laporan adalah setiap tulisan yang berisikan hasil pengolahan data dan informasi. Jenis Jenis Lembaga Keuangan Sebelum memahami fungsi lembaga keuangan, ketahui dulu jenisnya Di Indonesia, badan usaha atau lembaga yang bergerak di bidang keuangan tidak hanya perbankan. Secara umum, ada dua jenis lembaga keuangan di Indonesia.

Lembaga keuangan bank

Lembaga keuangan bank adalah lembaga keuangan yang berwenang untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito lalu menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman atau kredit. Di Indonesia, lembaga keuangan ini dibagi lagi menjadi tiga jenis: bank sentral, bank umum, dan bank perkreditan rakyat (BPR).

Lembaga keuangan nonbank

Selain lembaga keuangan bank, di Indonesia juga dikenal adanya lembaga keuangan nonbank. Tugasnya adalah menyediakan berbagai jasa keuangan dan menarik dana dari masyarakat secara tidak langsung. Contoh lembaga keuangan nonbank adalah perusahaan asuransi, perusahaan leasing, perusahaan dana pensiun, perusahaan sekuritas, hingga pegadaian.

Tempat penyimpanan uang

Fungsi bank sebagai tempat penyimpanan uang tentu sudah kamu ketahui dengan baik. Hingga saat ini, bank memang menjadi tujuan utama masyarakat untuk menyimpan dana karena terjamin keamanannya. Apalagi simpanan di bank juga dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Simpanan tersebut tidak hanya berbentuk tabungan, tetapi juga bisa berupa deposito ataupun giro.

Menyalurkan kredit/pinjaman

Tidak hanya mengumpulkan dana dari masyarakat, bank juga berfungsi menyalurkannya kepada masyarakat lain yang membutuhkan dana tersebut. Dana tersebut disalurkan dalam bentuk pinjaman atau kredit sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya, Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kredit usaha, atau kredit nonagunan.

Menyediakan jasa

Salah satu tugas utama bank adalah menyediakan jasa layanan keuangan untuk memudahkan seluruh urusan masyarakat yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Layanan ini beragam jenisnya, mulai dari layanan pembayaran tagihan, penjualan saham dan valuta asing (valas), hingga pengiriman uang ke luar negeri.

Mencetak uang

Fungsi mencetak uang hanya bisa dilakukan bank sentral dalam hal ini adalah Bank Indonesia. Bank Indonesia adalah satu-satunya lembaga di Indonesia yang berwenang untuk mencetak uang sah dalam bentuk mata uang rupiah yang sah digunakan untuk transaksi sehari-hari.

Menghimpun dana masyarakat

Lembaga keuangan nonbank seperti perusahaan asuransi, leasing, pasar modal, maupun koperasi berfungsi menghimpun dana masyarakat dengan menerbitkan surat-surat berharga. Fungsi ini memungkinkan masyarakat menyimpan dana dalam bentuk nontunai yang lebih aman dan terjamin.

Memberi pinjaman/kredit

Seperti halnya lembaga keuangan bank, LKBB juga berfungsi untuk memberikan pinjaman atau kredit, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Perusahaan leasing misalnya, dapat memberikan kredit kepada nasabah yang memungkinkan mereka untuk memiliki kendaraan.

Menjadi perantara pemilik modal dengan pihak yang membutuhkan

Lembaga keuangan nonbank juga bisa menjadi perantara di antara pemilik modal, baik di dalam maupun luar negeri, dengan pihak-pihak yang membutuhkan modal. Misalnya, perusahaan A bisa memperoleh dana dari investor luar negeri dengan cara menjual surat berharga berupa saham atau obligasi melalui pasar modal. Fungsi Lembaga Keuangan Lembaga keuangan juga memiliki peran sebagai perantara antara pemilik modal dan pasar utang yang bertanggung jawab dalam penyaluran dana dari investor kepada perusahaan yang membutuhkan dana tersebut. Selain itu, berikut adalah fungsi dari lembaga keuangan:

  • Melancarkan pertukaran produk (barang dan jasa) dengan menggunakan uang dan instrumen kredit.
  • Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk pinjaman. Atau dengan kata lain, Lembaga Keuangan menghimpun dana dari pihak yang kelebihan dana dan menyalurkan ke pihak yang kekurangan dana.
  • Memberikan pengetahuan dan informasi, yaitu :
  • Lembaga Keuangan melaksanakan tugas sebagai pihak yang ahli dalam analisis ekonomi dan kredit untuk kepentingan pihak lain (nasabah).
  • Lembaga Keuangan berkewajiban menyebarkan informasi dan kegiatan yang berguna dan menguntungkan bagi nasabahnya.
  • Memberikan Jaminan
  • Lembaga Keuangan mampu memberikan jaminan hukum dan moral mengenai keamanan dana masyarakat yang dipercayakan kepada lembaga keuangan tersebut.
  • Menciptakan dan memberikan likuiditas
  • Lembaga Keuangan mampu memberikan keyakinan kepada nasabahnya bahwa dana yang disimpan akan dikembalikan pada waktu jatuh tempo.
You might be interested:  Pajak Dan Pungutan Lain Yang Bersifat Memaksa?

Manfaat lembaga keuangan Baik lembaga keuangan bank maupun nonbank, keduanya memiliki peranan penting dalam menggerakkan roda perekonomian. Pengetahuan ini perlu kamu ketahui agar dapat memanfaatkannya secara maksimal. Ini dia beberapa manfaat lembaga keuangan beserta dengan keterangannya.

Manfaat likuiditas

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban berupa utang jangka pendek yang ditanggung. Likuiditas juga dapat digunakan untuk mengukur keuangan atau kekayaan perusahaan. Bagi nasabah lembaga keuangan bank atau nonbank, likuiditas penting dalam menjamin ketersediaan dana yang bisa ditarik secara tunai atau dipinjam/kredit.

Pengalihan aset

Lembaga keuangan juga bermanfaat menjadi wadah untuk pengalihan aset dari pemilik modal. Sebuah lembaga keuangan akan mengalihkan aset tersebut dengan cara meminjamkan dana dari masyarakat/nasabah kepada pihak lain untuk dikelola dalam kurun waktu yang telah disepakati.

Realokasi pendapatan

Manfaat lainnya adalah menjadi wadah bagi masyarakat untuk melakukan realokasi pendapatan. Dengan begitu, dana yang disimpan di lembaga keuangan tersebut dapat digunakan sewaktu-waktu oleh nasabah.

Kemudahan transaksi

Bayangkan jika tidak ada lembaga keuangan yang tersedia dan seluruh urusan keuangan harus kamu handle sendiri? Tentu sulit dan memakan waktu, kan? Nah, salah satu manfaat penting lembaga keuangan adanya mempermudah seluruh transaksi keuangan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

  • Jadi, kamu bisa menghemat banyak waktu dan tenaga untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan keuangan.
  • Atur Keuangan Jadi Mudah dengan Jurnal.id Jurnal.id merupakan perangkat lunak akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan untuk mengelola sistem pembukuan usaha kecil menengah (UKM).

