Sebutkan Tahapan Yang Dibuat Selanjutnya Setelah Membuat Laporan Keuangan?

Sebutkan Tahapan Yang Dibuat Selanjutnya Setelah Membuat Laporan Keuangan
9. Membuat Penyusunan Jurnal Penutup – Setelah membuat laporan keuangan, akuntan harus membuat jurnal penutup. Jurnal penutup hanya dibuat pada akhir periode akuntansi saja. Fungsi jurnal penutup sendiri yakni melakukan penutupan rekening pada rekening laba rugi pada periode tertentu.

  1. Caranya adalah dengan me-nol kan atau membuat nihil rekening terkait.
  2. Rekening-rekening nominal harus ditutup karena rekening tersebut digunakan untuk mengukur aktivitas atau aliran sumber-sumber yang terjadi pada periode berjalan.
  3. Pada akhir periode akuntansi, rekening nominal sudah selesai menjalankan fungsinya sehingga harus ditutup.

Selanjutnya, pada periode berikutnya dapat digunakan kembali untuk mengukur aktivitas yang baru dan mulai terjadi. Tipsnya, gunakan program akuntansi yang memiliki fitur aplikasi pembukuan keuangan usaha supaya laporan menjadi lebih mudah.

7 langkah siklus akuntansi?

Kesimpulan – Siklus akuntansi yang berarti tahapan pencatatan, penggolongan, pembuatan ikhtisar dan pelaporan kejadian akuntansi dari awal sampai akhir, siklusnya tidak terputus dan dilakukan terus menerus.7 tahapan dalam siklus akuntansi antara lain identifikasi transaksi, pembuatan jurnal, pemindahan ke buku besar, penyusunan neraca saldo, pembuatan jurnal penyesuaian, pembuatan jurnal penyesuaian, pembuatan laporan keuangan dan pembuatan jurnal penutup.

Pembuatan laporan keuangan secara manual, tentu saja akan menyulitkan Anda karena akan menghabiskan waktu dan rentan terjadi human error, Untuk menghindari dua hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi yang sudah terintegrasi seperti MASERP. MASERP merupakan software ERP yang sudah terintergrasi dengan banyak fungsi bisnis seperti penjualan, pembelian, keuangan, manufaktur dan lain-lain.

You might be interested:  Mengapa Umat Islam Setelah Membayar Zakat Masih Harus Membayar Pajak?

MASERP akan memudahkan Anda mencatat, memantau dan membuat laporan keuangan sepeti arus kas dan laba rugi perusahaan secara otomatis dan kapan saja tanpa harus menunggu rugi atau negatif. Pencatatan dan pengawasan laporan keuangan harus dilakukan secara rutin untuk memastikan cash flow perusahaan selalu positif.

Setelah membuat buku besar langkah selanjutnya membuat?

4. Susun Neraca Saldo – Neraca saldo adalah langkah berikutnya setelah menyusun buku besar. Isinya adalah daftar saldo rekening-rekening buku besar. Agar memudahkan penyusunan, pindahkan saldo yang ada di buku besar ke dalam neraca saldo. Yang patut diingat adalah jumlah saldo antara debit dan kredit harus seimbang.

Membuat laporan keuangan merupakan tahapan dari siklus akuntansi yang ke berapa?

8. Melakukan Penyusunan Laporan Keuangan – Urutan tahapan siklus akuntansi ke delapan adalah menyusun laporan keuangan. Perlu dilakukan catatan neraca saldo penyesuaian sesuai data neraca saldo sebelumnya, dengan acuan jurnal penyesuaian. Saldo tersebut akan dibagi dengan pasiva dan aktiva dengan nominal yang sama.

  • Laporan keuangan yang dicatat meliputi laporan laba dan rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca saldo lalu, laporan arus kas, dan laporan penutupan jurnal.
  • Masing-masing laporan memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda dan akan lebih mudah membuatnya dengan menggunakan,
  • Laporan Laba Dan Rugi, bertujuan untuk menggambarkan kinerja suatu perusahaan.

Laporan ini berisikan semua beban dan pendapatan suatu perusahaan yang memberikan hasil laba maupun rugi. Laporan Perubahan Modal, dalam tahapan siklus akuntansi, laporan ini bertujuan untuk perubahan modal yang terjadi pada catatan keuangan suatu perusahaan sehingga terlihat dampak dari masing-masing transaksi.

  1. Pada laporan perubahan modal, terdapat informasi terkait jumlah tambahan modal disetor dan jumlah modal di awal yang disetor.
  2. Selain itu tercatat juga saldo laba yang ditahan dan saldo laba periode berjalan dalam laporan keuangan ini.
  3. Laporan Arus Kas, bertujuan untuk menyajikan informasi terkait jumlah kas yang keluar dan masuk dalam suatu periode.
You might be interested:  Kapan Kewajiban Pajak Subjektif Untuk Warisan Berakhir?

Laporan ini umumnya dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan arus kas. Mulai dari aktivitas investasi, aktivitas operasi hingga aktivitas pendanaan. Laporan Neraca, bertujuan untuk memprediksi solvensi, likuiditas serta fleksibilitas. Laporan ini akan menunjukkan posisi utang, aktiva hingga modal.

Bagaimana tahap akhir yang harus dilalui dalam proses akuntansi?

10. Penyusunan Neraca Saldo Setelah Penutupan (Tahapan Opsional) – Pada langkah ini, akuntan menyusun neraca saldo setelah penutupan. Neraca saldo ini adalah daftar saldo rekening-rekening buku besar setelah dibuatnya jurnal penutup. Oleh karena itu, neraca saldo ini hanya memuat saldo rekening-rekening permanen saja.

Laporan keuangan itu ada berapa?

Kesimpulan – Menurut SAK, terdapat lima jenis laporan keuangan, di antaranya: laporan laba/rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, neraca, dan catatan atas laporan keuangan (CaLK). Catatan keuangan memiliki fungsi dan manfaat bagi pemilik bisnis maupun investor untuk mengetahui kondisi perusahaan.

  • Bagi perusahaan, dokumen tersebut menjadi salah satu indikator penting dalam pengambilan keputusan dan kebijakan ke depannya.
  • Sementara itu, bagi investor, laporan keuangan perusahaan dapat menjadi pertimbangan dalam memutuskan untuk berinvestasi.
  • Laporan keuangan menjadi salah satu indikator krusial dalam analisis fundamental saham.

Namun, bagi investor pemula, hal ini cukup sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, bagi pemula yang baru ingin memulai, produk reksadana bisa jadi pilihan tepat. Reksadana adalah wadah investasi bersama bagi investor yang dana investasinya akan dikelola oleh ahli, yaitu Manajer Investasi,

  • Nantinya, Manajer Investasi akan mengalokasikan dana investasinya pada produk deposito, obligasi, dan saham terbaik, tergantung jenis reksadananya.
  • Jadi, kamu tidak perlu repot memilih mau berinvestasi di perusahaan apa, karena ada mereka yang siap menyusun strategi agar performa produk reksadananya tetap optimal.
You might be interested:  Pihak Yang Terlibat Dalam Pasar Modal?

Baca juga: Kamu bisa berinvestasi reksadana melalui aplikasi tanamduit. Terdapat berbagai pilihan produk reksadana yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan finansialmu. Yuk, dan mulai investasi sekarang! : 5 Jenis Laporan Keuangan dan Fungsinya yang Wajib Kamu Ketahui