Modal Sosial Yang Sangat Penting Dalam Kehidupan Sosial Adalah?

Modal Sosial Yang Sangat Penting Dalam Kehidupan Sosial Adalah
Kebersamaan, solidaritas, toleransi, semangat bekerjasama, kemampuan berempati, merupakan modal sosial yang melekat dalam kehidupan bermasyarakat.

Apa saja yang termasuk dalam modal sosial?

Menurut Hanifan, dalam modal sosial termasuk kemauan baik, rasa bersahabat, saling simpati, serta hubungan sosial dan kerjasama yang erat antara individu dan keluarga yang membentuk suatu kelompok sosial.

Apakah modal sosial itu penting?

Fukuyama (1999) menyatakan bahwa modal sosial memegang peranan yang sangat penting dalam memfungsikan dan dan memperkuat kehidupan masyarakat modern. Di dalamnya merupakan komponen cultural bagi kehidupan masyarakat modern.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan modal sosial dan berikan contohnya?

Apa pengertian dari modal sosial dan contohnya Modal sosial adalah kapabilitas yang muncul dari kepercayaan umum di dalam sebuah masyarakat atau bagian-bagian tertentu dari masyarakat tersebut. Contohnya : Kepercayaan dan Norma. Modal sosial adalah salah satu komponen utama dlm menggerakkan kebersamaan, mobilitas ide, kesaling percayaan dan kesaling menguntungkan utk mencapai kemajuan bersama.Contoh : meningkatkan jml kunjungan wisatawanSemoga membantu. : Apa pengertian dari modal sosial dan contohnya

Apa yang menjadi modal dalam pembangunan sosial?

Modal Sosial Menjadi Faktor Pembangunan Ekonomi JAKARTA- Modal sosial merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung tumbuh kembangnya perekonomian secara baik. Modal sosial itu meliputi, kepercayaan, kohesivitas, altruisme, perasaan tidak egois, gotong royong, dan jaringan untuk kolaborasi.

“Bahwa ekonomi good akan berakselerasi, selain ada konektivitas, aksesibilitas, tetapi juga modal sosial,” kata Wihana Kirana Jaya Staf Ahli Kementerian Perhubungan, dalam sebuah seminar yang digelar Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Rabu (12/6). Wihana menyebutkan, musim mudik merupakan ruang untuk memperbaiki modal sosial, terlebih setelah melewati momen pemilu yang kental dengan segala perbedaan yang dapat menimbulkan gesekan sosial.

Pada tahun ini, pemerintah telah banyak membangun infrastruktur terutama jalur Tol Trans Jawa dan Sumatera untuk melancarkan sirkulasi arus mudik maupun balik. Dengan berbagai pembangunan itu, konektivitas antardaerah juga menjadi lebih mudah. Ia mengaku, sempat menjajal jalur darat dari Yogyakarta ke Brebes yang hanya memakan waktu 3 jam 25 menit melalui jalur tol.

“Saya membayangkan, kalau membawa barang ini efisien sekali,” terangnya. Selain menyiapkan infrastruktur, pemerintah juga telah mengatur mudik melalui regulasi formal, baik berupa aturan maupun surat edaran. “Ada apresiasi dari masyarakat, ada trust masyarakat mengikuti aturan-aturan yang ada,” katanya.

Wihana mengatakan, menurut para ekonom dengan konektivitas yang baik akan dapat membawa barang secara cepat. Arus mudik tidak hanya memindahkan orang dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga membawa berbagai barang. Ia menyebutkan, mudik telah memberikan banyak dampak ekonomi bukan hanya bagi jasa transportasi melainkan juga meningkatkan perekonomian provinsi kabupaten/kota bahkan perdesaan.

You might be interested:  Kegiatan Ekonomi Yang Menjadikan Kreativitas Sebagai Modal?

3 Apa yang dimaksud modal sosial?

PENERAPAN MODAL SOSIAL (SOCIAL CAPITAL) DALAM PELAYANAN PADA PENGADILAN

  • Ananto Widagdo
  • Mahasiswa Universitas Siver Asia
  • Pengadilan disebut dalam Pasal 4 UU Kekuasaan Kehakiman yang antara lain menjelaskan bahwa pengadilan mengadili menurut hukum dengan tidak membeda-bedakan orang dan pengadilan membantu pencari keadilan dan berusaha mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk dapat tercapainya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan.
  • Untuk Meningkatkan kualitas pelayanan pengadilan bagi pencari keadilan dan masyarakat serta Meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan, diperlukan adanya peningkatan pelayanan di pengadilan agama.

Untuk mewujudkan modernisasi ini. dibutuhkan formula-formula yang diharapkan dapat mengakselerasi implementasi program modernisasi peradilan tersebut. Diantara formulasi tersebut adalah melalui fungsionalisasi modal sosial (social capital) sebagai instrumen penting dalam praktek penegakkan hukum berbasis kepekaan sosial sehingga keadilan yang selama ini dicari-cari oleh para pencari keadilan akan terlebih lebih jelas dan berpihak.

