Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Kupas Tuntas Cara Mudah Jualan di Lazada Untuk Pemula

5 min read

cara dan langkah-langkah jualan di lazada untuk pemula

Kupas Tuntas Cara Jualan di Lazada – Bisnis online menjadi sebuah momok yang menyenangkan kini, apalagi bagi kamu yang memiliki ketertarikan terhadap dunia bisnis online.

Tentu, bisnis online tak akan berkembang pesat tanpa adanya dukungan masyarakat. Masyarakat kita tampaknya menyambut hangat dunia yang memungkinkannya untuk berbelanja tanpa harus berpapasan dengan matahari.

Bahkan, sejumlah toko konvensional ada yang harus mengalami kebangkrutan dikarenakan penurunan angka penjualan.

Konsumen Indonesia sudah mulai beralih ke belanja yang mudah, praktis, dan murah pastinya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sebuah situs belanja online, Lazada.

Apa itu Lazada?

Apa itu Lazada?
source: techcrunch.com

Lazada Group merupakan sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara milik Alibaba Group yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre di tahun 2012.

E-commerce satu ini pokoknya cocok banget jadi lahan usaha kamu karena nggak butuh modal yang banyak saat mulai usaha. E-commerce ini memungkinkan kamu untuk langsung bertransaksi dengan calon pembeli.

Bahkan jika kamu cek, Lazada sudah diunduh lebih dari 100 juta orang dari seluruh Asia Tenggara loh. Jumlah kunjungannya juga paling besar.

Ketika membuka marketplace keren ini, kamu akan ditawarkan dengan banyak pilihan, ya seperti situs belanja online pada umumnya lah ya.

Selain memberikan kemudahan bagi konsumen, Lazada juga membuka peluang besar bagi kamu yang ingin bergabung menjadi seorang pengusaha di sana.

Lazada memberikan dukungan penuh kepada seluruh pedagangnya dengan menyediakan 4 layanan yang sangat membantu kamu dalam berbisnis di Lazada.

4 layanan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Lazada University

Jika kamu masih bingung ingin memulai dari mana, Lazada University hadir untuk kamu yang ingin mengikuti kursus via online, dan memang didedikasikan bagi kamu pemilik toko dan calon pengusaha.

Selama kursus, kamu akan dipandu oleh ahli professional di bidangnya mulai dari hal paling sederhana, seperti:

  • Menyiapkan toko
  • Mengupload barang
  • Melakukan optimasi konten
  • Menaikkan angka penjualan
  • Hingga manajemen bisnis yang baik.

Keren nggak tuh.

Baca juga Situs Web Penghasil Uang yang Mudah & Terpercaya

2. Lazada Customer Care

Layanan Lazada Customer Care ini merupakan unik layanan yang siap menghadapi berbagai masalah konsumen dan pedagang.

Semua rasa bingung kamu sudah ada jawabannya pada halaman help center dear, jadi nggak usah panik ya.

Tapi kalau kamu merasa masih bingung atau ada yang kurang jelas bisa banget dong menghubungi pihak Lazada di Customer Service.

3. Connect with Lazada

Jika kamu ingin tergabung di forum antara penjual dan pembeli, kamu bisa bergabung di forum DingTalk.

Di forum ini kamu bisa berbagi sesuatu, saling tanya jawab, atau juga saling membantu.

4. Lazada Service Marketplace

Ini uniknya dong. Sebagai seorang pengusaha, kamu bisa memesan jasa optimasi toko, foto produk, konten, dan sebagainya yang masih berhubungan dengan Lazada.

Langkah-langkah Cara Jualan di Lazada Untuk Pemula

Langkah-langkah Cara Jualan di Lazada Untuk Pemula
source: kaskus.co.id

Tak heran jika peluang jualan di Lazada ini menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan bagi kamu. Khususnya bagi kamu yang ingin berbisnis dengan modal minim dan hasil berlimpah.

Cara jualan di Lazadanya gimana? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Buat Akun

Sebelum berselancar menjadi pengusaha, kamu harus buat akun dulu ya dear. Kamu bisa mendaftarkan diri di situs lazada.co.id, pastikan internet dan jaringannya aman ya hhehe.

Setelah daftar, klik menu Jual di Lazada, lokasinya ada di halaman bagian bawah.

Klik tulisan daftar sekarang. Kemudian isi kolom pendaftaran yang sudah disesuaikan, jangan lupa untuk mengisinya dengan benar, mulai dari alamat lengkap toko, izin usaha, NIB, tipenya, nama toko, email, nomor ponsel, kata sandi, serta validasi.

