Mengapa Kreativitas Merupakan Modal Dari Kesuksesan Seorang Wirausaha?

Mengapa Kreativitas Merupakan Modal Dari Kesuksesan Seorang Wirausaha

Home Articles Entrepreneur harus kreatif, mengapa.

Entrepreneur harus kreatif, mengapa? Seorang yang memutuskan dirinya menjadi entrepreneur adalah orang-orang yang mengenal potensi dan belajar mengembangkan peluang yang ada serta dapat mengorganisasi usaha untuk mewujudkan cita-cita menjadi entrepreneur.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang entrepreneur adalah kreatif dan inovatif. Ia mampu melihat peluang, selalu terbuka akan setiap masukan dan memiliki keinginan untuk suatu perubahan positif yang mampu membawa bisnisnya terus bertumbuh serta memiliki value. Dalam berbisnis juga harus memiliki value-values yang bertujuan positif dan bermanfaat bagi orang banyak.

Seperti yang dikatakan oleh Zimmerer (1996) bahwa entrepreneur merupakan suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi mencari peluang dari permasalahan yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Drucker (1994) mendefinisikan entrepreneur sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu hal yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

Seorang entrepreneur adalah seorang yang berjiwa berani dalam mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan (Kasmir, 2006). Inti dari entrepreneur adalah kemampuan untuk menciptakan suatu hal yang baru dan berbeda melalui pemikiran-pemikiran yang kreatif serta inovatif yang dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Kreatif dan inovatif menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk yang baru dan berbeda dengan produk lainnya akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Dengan adanya kreativitas dan inovasi pada bisnis yang dijalani sangatlah penting.

Untuk menjadi seorang entrepreneur yang kreatif dan inovatif dalam menjalani usaha adalah dengan melakukan : 1. Membuat ide-ide baru yang lebih inovatif dan memiliki daya tarik tersendiri 2. Melawan rasa takut akan suatu perubahan 3. Motivasi diri yang kuat 4. Menerima opini untuk dapat mengembangkan bisnis yang kreatif dan inovatif 5.

Perbanyak pengetahuan Sebuah bisnis tidak akan bertahan lama apabila pelaku usahanya tidak memiliki kreativitas dan inovasi dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, sebagai seorang entrepreneur dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif di setiap situasi dan berani menjawab semua tantangan dengan cara mereka sendiri.

  1. Referensi : • Eko Agus Alfianto.2012.
  2. Ewirusahaan : Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat.
  3. Jurnal Heritage Volume 1 Nomor 2.
  4. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan.
  5. Rintan Saragih.2017.
  6. A MEMBANGUN USAHA KREATIF, INOVATIF DAN BERMANFAAT MELALU PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL.
  7. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, LMII, Indonesia.

• Seminar Nasional FCB1 : Trend Vision for Creative Industry. Jurusan Teknologi Industri FTUM, 2012. Published at : 04 July 2019

Mengapa kreativitas penting dalam berwirausaha?

Kreativitas – Kecerdasan dalam berwirausaha akan sangat terbantu jika Anda memiliki kreativitas. Selain untuk memecahkan masalah, kreativitas dibutuhkan sebagai modal menghadapi persaingan usaha. Hal ini menjadi faktor keberhasilan wirausaha yang vital karena Anda harus bisa berinovasi untuk mencapai kesuksesan.

Bagaimana modal dasar seseorang wirausahawan mencapai kesuksesan?

Penutup – Nah, apakah anda sudah siap untuk menjadi seorang pengusaha sukses?. Apapun jenis usaha yang akan anda bangun, anda haruslah memiliki Modal awal yang harus di tanamkan dalam diri anda. Itulah beberapa Modal Dasar Seorang Wirausahawan untuk Mencapai Kesuksesan. Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca : 6+ Modal Dasar Seorang Wirausahawan untuk Mencapai Kesuksesan

Apa itu kreativitas wirausaha?

KREATIVITAS DAN INOVASI Pengertian Inovatif Orang yang sudah terjun dalam dunia bisnis harus mempunyai jiwa dan semangat kewirausahaan untuk mendukung keberhasilan dalam bisnisnya. Oleh karena itu sangat diperlukan orang-orang yang bersifat kreatif dan inovatif.

You might be interested:  Apa Beda Modal Individu Dan Modal Umum?

Inovasi adalah suatu proses mengubah peluang menjadi gagasan atau ide-ide yang dapat dijual dan merupakan hal atau terobosan baru. Sedangkan kemampuan inovatif seorang wirausahawan merupakan proses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual. Contoh : Seorang wirausaha bergerak dalam bidang jasa boga yang ingin sukses selalu berusaha berinovatif dalam hal bentuk, rasa, kemasan, atau bahan baku yang dipakai, dan lain-lain.