Pemilik bisnis bisa berkonsultasi dengan akuntan profesional seputar pengelolaan maupun perencanaan keuangan, melalui aplikasi manajemen aset ini. Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat.

Apa saja kegiatan yang dilakukan oleh lembaga keuangan bukan bank adalah?

Sebagian besar orang sering mendengar istilah lembaga keuangan dan akan langsung mengaitkannya dengan bank. Padahal, lembaga keuangan sebenarnya tidak hanya terbatas pada bank saja lho, tetapi ada pula berbagai bentuk lainnya. Salah satunya Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Dana dapat dihimpun dengan mengeluarkan surat-surat berharga, selanjutnya menyalurkannya untuk pembiayaan investasi perusahaan yang membutuhkan pinjaman. Bank dan lembaga keuangan bukan bank (LKBB) berperan vital dalam aktivitas perekonomian di Indonesia.

  1. Pasalnya, peran strategis kedua lembaga keuangan ini diyakini mampu menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat secara efektif dan efisien menuju peningkatan taraf hidup masyarakat.
  2. LKBB sendiri memiliki peran untuk membantu dunia usaha meningkatkan produktifitas barang dan jasa.
  3. Selain itu, memperlancar distribusi barang dan mendorong terbukanya lapangan pekerjaan.

Fungsi Dan Tujuan Lembaga Keuangan Non Bank Sebenarnya ada cukup banyak fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia, secara umum, fungsi dan tujuan LKBB ialah sebagai berikut:

  • Menghimpun dana dari masyarakat dengan cara menerbitkan surat-surat berharga, lalu menyalurkan kembali dana tersebut untuk membiayai permodalan bagi perusahan-perusahaan yang membutuhkan.
  • Menyediakan bantuan modal dalam bentuk kredit kepada masyarakat agar tidak terjebak dalam hutang dengan bunga tinggi yang diterapkan oleh rentenir.
  • Membantu pemerintah dalam upaya pembangunan di berbagai bidang, khususnya di bidang ekonomi dan keuangan.
  • Membantu menstimulasi penyertaan modal swasta serta memperluas sumber-sumber pembiayaan bagi kegiatan usaha.
  • Membantu mendorong pembangunan industri dan ekonomi melalui pasar modal.

Manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank Keberadaan Lembaga Keuangan Bukan Bank ( LKBB ) tentunya telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Manfaat-manfaat tersebut bisa dirasakan dari produk-produk yang ditawarkannya, sebagai berikut :

  • Pegadaian memberikan manfaat bagi masyarakat yang memerlukan dana
  • Perusahaan memberikan manfaat jaminannrisiko yang mungkin terjadi sesuai dengan jasa yang ditawarkan
  • Lembaga dana pensiun memberikan kesejahteraan kepada karyawan perusahaan terutama yang telah pensiun
  • Lembaga pembiayaan memberikan pinjaman kepada masyarakat dalam hal pendanaan kegiatan konsumsinya.
  • Koperasi memberikan manfaat kepada para anggota dalam hal kebersamaan dan sisa hasil usaha.

Peran – Peran Lembaga Keuangan Bukan Bank Lembaga Keuangan Bukan Bank “LKBB” punya peranan yang penting dalam perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia. Dengan adanya LKBB maka konsumsi domestik bergerak maju dan mendorong laju perekonomian. Adapun beberapa kegiatan usaha LKBB di Indonesia ialah sebagai berikut:

  • Menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat-surat berharga.
  • Memberikan fasilitas kredit kepada perusahaan swasta dan pemerintah, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
  • Berperan menjadi perantara bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia dan menjadi badan hukum pemerintah daka pengadaan kredit dalam negeri maupun luar negeri.
  • Menyertakan modal perusahan-perusahaan dan penjualan saham di pasar modal.
  • Menjadi perantara bagi perusahaan dalam mendapatkan tenaga ahli di bidang finansial.
  • Melaksanakan kegiatan usaha lain di bidang keuangan atas persetujuan menteri keuangan Republik Indonesia.

Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank Kehadiran lembaga ini legal karena sesuai peraturan yang berlaku, yaitu Surat Keputusan Menteri Keuangan No.38/MK/IV/1972. Di Indonesia, ada beberapa jenis LKBB yang akan dengan mudah ditemui dan popular, apa saja?

Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah perusahaan jasa dalam penanggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat, dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga karena peristiwa ketidakpastian. Dimana, perusahaan asuransi ini menghimpun dana melalui penarikan premi atau sejumlah dan setiap bulannya selama jangka waktu tertentu (masa kontrak) sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak yang tercantum dalam polis asuransi.

Perusahaan Dana Pensiun

Perusahaan dana pensiun adalah perusahaan yang mengelola dana pensiun pada perusahaan pemberi kerja atau perusahaan itu sendiri. Nantinya pada masa pensiun, uang yang dikelola tersebut akan dikembalikan tiap bulannya, sehingga bisa disimpulkan bahwa perusahaan dana pensiun ini menyediakan layanan tabungan jangka panjang.

Pegadaian

Perusahaan Umum Pegadaian ialah salah satu Badan Usaha Milik Negara “BUMN” yang melakukan kegiatan penyaluran kredit kepada masyarakat. Dasar hukum yang digunakan ialah hukum gadai sehingga masyarakat terhindar dari bunga yang terlalu tinggi. Pegadaian cukup populer digunakan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah karena biasanya proses cenderung lebih mudah.

  • Gadai konvensional
  • Gadai syariah
  • Gadi emas
  • Jasa taksiran dan sertifikasi logam mulia
  • Jasa penitipan barang berharga

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam merupakan lembaga keuangan bukan bank yang berbentuk koperasi dan menghimpun dana dari para anggotanya, kemudian menyalurkannya kembali kepada anggota serta non-anggota.

Leasing

Leasing atau perusahaan multifinance merupakan perusahaan sewa guna atau lembaga keuangan bukan bank yang menawarkan pembayaran kredit atau cash untuk barang-barang tertentu. Sistem yang digunakan adalah kontrak sewa yang digabungkan dengan pembelian secara angsuran baik itu kepada perorangan maupun perusahaan.

Pasar Modal

Pasar modal adalah tempat pertemuan dan melakukan transaksi antara pihak pencari dana (emiten) dengan pemilik dana/penanam modal (investor). Dalam pasar modal yang diperjualbelikan adalah jenis efek seperti saham dan obligasi. Jika diukur dari waktu modal yang diperjual belikan merupakan modal jangka panjang.

Pasar Uang

Pasar uang adalah temapt memperoleh dana dan investasi dana, hampir sama dengan pasar modal. Bedanya adalah modal yang ditawarkan dalam pasar uang berjangka waktu pendek dan di pasar modal berjangka waktu panjang. Dalam pasa uang, transaksi banyak dilakukan dengan media elektronik sehingga kedua belah pihak / nasabah tidak perlu datang langsung.

