cara membuat literature review

Cara Membuat Literature Review yang Baik & Benar

Cara membuat literature reviewLiterature review atau yang biasa disebut dengan studi pustaka, akan sangat diperlukan untuk memberikan dasar/landasan yang kuat mengenai kenapa kita memilih tema tertentu.

Selain itu, kenapa kita juga menerapkan metode tertentu dan bukan menerapkan metode yang lainnya. Atau sekedar memberikan dasar/ landasan teori yang menjadi fondasi lingkup pekerjaan yang ingin kita laporkan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas mengenai apa itu literature review? Dan apa saja langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam membuatnya?

Tidak perlu lama-lama, yuk langsung simak pembahasannya!

Apa itu Literature Review?

pengertian literature review
pixabay

Pengertian literature review adalah, uraian mengenai sebuah teori, atau temuan yang didapat dari bahan acuan untuk dijadikan sebagai landasan kegiatan penelitian.

Hali ini bertujuan, untuk menyusun sebuah kerangka pemikiran yang jelas dari perumusan masalah yang akan diteliti.

Sedangkan menurut sumber yang lain mengatakan, literature review adalah, analisa berupa kritik yang bersifat membangun ataupun menjatuhkan dari penelitian yang sedang dilakukan pada topik khusus.

Maka perlu Anda ketahui bahwa, literature review atau studi pustaka bukan sebuah rangkuman, Namun cerita ilmiah yang memuat kritik dan evaluasi.

“Literature review adalah, sebuah cerita ilmiah terhadap suatu permasalahan tertentu.”

Di dalam kampus, literature review atau studi pustaka ini merupakan istilah yang sering digunakan oleh mahasiswa ketika sedang mengerjakan sebuah skripsi, tesis, ataupun disertesi.

Bukan hanya mahasiswa, namun dosen dan peneliti juga fasih dalam menggunakan istilah ini. Karena, di dalam lingkungan akademisi sangat dekat dengan perilaku tersebut.

Tujuan Literature Review Dibuat

tujuan-dibuatnya-literature-review
pixabay

Tujuan dibuatnya literature review adalah, untuk meyakinkan pembaca mengenai ide dan gagasan tulisan yang akan diketengahkan dalam sebuah penelitian.

Kemudian, apa saja kelebihan dan kekurangan dari riset Anda tersebut daripada riset-tiset lainnya yang pernah ada sebelumnya.

Selain itu, sebagai sebuah karya tulis, tentu literature reveiw tidak dapat dibuat dengan cara asal susun, tempel sana tempel sini. Namun, ada cara yang perlu diperhatikan dan harus ada alur yang halus agar mudah dipahami oleh pembacanya.

Kegunaan atau tujuan dari literature review, selain akan memperluas cakupan pengetahuan bagi penulisnya, juga akan mengasah kemampuan penulisnya dalam mencari sebuah informasi dan melakukan taksiran kritis.

Karena, di dalam mencari sebuah informasi, terdapat seni dan cara tersendiri. Kita tidak boleh asal comot informasi begitu saja.

Oleh karena itu, sebagai seorang peneliti atau pembuat literature reviewkita harus memastikan bahwa apa yang kita catat tersebut berasal dari penerbitan yang terpercaya.

Misalnya macam-macam karya ilmiah seperti:

  • Jurnal
  • Laporan penelitian
  • Buku
  • Proseding seminar
  • Dan lain sebagainya

Selain itu, masing-masing sumber yang akan kita buat juga harus dilihat, siapa penulisnya dan pada tahun berapa penulisannya.

Kita juga harus mempunyai prinsip dasar, apa saja yang akan kita masukan ke dalam literature reivew tersebut.

Cara Membuat Literature Review

cara membuat literature review
pixabay

Sebelumnya, pastikan sedikit banyak Anda sudah dapat memahami tentang pengertian dan tujuan dari literature review di atas.

Jika sudah, mari kita masuk pada pembahasan tahap atau langkah-langkah yang harus diperhatikan di dalam pembuatannya. Berikut adalah penjelasannya.

1. Mencari Sumber Untuk Bahan Literature Review atau Studi Pustaka

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah, mencari sumber atau bahan untuk membuat literature review tersebut.

Sumber atau daftar pustaka yang paling bagus adalah buku, artikel, atau jurnal yang sudah pernah direview.

Misalnya adalah contoh yang ada pada pembahasan cara mereview jurnal, ataupun cara mereview buku.

Selain itu juga ada artikel procedings yang telah di peer review, dan technical report dari institusi pendidikan atau organisasi lainnya yang berhak untuk mengeluarkan.

