Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya

3 min read

cara-kerja-pembangkit-listrik-tenaga-surya

Pembangkit listrik tenaga surya atau yang biasa disebut PLTS merupakan pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Lalu, bagaimana sih cara kerja pembangkit listrik tenaga surya tersebut?

Baik, pada pembahasan kali ini kita akan bersama-sama mempelajari tentang cara kerja pembangkit listrik tenaga surya, dan juga, bagaimana sih pemanfaatan tenaga surya itu?

Namun sebelum menuju pembahasan cara kerja PLTS, alangkah baiknya jika kalian terlebih dahulu membaca kata pengantar mengenai pengertian dari PLTS yang sudah dipaparkan berikut ini:

Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

pengertian-pembangkit-listrik-tenaga-surya
tatapowersolar.com

Apa itu pembangkit listrik tenaga surya? Pembangkit listrik tenaga surya adalah, pembangkit listrik yang memanfaatkan energi surya (sinar matahari) yang kemudian dirubah menjadi energi listrik.

Untuk membuat pembangkit listrik yang satu ini dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama yaitu secara langsung dengan menggunakan fotovoltaik. Sedangkan cara yang kedua yaitu secara tidak langsung, dengan menggunakan pemusatan energi surya.

Apa itu Fotovoltaik?

Fotovoltaik adalah suatu sektor teknologi dan penelitian yang berhubungan dengan aplikasi panel surya untuk energi, dengan mengubah sinar matahari untuk dijadikan energi listrik.

Sementara itu, fotovoltaik  beberapa tahun belakangan ini telah meluas secara dramastis, karena permintaan yang terus meningkat terhadap sumber energi bersih.

Fotovoltaik secara langsung akan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik dengan menggunakan efek fotolistrik.

Sedangkan pemusatan energi surya, yaitu dengan cara menggunakan sistem lensa atau cermin yang dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk bisa memfokuskan sinar matahari pada satu titik agar dapat menggerakan mesin kalor (panas).

Lalu, listrik yang kita gunakan saat ini darimana?

Listrik yang saat ini gunakan, merupakan hasil dari proses pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batubara, gas bumi, dan lain sebagainya. Sehingga hasil pembakaran tersebut akan menghasilkan gas karbon dioksida, dan itu dapat memberikan dampak buruk terhadap lingkungan atau alam.

Oleh sebab itu, pemanfaatan listrik tenaga surya saat ini dinilai sebagai salah satu alternatif yang dapat membantu pencegahan terjadinya pemanasan global.

Bagaimanakah Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya?

cara-kerja-pembangkit-listrik-tenaga-surya
id.solarsystem-supplier.com

Di dalam cara kerjanya, pembangkit listrik tenaga surya ini tidak dapat menghasilkan energi listrik secara langsung. Selain itu, proses dari pengubahan energi sinar matahari menjadi energi listrik ini juga membutuhkan proses yang cukup rumit.

Ada dua macam cara yang biasa dilakukan oleh PLTS:

Pertama adalah PLTS termal, yang dimana cara kerjanya adalah mengumpulkan panas matahari, yang kemudian digunakan untuk memanaskan sebuah cairan.

Lalu, uap yang dihasilkan dari cairan tersebut akan digunakan untuk menggerakan generator yang akan menghasilkan listrik.

Kedua adalah PLTS fotovoltaik, yang dimana dalam cara kerjanya akan digunakan alat untuk menangkap energi panas matahari. Kemudian akan langsung dikonversikan untuk menjadi energi listrik.

Cara yang kedua atau jenis PLTS fotovoltaik ini memang telah diakui lebih efektif dan cepat dalam menghasilkan listrik daripada PLTS termal.

Memang cukup rumit, namun seperti itulah konsep cara kerjadi dari pembangkit listrik tenaga surya.

Pemanfaatan Energi Surya

mengapa-energi-surya-bisa-menjadi-energi-listrik
jakson.com

Diketehui bahwa ternyata bumi memiliki dua jenis energi surya, yaitu energi surya aktif dan energi surya pasif.

