Terangkan Yang Dimaksud Dengan Perusahaan Modal Ventura?

Terangkan Yang Dimaksud Dengan Perusahaan Modal Ventura
Pengertian Modal Ventura – Dalam melakukan suatu kegiatan investasi tidak semua investasi dapat dilakukan dengan mudah, karena hampir semua investasi mengandung suatu resiko kerugian. Bagi investasi yang mempunyai resiko rendah hampir semua investor melakukannya.

Akan tetapi, jika investasi tersebut memiliki resiko tinggi, maka tidak mudah untuk mencari investor yang mau melakukannya. Adalah Perusahaan modal ventura yang berani melakukan investasi dimana investasi tersebut mengandung suatu resiko tinggi. Keputusan ini dibuat dengan berbagai pertimbangan tentunya dan hal ini sesuai pula dengan maksud dan tujuan didirikan perusahaan, yaitu melakukan penanaman modal dalam suatu usaha yang mengandung resiko tinggi.

Kegiatan investasi yang dibiayai modal ventura biasanya dalam jangka waktu panjang dan memiliki resiko tinggi, seperti membentuk atau pembangunan usaha baru dibidang tertentu. Meskipun resiko yang dihadapi tinggi, perusahaan ini mengharapkan suatu keuntungan yang tinggi pula dari penyertaan modalnya berupa capital gain atau deviden,

  • Perusahaan yang pembiayaannya dari modal ventura disebut Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) atau investee company,
  • Lalu apa yang dimaksud dengan perusahaan modal ventura dan kegiatan apa saja yang dilakukannya? Pengertian modal ventura sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 61 Tahun 1988 ” modal ventura adalah badan usaha yang melakukan suatu pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu Perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan”.

Perbedaan antara bank dengan modal ventura terletak pada jenis kegiatannya. Bank membiayai suatu kegiatan, tetapi tidak masuk ke perusahaan yang dibiayainya, sedangkan modal ventura memberikan pembiayaan dengan cara melakukan penyertaan langsung kedalam perusahaan yang dibiayainya.

  1. Kegiatan yang dilakukan bersifat penyertaan langsung kesuatu perusahaan.
  2. Bisnis yang dimasuki merupakan bisnis yang memiliki resiko tinggi
  3. Penyerahan dalam perusahaan bersifat dalam jangka panjang dan biasanya diatas tiga tahun.
  4. Keuntungan yang diperoleh berasal dari capital gain, deviden atau bagi hasil tergantung dari penyertaan modalnya dibidang jenis yang diinginkan.
  5. Kegiatannya lebih banyak dilakukan dalam usaha pembentukan usaha baru atau pengembangan suatu usaha.

Pengaturan kegiatan modal ventura lebih lanjut diatur dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 469/KMK.17/1995 Tanggal 3 Oktober 1995. Kegiatan modal ventura di Indonesia dipelopori oleh PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) sejak tahun 1973. PT BPUI di bentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun1973 Tentang Penyertaan Modal Negara untuk mendirikan perusahaan Perseroan Terbatas yang usahanya bergerak dalam bidang penyertaan modal.

Apa saja keuntungan perusahaan modal ventura?

Landasan Hukum Modal Ventura – Saat ini, modal ventura termasuk lembaga keuangan yang relatif baru. Modal ventura dijelaskan dalam KEPPRES No.61 tahun 1998 tentang Lembaga Pembiayaan dan juga KEPMENKEU No.1251 / KMK.013 / 1998 tentang Ketentuan dan Prosedur Pelaksana Lembaga Pembiayaan.

You might be interested:  Berikut Ini Yang Termasuk Dalam Produk Pasar Modal Yaitu?

Asas Kebebasan Kontrak

Kontrak modal ventura adalah dokumen hukum utama yang dibuat dan berfungsi secara hukum untuk perusahaan modal ventura dan perusahaan mitra bisnis dengan memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Pasal 1320 KUH Perdata. Karena hukum kontrak dibuat secara hukum, kontrak berlaku sebagai hukum untuk perusahaan modal ventura dan perusahaan mitra bisnis (Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata).

UU Hukum Perdata

Dasar hukum modal ventura dalam bentuk undang-undang di bidang hukum perdata adalah KUHPerdata.2. Hukum Publik Undang-undang tersebut meliputi; Hukum, peraturan pemerintah, KEPPRES, dan keputusan menteri.