Pentingnya Inovatif Apabila wirausahawan ingin sukses dan terus dapat menjalankan usahanya, ia harus membuat produk-produk yang dihasilkan dengan inovasi-inovasi baru sebab dalam dunia bisnis pada zaman sekarang produk-produk dan pelayanannya tanpa adanya inovatif tidak akan berkembang dan tidak akan mungkin sukses dalam berwirausaha.

Eterlambatan berinovasi dalam produk dan pelayanan akan mengakibatkan kegagalan bagi seorang wirausaha. Dengan adanya bisnis akan membawa perkembangan dan perubahan dalam ekonomi (Joseph Schumpeter). Peranan Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Produk dan Jasa Inovasi memegang peranan penting dalam mengembangkan produk dan jasa dalam bisnis.

Berbagai kesuksesan wirausaha di dunia disebabkan oleh kreativitas dalam mengembangkan produk. Persaingan yang ketat dalam berwirausaha mendorong wirausaha untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas tersebut harus dilandasi cara berpikir yang maju, gagasan-gagasan baru yang berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada.

Berbagai gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang, bentuk ataupun waktu dan memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha yang pada awalnya kelihatan mustahil. Saat ini berbagai hasil inovasi yang didasarkan kreativitas wirausaha menjadi produk dan jasa yang unggul.

Wirausaha melalui proses kreatif dan inovatif menciptakan nilai tambah atas barang dan jasa yang kemudian menciptakan berbagai keunggulan termasuk keunggulan bersaing. Perusahaan seperti Microsoft, Sony, dan Toyota Motor, merupakan contoh perusahaan yang sukses dalam produknya karena memiliki kreativitas dan inovasi di bidang teknologi.

Reatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang terpatri kuat dalam diri seorang wirausaha sejati. Bisnis yang tidak dilandasi upaya kreatif dan inovatif dari sang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang abadi. Lingkungan bisnis yang begitu dinamis menuntut wirausaha untuk selalu adaptif dan mencari terobosan terbaru.

Karakter cepat berpuas diri dan cenderung stagnan sama saja membawa bisnis ke arah kematian. Pemahaman kreatif dan inovatif sering kali dipertukarkan satu sama lain. Menurut Zimmerer dkk (2009) kreatifitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang.

Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperkaya kehidupan orang-orang. Selanjutnya Ted Levitt (dalam Zimmerer, 2009) menyatakan bahwa kreatifitas memikirkan hal-hal baru dan inovasi mengerjakan hal-hal baru. Jadi kreatif adalah sifat yang selalu mencari cara-cara baru dan inovatif adalah sifat yang menerapkan solusi kreatif.

Kreatif tapi tidak inovatif adalah mubazir karena ide hanya sebatas pemikiran tanpa ada realisasi. Semua bisnis yang maju dan berkembang hingga kini berpangkal pada upaya kreatif dan inovatif. Banyak restoran waralaba asing yang telah mengglobal dan berdiri sejak puluhan tahun yang lalu selalu menunjukkan karakter ini.

Sepertinya begitu mudah dan sederhana. Tetapi banyak wirausaha yang abai ketika bisnis telah dirasakan mencapai tingkat kemapanan. Kreatifitas dan inovasi mungkin dapat dipandang sebagai upaya yang mengganggu keseimbangan yang telah tercipta. Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar.

Seorang member MRC misalnya. Ketika pelanggan sudah mulai jenuh dengan fried chicken, ia melihat masih ada peluang lain yang dapat dikembangkan. Berhubung gerainya ada di kantin sekolah, ia mencoba memahami selera siswa. Kebanyakan siswa suka bumbu keju.

You might be interested:  Perusahaan Modal Ventura Yang Sudah Go Public?

Ia memiliki ide bagaimana kalau keju digabung dengan ayam. Pemikiran kreatif ini kemudian dikembangkan menjadi produk yang dinamai: cheesy chicken. Hasilnya lumayan bagus. Setelah tes pasar dan dijual terbatas, pelanggan begitu menyukai menu ini. Pelanggan selalu mencari-cari dan selalu terjual habis. Pemikiran kreatif dan pengembangan ide memang tidak mudah.

Contoh sederhana tadi terjadi dalam waktu yang tak terduga. Mengalir seperti air. Tetapi Zimmerer (2009) menegaskan bahwa kreatifitas dapat diajarkan dan kreatifitas individual dapat ditingkatkan. Caranya? Ia menguraikan 11 cara untuk meningkatkan kreatifitas individual yaitu: 1.Beri kesempatan diri Anda menjadi kreatif.