Perusahaan Sewa Guna (Leasing)

Perusahaan leasing adalah bidang usaha yang menekankan kepada pembiayaan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabahnya. Contohnya, seseorang ingin membeli sepeda motor secara kredit, maka kebutuhan ini pembayarannya dapat di tutup oleh perusahaan leasing.

Perusahaan Anjak Piutang (factoring)

Perusahaan anjak piutang adalah perusahaan yang usahanya mengambil alih pembayaran kredit suatu perusahaan. Pengambilan kredit dilakukan dengan cara mengambil kredit bermasalah perusahaan lain dan dapat juga mengelola penjualan kredit perusahaan yang membutuhkan.

Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan Modal Ventura adalah perusahaan yang usaha utamanya mengendung resiko tinggi. Usahanya lebih banyak memberikan pembiayaan dalam bentuk kredit dan tanpa jaminan yang umumnya tidak dilayani oleh lembaga keuangan lain, Selama ini sistem kredit dengan jaminan dirasa sangat menyulitkan, menghambat dan memberatkan nasabah untuk memperoleh modal.

Perusahaan kartu plastik

Perusahaan kartu plastik adalah perusahaan yang menerbitkan kartu plastik/kartu kredit. Lalu apa fungsinya ? Fungsinya digunakan untuk sebagai pengganti uang tunai untuk menggunakan bank. Itu tadi informasi mengenai lembaga keuangan bukan bank yang ada di Indonesia.

Selain melalui Lembaga keuangan bukan bank untuk membantu bisnis. Aplikasi keuangan online juga hal yang penting. Salah satu aplikasi akuntansi terbaik saat ini yang dapat membantu bisnis adalah Jurnal by Mekari. Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat.

Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya. Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

  • Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.
  • Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.
  • Cash link.
  • Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.
  • Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Bagi Anda pemilik online shop, manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

Bank termasuk di bidang apa?

​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​OJK mengeluarkan daftar alamat kantor pusat Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah. Berdasarkan Undang-undang Perbankan, Bank disebutkan sebagai badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dalam kegiatannya, Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah juga memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. OJK melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah sesuai dengan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan.

