Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

11+ Cara Menabung Agar Dapat 10 Juta Dalam Setahun

5 min read

Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun

Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun – Hemat merupakan salah satu gaya hidup yang sangat tepat, baik itu bagi pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau siapapun, karena hanya dengan gaya hidup ini kamu bisa menabung dan mewujudkan semua mimpi dan harapanmu sendiri.

Sampai kini, sepertinya hampir semua orang mendambakan bisa menerapkan gaya hidup hemat, tapi sayangnya, tak sedikit pula yang menjadikan keinginan keren ini hanya sebatas wacana alias ditunda terus-menerus.

Apakah kamu juga merasakannya? Jika ya, maka kamu tidak sendiri kok. Karena di luaran sana juga ada banyak sekali orang yang sudah mencoba berkali-kali untuk memulai hidup hemat tapi gagal terus.

Hal ini bisa saja terjadi karena memang komitmen yang kurang atau malah caranya yang salah. So, buat kamu yang sudah berusaha keras buat menabung tapi masih terus gagal, tak ada salahnya mengikuti cara menabung 10 juta dalam setahun yang akan dibahas pada artikel ini.

Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun

Saat ini, ada banyak sekali cara menabung 10 juta dalam setahun yang bisa kamu lakukan.

Bahkan mungkin, beberapa cara menabung 10 juta dalam setahun yang akan dibahas berikut ini sudah ada yang kamu terapkan namun masih juga gagal.

Tapi nggak ada salahnya membaca artikel ini loh, karena siapa tahu kamu akan menemukan sesuatu yang berbeda di artikel ini. Hehehe. Ia kan? So, yuk simak cara menabung 10 juta dalam setahun berikut.

1. Harus Dipaksa

Terkadang, ada beberapa hal yang memang harus kamu paksakan dalam hidup hanya agar kamu bisa mewujdukannya. Salah satunya ya menabung.

Yap, kamu harus mulai menabung dengan cara memaksakan diri.

Mungkin, bagi kamu yang memiliki hobi dan kesenangan berbelanja, hura-hura, hunting, atau bersenang-senang, menabung adalah salah satu hal yang cukup berat, karena itu artinya, uang untuk kamu bersenang-senang akan secara otomatis terpotong.

Tapi, tetaplah memaksakan diri untuk menabung, karena hidupmu tak akan selamanya berjalan mulus, sebab masalah finansial bisa datang tiba-tiba.

Memang, tak ada satupun manusia yang ingin terkena masalah dan mengeluarkan uang untuk menyelesaikannya, tapi bagaimanapun, yang namanya hidup pasti tak akan pernah baik-baik saja.

Masalah bisa datang kapanpun dia mau, maka untuk mengantisipasi, cobalah untuk mulai menabung, agar ketika tiba-tiba ada masalah kamu bisa mengatasinya dengan mudah.

2. Menyisihkan Uang di Awal Bulan

Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun

Cara menabung 10 juta dalam setahun yang selanjutnya adalah dengan menyisihkan uang di awal bulan.

Kenapa meski di awal bulan? Ya, karena hanya dengan menyisihkan uang tabungan di awal bulan, akan membuat kamu lebih cerdas dalam mensiasati keuangan.

3. The Power of Rp. 20.000

Tahukah kamu bahwa, bahwa uang Rp. 20.000 bisa menjadi Rp. 10 juta jika terus ditabung?

Kelihatannya mungkin agak tidak mungkin ya, padahal bisa loh, asalkan kamu mempunyai strategi yang tepat sebelum menabung.

Angka Rp. 20.000 bisa kamu jadikan patokan ketika ingin menabung Rp. 10 juta dalam setahun, dan sangat cocok bagi kamu yang enggan menabung langsung dengan nominal besar.

Caranya bagaimana? Gampang kok. Cukup simpan Rp. 20.000 sehari ke sebuah tempat yang tidak mudah dijangkau, misalnya di celengen.

Bayangkan, jika kamu rutin melakukannya, maka dalam sebulan, kamu bisa menyimpan uang sebanyak Rp. 600.000, maka dalam setahun kamu bisa menghasikan Rp. 7.200.000.

Maka, untuk mensiasasti sisanya yang Rp. 2.800.000, kamu bisa melakukan hal lain, misalnya dengan sengaja menyelipkan uang Rp.10.000 ke kantong celana.