Berani untuk berpikir kreatif tanpa takut dibilang bodoh oleh orang lain. Ide-ide cemerlang biasanya lahir dari hal-hal yang mungkin dianggap bodoh dan tak berarti.2.Beri pikiran Anda masukan segar setiap hari. Agar kreatif, otak perlu distimulasi dengan hal-hal baru yang variatif. Mendengarkan radio dan berganti-ganti setiap hari, mendengarkan beraneka ragam jenis musik atau melakukan hal-hal lain yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.3.Amati berbagai produk dan jasa perusahaan lainnya, terutama yang berada dalam pasar yang benar-benar berbeda.

Tidak ada salahnya meminjam ide perusahaan lain, kemudian mengembangkan menjadi inovasi yang brilian.4.Sadari kekuatan kreatif dari kesalahan. Orang bijak mengatakan agar kita selalu belajar dari kesalahan yang diperbuat. Orang kreatif mengatakan kita dapat memperoleh ide dari kesalahan yang kita buat.

Isah Charles Goodyear menunjukkan hal tersebut. Setelah bekerja selama lima tahun untuk memformulasikan kombinasi karet, belerang dan timah putih, pada malam yang dingin tahun 1839, tanpa sengaja Charles menumpahkan sedikit campuran tersebut pada kompor kerjanya. Campuran tersebut meleleh membentuk senyawa baru yang selama ini dicari-cari! 5.Bawalah selalu buku harian untuk mencatat pikiran dan ide Anda.

Ide-ide kreatif kadang muncul tanpa disengaja dan di waktu yang tak terduga. Daripada cepat terlupa, ada baiknya membawa buku kecil untuk mencatat ide-ide yang mungkin akan muncul tiba-tiba.6.Dengarkan orang lain. Ide tidak selalu datang dari diri kita sendiri.

Ide dapat datang dari orang lain atau bahkan kompetitor kita sendiri. Jadi selalu dengarkan orang lain karena mungkin ia akan menghadirkan ide cemerlang buat kita.7.Dengarkan apa kata pelanggan. Mendengarkan pelanggan wajib hukumnya. Mereka mengkonsumsi produk kita dan sekaligus menjadi sumber ide yang tiada habisnya.8.Berbicara dengan anak kecil.

Anak-anak tidak membatasi pemikiran mereka. Mereka begitu bebas mengungkapkan kreatifitas mereka tanpa batas. Mereka dapat menjadi sumber ide yang berharga.9.Simpan kotak mainan di kantor Anda. Mainan-mainan kecil seperti yoyo, gasing dan lain-lain dapat menjadi sumber inspirasi.

  • Etika sedang bingung, Anda dapat mengambil satu dan memikirkan bagaimana benda tersebut berkaitan dengan masalah Anda.10.Baca buku mengenai cara merangsang kreatifitas dan mengambil kursus kreatifitas.
  • Memahami prinsip-prinsip kreatifitas akan sangat membantu meningkatkan kemampuan kreatif kita.11.Luangkan waktu Anda.

Sesekali luangkan waktu untuk berelaksasi, melepaskan diri dari rutinitas sejenak. Ide-ide baru bisa muncul ketika otak kita tidak dalam keadaan tegang. SUMBER : PMC TEKNIK INDO, 2014, PENTINGNYA INOVASI DAN KREASI DALAM BERWIRAUSAHA, http://www.pmct.co.id/pentingnya-inovasi-dan-kreativitas-dalam-berwirausaha/ MAGFOOD AMAZY, 2015, KREATIF DAN INOVATIF KUNCI SUKSES BERWIRAUSAHA, http://www.magfood-amazy.com/read/amazy-info/112/kreatif-inovatif-kunci-sukses-wirausaha/ DANYDANGER, 2014, PERILAKU INOVATIF DAN KREATIF, http://danydanger.blogspot.co.id/2014/08/perilaku-inovatif-dan-kreatif.html

Apa peran kreativitas dalam kewirausahaan?

Pentingnya Kreativitas dalam Kewirausahaan Mengapa Kreativitas Merupakan Modal Dari Kesuksesan Seorang Wirausaha – Kewirausahaan adalah jalur karir yang kompleks. Ada banyak kualitas yang dapat membantu individu di sepanjang perjalanan bisnis, seperti semangat dan tekad. Namun, satu atribut khususnya harus diperhatikan di atas semua yang lain: kreativitas. Mengapa Kreativitas Merupakan Modal Dari Kesuksesan Seorang Wirausaha Apa peran kreativitas dalam bisnis? Kreativitas penting karena mirip dengan inovasi. Ada banyak persaingan dalam dunia bisnis, dan hanya mereka yang mampu selangkah lebih maju yang akan berhasil. Ketika sebuah bisnis membuka potensi kreatifnya, hal itu memberi mereka kemampuan untuk melihat bisnis mereka dari sudut pandang baru.