UU Bidang Hukum Publik Dasar hukum utama modal ventura adalah:

UU No.5 tahun 1960 tentang Ketentuan Agraria Dasar dan peraturan pelaksanaanUU No.3 tahun 1983 tentang Pendaftaran Wajib Perusahaan dan peraturan pelaksanaanUU No.12 tahun 1985UU No.7 tahun 1991UU No.8 tahun 1991 dan peraturan pelaksanaannya.

Peraturan tentang Lembaga Pembiayaan Peraturan mengenai lembaga keuangan yang mengatur bisnis modal ventura, yaitu:

Peraturan Pemerintah No.18 tahun 1973 tentang Pembentukan PT. Bahana Business Development Indonesia (sebagai perusahaan modal ventura pertama diIndonesiaKEPPRES No.61 tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan (telah diubah menjadi Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan)KEPKEMENKEU No.1251 / KMK.013 / 1988 tentang Penetapan dan Prosedur Pelaksanaan Lembaga Pembiayaan, diubah dan disempurnakan dengan Keputusan Menteri Keuangan No.468 tahun 1995.

Apa yang dimaksud dengan modal ventura?

Penutup – Demikianlah penjelasan dari kami tentang modal ventura. Bisa kita simpulkan bahwa modal ventura adalah salah satu jenis investasi yang pendanaannya berbentuk penyertaan modal pada sebuah perusahaan swasta dalam kurun waktu tertentu. Terdapat dua jenis modal ventura, yakni berdasarkan cara pemberian dana dan cara penghimpunan dana berdasarkan kepemilikan.

  1. Manfaat dari adanya modal ventura adalah untuk meningkatkan kegiatan dan potensi usaha, pemasaran produk lebih efisien, likuiditas meningkat, dan rentabilitas membaik.
  2. Cara mendapatkan perhatian pemodal ventura adalah dengan datang ke pameran ukm, mengajukan rencana bisnis, melakukan uji kelayakan, dan tanda tangan perjanjian.

Bila pendanaan sudah didapatkan, jangan lupa juga untuk selalu mencatatnya di laporan keuangan bisnis Anda. Hal ini menjadi sangat penting, terlebih lagi nantinya para investor pun akan menagih laporan keuangan Anda. Namun bila Anda kesulitan dalam membuat laporan keuangan, Anda tinggal gunakan saja software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi yang merepotkan. Terlebih lagi, tampilan dashboard di dalam aplikasi ini juga sederhana, sehingga akan sangat memudahkan siapapun dalam membuat laporan keuangan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan laporan keuangan Anda dimana saja dan kapan saja.

Karena aplikasi ini dibuat berbasis cloud system yang aman. Tertarik? Ayo gunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini. Terangkan Yang Dimaksud Dengan Perusahaan Modal Ventura

You might be interested:  Seluruh Biaya Modal Yang Dikeluarkan Sudah Kembali Merupakan Pengertian?

Apa itu kontrak modal ventura?

1. Asas Kebebasan Berkontrak – Hubungan hukum pada modal ventura selalu dibuat dalam kontrak tertulis sebagai dokumen hukum yang menjadi dasar kepastian hukum (legal certainty). Kontrak modal ventura merupakan dokumen hukum utama (main legal document) yang dibuat dan berfungsi secara sah bagi perusahaan modal ventura dan perusahaan pasangan usaha dengan memenuhi syarat-syarat sebagaimana yang ditetapkan dalam Pasal 1320 KUH Perdata.

Siapa yang membentuk perusahaan modal ventura?

Sejarah Modal Ventura – Sejarah modal ventura secara internasional Perkembangan sejarah modal ventura dalam arti modern di mulai pada akhir dasawarsa 1960-an di Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian California telah dikembangkan sistem pembiayaan lewat modal ventura.

Jauh sebelum itu sebenarnya pembiayaan semacam modal ventura juga telah ada di Amerika. Pada tahun 1946, George Doproit, seorang guru besar dari Universitas Harvard di kota Boston Amerika telah berhasil menghimpun dana yang menjadi Source of Fund, Gunanya adalah untuk membiayai dan mengembangkan penemuan-penemuan baru bagi para ilmuwan, dan membiayai para intrepreneur kecil yang mempunyai ide-ide terobosan tetapi kekurangan dana.

Pada tahun 1958, di Amerika telah diundang kan Small Business Invesrment Company, untuk mendorong pengusaha-pengusaha kecil yang bergerak di bidang modal ventura dengan fasilitas pinjaman lunak dan keringan pajak. Bisnis modal ventura mulai menemukan jati dirinya dan berkembang sampai ketahapan modern, seperti yang dipraktekkan saat ini adalah tidak terlepas dari kisah sukses yang legendaris dari perusahaan Apple Computer, yang memang dibesarkan lewat pembiayaan modal ventura.