BANK UMUM PERSERO ​ ​ No. Sandi Bank Nama Bank Alamat Nomor Telepon Nomor Fax Website 1 002 PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TbkJl. Jend. Sudirman Kav.44-46, Jakarta 10210 (021) 2510244, 2510254, 2510269-264 Fax : (021) 2500077, 2500065www.bri.co.id 2 008PT BANK MANDIRI (PERSERO) TbkPlaza Mandiri, Jl. Gatot Subroto Kav.36-38, Jakarta 12190(021) 5245006, 5245858, 5245849, 52997777Fax : (021) 5263459, 5263460, 5268246, 52997735www.bankmandiri.co.id 3 009PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TbkJl. Jend. Sudirman Kav.1, Jakarta 10220(021) 2511218-19-20-22-24-25-26-29Fax : (021) 2511221, 5709506www.bni.co.id 4 200PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TbkGedung Menara BTN, Jl. Gajah Mada No.1, Jakarta 10130(021) 2310490, 6336789, 26533555Fax : (021) 6346704www.btn.co.id BANK UMUM SWASTA NASIONAL ​ ​ 1 011PT BANK DANAMON INDONESIA TbkMenara Bank Danamon, Jl. HR. Rasuna Said Blok C No.10, Karet Setiabudi, Jakarta Selatan 12940(021) 8064 5000Fax : (021) 80645033www.danamon.co.id 2 013PT BANK PERMATA TbkGedung World Trade Center (WTC) II, Jl. Jend. Sudirman Kav.29-31 Jakarta 12920(021) 5237788Fax : (021) 5237253www.permatabank.com 3 014PT BANK CENTRAL ASIA TbkMenara BCA, Grand Indonesia Jl.M.H Thamrin No.1, Jakarta 10310(021) 2358-8000Fax : (021) 2358-8300www.bca.co.id 4 016PT BANK MAYBANK INDONESIA Tbk Gedung Sentral Senayan 3, Lt.26, Jl. Asia Afrika No.8, Gelora Bung Karno – Senayan, Jakarta Pusat 10270(021) 29228888Fax : (021) 29228914www.maybank.co.id 5 019PT PAN INDONESIA BANK TbkPanin Bank Centre, Jl. Jend. Sudirman Kav.1 (Senayan), Jakarta 10270(021) 2700545 (10 lines)Fax : (021) 2700340, 2700391www.panin.co.id 6 022PT BANK CIMB NIAGA TbkGraha Niaga / Niaga Tower Jl. Jend. Sudirman Kav.58, Jakarta 12190(021) 2505151, 2505252, 2505353Fax : (021) 2505202, 2505205www.cimbniaga.com 7 023PT BANK UOB INDONESIAGedung UOB Plaza, Jl.M.H. Thamrin No.10 Jakarta 10230(021) 23506000Fax : (021) 29936632www.uob.co.id 8 028PT BANK OCBC NISP TbkOCBC NISP Tower, Jl. Prof.Dr. Satrio Kav.25, Jakarta Selatan 12950(021) 25533888Fax : (021) 57944000www.ocbcnisp.com 9 037PT BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TbkGedung Arha Graha, Lt.5, Jl. Sudirman Kav.52-53, Senayan, Jakarta 12190(021) 5711095, 5152168Fax : (021) 5711084www.arthagraha.com 10 076PT BANK BUMI ARTA TbkJl. KH. Wahid Hasyim No.234, Jakarta 10250(021) 2300893, 2300455Fax : (021) 3102632, 325291, 2303624www.bankbba.co.id 11 087PT BANK HSBC INDONESIA World Trade Centre 1, Lt.3 Jl. Jend Sudirman Kav.29-31, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12920(021) 25514777 Fax : (021) 52961015www.hsbc.co.id 12 095PT BANK JTRUST INDONESIA TbkGedung Sahid Sudirman Center Lt.33 Jl. Sudirman No.86, Jakarta Pusat 10220(021) 29261111(HUNTING)Fax : (021) 5224670www.jtrustbank.co.id 13 097PT BANK MAYAPADA INTERNATIONAL TbkMayapada Tower – 2nd Floor, Jl. Jend. Sudirman Kav.28, Jakarta 12920(021) 5212288, 5212300Fax : (021) 5211995-965-539-985www.bankmayapada.com 14 146PT BANK OF INDIA INDONESIA TbkJl.H. Samanhudi No.37, Jakarta 10710(021) 3808178, 3500007 (HUNTING)Fax : (021) 3808178www.boiindonesia.co.id 15 147PT BANK MUAMALAT INDONESIA TbkGedung Muamalat Tower Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.18, Jakarta 10220(021) 80666000Fax : (021) 2511465, 2511453www.muamalatbank.com 16 151PT BANK MESTIKA DHARMA TbkJl. Zainul Arifin 118, Medan 20153(061) 4525800, 4560991-5500Fax : (061) 4525800, 4560991-5500www.bankmestika.co.id 17 152PT BANK SHINHAN INDONESIAGed. International Financial Centre (IFC) Tower 2 Lt. Dasar, Mezz anine, 30 dan 31 Jl. Jend. Sudirman Kav.22-23 Jakarta Selatan(021) 29751500Fax : (021) 2311522, 2310159www.shinhan.co.id 18 153PT BANK SINARMAS TbkSinarmas Land Plaza, Menara I, Lt.1 &2 Jl. MH. Thamrin Kav.51, Jakarta 10350(021) 31990101Fax : (021) 31990405www.banksinarmas,co.id 19 157PT BANK MASPION INDONESIA TbkJl. Basuki Rahmat No.50 – 54, Surabaya(031) 5319818, 5456334, 5356123Fax : (031) 3536839www.bankmaspion.co.id 20 161PT BANK GANESHA TbkWisma Hayam Wuruk Lt.1 & 2, Jl. Hayam Wuruk No.8, Jakarta Pusat(021) 29109900Fax : (021) 29109992 www.bankganesha.co.id 21 164PT BANK ICBC INDONESIA ICBC Tower Lt.32, Jl.M.H. Thamrin No.81, Jakarta Pusat021-23556000Fax : (021) 31996016www.icbcindo.com 22 167PT BANK QNB INDONESIA TbkRevenue Tower District 8 Lt.8 Jl. Jend. Sudirman Kav.52-53 Jakarta 12190(021) 5155155Fax : (021) 5155155 www.qnb.co.id 23 212PT BANK WOORI SAUDARA INDONESIA 1906 TbkGedung Treasury Tower Lt.26 dan 27 District 8, SCBD Lot.28 Jl. Jend. Sudirman Kav.52 – 53 Jakarta 12190(021) 50871906Fax : (021) 50871900www.bankwoorisaudara.com 24 426PT BANK MEGA TbkMenara Bank Mega Lt.15, Jl. Kapten Tendean Kav.12-14 A, Jakarta 12790(021) 7917500Fax : (021) 79187100www.bankmega.com 25 441PT BANK KB BUKOPIN Tbk Jl. MT. Haryono Kav.50-51, Jakarta 12770(021) 7989837, 7988266Fax : (021) 7980625, 7980238, 7980244www.bukopin.co.id 26 451PT BANK SYARIAH INDONESIA Tbk *) Gedung The Tower, Jl. Gatot Subroto No.27 Kel. Karet Semanggi, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan 12930 (021) 3450226, 3450227 Fax : (021) 3924517, 3805272 www.bankbsi.co.id/ 27 484PT BANK KEB HANA INDONESIAMangkuluhur City Tower One Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.1-3 Kel. Karet Semanggi, Jakarta Selatan (021) 5220222, 5220223, 50811111 Fax: (021) 50811123www.hanabank.co.id 28 485PT BANK MNC INTERNASIONAL TbkGedung MNC Financial Center, Lt.6,7,8 Jl. Kebon Sirih Raya No.27, Jakarta Pusat 10340(021) 3919898Fax : (021) 5701635www.mncbank.co.id 29 494PT BANK RAYA INDONESIA Tbk Gedung Menara BRILiaN, Lantai 20, Jalan Gatot Subroto No.117A, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. (021) 50931300 Fax : (021) 50931494 www.bankraya.co.id 30 498PT BANK SBI INDONESIAGraha Mandiri, Jl. Imam Bonjol