Validasi ini cukup kamu geser kolom slidenya ke kanan ya.

2. Aktivasi Akun

Kemudian, lakukan aktivasi akun kamu sesuai dengan perintah yang diberikan.

Lalu upload foto kartu identitas kamu alias KTP, dan bagian depan buku rekening. Jangan lupa untuk menggunakan buku rekening yang masih aktif.

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah pemilik KTP dan buku rekeningnya harus atas nama yang sama ya.

3. Persetujuan Kontrak

Setelah mendaftar, kamu harus melengkapi proses pendaftaran selanjutnya, dan kamu akan diminta untuk menandatangani kontrak perjanjian.

Tentu ini adalah langkah awal yang sangat penting, sehingga pastikan bahwa kamu membaca setiap poin yang tertera dengan cermat dan detail, agar di kemudian hari tidak ada yang merasa dirugikan.

Setelah yakin dan cocok, kamu bisa menandatangani kontraknya dan mengupload kembali dokumen tadi sebagaimana instruksi yang diberikan.

4. Upload Foto Jualan

Cara Upload Foto Produk Jualan di Lazada
source: vulcanpost.com

Yeay, kamu sudah terdaftar menjadi seorang anggota di lazada. Setelah akun kamu diverifikasi, maka statusnya telah berubah menjadi aktif, dan kamu sudah mulai bisa berjualan di lazada.

Kamu harus mulai mengupload foto-foto produk yang kamu tawarkan ya dear.

Caranya gimana? Yuk simak langkahnya di bawah.

Cara Aploud Foto Produk untuk Jualan di Lazada

  • Siapkan dulu nih foto yang mau diunggah, pastikan foto yang kamu miliki berkualitas baik, tidak blur, dan sangat layak untuk diupload.
  • Kemudian upload foto dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Kamu juga harus memperhatikan kriteria foto yang bisa diunggah ya, agar foto bisa kamu pasang dengan sempurna.
  • Jumlah foto yang disarankan adalah 3 dengan ketentuan, latar belakangnya jelas, putih misalnya. Foto produk yang kamu jual harus beresolusi tinggi, paling tidak berukuran 500×500.
  • Kamu juga bisa mengambil gambar secara bervariasi, misalnya gambar dari depan, belakang, atas, bawah, dan gunakanlah rasio gambar 1:1.
  • Lalu berikan keterangan produk dengan jelas dan detail. Sehingga membuat calon konsumen paham dan mengerti produk yang kamu tawarkan dengan baik.

Rincian barang yang harus kamu isi ada nama produk, kategori, alamat situs kalau ada videonya, atribut barang (tipe, bahan, merk, dan motif), deskripsi pendek, deskripsi panjang, variasi (ukuran da warna), gambar (minimal 3 foto), harga, ketersediaan stok, garansi kalau ada, berat dan dimensinya.

Setelah semua terpenuhi, kamu tinggal tekan submit saja.

5. Optimasi Konten

Setelah produk kamu rilis, kamu harus mulai melakukan optimasi konten di Lazada untuk mendapatkan perhatian calon pelanggan.

Pastikan judul produk yang kamu jual menarik, singkat, dan jelas.

Kalau bisa nggak lebih dari 15 kata ya, dan di dalamnya terdapat informasi singkat tentang model, merk, atau tipenya. Simple deh.

6. Kategori Produk

Menentukan kategori produk yang kamu tawarkan sangat penting loh, karena ketika akan belanja calon pembeli akan mencari produk yang dicarinya melalui fitur kategori yang disediakan baik di web atau aplikasi.

Jadi, ketika kamu salah menggunakan kategori, pasti produk yang kamu tawarkan sulit menjangkau sasaran yang tepat.

Cara mengisi kategorinya seperti apa?

Pertama, kamu bisa menggunakan kategori yang disaraknkan oleh algoritma Lazada. Nantinya, saran ini baru akan muncul ketika kamu sudah selesai mengisi judul atau nama barang yang kamu jual.

Kedua, intip intip toko lainnya, dan tiru cara penggunaannya. Kamu bisa mengintip toko yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak review yang positif.

7. Panjang Deskripsi

Jika dibandingkan dengan marketplace lain, maka Lazada memiliki kelebihan di fitur deskripsi panjangnya.

Kamu bisa memodifikasi deskripsi dengan membuat sebuah infografis yang menarik, landing page misalnya.

