Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Cara Mudah Jualan di Tokopedia Tanpa Modal dan Stok Barang

5 min read

Cara Mudah Jualan di Tokopedia Tanpa Modal dan Stok Barang

Tokopedia merupakan sebuah aplikasi jual beli barang online yang telah membantu banyak orang untuk bertransaksi dengan mudah.

Bagi kamu yang ingin berjualan tapi belum memiliki modal, tentu Tokopedia merupakan sebuah wadah tepat yang bisa kamu coba. Terlebih Tokopedia memberikan akses yang sangat mudah ketika kamu ingin berjualan online tanpa modal.

Selain itu, barang yang akan kamu jual bisa beragam, karena nyaris semu barang dapat kamu temukan di toko jualan online keren ini. Cara jualan di Tokopedia tanpa modal dan memiliki stok produk bukanlah hal yang sulit dan tidak mungkin untuk kamu lakukan.

Yuk langsung saja, ikuti langkah-langkah berjualan di tokopedia dengan mudah tanpa harus mengeluarkan modal berikut ini.

Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Modal dan Stok Barang Untuk Pemula

Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Modal dan Stok Barang Untuk Pemula
source: akurat.co

Bisnis berjualan di Tokopedia ini tentu sangat menjanjikan, memungkinkan kamu untuk berkomunikasi melalui online dengan calon pembeli secara mudah. Menyenangkan kan?

Jadi bagaimana dengan kamu? Apakah kamu hanya ingin menjadi penikmat perubahan ini? Tak ada salahnya jika kamu ikut andil dalam perubahan ini. Ambil kesempatan emas ini, dan mulai buka toko.

Kamu bisa mulai berjualan di Tokopedia tanpa modal dan nyetok barang. Keren kan?

Perkembangan besar ini tak bisa jika kita tinggalkan, tentu kita akan tertinggal di belakang. Apalagi sistem jualannya juga jauh lebih fleksibel ketimbang jualan dengan sistem konvensional.

Berniaga di Tokopedia tak berbeda jauh konsepnya dengan jualan konvensional. Jadi, pastikan kamu untuk mempelajari dengan benar bagaimana cara jualan di tokopedia tanpa modal.

Kamu pernah mendengar kata dropship? Nah, cara jualan di tokopedia tanpa modal ini bisa kamu jalankan dengan sistem dropship.

Kamu hanya perlu mempromosikan produk orang di Tokopedia kamu, ketika ada yang berniat unutuk membeli, baru kamu akan menjualnya.

Bagi kamu yang masih bingung, yuk baca cara jualan di tokopedia tanpa modal di bawah ini.

1. Menemukan Alasan Mengapa Jualan di Tokopedia

Alasan menjadi pondasi utama ketika kamu akan menjalankan usaha. Ketika alasan kamu memilih berjualan di Tokopedia telah tertata dengan baik, tentu akan menuntun kamu kepada kesuksesan.

Kalau kamu hanya menargetkan ingin cepat kaya jika berjualan di Tokopedia, maka ini adalah alasan yang kurang tepat dear.

Memang gampang berjualan di Tokopedia, Lazada, dan marketplace lainnya. Hanya saja, sebagaimana bisnis lain, kamu perlu merintis dan menjalaninya dengan enjoy saja.

Kamu harus benar-benar menemukan alasan dengan tepat, dengan demikian kamu pasti bisa menjalani setiap hambatan yang bisa datang kapan saja.

Saat mulai berjualan online, tentu ada beberapa hal umum yang kamu temukan, seperti:

  • Adanya keluhan pembeli
  • Supplier yang terlambat mengirimkan barang
  • Sepi pembeli
  • Supplier yang salah kirim barang
  • Harga toko sebelah jauh lebih murah

Hingga beberapa barang kamu yang bisa saja kalah di mesin pencarian Tokopedia, dan masih banyak masalah lain yang nantinya akan kamu temukan di lapangan.

Ketika sudah mengetahui masalah yang mungkin akan kamu hadapi, tentu kamu bisa mempertimbangkan alasannya agar dapat tetap konsisten berjualan di Tokopedia.

2. Mencari Supplier yang Tepat

Ketika berselancar di Tokopedia, kamu akan menemukan banyak toko yang telah menawarkan barangnya untuk didropship kepada kamu yang berminat.

Hanya saja, untuk mencari supplier yang benar-benar dapat diandalkan cukup sulit.