Kemudian, perhatikan terlebih dahulu secara sekilas, apakah sumber-sumber tersebut sudah sesuai dengan literature review yang akan dibuat.

Agar lebih mudah, hal-hal yang perlu diperhatikan untuk melihat kesesuaian sumber-sumber tersebut antara lain adalah:

  • Daftar isi
  • Abstrak 
  • Heading
  • Sub-heading
  • Atau document statement (kalimat terpenting di dalam sebuah tulisan, biasanya terdapat pada bagian akhir pendahuluan dari sebuah tulisan).

2. Mengevaluasi Isi Dari Sumber-sumber yang Didapat

Jika Anda sudah mendapatkan referensi atau sumber untuk pembahasan, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi isinya.

Dalam mengevaluasi, pastikan Anda melakukannya secara objektif. Beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat proses evaluasi sumber ini adahalah, dengan melakukan teknik skimming.

Mengapa menggunakan teknik skimming?

Karena tentunya, jika Anda melakukan evaluasi dengan membaca kata satu persatu, sudah pasti akan membuat Anda capek sendiri. Belum lagi dengan masalah waktu yang akan sangat lama.

Maka, cara yang dapat Anda coba untuk hal ini adalah, dengan membaca poin-poin penting yang ada di dalam sumber dengan bantuan teknik skimming.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menemukan inti-inti pembahasan dari sumber tersebut.

3. Membuat Summary Terhadap Isi Sumber-sumber Tersebut

Pada poin ketiga, jangan lupa untuk membuat summary (rangkuman). Hal ini bertujuan, untuk Anda jadikan sebagai pengingat mengenai sumber yang pernah dibaca. Sehingga saat Anda akan menulisAnda tidak perlu repot-repot untuk mengulang atau membaca sumber lagi.

Adapun hal-hal yang perlu untuk Anda catat di dalam rangkuman adalah:

  • Penulis
  • Tahun
  • Judul
  • Sumber (Buku, Jurnal, Proceddings, dan Technical Report)
  • Tulisan yang dibaca
  • Tujuan penelitian
  • Metode penelitian
  • Hasil penelitian
  • Kesimpulan
  • Saran

5. Menulis Literature Review atau Studi Pustaka

Pada tahap ini, rangkuman yang telah Anda tulis pada tahap sebelumnya, dapat dipergunakan sepenuhnya untuk menulis. Namun tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hal-hal yang dapat Anda masukkan dalam penulisan antara lain adalah, persamaan dan perbedaan antara pengarang dan dan penelitian mereka, penelitian mana yang saling mendukung, dan penelitian mana yang saling bertentangan, pertanyaan yang belum terjawab, dan lain sebagainya.

Untuk memenuhi hal-hal tersebut, Anda dapat menata rangkuman dan mengelompokkannya berdasarkan beberapa kriteria:

  • Berdasarkan pada tema penelitian
  • Jenis penelitian
  • Pendukung atau penentang
  • Dan lain sebagainya.

Satu hal yang dapat Anda jadikan sebagai tips selama penulisan adalah “PARAPHRASING” (yaitu melakukan pengungkapan ulang terhadap pernyataan orang lain dengan menggunakan cara yang berbeda dari aslinya).

6. Evaluasi Literature Review atau Studi Pustaka yang Sudah Dibuat

Hasil sepertia apa sudah Anda dapatkan setelah menulis

Coba Anda lakukan evaluasi kembali, mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Tuliskan sebisa mungkin hal-hal yang sekiranya memang perlu untuk ditambahkan, dan kurangi jika memang ada yang perlu untuk dikurangi.

Jika sudah, Anda bisa memperbaiki keseluruhannya.

Pada evaluasi ini, nilainya sangat penting. Karena dengan mengevaluasi kembali literature review atau studi pustaka yang sudah Anda buat, Anda dapat melihat kekurangan atau kesalahan yang ada.

Dikhawatirkan jika Anda tidak mengevaluasinya, bisa saja terdapat kesalahan-kesalahan fatal pada penulisan metode ataupun bagian-bagian lainnya.

Sekian

Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian, tujuan, dan cara membuat literature review yang baik dan benar serta dapat Anda jadikan sebagai acuan ataupun referensi.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut, dapat membantu Anda dalam menyusun dan membuat literature review yang sesuai dengan kaidah sesungguhnya.

Selain itu Anda juga dapat membaca pembahasan lain mengenai review text film untuk menambah wawasan Anda dalam hal review.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.