  1. Pengertian Modal Sosial (Social Capital) Menurut pakar sosiologi yaitu Coleman modal sosial merupakan aspek aspek dari struktur hubungan antar individu yang memungkinkan mereka menciptakan nilai-nilai baru.
  2. Sedangkan menurut Piere bourdieu, modal sosial sebagai keseluruhan sumber daya baik yang aktual maupun yang potensial yang terkait dengan kepemilikan jaringan hubungan kelembagaan yang tetap didasarkan pada saling kenal dan saling mengakui.

dari beberapa Pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa model sosial adalah suatu serangkaian nilai atau norma norma informal yang dimiliki bersama di antara para anggota suatu kelompok masyarakat yang saling terkait koma yang didasarkan pada nilai kepercayaan norma norma dan jaringan sosial.

  1. Modal sosial mempunyai tiga unsur dan komponen sebagai berikut:
  2. A. Aspek kepercayaan
  3. menurut Fukuyama ( 1996 ), uraian adalah yang tumbuh di dalam sebuah masyarakat yang ditunjukkan oleh adanya perilaku jujur teratur koma dan kerjasama berdasarkan norma norma yang dianut bersama
  4. B. aspek nilai dan norma
  5. Setiadi dan Kolip ( 2011 ) nilai adalah bagian penting dari kebudayaan, yang dianggap sah apabila adanya harmonis dan Selaras yang disepakati dan dijunjung oleh masyarakat.
  6. Norma adalah aturan-aturan dalam kehidupan sosial yang mengandung sanksi, cara moral maupun fisik apabila sekelompok orang lakukan Pelanggaran atas nilai-nilai sosial.
  7. C. Jaringan sosial
  8. jaringan sosial merupakan ikatan orang atau kelompok yang dihubungkan dengan hubungan sosial yang diikat dengan kepercayaan yang terbentuk karena berasal dari daerah yang sama, kepercayaan yang sama, dan lain-lain.
  9. modal sosial memiliki dua dimensi yang saling terkait yaitu:
  1. dimensi kognitif/ cultural, berkaitan dengan nilai-nilai sikap dan keyakinan yang mempengaruhi kepercayaan, Solidaritas, resiprositas yang mendorong ke arah terciptanya kerjasama dalam masyarakat guna mencapai tujuan bersama
  2. dimensi struktural, berupa susunan ruang lingkup organisasi dan lembaga masyarakat pada tingkat lokal yang mewadahi dan mendorong terjadinya kegiatan kegiatan kolektif yang bermanfaat bagi seluruh warga masyarakat
You might be interested:  Laporan Keuangan Perubahan Modal Perkiraan Yang Ada Adalah?

Adapun fungsi modal sebagai berikut:

  1. alat untuk menyelesai menyelesaikan konflik yang ada di dalam masyarakat
  2. memberikan kontribusi tersendiri bagi integrasi sosial
  3. membentuk prioritas sosial bagi masyarakat dengan pilar kesukarelaan
  4. membangun partisipasi masyarakat
  5. sebagai pilar demokrasi
  6. menjadi alat tawar-menawar pemerintah

Penerapan modal social dalam pelayanan pada pengadilan Pelayanan pengadilan adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi masyarakat, khususnya pencari keadilan, yang disediakan oleh Mahkamah Agung dan badan-badan peradilan di bawahnya berdasarkan peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip pelayanan public.

  • Tujuan utama dari pelayanan adalah kepercayaan publik yang merupakan elemen penting modal social.
  • Modal sosial, yang di dalamnya terdapat ikatan sosial, saling percaya antar individu, maka dalam konteks penyelenggaraan pelayanan publik, kesaling-percayaan ditiumbuhkembangkan pada ranah publik.
  • Bagi instansi Pengadilan sendiri, modal sosial dapat membantu mengembangkan inovasi pelayanan untuk meningkatkan kualitas Pengadilan dan kepercayaan publik.

Komitmen bersama dari setiap individu untuk saling terbuka, saling percaya, rasa kebersamaan, kesetiakawanan, dan sekaligus tanggungjawab akan kemajuan bersama, akan bermuara pada kepercayaan publik kepada instansi Pengadilan, berlandaskan pada kepentingan bersama, kebersamaan, ketahanan dan keberlanjutan.

  • Contoh penerapan modal social pada inovasi pelayanan Pengadilan misalnya adalah:
  • Keterbukaan pada instansi pengadilan, hal ini dapat dilihat dari website pengadilan yang menginformasikan biaya perkara dengan jelas, selain itu terdapat juga aplikasi penghitungan baiya perkara secara mandiri oleh para pihak.
  • 2. Fasilitas disabilitas
  • Selain itu adanya kelengkapan fasilitas disabilitas juga dapat kita lihat di pengadilan, hal tersebut membuat pengadilans sebagai instansi yang ramah disabilitas
  • 3. Direktori putusan
  • mempermudah para publik untuk melihat seluruh hasil putusan pada instansi Pengadilan di seluruh Indonesia.
  • Diharapkan kedepannya semakin diperkuat pengetahuan tentang modal sosial terhadap para pegawai pengadilan, hal tersebut dapat diterapkan menjadi salah satu materi diklat kepemimpinan atau yang lain sehingga akan muncul inovasi – inovasi pelayanan yang lain.
You might be interested:  Komponen Yang Dapat Dimasukkan Ke Dalam Kelompok Modal Yaitu?

: PENERAPAN MODAL SOSIAL (SOCIAL CAPITAL) DALAM PELAYANAN PADA PENGADILAN