Jika kamu masih bingung, yuk kenali beberapa kriteria cara mencari supplier yang bagus untuk kamu pilih.

a. Supplier Tersebut Bersedia

Jika kamu sudah menemukan calon supplier, kamu bisa menanyakan langsung kepada tokonya.

Memang, sebagian besar toko di Tokopedia akan sangat bersedia menerima kamu menjadi dropshiper mereka, namun ada juga beberapa yang tidak menerima dropship dengan alasan tertentu.

b. Balas Chat di Bawah 1 Jam

Ketika toko mampu membalas dengan fast respon tentu mendapatkan nilai plus bagi pelanggan, karena hal tersebut akan membuat toko lebih kelihatan professional.

Begitupun ketika kamu menghubungi supplier, maka supplier yang pantas kamu pilih adalah supplier yang mampu membalas chatting kamu maksimal di bawah 1 jam.

Tentu kamu tidak ingin jika suatu saat kamu membutuhkan barang supplier, sementara suppliernya sulit untuk dihubungi.

c. Hal yang Ditawarkan Kompetitif

Kebanyakan orang akan mencari harga termurah yang ada di Tokopedia dengan mengesampingkan hal lain.

Padahal sebenarnya, toko dengan rating tinggi bukan lantaran harganya yang murah loh, tetapi ada banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti kualitas barang.

Maksud harga kompotetitif di sini adalah harga yang bisa bersaing dengan harga di toko online yang lain.

d. Stok Barang Lengkap

Kamu tentu membutuhkan barang dari supplier lebih dari satu barangkan?

Nah, kamu harus mengetahui dan menjamin bahwa supplier yang kamu pilih adalah supplier yang menyediakan banyak barang di tokonya. Sehingga kamu bisa menjual barang lebih banyak.

e. Melihat Review dan Rating

Setelah membeli barang dari sebuah toko, pembeli yang merasa kecewa dan puas atas barang dibeli pasti akan memberikan review di marketplace Tokopedia, sehingga bisa menjadi bahan perbaikan bagi toko tersebut.

Supplier yang baik tentu mempunyai rating dan review yang baik di tokonya.

Jika ada toko yang memiliki rating rendah dan reviewnya agak buruk, tentu kamu harus lebih berhati-hati ya, karena selain mengecewakanmu, kamu juga akan mengecewakan calon pembeli di tokomu.

3. Mulai Berjualan

Jika sudah menemukan supplier dengan kriteria yang sudah saya sebutkan, maka kamu sudah bisa mulai berjualan di toko kamu.

Saat pertama kali membuka toko, pasti kamu akan merasakan sedikit kesulitan dalam mencari pelanggan.

Hal ini adalah sesuatu yang wajar, karena memang toko kamu belum meiliki review dan rating.

Namun jangan khawatir ya dear, dulu toko yang ramai itu juga pada mulanya sama seperti kamu kok, semua butuh waktu. Kamu harus tetap menawarkan barang ya meski agak sulit mendapatkan pelanggan.

Seiring waktu, toko kamu juga pasti akan menemukan pelanggan kok. Jangan takut dear. Yang penting saat ada pembeli yang datang layani pembeli dengan baik, ramah, dan santun ya.

Ketahui juga! Cara Menjadi Star Seller di Shopee Dengan Mudah

Cara Membuat Akun Toko dan Berjualan di Tokopedia

Cara Membuat Akun Toko dan Berjualan di Tokopedia
source: seller.tokopedia.com

Jika kamu sudah membaca cara jualan di Tokopedia tanpa modal di atas, tentu agar bisa mulai mengakses layanan penjual di Tokopedia, kamu harus daftar akun terlebih dahulu dong di Tokopedia.

Nah, langkahnya gampang dear, kamu bisa ikuti step step berikut ya:

  • Silahkan download apikasi Tokopedia terlebih dahulu di Playstore atau Appstore ya
  • Setelah terdownload, silahkan klik bagian daftar. Pihak Tokopedia akan memberikan kamu pilihan daftar, apakah memalui facebook, gmail, atau nomor ponsel
  • Kamu bisa memilih satu saja yang yang kamu inginkan, lalu isi identitas kamu dengan lengkap
  • Aktivasi akun kamu melalui email ataupun kode yang dikirimkan ke nomor ponsel kamu
  • Yey, akun sudah ready. Kamu sudah mulai bisa merintis toko jualan.

Jika sudah membuat akun, maka untuk membuka toko kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Yuk ikuti cara jualan di tokopedia tanpa modal berikut.

