Sebutkan Karakteristik Laporan Keuangan Yang Berkualitas?

Sebutkan Karakteristik Laporan Keuangan Yang Berkualitas
2. Karakteristik Laporan Keuangan Haruslah Andal – Agar informasi dalam laporan keuangan yang dihasilkan dapat dipercaya dan andal, maka karakteristik penyajian informasi pada laporan keuangan harus dibuat berdasarkan peraturan atau pedoman yang berlaku.

  1. Selain itu, laporan keuangan juga disajikan secara menyeluruh.
  2. Seperti yang kita ketahui, informasi dalam laporan keuangan harus bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan informasi secara jujur dan dapat diverifikasi.
  3. Sehingga informasi yang relevan saja tidak cukup karena tidak dapat diandalkan.

Jika demikian, informasi yang ada pada laporan keuangan dapat menyesatkan dan merugikan pengguna laporan keuangan. Agar informasi dapat diandalkan maka harus memenuhi syarat berikut:

Penyajian jujur, Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus sesuai dengan kebenaran sehingga informasi tersebut dapat dipercaya. Memiliki isi yang substansial, Karakteristik laporan keuangan harus disampaikan sesuai dengan transaksi yang terjadi sesuai dengan realistas ekonomi dan bukan hanya bentuk hukumnya. Pertimbangan sehat, Maksudnya yaitu informasi akuntansi harus memiliki manfaat dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi karena mengandung unsur hati-hati dalam melakukan perkiraan. Netralitas. Penyajian laporan keuangan diarahkan pada kebutuhan umum pemakai, bukan keinginan pihak tertentu.

Apa itu karakteristik laporan keuangan?

Laporan keuangan merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban atas seluruh transaksi keuangan yang dilakukan suatu perusahaan. Oleh karena itu, informasi yang ditampilkan dalam laporan keuangan haruslah memenuhi karakteristik kualitatif. Karakteristik Laporan Keuangan adalah segala ukuran normatif yang harus diwujudkan dalam sistem informasi akuntansi untuk memenuhu tujuan laporan keuangan.

Laporan informasi keuangan ini merupakan suatu entitas yang bisa menggambarkan kinerja entitas tersebut di suatu periode akuntansi. Laporan keuangan dibuat dengan tujuan menyajikan informasi tentang kinerja perusahaan dan bermanfaat untuk mengambil keputusan bisnis. Selain daripada itu, laporan keuangan juga mempunyai sifat transparansi dan akuntabilitas terhadap perusahaan.

Karakteristik laporan keuangan merupakan ciri khas dalam membuat informasi dalam laporan keuangan yang berguna bagi para pemakai dalam pengambilan keputusan yang bernilai ekonomis. Click to Tweet Adapun beberapa Karakteristik laporan keuangan yang harus dipenuhi dalam membuat laporan adalah sebagai berikut : Baca juga : 5 Jenis Laporan Keuangan yang Sering Digunakan Dalam Perusahaan

You might be interested:  Mengapa Data Penerimaan Pajak Tercantum Dalam Apbn?

Apa yang dimaksud dengan laporan keuangan subtansial?

b. Laporan keuangan harus Subtansial – Substansial artinya informasi akuntansi yang ada dalam laporan keuangan harus disampaikan sesuai transaksi dan peristiwa lainya dengan subtansial dan realitas ekonomi, bukan hanya bentuk hukumnya.

Mengapa laporan keuangan harus memenuhi karakteristik kualitatif?

5 Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan yang Perlu Anda Ketahui Laporan keuangan adalah sebuah laporan yang menunjukkan keadaan finansial dari suatu usaha. Laporan keuangan berfungsi untuk menyediakan informasi tentang posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi pemakai laporan keuangan dalam mengambil keputusan terkait perekonomian.

Apa saja jenis laporan keuangan yang harus dijaga?

Fungsi Akuntansi – Masih ingat fungsi akuntansi kan? Iya tepat, fungsi akuntansi adalah menyajikan data kuantitatif yang akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, data-data yang disajikan harus dijaga agar memiliki kualitas tinggi. Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang berlaku saat ini, ada 5 (lima) jenis Laporan keuangan utama, yaitu:

  • Neraca/Laporan Posisi Keuangan (Balance Sheet)
  • Laporan Laba Rugi (Income Statements/Statements of Profit or Loss)
  • Laporan Perubahan Modal,
  • Statements of Cash Flows atau Laporan Arus Kas, dan
  • Catatan Atas Laporan Keuangan

Agar laporan keuangan tersebut memiliki kualitas excellent sehingga bisa dijadikan dasar proses pengambilan keputusan strategis menyangkut perusahaan maka harus memenuhi 7 (tujuh) karakteristik kualitas informasi akuntansi sesuai dengan SAK adalah sebagai berikut: