Manakah Yang Termasuk Fungsi Administrasi Keuangan?

Manakah Yang Termasuk Fungsi Administrasi Keuangan
2. Membuat Laporan Keuangan –

  • Selain membuat rencana keuangan, fungsi administrasi keuangan selanjutnya adalah membuat laporan keuangan tahunan.
  • Namun, pembuatan laporan keuangan bisa dibuat secara bertahap, seperti harian, mingguan, sampai dengan tahunan.
  • Hal ini bisa dibuat berdasarkan aliran arus kas masuk, utang, keluar, dan lain sebagainya.

Apa fungsi dan tugas administrasi keuangan?

4. Membuat Laporan Keuangan – Sebagai tanggung jawab administrasi keuangan, sudah seharusnya membuat laporan keuangan tahunan. Dengan mempersiapkan dan melakukan laporan tersebut secara bertahap, baik itu harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Pada dasarnya fungsi dan tugas administrasi keuangan pada bertujuan untuk melakukan proses kegiatan dana, dan mengatur keuangan dari sebuah perusahaan.

  1. Peran administrasi keuangan juga sangat penting bagi perusahaan, selain memudahkan pencatatan keuangan di perusahaan juga dapat mengatur transaksi atas kegiatan operasional usaha.
  2. Cara agar perusahaan lebih mudah melakukan tugas administrasi keuangan serta tugas akuntan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi dari Harmony.

Dengan menggunakan Harmony akan lebih memudahkan staff Anda di bagian administrasi keuangan serta bagian akuntan, untuk melakukan pembukuan keuangan atau hal lain yang berkaitan dengan akuntansi. Sehingga staff Anda dapat menyajikan laporan keuangan yang cepat, akurat dan tepat.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan pembukuan seperti Harmony software yang merupakan sebuah solusi untuk kemudahan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Mudah digunakan dan memiliki fitur lengkap dan harga terjangkau secara Gratis 30 Hari. Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya.

Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

You might be interested:  Mengapa Modal Setoran Harus Dibedakan Dengan Laba Ditahan?

Bagaimana cara memaksimalkan fungsi administrasi keuangan dalam perusahaan?

Berikut ini ada beberapa cara untuk memaksimalkan fungsi administrasi keuangan dalam perusahaan, yaitu sebagai berikut : a. Fungsi Pencarian Dana Dalam fungsi pencarian dana ini, dimaksudkan agar perusahaan mampu memenuhi kegiatan dan kebutuhan perusahaan.

Apa Manfaat administrasi keuangan?

Manfaat Administrasi Keuangan – Setelah memahami pengertian administrasi keuangan dan fungsinya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa saja manfaat administrasi keuangan tersebut. Secara umum, setidaknya ada tiga manfaat dari administrasi keuangan, yaitu:

  • Pencatatan penerimaan dan pengeluaran suatu organisasi menjadi lebih teratur.
  • Penggunaan dana organisasi menjadi lebih terkendali, lebih terkoordinasi, dan lebih bermanfaat.
  • Dengan adanya administrasi keuangan maka potensi terjadinya kekeliruan pembuatan laporan keuangan dapat diminimalisir.

Apakah administrasi keuangan dilakukan secara berkala?

Manakah Yang Termasuk Fungsi Administrasi Keuangan Perencanaan keuangan biasanya dilakukan diawal periode. Acuan dari perencanaan berasal dari catatan keuangan pada bulan sebelumnya. Perencanaan ini disusun sedemikian rupa oleh perusahaan, organisasi sosial, ataupun dalam lembaga pendidikan, Tentusaja bertujuan agar pelaksaanaan satu periode lebih baik dari pada periode sebelumnya.

  • Bahkan dengan menetapkan target yang baru sesuai dengan kemampuan masing-masing institusi akan bermanfaat dalam pengaturan atas transaksi yang dilakukan selama proses transaksi selama periode berjalan.
  • Pengertian administrasi keuangan dilakukan secara berkala yaitu sebulan sekali.
  • Setiap bulan bagian akan membuat laporan atas penggunaan selama periode tersebut.

Pertanggungjawaban secara rutin akan mengurangi resiko yang harus ditanggung. Berdasarkan laporan yang dibuat itulah pemilik perusahaan atau instansi pemerintahan secara umum dapat melakukan pengecekkan atas transaksi yang telah dilakukan. Pengawasan secara rutin akan mengurangi segala jenis penyelewengan yang menimbulkan kerugian untuk pihak tertentu.