  • Semangat perkembangan modal ventra, yang sangat sarat dengan bakat, petualangan, penemuan ilmu dan teknologi dipadu dengan unsur-unsur pemberian bantuan keuangan yang bersifat humanistis.
  • Emudian berkembang juga di negara-negara lain di luar Amerika, seperti negara-negara di Eropa, Asia, dan Australia.

Di Jepang, bisnis model modal ventura juga berkembang cukup pesat.

Tahun 1963 telah mulai berdiri perusahaan modal ventura, yaitu di kota Tokyo, Osaka, dan Nagoya. Tahun 1972 berdiri pula suatu badan yaitu Kyoto Enterprise Development, yang bertujuan membantu perusahaan modal ventura. Yang pada tahun 1975 digantikan oleh Venture Enterprice Centre yang didirikan oleh pemerintah Jepang.Tahun 1973, Nomura, yang merupakan perusahaan sekuritas terbesar di Jepang, membentuk perusahaan modal ventura yang disebut JAFCO ( The Japan Associated Finance Co. Ltd ).

Di Taiwan, pertumbuhan bisnis modal ventura juga terbilang cukup pesat. Perusahaan modal ventura di Taiwan telah ikut memberikan andil terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri elektronika. Antara lain dengan memanfaatkan Venture Capital Fund yang disediakan oleh perusahaan Amerika, Wang Computer.

Di Korea Selatan, bisnis modal ventura juga berkembang dengan pesat. Pada tanggal 28 April 1981 di Korea Selatan telah berdiri perusahaan modal ventura yaitu Korea Technology Development Corporation, Dengan pemegang saham pemerintah Korea Selatan sebanyak 31 % dan pihak swasta sebanyak 69 %. Untuk kegiatan modal ventura di Korea Selatan telah diberikan insentif pajak.

Bahkan telah pula diberlakukan Small Business Financial Support Act, yang mirip atau mencontoh dari Small Business Suport Act dari Amerika. Di India, bisnis modal ventura juga sudah berkembang cukup pesat. Bahkan pemerintah India mendirikan perusahaan modal ventura di beberapa negara bagian di India.

  • Dan yang paling sukses di antaranya adalah Maharastra State Venture Capital Company dari Bombay.
  • Arena adanya perusahaan modal ventura inilah, banyak ilmuwan India yang bekerja di luar negeri terdorong untuk pulang kembali ke India untuk bekerja di India.
  • Sejarah modal ventura secara nasional Perkembangan modal ventura di Indonesia sarat dengan unsur idealisme, yaitu idealisme untuk memperkecil perbedaan antara pengusaha berpendapatan besar dan pengusaha berpendapatan kecil.
You might be interested:  Badan Usaha Yang Menjual Saham Untuk Mendapatkan Modal Adalah?

Sejarah perkembangan modal ventura di Indonesia dapat dibagi dalam tiga periode, yaitu:

Modal Ventura dalam Periode Informalistik.

Periode informalistik ini sudah lama ada dalam masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dalam masyarakat Indonesia, baik masyarakat asli atau keturunan seperti China dan India, yang sudah terbiasa saling membantu antar sesama anggota keluarga dalam arti luas.

Modal Ventura dalam Periode Formatif.

Dalam masa formatif ini, bisnis modal ventura sudah mulai memperlihatkan bentuknya, sudah mulai melembaga, terencana dan dengan target tertentu. Sering disebutkan bahwa ragam modal ventura pada masa formatif inilah yang merupakan prototipe dari perusahaan modal ventura di Indonesia.

Sejarah lahirnya modal ventura di Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan kelahiran suatu badan usaha milik negara, yang bernama P.T. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia ( Bahana ), yang didirikan pada tahun 1973. Dengan modal dipegang oleh Departemen Keuangan dan Bank Indonesia. Pendirian P.T. Bahana ini ditujukan untuk membantu perusahaan berskala kecil dan menengah di Indonesia.

Perusahaan itu kebanyakan bergerak dalam bidang industri manufaktur, pengolahan perikanan, pengolahan hasil-hasil pertanian, industri jasa, dan sebagainya.

Modal Ventura dalam Periode Legalistik.

Masa perkembangan modal ventura yang legalistik ini ditandai dengan dikeluarkannya peraturan yang mengatur tentang lembaga pembiayaan, termasuk modal ventura ini. Yaitu dengan keluarnya Keputusan Presiden RI Nomor : 61 tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan, di mana dalam pasal 2 disebutkan.