No.61 Lt.1, Jakarta Pusat 10310(021) 39838747, 3805080Fax : (021) 3854491, 3864075www.sbiindo.com 31 506PT BANK MEGA SYARIAHMenara Mega Syariah, Jl. HR Rasuna Said Kav.19A, Jakarta 12950(021) 29852000Fax : (021) 29852100www.megasyariah.co.id 32 555PT BANK INDEX SELINDOPlaza Bank Index Lt.8 Jl.M.H. Thamrin No.57 Jakarta Pusat(021) 3922328Fax : (021) 3922336www.bankindex.co.id 33 553PT BANK MAYORAGedung Mayora, Jl. Tomang Raya Kav.21-23, Jakarta 11440(021) 5655287-88Fax : (021) 565 5277www.bankmayora.com 34 036PT BANK CHINA CONSTRUCTION BANK INDONESIA Tbk Gedung Perkantoran sahid Sudirman Center Lt.15 Jl. Jenderal Sudirman Kav.86 (021) 50821000Fax : (021) 50821010http://idn.ccb.com/ 35 046PT BANK DBS INDONESIADBS Bank Tower, Lobby Level Lt 33-37 Ciputra World 1, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5 Jakarta 12940(021) 29885000Fax : -www.dbs.com 36 047PT BANK RESONA PERDANIAMenara Mulia Lt.5 & 6, Suite 501 & 601 Jl. Gatot Subroto Kav.9-11, Jakarta(021) 5701958Fax : (021) 5701950, 5701936, 5701939www.perdania.co.id 37 048PT BANK MIZUHO INDONESIAMenara Astra, Lantai 53, Jl. Jend. Sudirman Kav.5-6, Jakarta(021) 50910888 Fax : (021) 3926354www.mizuhocbk.co.id 38 054PT BANK CAPITAL INDONESIA TbkGedung Menara Jamsostek Lt.1 & 6, Jl. Gatot Subroto No.38 Jakarta Selatan 12710(021) 27938989Fax : (021) 27938900www.bankcapital.co.id 39 057PT BANK BNP PARIBAS INDONESIASequis Tower Lt.28, SCBD Lot 11B Jl. Jenderal Sudirman Kav.71 Jakarta 12190(021) 50814789Fax : (021) 50814790www.bnpparibas.co.id 40 061PT BANK ANZ INDONESIAWorld Trade Centre 3, Lt.30-31 Jl. Jend. Sudirman Kav.29-31, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12920(021) 5750300Fax : (021) 5727447www.anz.com 41 945PT BANK IBK INDONESIA TbkWisma GKBI Suites-UG01 Jl. Jendral Sudirman No.29, Jakarta021-57908888Fax : -www.bankagris.co.id 42 947PT BANK ALADIN SYARIAH Tbk **) Millennium Centennial Center Lt 7 Jl. Jendral Sudirman Kav.25 Jakarta 12920(021) 2506446Fax : (021) 2506445www.maybanksyariah.co.id 43 949PT BANK CTBC INDONESIATamara Center Lt.15-17, Jl. Jend. Sudirman Kav.24, Jakarta 12920(021) 25578787Fax : (021) 5206767www.chinatrust.co.id 44 950PT BANK COMMONWEALTHTreasury Tower Lt.65 Lot 28 SCBD, Jl. Jendral Sudirman Kav 52-45, Jakarta Selatan(021) 50960000 Fax : (021) 60960140www.commbank.co.id 45 213PT BANK BTPN TbkMenara BTPN – CBD Mega Kuningan, Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav.5,5 – 5,6 Jakarta Selatan 12950(021) 30026200Fax : (021) 30026308www.btpn.com 46 405PT BANK VICTORIA SYARIAHGd Graha BIP lantai 5 Jl.Gatot Subroto Kav.23 Karet Semanggi Setiabudi Jakarta Selatan(021) 5600467 Fax : (021) 57940941www.bankvictoriasyariah.co.id 47 425PT BANK JABAR BANTEN SYARIAHJl. Braga No.135 Bandung022-4202599Fax : (022) 4212550/4212524www.bjbsyariah.co.id48 459PT KROM BANK INDONESIA Tbk Jl. Ir.H. Djuanda No.137, Bandung(022) 2501787, 2511900, 4233458Fax : (022) 4235741www.bankbisnis.id 49 472PT BANK JASA JAKARTAJl. Tiang Bendera III No.26-28-30, Jakarta 11230(021) 6902611, 6906950Fax : (021) 6902619, 6910270, 6902031www.bjj.co.id 50 490PT BANK NEO COMMERCE TbkTreasury Tower Lt.60, District 8 SCBD Lot 28, Jl Jendral Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan(021) 3517523, 3517533Fax : (021) 3517530, 3517535www.yudhabhakti.co.id 51 501PT BANK DIGITAL BCAGedung The City Tower (TCT) Lt.11 Jl. MH. Thamrin No.81 Kel. Dukuh Atas, Kec. Menteng Jakarta Pusat(021) 63864472,73,75Fax : (021) 63864476-63864474www.bcadigital.co.id 52 503PT BANK NATIONALNOBU TbkPlaza Semanggi Lt.9, Jl. Jendral Sudirman Kav.50 Jakarta(021) 25535128Fax : (021) 6310517www.nobubank.com 53 513PT BANK INA PERDANA TbkWisma BSG, Jl. Abdul Muis No.40, Jakarta Pusat(021) 3859050Fax : (021) 3859041www.bankina.co.id 54 517PT BANK PANIN DUBAI SYARIAH TbkGd.Panin Life Centre Lt.3, Jl. Letjend S. Parman Kav 91 Jakarta 11420(021) 56956100Fax : (021) 56956105www.paninbanksyariah.co.id 55 520PT PRIMA MASTER BANKJl. Jembatan Merah No.15-17, Surabaya 60175(031) 3531253 (HUNTING)Fax : (031) 3520437www.primamasterbank.co.id 56 521PT BANK KB BUKOPIN SYARIAH ****) Jl. Salemba Raya No.55, Jakarta(021) 2300912Fax : (021) 3148401wwww.syariahbukopin.co.id 57 523PT BANK SAHABAT SAMPOERNAGedung Sampoerna Strategic Square Menara Utara, Lt. Mezzanine Jl. Jend. Sudirman Kav 45 Jakarta(021) 57951515Fax : (021) 57950624www.banksampoerna.com58 526PT BANK OKE INDONESIA TbkJl. Ir.H. Juanda No.12, Jakarta 10120(021) 2312633Fax : (021) 2313749www.okbank.co.id 59 531PT BANK AMAR INDONESIAJl. Basuki Rahmad No.109, Surabaya(031) 99015959 Fax : (031) 3536839www.amarbank.co.id 60 535PT BANK SEABANK INDONESIA Gedung IKP RI, Jl.R.P. Suroso No.21, Jakarta 10330(021) 3100422, 3100448Fax : (021) 3102970, 3100959www.bankkesejahteraan.co.id 61 536PT BANK BCA SYARIAH Jl. Jatinegara Timur No.72, Jakarta 13310(021) 8190072, 8505030, 8505035Fax : (021) 8190826, 85901568www.bcasyariah.co.id 62 542PT BANK JAGO TBKMenara BTPN Lt 43,45 dan 46 Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav.5,5-5,6 Jakarta Selatan(021) 50927460 – www.jago.com 63 547PT BANK BTPN SYARIAH TbkMenara BTPN, Lt.12 CBD Mega Kuningan, Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav.5.5-5.6 Kel. Kuningan Timur, Jakarta Selatan(021) 30026400Fax : (021) 29021699www.btpnsyariah.com 64 548PT BANK MULTIARTA SENTOSA Tbk Graha Bank MAS Lt.3, Jl. Setiabudi Selatan Kav.7-8, Jakarta Selatan(021) 5790 6006Fax : (021) 5790 6005 www.bankmas.co.id 65 562PT BANK FAMA INTERNASIONALJl. Asia Afrika No.115, Bandung(022) 4200808Fax : (022) 4200277www.bankfama.co.id 66 564PT BANK MANDIRI TASPEN Graha Mantap Jalan Proklamasi No.31 Kel. Pegangsaan, Kec. Menteng, Jakarta Pusat 10320 (021) 21231772Fax : (021) 21231984www.bankmantap.co.id 67 566PT BANK VICTORIA INTERNATIONAL TbkGedung Graha BIP Lt.10 Jl. Gatot Subroto Kav.23 Karet Semanggi, Setiabudi