Yang Menabung Pada Sebuah Lembaga Keuangan?

Yang Menabung Pada Sebuah Lembaga Keuangan
Jenis-jenis Menabung – Menurut Bank Indonesia (2014:23) menabung dapat dilakukan secara tradisional dan modern.

Menabung Secara TradisionalMenabung secara tradisional yaitu menabung dengan menyimpan uang dibawah tumpukan pakian, selipan buku atau celengan. Cara ini tentu mudah untuk dilakukan karena tidak ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh penabung, tetapi banyak resikonya antara lain resiko uang yang hilang, rusak, basah dan terbakar.Menabung Secara ModernMenabung secara modern salah satunya dapat dilakukan di lembaga keuangan. Lembaga keuangan merupakan pihak ketiga yang membantu masyarakat untuk menyimpan dana. Lembaga keuangan merupakan tempat menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk bentuk lainnya. Dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Selain menabung di lembaga keuangan, menabung secara modern dapat juga dilakukan dalam bentuk emas.

Apa yang dimaksud dengan lembaga keuangan?

Menurut Para Ahli – 1. Pasal 1 UU No.14/1967 dan diganti dengan UU No.7/1992 Pasal 1 UU No.14/1967 dan diganti dengan UU No.7/1992 meneybutkan bahwa lembaga keuangan adalah sebuah badan maupun lembaga yang memiliki kegiatan dalam menarik hasil dana dari masyarakat yang selanjutnya disalurkan pada masyarakat kembali.2.

  • Kasmir (2005:9) Kasmir menyebutkan bahwa Lembaga keuangan adalah untuk seluruh perusahaan yang berada daam bidang keuangan yang di mana kegiatannya hanya menghimpun dana ataupun menyalurkan dana atau bahkan keduanya.3.
  • Keputusan SK Menkeu RI no.792 Th 1990 Keputusan SK Menkeu RI no.792 Th 1990 menyebutkan bahwa lembaga keuangan adalah seagala badan usaha yang terletak dalam suatu bidang keuangan yang memiliki kegiatan untuk penghimpunan dana, menyalurkan dana terhadap masyarakat dan yang paling utama adalah memberikan biaya investasi pembangunan.4.
You might be interested:  Seluruh Biaya Modal Yang Dikeluarkan Sudah Kembali Merupakan Pengertian?

Ahmad Rodoni Menurut gagasan yang disebutkan oleh Ahmad Rodoni, Lembaga keuangan adalah sebuah badan usaha yang di mana kekayaannya terutama di dalam suatu bentuk-bentuk aset keuangan ( Financial assets) ataupun non-finansial asset.5. Dahlan Siamat Menurut gagasan yang disebutkan oleh Dahlan Siamat, bahwa lembaga keuangan adalah sebuah badan usaha yang memiliki kekayaan utama beruba suatu aset keuangan yang dibandingkan dengan sebuah aset nonfinansial atau aset Riil.

Apa perbedaan antara lembaga keuangan bank dan bukan bank?

2. Lembaga Keuangan Bukan/Non Bank – Dalam UU No.10 Tahun 1998, LKBB atau Lembaga Keuangan Bukan Bank merupakan sebuah badan usaha yang melaksanakan sebuah kegiatan dalam bidang keuangan yang menghimpun dana dengan merilis kertas berharga serta untuk menyalurkannya untuk membiayai investasi perusahaan.

  • menghimpun dana dengan cara melakukan pengeluaran surat sementara
  • memberi suatu pembiayaan atau kredit jangka menengah
  • melakukan suatu penyertaan modal yang bersifat sementara
  • bertindak sebagai media perantara dari perusahaan Indonesia serta badan hukum pemerintah
  • bertindak sebagai media perantara dalam memperoleh peserta atau kampanye
  • sebagai media perantara dalam memperoleh suatu tenaga ahli dan memberikan berabgai nasihat yang sesuai dengankeahlian
  • melaksanakan usaha lain didalam bidang keuangan.

Apa saja struktur lembaga keuangan di Indonesia?

1. Lembaga Keuangan Bank – Merupakan lembaga yang memberikan jasa keuangan yang paling lengkap. Usaha keuangan yang dilakukan disamping menyalurkan dana atau memberikan pembiayaan / kredit juga melakukan usaha menghimpun dana dari masyarakat luas dalam bentuk simpanan. Lembaga keaungan bank terdiri dari :

  1. Apa saja jenis lembaga keuangan non bank?

    Tujuan Lembaga Keuangan – Mengacu pada definisi lembaga keuangan di atas, berikut ini adalah beberapa tujuan lembaga keuangan, baik itu Bank maupun non-Bank:

    1. Bank menghimpun dana dari masyarakat dengan mengeluarkan dokumen berharga sehingga dana masyarakat lebih aman.
    2. Bank menyalurkan kembali dana yang terhimpun tersebut untuk digunakan dalam pembiayaan di bidang ekonomi dan pembangunan.
    3. Bank memberikan bantuan modal dalam bentuk kredit kepada masyarakat atau perusahaan untuk modal usaha.
    4. Pegadaian memberikan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan barang atau surat berharga.
    5. Koperasi memberikan jasa simpan-pinjam bagi para anggotanya agar penggunaan uang lebih produktif dan anggotanya terbebas dari rentenir.

    Baca juga:

    • Pengertian Lembaga Sosial
    • Pengertian Manajemen Keuangan

    Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian lembaga keuangan, manfaat lembaga keuangan, jenis lembaga keuangan, dan tujuan lembaga keuangan. Dari penjelasan di atas sekarang kita mengerti bahwa lembaga keuangan punya peranan penting bagi pergerakan perekonomian masyarakat Indonesia.