Pokoknya, jika kamu memiliki uang Rp. 10.000, silahkan selipkan ke kantong. Maka, dengan cara menabung 10 juta setahun yang satu ini kamu bisa memenuhi target tanpa terbebani.

4. Membuat Rencana

Rencana merupakan sebuah hasil proses perencanaan, yakni berupa daftar sederhana tentang berbagai hal, misalnya apa yang akan dilakukan, dimana, bagaimana, hingga seperti apa realisasinya.

Nah, dalam menabung, kamu juga perlu mengatur sebuah rencana loh, karena dengan membuat rencana keinginan dan target kamu bisa terwujud dengan mudah.

Buatlah rencana menabung yang memang bisa kamu terapkan.

Kamu bisa melakukan penghitungan yang matang terlebih dahulu nominal target yang harus kamu capai dalam setahun, contohnya adalah Rp. 10 juta.

5. Mengurangi Nongkrong dan Jalan-jalan

Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun

Cara menabung 10 juta dalam setahun yang selanjutnya adalah dengan mengurangi nongkrong dan jalan-jalan.

Saat ini, nongkrong dan jalan-jalan telah menjadi sebuah gaya hidup. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh semakin banyaknya bermunculan tempat nongkrong yang instagramable dan tempat jalan-jalan yang menarik, sehingga semua orang merasa harus menyinggahinya hanya karena ingin terlihat ngetrend.

So, jika selama ini kamu juga telah menjadikan nonkrong dan jalan-jalan sebagai gaya hidup, stop deh mulai dari sekarang.

Ya kalau sekali-kali mah, oke. Tapi kalau terlau sering, jangan ya dear, karena yang namanya nongkorng dan jalan-jalan pasti butuh biaya, paling nggak Rp. 50.000 nggak kemana, ia kan?

Itu kalau kamu tinggalnya di daerah Jawa, lah kalau tinggal di daerah Sumatera, Kalimantan, dan kota lain, pasti harus ngeluarin uang lebih dari Rp. 50.000.

Percaya deh, yang namanya jalan-jalan, nongkrong itu butuh biaya yang nggak sedikit.

So, yuk mulai mengurangi kegiatan ini ya, daripada dibuat untuk hura-hura, mending ditabung. Kan lumayan tuh.

Bayangin kalau dalam seminggu kamu jalan-jalan dua kali, itu artinya kamu sudah ngeluarin uang Rp. 100.000 dalam seminggu cuma buat senang-sennag. Sesekali boleh kok. agendakan saja sebulan sekali.

Baca Juga:

6. Kurangi Kebiasaan Menggesek Kartu Debet/ Kredit

Cara menabung 10 juta dalam setahun yang berikutnya ialah dengan mengurangi kebiasaan menggesek kartu debet atau kartu kredit.

Di zaman yang serba canggih ini kamu pasti sering sekali mendengar kalimat ‘bisa gesek nggak buk?’ Ketika sedang ada di minimarket ataupun pusat perbelanjaan. Ia kan?

Memang, bertransaksi dengan menggunakan kartu debet atau katu kredit lebih mudah, tapi akan membuat kamu lebih ceroboh ketika berbelanja, sehingga kadang tanpa sadar pengeluaran kamu sudah jauh dibatas anggaran.

7. Memulai Pola Hidup Sederhana

Cara Memulai Pola Hidup Sederhana

 

Sekaya apapun kamu saat ini, bisa saja hidup melarat kelak loh. Eh, ini bukan ajang mendoakan ya. Apalagi jika kamu tidak berusaha untuk mengubah pola hidup glamour menjadi pola hidup yang sederhana.

Dengan memulai pola hidup sederhana, kamu akan lebih bisa mengatur keuangan dengan tepat. Coba deh untuk hidup sederhana, nikmat loh.

Kamu akan merasa tanpa beban aja gitu. Kok bisa?

Ya karena kamu nggak perlu lagi mikirin barang branded, kamu nggak perlu mikirin konten keren untuk diupload ke sosial media, dan lain sebagainya.

Memulai pola hidup sederhana lainnya juga bisa kamu lakukan dengan mengganti barang-barang yang kamu gunakan menjadi lebih sederhana.

Misalnya, jika selama ini menggunakan sabun cair, bisa kamu ganti dengan sabun batang. Atau, jika selama ini makanya selalu di mall, cobalah untuk memasak sendiri.