Jakarta Selatan 12930(021) 5228888Fax : (021) 5228777www.victoriabank.co.id 68 567 PT ALLO BANK INDONESIA ***) Menara Bank Mega Lantai 5-6 Jalan Kapten P. Tendean No.12-14A Jakarta 12790 (021) 3841178, 3841022-23Fax : (021) 6123959-7023www.allobank.co.id BANK PEMBANGUNAN DAERAH ​ ​ 1 110PT BPD JAWA BARAT DAN BANTEN TbkJl. Naripan No.12 – 14, Bandung 40111(022) 4234868, 4230223Fax : (022) 4210391, 4232153, 4206944-3934www.bankjabar.co.id 2 111PT BPD DKIGd. Prasada Sasana Karya Jl. Suryopranoto No.8, Jakarta Pusat (021) 2314567 (HUNTING)Fax : (021) 3517660, 2310194, 2312884www.bankdki.co.id 3 112PT BPD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAJl. Tentara Pelajar No.7, Yogyakarta(0274) 561614Fax : (0274) 562303, 520955www.bpddiy.co.id 4 113PT BPD JAWA TENGAHGedung Grinatha Jl. Pemuda No.142, Semarang, Jawa Tengah 50132(024) 3547541, 3554025Fax : (024) 3540170, 3520186, 3556529www.bankjateng.co.id 5 114PT BPD JAWA TIMUR TbkJl. Basuki Rakhmat No.98-104, Surabaya(031) 5310090-99Fax : (031) 5311055www.bankjatim.co.id 6 115PT BPD JAMBIJl. Jend.A. Yani No.18, Telanaipura, Jambi(0741) 60416, 60665, 62790, 64628Fax : (0741) 64882www.bankjambi.co.id 7 116PT BANK ACEH SYARIAHJl. Mr.H.T. Mohd. Hasan Gampong Lancot No.89 Batoh, Banda Aceh(0651) 22966Fax : (0651) 33565 www.bankaceh.co.id 8 117PT BPD SUMATERA UTARAJl. Imam Bonjol No.18, Medan 20152(061) 4155100, 4515100Fax : (061) 4574153, 4574145, 4512652www.banksumut.com 9 118PT BANK NAGARI Jl. Pemuda No.21, Padang 25117(0751) 25055, 31577, 31578Fax : (0751) 37749, 31491www.banknagari.co.id 10 119PT BPD RIAU KEPRI SYARIAH *****) Menara Dang Merdu BRK Jl. Jend. Sudirman No.462, Kota Pekanbaru(0761) 47070Fax : (0761) 33397, 21195, 40134, 40135www.brksyariah.co.id 11 120PT BPD SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNGJl. Gubernur H. Ahmad Bastari No.07 Kel. Silaberanti Kec. Seberang Ulu I Jakabaring Palembang(0711) 5228080Fax : (0711) 5228107www.banksumselbabel.com 12 121PT BPD LAMPUNGJl. Wolter Monginsidi No.182, Teluk Betung, Bandar Lampung 35215(0721) 487175, 482237Fax : (0721) 485530www.banklampung.co.id 13 122PT BPD KALIMANTAN SELATANJl. Lambung Mangkurat No.7, Banjarmasin 70111(0511) 3350726-28Fax : (0511) 57330, 50722www.bankbpdkalsel.co.id 14 123PT BPD KALIMANTAN BARATJl. Rahadi Oesman No.10, Pontianak 78117(0561) 732148, 734713, 736723Fax : (0561) 734351, 745148, 745149www.bankkalbar.co.id 15 124PT BPD KALIMANTAN TIMUR DAN KALIMANTAN UTARA Jl. Jend. Sudirman No.33, Samarinda(0541) 735500, 739563 – 567Fax : (0541) 735580, 748362www.bankkaltim.com 16 125PT BPD KALIMANTAN TENGAHJl. RTA Milono No.12, Palangka Raya 73111(0536) 3226812Fax : (0536) 3242470www.bp-kalteng.com 17 126PT BPD SULAWESI SELATAN DAN SULAWESI BARATJl. Dr. Sam Ratulangi No.16, Makassar 90125(0411) 859171-72-73-74, 859176-181Fax : (0411) 854611, 859178www.banksulsel.co.id 18 127PT BPD SULAWESI UTARA DAN GORONTALO Jl. Sam Ratulangi No.9, Manado 95111(0431) 861759, 851451Fax : (0431) 846515, 854522, 852430www.banksulutgo.co.id 19 128PT BANK NTB SYARIAHJl. Pejanggik No.30, Mataram(0370) 632177, 636331, 635332Fax : (0370) 623527, 623526, 648766www.bankntb.co.id 20 129PT BPD BALIJl. Raya Puputan Niti Mandala, Renon, Denpasar(0361) 223301 – 05Fax : (0361) 229439, 235806, 237691www.bpdbali.co.id 21 130PT BPD NUSA TENGGARA TIMURJl.W.J. Lalamentik No.102, Kupang, Nusa Tenggara Timur, 85000(0380) 840555Fax : (0380) 840567www.bpdntt.co.id 22 131PT BPD MALUKU DAN MALUKU UTARAJl. Raya Pattimura 9, Ambon 97124(0911) 354214, 353144, 354229, 310696Fax : (0911) 353144, 354997, 354229, 345719, 342029www.bankmaluku.co.id 23 132PT BPD PAPUAJl. Ahmad Yani 5-7, Jayapura 99111, Kotak Pos 1536(0967) 532011 (hunting)Fax : (0967) 533019www.bankpapua.com 24 133PT BPD BENGKULU Jl.S. Parman Padang Jati Nomor 57, Kota Bengkulu(0736) 341170Fax : (0736) 21178www.bankbengkulu.co.id 25 134PT BPD SULAWESI TENGAHJl. St. Hasanuddin No.20, Palu(0451) 421780Fax : (0451) 424405www.sulteng.go.id 26 135PT BPD SULAWESI TENGGARAJl. May. Jend. Sutoyo No.95, Kendari, Sulawesi Tenggara(0401) 3121526, 3122104-194-551, 3123163Fax : (0401) 321568www.banksultra.co.id 27 137PT BPD BANTEN Tbk Ruko Sembilan No.8B-9A Jalan Jendral Sudirman, Lingkungan Kemang RT 04 RW 23, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Banten(0254) 7917346 Fax : (021) 79199950 www.bankbanten.co.id KANTOR CABANG BANK YANG BERKEDUDUKAN DI LUAR NEGERI ​ ​ 1 031CITIBANK N.A.Citibank Tower Lt.8-11 Pacific Century Place SCBD Lot.10 Jl. Jend. Sudirman No.52-53 Jakarta 12190(021) 80862500 Fax : -www.citibank.co.id 2 032JP MORGAN CHASE BANK NAGedung The Energy Lt.5 & 6, SCBD Lot 11A, JL. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta 12190(021) 52918000, 52918750, 52918233Fax : (021) 52918211, 52918233, 5710958www.jpmorganchase.com 3 033BANK OF AMERICA N.AGedung Bursa Efek Jakarta, Tower 2, Lt 23, Jl. Sudirman Kav.52-53, Jakarta(021) 29553700Fax : (021) 5151407-5158088www.bankofamerica.com 4 040BANGKOK BANK PCLJl. MH. Thamrin No.3, Jakarta(021) 2311008Fax : (021) 377842, 2310070, 3853881www.bangkokbank.co.id 5 042MUFG BANK LTD Gedung Mid Plaza Lt.1-3, Jl. Jend Sudirman Kav.10-11, Jakarta 10220(021) 5706185, 5705177, 5703955Fax : (021) 5704149-7625, 5731927-6565www.mufg.co.id 6 050STANDARD CHARTERED BANKMenara Standard Chartered Bank, Jl. Prof. Dr. Satrio No.164, Jakarta 12950(021) 2550000, 579 99988Fax : (021) 5722280, 5721234www.standardchartered.com 7 067DEUTSCHE BANK AGDeutsche Bank Building, Jl. Imam Bonjol No.80, Jakarta(021) 29644401Fax : (021) 31935252www.deutsche-bank.co.id/indonesia 8.069BANK OF CHINA (HONG KONG) LIMITED CABANG JAKARTA Wisma Tamara, Suite 101-201, Jl. Jend. Sudirman Kav.24, Jakarta(021) 5205502Fax : (021) 5201113, 5207572www.bankofchina.co.id
You might be interested:  Barang Modal Yang Habis Dalam Satu Kali Proses Produksi Dinamakan?