1. Klik Pilihan Buka Toko Gratis

Jika sudah memiliki akun tokopedia, kamu bisa langsung membukanya. Jika belum, silahkan daftar dulu ya dear, caranya mudah seperti yang di atas. Karena memiliki akun adalah syarat pertama yang harus kamu lakukan.

2. Tentukan Nama dan Link Tokomu

Kamu harus memberikan nama toko yang belum dipakai oleh toko manapun. Kamu bisa mencari ide semenarik mungkin ya, kalau bisa beri nama yang mudah diingat dan simple.

3. Lengkapi Informasi Toko

Agar lebih menarik, kamu harus melengkapi slogan, deskripsi toko, dan logo terbaik.

Semua hal ini tentu akan menjadi pusat perhatian juga bagi calon pelanggan. Berikan informasi toko sedetail dan sebaik mungkin.

4. Isi Informasi Pengiriman

Kamu bisa memasukkan alamat toko, dalam hal ini bisa memasukkan alamat rumah kamu ya, kemudian kamu bisa menandai lokasi di petanya, supaya calon pelanggan mengetahui dan memperkirakan biaya ongkos kirimnya.

5. Pilih Layanan Kurir Terdekat

Kamu juga harus memasukkan kurir yang bisa dipilih oleh calon pelanggan ya. Saran saya, masukkan sebanyak mungkin pilihan kurir dear, karena jika semakin banyak pilihannya, tentu akan membuat calon pelangan merasa puas dan nyaman ketika berbelanja.

6. Upload Katalog Produk yang akan dijual

Yes, kamu sudah ada di tahap terakhir cara berjualan di tokopedia. Kamu harus mengisi katalog jualan di toko kamu dong ya.

Masukkan produk yang siap dijual dan siap dikirim oleh toko, cantumkan harga juga ya. Jangan lupa untuk mengisi deskripsinya, begitupun informasi lainnya. Yuk buka toko, tunggu pesanan masuk ya dear.

Kelebihan dan Manfaat Jualan di Tokopedia

Kelebihan dan Manfaat Jualan di Tokopedia
source: tokopedia.com

Agar kamu lebih yakin, sebagai penutup saya berikan kelebihan kalau kamu memilih berjualan di Tokopedia daripada e-commerce lainnya.

Pertama, karena Tokopedia menjadi salah satu marketplace atau e-commerce dengan pengunjung terbanyak se tanah air loh.

Dilansir dari situs resmi ekonomi.bisnis.com, setidaknya ada 86 juta pelanggan yang selalu setia mengunjungi website Tokopedia di setiap bulan.

Sehingga potensi untuk semua pedagangnya sangat besar dong.

Tapi kalau kamu ingin toko kamu bisa lebih menghasilkan, juga sangat baik kalau membuka toko di e-commerce lainnya sih, agar produk yang kamu jual bisa dijangkau lebih banyak orang.

Prinsip jualan online di marketplace sebenarnya begini, ketika kamu membuka toko di banyak saluran, maka peluang mendapatkan penghasilan lebih banyak akan semakin besar.

Jelas ya dear. Kamu sudah mulai bisa buka toko jika sudah mengikuti langkah langkah di atas.

Masalah sulitnya mendapatkan pelanggan di awal tak perlu membuat semangat kamu surut, justru seharusnya kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai tantangan.

Jika toko lain yang juga mulai dari 0 saja bisa semakin besar, kenapa kamu tidak bisa? Ia kan? Let’s do it!

Sekian

Inti jualan itu promosi dear. Semakin gencar kamu promosi, semakin besar peluang mendapatkan pembeli.

Jadi jangan ragu juga buat share jualan di akun media sosial kamu, atau di forum forum jual beli online, terutama facebook.

Grup jual beli di facebook merupakan sebuah wadah paling mudah untuk menawarkan produk yang kamu punya.

Justru kamu juga akan melihat ada banyak yang jualan di sana dengan produk yang beragam. Sertakan caption semenarik mungkin, cantumkan harga, kontak, dan kelebihan produk yang kamu tawarkan.

Dijamin, tak berapa lama akan ada yag menghubungi kamu di ponsel, wa, atau messenger.

Lau bagaimana proses pemesanannya?

Gampang kok, kamu tinggal arahkan mereka ke tokopedia saja, atau kamu bisa berikan link toko kamu. Mudahkan?

Selamat mencoba, semoga bisa membantu.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.