Untuk penggunaan sistem energi surya yang pasif, kalian tidak perlu mempersiapkan peratalan khusus untuk bisa menerima energi surya tersebut. Misal energi pasif adalah, saat kalian memarkirkan motor di bawah terik panas matahari kemudian jok motor otomatis menjadi panas.

Sedangkan untuk energi surya aktif, kalian tentunya membutuhkan cara dan peralatan untuk dapat mengumpulkan energi dari matahari tersebut kemudian menyimpannya.

Cara kerja dari PLTS termal maupun fotovoltaik sendiri juga menggunakan sistem energi surya aktif. Selain itu, PLTS tersebut pastinya juga membutuhkan alat-alat khusus agar dapat menyerap energi matahari dan meminimalisir pemantulan sinarnya. Kemudian dari situ, energi yang diserap akan dikumpulkan dan diproses hingga akhirnya menjadi listrik.

Saat ini panas energi matahari sudah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari yang lebih modern. 

Bukan hanya sekedar sarana untuk mengeringkan pakaian saja, namun juga dapat dimanfaatkan untuk menghangatkan rumah pada saat malam hari. Terutama untuk rumah-rumah yang berada di dataran tinggi.  Pemanfaatan tersebut diberi nama dengan rumah kaca panas surya.

Mengapa Menggunakan Tenaga Surya?

cara-kerja-pembangkit-listrik-tenaga-surya
solarnation-id.com

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa Indonesia adalah negara yang beriklim tropis dan memiliki karunia berupa sinar matahari. Betapa tidak? Hampir setiap wilayah sampai pelosok Indonesia, matahari senantiasa menyinari dari pagi sampai sore hari.

Lalu apa hubungannya? Sebagaimana yang sudah kita bahas di atas, bahwa pembangkit listrik tenaga surya merupakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan sangat menjajikan. Karena dapat menjadi salah satu alternatif untuk menggantikan pembangkit listrik tenaga uap (dengan batubara dan minyak).

Energi dari matahari yang dipancarkan dapat diubah menjadi energi listrik dengan memanfaatkan panel surya.

Perkembangan teknologi dalam pembuatan panel surya yang lebih baik dari tingkat efesiensi, pembuatan aki yang tahan lama, serta pembuatan alat elektronik yang dapat menggunakan dirrect current adalah hal yang sangat menjajikan.

Namun pada saat ini, penggunaan tenaga matahari (solar celldirasakan masih mahal, dikarenakan tidak adanya subsidi. Sedangkan listrik yang saat ini masih kita gunakan adalah listrik bersubsidi.

Tapi bayangkan, perusahaan atau penambangan minyak tanah, batubara (berdampak merusak lingkungan). Selain itu, pembuatan pembangkit listrik tenaga uap, distribusi tenaga listrik, yang semuanya juga tidak dibangun dengan biaya murah.

Karenanya, mengapa disarankan untuk menggunakan energi listrik tenaga surya adalah, karena pembangkit listrik tenaga surya memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Energi yang terbarukan (tidak pernah habis)
  • Bersih (ramah lingkungan)
  • Panel surya berumur panjang (investasi jangka panjang)
  • Praktis, tidak memerlukan banyak perawatan
  • Sangat cocok untuk daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia

Oleh karena itu, pembangkit listrik tenaga surya sangan disarankan untuk turut kalian gunakan. Karena dengan penggunaan energi surya tersebut, kalian dapat mengurangi pemanasan global dan lebih ramah terhadap lingkungan.

Sekian

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara kerja pembangkit listrik tenaga surya yang dapat kalian pelajari. Selain pembahasan tersebut, kalian juga dapat mempelajari pembahasan mengenai pembangkit listrik tenaga air dan pembangkit listrik tenaga angin yang telah ditulis dalam bentuk karya ilmiah.

Alhamdulillah, semoga pembahasan tersebut dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.