*) Berdasarkan KDK No.4/KDK.03/2021 tanggal 27 Januari 2021, PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BRISyariah Tbk dan PT Bank BNI Syariah melakukan merger menjadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk. **) PT Bank Net Indonesia Syariah Tbk berubah nama menjadi PT Bank Aladin Syariah Tbk berdasarkan Surat Keputusan OJK nomor KEP-42/PB.1/2021 tanggal 3 Juni 2021. ***) PT Bank Harda Internasional, Tbk berubah nama menjadi PT Allo Bank Indonesia, Tbk berdasarkan Surat Keputusan OJK nomor KEP-48/PB.1/2021 tanggal 30 Juni 2021 ****) PT Bank Syariah Bukopin berubah nama menjadi PT Bank KB Bukopin Syariah berdasarkan Surat Keputusan OJK No.53/PB.1/2021 tanggal 10 Agustus 2021 *****) PT BPD Riau Kepri terdapat perubahan izin usaha menjadi PT BPD Riau Kepri Syariah berdasarkan Keputusan OJK No. KEP-93/D.03/2022 tanggal 4 Juli 2022

Lembaga keuangan termasuk apa?

Pengertian Lembaga Keuangan – Lembaga keuangan merupakan badan usaha atau institusi di bidang jasa keuangan yang bergerak dengan cara menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya untuk pendanaan serta dengan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga atau persentase.

Apa yang dimaksud lembaga keuangan dan sebutkan perannya?

Pengertian Lembaga Keuangan – Kegiatan Yang Dilakukan Oleh Lembaga Keuangan Selalu Berkaitan Dengan Bidang Shutterstock Lembaga Keuangan merupakan badan usaha atau institusi di bidang jasa keuangan yang bergerak dengan cara memberikan fasilitas jasa layanan keuangan, menghimpun dana dari masyarakat, dan menyalurkannya kembali untuk pendanaan ke berbagai kegiatan keuangan yang mempengaruhi jalannya perekonomian.

Tak hanya itu, Lembaga Keuangan juga perlu memutar arus uang dalam perekonomian dengan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga atau persentase. Kegiatan usaha dalam Lembaga Keuangan pun berbagai macam, seperti memberikan jasa layanan keuangan, memberikan pinjaman, penyertaan modal, dan lain sebagainya.

Walau demikian, dalam operasionalnya, Lembaga Keuangan hanya menjalankan salah satu atau dua kegiatan usaha sekaligus. Contoh proses pengumpulan dana yang dilakukan oleh Lembaga Keuangan yang cukup konvensional antara lain, seperti penyediaan layanan penyimpanan dana (tabungan) dan contoh dari kegiatan proses penyaluran dana, yaitu penyediaan jasa pinjaman (kredit).

  • Pendirian sebuah Lembaga Keuangan juga harus mengikuti prosedur menurut Undang-Undang yang berlaku.
  • Otoritas Jasa Keuangan dan lembaga lainnya perlu ikut memberikan pengawasan terhadap kegiatan di berbagai Lembaga Keuangan.
  • Pengawasan dan regulasi yang ketat diperlukan untuk menciptakan bisnis jasa keuangan yang sehat untuk masyarakat.
You might be interested:  Apa Yang Kalian Ketahui Tentang Objek Pajak Bea Materai?

Namun, pengertian dari Lembaga Keuangan sendiri masih banyak lagi, lho. Berikut definisi Lembaga Keuangan menurut para ahli.

Apa peran lembaga keuangan brainly?

apakah peran lembaga keuangan?​ Jawaban: Lembaga keuangan mempunyai fungsi utama untuk melancarkan pertukaran produk (barang serta jasa) dengan menggunakan uang dan instrumen kredit. Dan fungsi lain diantaranya, menghimpun dana dari masyarakat secara langung dalam bentuk simpanan serta menyalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk pinjaman. : apakah peran lembaga keuangan?​

Jelaskan apa yang dimaksud dengan lembaga keuangan?

Berdasarkan hal tersebut maka Istilah Lembaga keuangan diartikan sebagai perusahaan yang berkombinasi dengan berbagai sumber daya ekonomi (resources) seperti alam, tenaga kerja, modal, dan manajemen (managerial skill) dalam memproduksi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu.

Apakah koperasi lembaga keuangan?

10. Financial Technology (Fintech) – Perusahaan berbasis financial technology atau biasa disingkat dengan nama fintech juga merupakan bagian dari Lembaga Keuangan Bukan Bank dalam bentuk yang lebih modern. Kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan ini beragam mulai dari crowdfunding atau penggalangan dana, micro financing atau layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk membantu keperluan hidup mereka sehari-hari, sampai dengan Peer-to-Peer (P2P) lending service yang menyediakan layanan peminjaman uang tanpa harus melalui proses panjang seperti yang sering ditemui di bank konvensional.

Namun, kamu harus lebih berhati-hati sebelum memutuskan menggunakan layanan kredit melalui fintech karena bunga yang dikenakan biasanya lebih tinggi dari bank konvensional pada umumnya. Baca juga: Begini perbedaan konsolidasi, merger dan akuisisi Wah, ternyata perusahaan yang tergabung dalam Lembaga Keuangan Bukan Bank cukup banyak, ya.

Seiring dengan perkembangan perekonomian di Indonesia, peran bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank akan sangat diperlukan oleh masyarakat luas. Sumber:

asliri.id accurate.id futuready.com sikapiuangmu.ojk.go.id perpajakan.ddtc.co.id jdih.kemenkeu.go.id

Meliputi apa saja lembaga keuangan bank?

8 Jenis Lembaga Keuangan dan Definisinya – Mekari Jurnal Lembaga keuangan bank dan non bank adalah lembaga yang menghimpun dan menyalurkan dana untuk membantu taraf hidup masyarakat umum. Juga dapat berperan sebagai badan usaha untuk menghimpun dana saja, menyalurkan dana saja, ataupun gabungan dari keduanya.

  1. Yang terpercaya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  2. Dengan adanya lembaga keuangan ini, masyarakat memiliki fasilitas penyimpanan dana atau tabungan dan pemberian pinjaman (kredit).
  3. Lembaga keuangan dapat dikatakan sebagai jembatan atau perantara bagi masyarakat umum yang ingin meningkatkan taraf hidupnya seperti pengajuan kredit rumah.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang lembaga keuangan. Kegiatan Yang Dilakukan Oleh Lembaga Keuangan Selalu Berkaitan Dengan Bidang

  • Dari pemaparan artikel berikut ini, Anda akan mengetahui informasi penting perihal beberapa hal seperti di bawah ini:
  • Lembaga Keuangan dan Jenisnya Lembaga Keuangan Bank
  • Bank Sentral Bank Umum
  • Bank Perkreditan Rakyat
  1. Lembaga Keuangan Non Bank
  2. Asuransi Pegadaian
  3. Leasing Pasar Modal
  4. Koperasi Simpan Pinjam
  5. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!
  6. Lembaga Keuangan dan Jenisnya

Menurut SK (Surat Keputusan) Menteri Keuangan RI No.792 Tahun 1990, pengertian lembaga keuangan dijelaskan sebagai berikut “Lembaga Keuangan adalah semua badan yang kegiatannya bidang keuangan, melakukan penghimpunan dan penyaluran dana kepada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan”.

  1. Emudian dalam pelaksanaannya, lembaga keuangan hanya dapat didirikan dan dijalankan setelah mendapat izin usaha dari Menteri Keuangan, serta mendapatkan pengawasan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  2. Dengan payung hukum dan peraturan pemerintah tersebut lembaga keuangan dapat dipastikan keamanannya bagi masyarakat.