  • Ini juga dapat mengingatkan Anda mengapa Anda memulai bisnis Anda sejak awal.
  • Bagaimana pengusaha dapat meningkatkan kreativitas? Bahkan jika Anda merasa tidak kreatif, Anda dapat mempelajari keterampilan tersebut.
  • Anda harus mempelajari kreativitas untuk mempelajari cara memanfaatkan kreativitas yang hidup di dalam diri Anda.
You might be interested:  Barang Yang Termasuk Faktor Produksi Modal Adalah?

Ada banyak cara sederhana yang dapat dilakukan wirausaha untuk meningkatkan kreativitas mereka sendiri, seperti bangun dan menjauh dari layar komputer agar otak Anda memiliki waktu untuk menyegarkan diri dan mempertimbangkan ide-ide baru. Seorang pengusaha juga harus menuliskan semuanya.

  • Jangan melewatkan apa pun, meskipun tampaknya tidak penting.
  • Pemikiran divergen menghasilkan ide-ide kreatif, dan dengan memberikan perhatian pada setiap pemikiran, Anda mengizinkan pemikiran yang berbeda.
  • Manfaat kreativitas Cade Miles dan Ron Ben-Zeev, pendiri dan CEO World Housing Solution, berbagi pemikiran mereka tentang mengapa kreativitas adalah kekuatan wirausaha yang sangat kuat, dan cara terbaik untuk memanfaatkannya dalam lingkungan startup.

Kreativitas adalah kunci kesuksesan yang lebih besar dalam hidup daripada kecerdasan. Sebagian besar institusi pendidikan dan bisnis masih mengutamakan kecerdasan daripada kreativitas. Namun, kecerdasan bersifat subjektif, dan individu yang kreatif dapat membawa manfaat besar bagi perusahaan jika kreativitas tersebut dimanfaatkan dengan benar.

Reativitas membutuhkan struktur untuk berkembang Pemecahan masalah yang kreatif bekerja paling baik bila dimanfaatkan dengan pemikiran yang sangat terfokus dan disiplin. Triknya adalah dengan ketat, tetapi tidak kaku, dalam pekerjaan Anda, kata Cade Miles. Ilmuwan yang mempelajari kreativitas mengatakan bahwa penting untuk menggabungkan dua cara berpikir, konvergen dan divergen, untuk mendapatkan terobosan kreatif.

Pemikiran konvergen sangat analitis dan berfokus pada pencapaian satu solusi yang benar dengan adanya data yang tersedia, sedangkan pemikiran divergen menghasilkan ide-ide kreatif dengan mengeksplorasi banyak kemungkinan solusi. Sebuah startup harus membangun waktu yang cukup untuk jalur pemikiran yang berbeda untuk menjaga ketegangan kreatif yang tepat dengan cara berpikir yang konvergen.

  • Reativitas bisa dipelajari Setiap orang memiliki potensi kreatif, dan proses berpikir kreatif dapat ditingkatkan dan diperkuat.
  • Mempelajari hobi dan keterampilan baru adalah cara yang bagus untuk membangun jaringan saraf baru, tetapi mempelajari bentuk seni baru adalah salah satu metode terbaik untuk melatih pikiran dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang kreatif.

Seni membutuhkan penggunaan pemikiran yang berbeda. Mengapa Kreativitas Merupakan Modal Dari Kesuksesan Seorang Wirausaha Anda dapat mengamati dan belajar dari orang lain. Kebanyakan penemuan terobosan terjadi ketika dua atau lebih disiplin ilmu bertabrakan. Kebanyakan orang takut tabrakan, tetapi tabrakan kreatif harus didorong, karena memungkinkan Anda melihat masalah dari perspektif baru.

Pemecah masalah yang kreatif sering kali dapat menghubungkan dua bidang keahlian yang berbeda dan dapat menerjemahkan solusi potensial dari satu bidang ke bidang yang tidak terkait. Kreativitas adalah anugerah Jika Anda seorang pengusaha, atau memiliki visi menjadi pengusaha, kemungkinan besar Anda adalah salah satu dari sedikit yang diberkati dengan kreativitas bawaan.

Seluruh alasan pengusaha memulai perusahaan adalah karena mereka telah membayangkannya sejak awal. Tanpa kreativitas, tidak ada ide atau visi. : Pentingnya Kreativitas dalam Kewirausahaan