Metode Analisis Yang Menjadikan Laporan Keuangan Dalam Bentuk Presentasi Yaitu?

Metode Analisis Yang Menjadikan Laporan Keuangan Dalam Bentuk Presentasi Yaitu
Metode Analisis Data Keuangan – Komputerisasi Akuntansi – UNIKOM Fungsi laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan, dengan membuat laporan keuangan Anda dapat mengetahui informasi posisi keuangan dan kinerja perusahaan yang dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan.

Namun, untuk menilai kinerja perusahaan dan memaksimalkan kinerja periode yang akan datang maka Anda tidak bisa hanya dengan melihat laporannya saja, Anda perlu melakukan analisis laporan keuangan. Menurut Prastowo (2008), analisis laporan keuangan adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta menghubungkan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti secara keseluruhan.

Biasanya analisis laporan keuangan dilakukan oleh seorang admin atau menggunakan software atau aplikasi akuntansi. Metode Analisis Laporan Keuangan. Ada beberapa metode analisis laporan keuangan yang bisa digunakan, yaitu : Metode Analisis Horizontal & Vertikal Analisis horizontal merupakan perbandingan data keuangan tahun terakhir atau tahun berjalan dengan data keuangan di tahun-tahun sebelumnya.

Jenis analisis ini disebut juga dengan analisis trend, dan sering dinyatakan dalam istilah moneter atau mata uang dan persentase. Perbandingan jumlah mata uang bisa memberikan informasi tentang aspek yang mempunyai kontribusi signifikan terhadap posisi keuangan suatu perusahaan. Sedangkan analisis vertikal adalah analisis yang dilakukan dengan cara membandingkan hubungan setiap komponen yang ada dengan semua akun di dalam laporan keuangan tunggal.

Mata Kuliah: Analisa Laporan Keuangan – Menganalisa Laporan Keuangan

Analisis ini dapat diterapkan pada akun untung dan rugi dengan merepresentasikan tajuk standar sebagai persentase dari total omset tahunan sebuah perusahaan. Tujuan analisis vertikal yaitu mempermudah dalam memperoleh informasi jika terjadi perbedaan pada laba, pengeluaran dan pembagian biaya. Metode Analisis Yang Menjadikan Laporan Keuangan Dalam Bentuk Presentasi Yaitu Metode Komparatif Metode komparatif dilakukan dengan cara membandingkan angka-angka di laporan keuangan tahun berjalan dengan angka-angka yang ada di laporan keuangan tahun sebelumnya. Dengan metode ini, perusahaan dapat membandingkan setiap pos laporan keuangan yang relevan.

You might be interested:  Pajak Yang Dikenakan Atas Dokumen Disebut?

Rasio Likuiditas, yaitu kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Rasio Solvabilitas, yaitu kemampuan perusahaan memenuhi semua kewajiban baik jangka pendek maupun jangka panjangnya. Rasio Profitabilitas, merupakan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dalam periode tertentu. Rasio Aktivitas, merupakan kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya.

Metode Index Time Series Metode index time series merupakan metode dengan cara menjadikan laporan keuangan sebagai indeks dan dipilih sebagai tahun dasar. Biasanya tahun dasar yang dipilih atau ditetapkan diberi indeks 100. Sumber: : Metode Analisis Data Keuangan – Komputerisasi Akuntansi – UNIKOM

Apa yang dimaksud dengan analisis vertikal dan horizontal?

Analisis vertikal berkenaan dengan angka pada masing-masing baris yang dibandingkan dengan angka total sedangkan analisis horisontal adalah membandingkan angka pada masing-masing baris dengan angka pada periode sebelum atau sesudahnya.