Lembaga ini terbagi menjadi dua jenis yaitu, lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non-bank. Lembaga berbasis bank memberikan jasa-jasa keuangan dan menarik dana masyarakat secara langsung seperti deposito, giro, dan tabungan. Sedangkan lembaga berbasis non-bank dalam proses penghimpunan dana dilakukan oleh masing-masing lembaga.

  • Pembahasan mengenai lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non-bank akan dijelaskan lebih lengkap pada ulasan di bawah selanjutnya.
  • Seperti yang diketahui, lembaga keuangan bank adalah badan usaha yang memberikan fasilitas (jasa perbankan) bagi masyarakat umum secara langsung seperti penyimpanan, pembayaran, dan pinjaman atau kredit.

Lembaga keuangan bank dibagi menjadi tiga jenis yakni, Bank Sentral, Bank Umum, dan Bank Perkreditan Rakyat. Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini. Bank Sentral Seperti yang dilansir dalam laman resmi Bank Indonesia, ditulis bahwa dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia memiliki tujuan untuk mencapai dan memelihara stabilitas nilai rupiah.

  • Untuk mencapai tujuan tersebut, Bank Indonesia sebagai bank sentral dapat tercapai dengan tiga bidang tugas yang dituangkan dalam tiga pilar berikut ini.
  • Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter; Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran;
  • Stabilitas sistem keuangan.
  • Bank Umum
  • Jenis yang kedua ini melaksanakan jasa perbankan secara langsung ke masyarakat dengan memberikan fasilitas dan produk seperti, menghimpun dana dalam bentuk simpanan atau tabungan, pemberian pinjaman, menyimpan barang dan surat berharga, menerbitkan surat pengakuan hutang, dan yang lainnya.

Dapat dikatakan bahwa pada dasarnya lembaga bank umum sebagai lembaga perantara keuangan antara pihak yang memiliki dana berlebih dengan pihak yang membutuhkan dana. Bank umum adalah lembaga keuangan yang melakukan kegiatan jasa perbankan, baik secara konvensional maupun syariah.

  1. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
  2. Merujuk pada penjelasan di laman resmi, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional maupun syariah, yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
  3. Kegiatan BPR jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan kegiatan bank umum karena BPR dilarang menerima simpanan giro, kegiatan valas, dan perasuransian.
  4. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh BPR:

Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka, tabungan, dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu. Memberikan kredit. Menyediakan pembiayaan dan penempatan dana berdasarkan Prinsip Syariah, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

      1. Lembaga Keuangan Non Bank

Lembaga keuangan non bank tidak dapat memberikan berbagai jasa keuangan dan menghimpun dana dari masyarakat secara langsung atau depository. Tujuan dari lembaga keuangan non bank ini adalah untuk mendorong pasar modal dan pengembangan pasar uang serta membantu permodalan untuk perusahaan yang memiliki ekonomi rendah.

  • Adapun beberapa contoh lembaga keuangan non bank antara lain, asuransi, pegadaian, leasing, pasar modal, dan koperasi simpan pinjam.
  • Elima lembaga keuangan non bank tersebut akan diulas lebih lengkap di penjelasan selanjutnya ini.
  • Asuransi Asuransi adalah lembaga keuangan non bank yang memiliki kegiatan dalam memberikan proteksi atas kerugian keuangan yang disebabkan oleh kejadian yang tak terduga.

Asuransi menghimpun dana melalui penarikan premi atau sejumlah dana setiap bulannya selama periode waktu tertentu, sesuai dengan kontrak yang disepakati.

  • Ketika terjadi suatu risiko kepada Anda (sebagai nasabah), Anda akan mendapat klaim ganti rugi berupa dana yang jumlahnya berbeda-beda, tergantung dari besaran premi dan polis yang dibayarkan.
  • Pegadaian
  • Lembaga keuangan non bank berikut ini termasuk salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki kegiatan dalam menyalurkan kredit dengan menggunakan mekanisme gadai.

Masyarakat dapat menggadaikan barang seperti mobil, motor, perhiasan, hingga sertifikat dan mendapatkan dana sesuai nilai yang barang gadai tersebut. Tujuan dari lembaga keuangan non bank pegadaian ini adalah sebagai alternatif lain dalam membantu masyarakat yang membutuhkan saluran dana kredit atau pinjaman.

Leasing Perusahaan multifinance atau leasing merupakan jenis lembaga keuangan non bank yang menawarkan pinjaman atau kredit untuk masyarakat dan juga perusahaan dalam membeli motor ataupun mobil pada umumnya. Sistem atau mekanisme yang digunakannya adalah pembelian secara angsuran digabung dengan kontrak sewa.

Beberapa perusahaan leasing yang dimaksud antara lain, PT. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk, PT. Summit Oto Finance, PT. Astra Credit Companies (ACC), PT. BFI Finance, PT. Federal International Finance (FIF), serta PT. Indomobil Finance Indonesia. Pasar Modal Lembaga keuangan non bank selanjutnya adalah pasar modal atau disebut juga bursa efek, yakni tempat jual beli berbagai surat berharga jangka panjang seperti saham, obligasi, ekuitas, dan surat pengakuan hutang.

Lembaga pasar modal memiliki payung hukum yang legal dari pemerintah dalam menjalankan kegiatan tersebut. Dengan adanya lembaga keuangan non bank ini, perusahaan bisa mendapatkan dana dari investor melalui penjualan surat berharga seperti saham dan obligasi. Koperasi Simpan Pinjam Kemudian yang terakhir ialah koperasi simpan pinjam yaitu, lembaga keuangan non bank yang dapat memberikan pinjaman dana dengan mekanisme atau sistem keanggotaan.

Terdapat persyaratan yang harus dipenuhi masyarakat jika ingin mengajukan pinjaman ke koperasi simpan pinjam antara lain, formulir peminjaman, lampiran fotokopi KTP, slip gaji, agunan, dan rekening listrik. Tujuan dari lembaga keuangan non bank ini adalah untuk membantu dan menyejahterakan para anggotanya.

Demikian ulasan mengenai lembaga keuangan yang sangat penting untuk Anda ketahui. Dengan penjelasan informasi tersebut mulai dari pengertian lembaga keuangan, peran dan fungsi, hingga jenis-jenisnya diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatur perencanaan keuangan seperti menabung, investasi dan lain sebagainya.

Jurnal by Mekari, Software Wajib untuk Lembaga Keuangan Jurnal.id merupakan dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis. Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal.id, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya. Jurnal.id bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet.

Menggunakan ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan. Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami : 8 Jenis Lembaga Keuangan dan Definisinya – Mekari Jurnal

Apa peran lembaga keuangan brainly?

apakah peran lembaga keuangan?​ Jawaban: Lembaga keuangan mempunyai fungsi utama untuk melancarkan pertukaran produk (barang serta jasa) dengan menggunakan uang dan instrumen kredit. Dan fungsi lain diantaranya, menghimpun dana dari masyarakat secara langung dalam bentuk simpanan serta menyalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk pinjaman. : apakah peran lembaga keuangan?​