Dengan menerapkan cara menabung 10 juta dalam setahun yang ini target kamu akan sangat mudah tercapai, percaya deh. Kamu bisa memulainya perlahan, nggak usah buru-buru langsung mengubah semuanya, mulai aja dari mengganti perlengkapan mandi menjadi yang lebih murah misalnya.

8. Investasi

Cara menabung 10 juta dalam setahun yang selanjutnya ialah dengan berinvestasi. Yap, investasi adalah cara yang paling tepat jika kamu ingin memperoleh tabungan 10 juta dalam setahun.

Apalagi kini, sudah banyak sekali kok jenis investasi yang bisa kamu ambil dengan modal yang terjangkau.

Dan tahukah kamu, bahwa saat ini ada banyak sekali aplikasi-aplikasi terpercaya yang siap membantu kamu untuk berinvestasi. Asli, banyak banget.

Kini, investasi yang paling digandrungi adalah emas. Hal ini karena memang harga emas cenderung stabil, sehingga sangat aman jika kamu pilih.

Aplikasi-aplikasi investasi emas yang beredar bahkan menyediakan wadah dan kesempatan bagi kamu yang ingin berinvestasi dengan nominal yang kecil loh, misalnya adalah Rp. 10.000 saja.

Baca Juga:

9. Membawa Uang Pas Ketika Berbelanja

Tips Membawa Uang Pas Ketika Berbelanja

Cara menabung 10 juta dalam setahun yang satu ini kelihatannya sederhana ya? Iya sis, memang sederhana, tapi kalau tidak kamu praktekkan juga bakalan sama aja kan?

Ketika sedang belanja, coba deh untuk membawa uang pas-pasan aja, karena biasanya, kalau kamu bawa uang yang lebih bakalan habis juga. Sehingga akan lebih bagus dan lebih baik kalau kamu membawa uang yang pas saja.

Apabila kamu membawa uang pas-pasan, maka kamu akan lebih terarah ketika berbelanja, kamu juga akan memutuskan dengan tepat apa saja yang memang meski dibeli. So, siapkan uang yang pas aja.

10. Membawa Air Mineral

Cara menabung 10 juta dalam setahun berikutnya adalah dengan membawa air mineral.

Ketika keluar rumah atau bepergian, cobalah untuk membawa air minum, sehingga uang yang seharusnya kamu belikan untuk minum bisa kamu masukkan saja ke tabungan.

Selain bisa membuat kamu mulai berhemat, dengan membawa air mineral juga mempunyai berbagai dampak yang baik loh, baik itu terhadap kesehatan tubuh, juga terhadap kesehatan bumi kita.

Kok bisa? Bisa dong, karena dengan membawa air mineral sendiri itu artinya kamu tidak menyumbang sampah plastik ke bumi kita. Keren kan ya?

Yuk mulai jadikan kebiasana keren ini sebagai gaya hidup modern.

11. Mencari Promo dan Diskon

Yang terakhir adalah dengan mencari promo dan diskon. Cara menabung 10 juta dalam setahun ini sangat mudah kan?

Kamu hanya dituntut untuk update saja, itu tok. Ikuti berbagai akun sosial media minimarket atau tempat makan, sehingga ketika ada promo kamu bisa langsung mengetahuinya.

Dengan demikian, uang yang seharusnya kamu keluarkan hari itu bisa dialokasikan ke dalam tabungan.

Atau, agar kamu lebih mudah untuk mendapatkan diskon dan promo, cobalah untuk daftar menjadi member di beberapa minimarket atau supermarket, sehingga akan ada banyak promo yang bisa kamu peroleh dan kemudian ditukarkan menjadi barang-barang menarik.

Sekian

Bagaimana, gampang-gampang toh cara menabung 10 juta dalam setahunya? Gampang aja sih, asal kamu memang mempunyai komitmen dan keinginan yang kuat.

Mulai sekarang, sebelum mulai menabung, cobalah untuk mempelajari dahulu, cari tahu, kenapa sebenarnya kamu harus menabung, apa keguanaan menabung, dan seluk beluk menabung.

Dengan mengetahi hal-hal tersebut proses menabung kamu akan lebih mudah dan enjoy, sehingga semua target akan terwujud dengan lancar dan pola hidup mulai beurbah menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat ya, yuk mulai menabung dari sekarang dan rasakan manfaatnya.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.