Sebutkan Yang Terdapat Pada Laporan Keuangan Dari Metode Variable Costing?

Sebutkan Yang Terdapat Pada Laporan Keuangan Dari Metode Variable Costing
Perhitungan Variabel Costing – Setelah mengetahui perhitungan harga pokok produksi metode full costing, maka selanjutnya adalah terkait cara perhitungan harga pokok produksi sebagai berikut:

  1. Biaya bahan baku
  2. Biaya tenaga kerja
  3. Biaya overhead pabrik variabel
  4. Biaya pokok produksi

Untuk mendapatkan biaya pokok produksi, dengan menjumlahkan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik variabel yang telah dikalikan dengan jumlah unit produk yang diproduksi. Selanjutnya untuk laporan keuangan dari metode variabel costing ini terdiri dari:

  1. Hasil penjualan
  2. Biaya produksi variabel
  3. Biaya pemasaran variabel
  4. Biaya administrasi dan umum variabel
  5. Marjin kontribusi
  6. Biaya produksi tetap
  7. Biaya pemasaran tetap
  8. Biaya administrasi dan umum tetap
  9. Laba bersih

Di mana untuk mendapatkan marjin kontribusi, hasil penjualan yang telah dikalikan dengan jumlah unit produk yang diproduksi dengan cara menghitung selisihnya dengan biaya produksi variabel dan biaya pemasaran varibel yang telah dikalikan dengan jumlah unit produk yang diproduksi.

Apa itu variable costing dan contohnya?

Variable Cost – Pengertian, Jenis dan Contohnya Variable cost adalah biaya perusahaan yang berubah sebanding dengan hasil produksi. Variable cost naik atau turun tergantung pada volume produksi perusahaan; mereka naik seiring dengan peningkatan dan penurunan produksi seiring dengan penurunan produksi.

Contoh variable cost termasuk biaya bahan baku dan pengemasan. Variable cost dapat dibandingkan dengan, Total biaya yang dikeluarkan oleh bisnis apapun terdiri dari fixed cost dan variable cost. variable cost tergantung pada hasil produksi. Biaya produksi variabel adalah jumlah konstan per unit yang diproduksi.

Ketika volume produksi dan output meningkat, variable cost juga akan meningkat. Sebaliknya, ketika lebih sedikit produk yang diproduksi, variable cost yang terkait dengan produksi akan menurun. Contoh variable cost adalah komisi penjualan, biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan baku yang digunakan dalam produksi, dan biaya utilitas.

You might be interested:  Bagaimana Kaitan Pajak Terhadap Perekonomian Dalam Negeri?

Apa saja komponen biaya standar dalam metode variable costing?

Komponen Biaya Standar dalam Metode Variable Costing Biaya Bahan Baku Standar. Biaya Tenaga Kerja Langsung Standar. Biaya overhead pabrik variable standar.

Apa laporan yang akan dihasilkan jika menggunakan pendekatan full costing?

Laporan Keuangan pada Laporan Laba Rugi Jika menggunakan metode full costing biaya overhead akan dilaporkan jika produk sudah terjual. Sedangkan, untuk metode variable costing baik produk terjual atau tidak maka biaya overhead akan tetap dilaporkan sehingga jumlah pendapatan perusahaan akan tetap berkurang.