Cara Memasukkan Produk ke Supermarket Beserta Persiapannya

Generasi muda saat ini cenderung lebih senang untuk berbelanja di supermarket ketimbang di pasar tradisional. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak perusahaan yang ingin memasukkan produknya ke supermarket. Penasaran bagaimana caranya? Simaklah ulasan berikut tentang cara memasukkan produk ke supermarket dan juga persiapannya.

Persiapan Sebelum Memasukkan Produk ke Supermarket

Supermarket memiliki aturan yang cukup ketat terhadap produk apa saja yang akan dijual. Produk-produk tersebut juga harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan agar bisa dimasukkan dan dijual di supermarket. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut adalah pembahasannya:

1. Siapkan Dokumen

Ada sebuah persyaratan yang umumnya diperlukan dalam upaya memasukkan produk ke dalam berbagai supermarket yakni dokumen.

Dokumen umum yang diperlukan biasanya berupa KTP dari Pemohon, NPWP perusahaan, Surat Keterangan, SIUP, beserta surat-surat lainnya.

Pada produk pangan juga biasanya harus disertai dengan label sertifikasi halal yang dikeluarkan MUI dan keterangan kesehatan dari Kementrian Kesehatan. 

2. Siapkan SDM yang Mumpuni

Pastikan perusahaan memiliki SDM yang mumpuni sebelum memasukkan produk ke dalam pasar modern.

Calon supplier setidaknya harus sudah memiliki SDM Delivery, Promosi, Merchandise dan lainnya. Berbagai SDM tersebut diperlukan dalam memastikan produk dapat sampai dengan baik kepada konsumennya.

3. Gudang Persediaan

Warehouse atau biasa disebut gudang persediaan ini penting dalam upaya menjaga stok barang. Seringkali dalam berbagai kasus, perusahaan ritel atau dalam hal ini supermarket, sering meminta barang secara tiba-tiba untuk disuplai pada saat itu juga.

Hal tersebut bisa diantisipasi dengan adanya gudang persediaan tersebut. Selain itu gudang ini berfungsi juga untuk menjaga kualitas barang agar tidak cepat rusak.

4. Perizinan

Hal lain yang harus dipersiapkan sebelum memasuki cara memasukkan produk ke supermarket adalah mengurusi perizinan.

Pastikan produk sudah melengkapi seluruh perizinan yang ada. Biasanya perizinan ini akan ditanyakan oleh perusahaan ritel sebagai syarat untuk produk yang akan masuk ke dalam supermarket.

Perizinan tersebut diantaranya ada NPWP, SIUP, serta Tanda Perusahaan Terdaftar. Untuk barang konsumsi seperti bahan makanan, dan minuman harus disertai izin dari kementerian kesehatan dan juga BPOM.

Ada juga yang tidak kalah penting adalah melengkapi sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh MUI.

5. Pengiriman

Banyak perusahaan ritel yang menuntut agar supplier bisa mengalirkan produk dengan lancar tanpa hambatan.

Untuk mengatasi hal ini, sebagai pemasok harus memiliki armada pengiriman yang memadai untuk menjaga suplai produk lancar dan terkendali.

Armada ini bukan hanya pada jumlah pekerja saja, namun harus disertai fasilitas pengiriman yang mumpuni untuk memperlancar pengiriman.

Cara Memasukkan Produk Ke Supermarket

Setelah segala persiapan untuk memasukan produk dipersiapkan dengan matang, selanjutnya adalah proses memasukkan produk ke supermarket yang dituju.

Pada cara ini, mungkin setiap perusahaan ritel menganut sistem yang berbeda dalam proses memasukkan produk ke dalam supermarket.

Pemilik produk perlu mengunjungi kantor pusat dari perusahaan ritel yang akan dituju. Hubungi bagian pembelian dari perusahaan tersebut, hal ini karena yang bertanggung jawab menerima produk yang ditawarkan adalah bagian tersebut.

Pastikan lakukan penawaran yang meyakinkan dan mengikuti mekanismenya seperti berikut:

  • Membawa surat permohonan dan persyaratan yang diminta.
  • Bawa sample produk dan jelaskan dengan rinci tentang produknya.
  • Tunggu permohonan disetujui.
  • Jika disetujui, pemohon akan menerima Purchase order.
  • Pemohon diberi data untuk waktu pengiriman dan jumlah yang perlu dipasok.
  • Pemberian listing fee dari perusahaan kepada pemohon akan diberikan.
  • Setelah mendapat listing fee, pemohon dapat menerima nomor supplier dan nomor registrasi produk sebagai produk terdaftar.
  • Perusahaan memberikan waktu dan metode pembayaran.

Nah itu dia bagaimana cara memasukkan produk ke supermarket beserta cara mempersiapkannya. Memasukkan produk ke supermarket bukanlah perkara mudah, seringkali produk ditolak karena beberapa alasan. Maka dari itu pastikan lakukan persiapan yang matang sebelum memasukkan produk ke supermarket.

Tinggalkan komentar

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.