Bahkan, kamu bisa menambahkan gambar loh di deskripsi panjangnya, apalagi bisa edit HTML, kayak edit edit website pribadi.

8. Informasi Atribut

Informasi Atribut
source: sellercenter.lazada.co.id

Atribut di Lazada berisi spesifikasi produk yang kamu tawarkan, seperti:

  • Motif
  • Bahan
  • Model
  • Brand
  • Dan informasi lainnya

Meski terdengar agak asing dan jarang digunakan, namun keberadaan atribut juga cukup penting loh.

Kenapa?

Karena ketika calon pelanggan tengah mencari produk, mereka lumayan sering menggunakan filter. Produk yang kamu tawarkan bisa saja muncul pada tampilan produk paling atas, asal kategori, judul, dan atributnya sesuai ya.

Caranya mudah, kamu hanya perlu mengisi deskripsi, kemudian scroll ke bawah dan seret ke bagian spesifikasi.

Isi atribut kunci, kamu bisa memasangnya dengan merk atau tipe. Kemudian isi atribut tambahan, seperti bahan, motif, ukuran, dan seterusnya.

9. Jualan Go

Ketika semua tahap di atas usai secara sempurna, kamu sudah bisa menggunakannya untuk bertransaksi dengan lancar jaya.

Prosesnya juga nggak lama kok, apalagi kalau sebelum daftar kamu sudah siapkan keperluan yang diminta, mulai dari foto KTP, email, nama toko, hingga foto produk yang mau kamu pajang.

10. Promosi

Agar mendapatkan pemasukan yang lebih banyak, akan lebih baik kalau kamu membuat iklan (Ads) pada produk yang ada di Lazada.

Kamu juga bisa mempromosikannya di media sosial, apalagi kalau kamu punya followers dan pertemanan yang banyak, tentu lumayan mudah untuk mendapatkan konsumen.

Namun, kamu juga bisa kok menggunakan fitur promosi yang sudah disediakan oleh Lazada. Fiturnya ada:

  • Produk campaign
  • Produk terlaris
  • Produk yang paling banyak dimasukkan ke keranjang
  • Produk dengan nilai tertinggi kontennya
  • Dan produk yang lagi promo

Hanya saja, untuk menggunakan fitur promosi tersebut, kamu harus memenuhi beberapa kriteria, seperti:

  • Rating seller positif (lebih dari 70%)
  • Produk tayang (lebih dari 3)
  • Respon penjual via chatting di aplikasi (lebih dari 85%)
  • Dan toko kamu sudah didesain custom

Caranya mudah, kamu bisa langsung masuk ke Seller Center Lazada, klik pada menu promosi dan tambahkan produk, lalu kamu pilih produk kamu yang ingin dinaikkan, klik tambahkan.

Perhatikan ya, karena maksimal produk yang bisa kamu pilih hanya 3 saja, lalu klik submit. Done.

11. Seller Voucer

Jika kamu ingin membuat toko kamu ramai, maka kamu bsia menggunakan voucer loh. Apalagi angka konversinya bisa terus meningkat.

Kamu ingin menambahkan voucer ke tokomu?

Caranya mudah, kamu tinggal masuk ke Seller Center Lazada, kemudian pilih promosi dan seller voucer, lalu pilih buat voucer baru.

Kemudian kamu bisa mengatur voucer sesuai keinginan kamu, seperti jumlah diskonnya, nama voucer, jumlah voucer yang kamu berikan, dimana bisa mendapatkan voucernya, dan sebagainya. Lalu klik submit.

Semua poin-poin penting di atas tentu sangat perlu kamu pelajari jika benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha sukses di Lazada.

Saya sudah menyampaikan bagian yang terpenting, jadi kamu tinggal go aja, dan tunjukkan kebolehan produk kamu.

Sekian

Sudah banyak sekali fitur menarik cara mudah jualan di Lazada yang bisa kamu manfaatkan untuk menjangkau banyak pelanggan.

Usahakan mengikuti setiap langkah dengan baik ya, seperti pemilihan foto, pengisian deskripsi, memanfaatkan atribut, hingga memanfaatkan seller center Lazada.

Semua fitur yang tersedia diberikan untuk menunjang usaha kamu agar bisa menjangkau pembeli lebih banyak. Temukan suksesmu bersama Lazada dan jadilah pengusaha sukses di dalamnya.

Jangan ragu untuk terus mengupload produk-produk terbaru ya, karena banyak calon pelanggan yang selalu menanti produk kamu.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.