Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Cara Cerdas Menabung 50 Juta Dalam Setahun Agar Bisa Terwujud

5 min read

Cara Jitu Menabung 50 juta Dalam Setahun

Pernahkah nggak sih kamu terfikir untuk menabung 50 juta dalam setahun? Kelihatannya kayak nggak mungkin, apalagi kalau kamu punya hobi shopping, hunting, dan eating di atas rata-rata. Ia kan?

Tapi bagaimanapun, saya rasa keinginan untuk menabung 50 juta dalam setahun adalah impan semua orang, termasuk kamu yang punya hobi dan kebiasaan di atas.

Kalaupun sampai detik ini belum pernah terbesit keinginan nabung, ada baiknya kamu fikir-fikir lagi deh, karena hidup bukan cuma soal hari ini, dan hidup itu punya sisi-sisi yang nggak bisa kita tebak alurnya.

Misalnya saat ini hidup kamu sedang enak nih, kan belum tentu dua minggu ke depan juga enak. Paling tidak, hal ini bisa kamu jadikan acuan, kenapa kamu harus mulai menabung.

Nah, bagi kamu yang pernah terbesit keinginan untuk nabung 50 juta setahun, yuk simak beberapa Cara Menabung 50 Juta dalam setahun berikut ini.

Tapi cara menabung 50 juta dalam setahun di bawah ini tidak menutup kemungkinan untuk dipraktekkan oleh kamu yang belum mempunyai keinginan menabung ya.

Cara Jitu Menabung 50 juta Dalam Setahun

1. Membagi Penghasilan menjadi Beberapa Pos

Cara menabung 50 juta dalam setahun yang pertama adalah dengan membagi penghasilan menjadi beberapa pos. Cara ini merupakan teori yang dibuat oleh professor Elizabeth Warren, seorang pakar keuangan di kampus ternama, Harvard. Professor Elizabeth Warren menyarankan kamu untuk membagi tiga post keuangan kamu, yakni,

  • Kebutuhan Sehari-hari

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyisihkan post pertama sebanyak 50% untuk seluruh kebutuhan selama sebulan, seperti biaya makan, sabun, tempat tinggal, listrik, dan sebagainya.

Intinya, 50% ini harus kamu alokasikan untuk seluruh kebutuhan yang sifatnya tidak bisa kamu gantikan.

  • Tabungan

20% yang lainnya bisa kamu sisihkan untuk tabungan atau investasi.

  • Gaya Hidup

30% sisanya bisa kamu gunakan untuk gaya hidup, alias kebutuhan  gaya hidup kamu, misalnya nongkrong bersama teman-teman di kafe ternama.

So, sangat terlihat ya, meski kamu berusaha keras untuk menabung, bukan berarti kamu tidak boleh ini atau tidak boleh itu.

Karena tubuh kamu yang telah lelah bekerja selama sebulanan juga meski dibahagiakan agar tidak merasa jenuh dan selalu semangat ketika akan bekerja.

2. Komitmen

Cara Jitu Menabung 50 juta Dalam Setahun

Cara menabung 50 juta dalam setahun selanjutnya adalah dengan berkomitmen. Komitmen merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mewujudkan berbagai tujuan.

Ya meski terbilang sangat sulit, namun bukan berarti tidak bisa kan? Nah, komitmen juga meski kamu miliki ketika ingin menabung Rp. 50 juta sehahun.

So, kamu bisa komitmen nggak? Kalau kamu yakin, coba deh cara menabung Rp. 50 juta dalam setahun yang satu ini, tentu menabung Rp. 50 juta dalam setahun bukan sesuatu hal yang tidak mungkin.

Berbeda halnya jika kamu sama sekali tidak ingin berkomitmen, jangankan Rp. 50 juta, Rp. 5 juta setahun aja sulit.

Hal ini karena nafsu kamu akan terus menggoda untuk mengada-adakan kebutuhan dan keinginan yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Tapi, jika kamu benar-benar telah berkomitmen dan mempunyai target tabungan setahun, semua keinginan dan kebutuhan yang semu itu tak akan berarti.

Lalu salah satu penyebab kegagalan seseorang dalam mencapai target tabungannya adalah komitmen yang lemah, atau malah tekadnya tidak bulat.

Apabila kamu sudah menentukan target harus menghasilkan uang Rp. 50 juta setahun, maka patuhi, berhenti untuk mengikuti keingiann dan kebutuhan yang dbuat-buat dan tetap pegang tinggi komitmen dari awal.

3. Menyiapkan Daftar Dana

Cara Jitu Menabung 50 juta Dalam Setahun

Cara menabung 50 juta dalam setahun yang selanjutnya ialah dengan menyiapkan daftar dana.

Kamu bisa membuat berapa jumlah dana yang harus kamu sediakan, kemudian lakukan perbandingan dengan jumlah pemasukan kamu tiap bulannya.

Contohnya:

Jika kamu mempunyai keinginan menabung Rp. 50 juta dalam setahun, maka kamu bisa membandingkannya dengan uang masuk kamu yang kadang bisa saja tidak menentu karena ada pemasukan lain di luar gaji pokok.

Tak hanya itu, kamu juga meski memperjelas semua pemasukan dari luar tersebut, karena hanya dengan cara ini kamu bisa menentukan berapa jumlah uang yang bisa kamu alokasikan ke tabungan.

4. Mencari Dana yang Bisa Dialokasikan ke Tabungan

Tips Agar Bisa Menabung 50 juta Dalam Setahun

Menabung tidak hanya menuntut kamu untuk bekromitmen, tapi juga harus cerdas. Maka, cara menabung 50 juta dalam setahun yang selanjutnya adalah mencari dana yang bisa kamu alokasikan ke tabungan.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara membedah habis-habisan anggaran yang sudah kamu buat. Cari dana yang memang sifatnya tidak begitu penting, sehingga dana tersebut bisa kamu alihkan ke tabungan.

Misalnya, kamu telah membuat anggaran untuk hunting Rp. 1 juta sebulan. Maka, kamu bisa loh menahan diri dulu untuk tidak hunting sesekali.

Kamu bisa melakukan hal lain yang sifatnya tidak begitu memakan dana, misalnya dengan membaca buku seharian, mengerjakan tugas yang mungkin pernah tetunda, dan lain sebagainya.

Sehingga anggaran untuk huting tersebut bisa kamu masukkan ke dalam tabungan. Jika hal ini kamu lakukan terus menerus, tentu target tabungan kamu untuk mendapatkan uang Rp. 50 juta dalam setahun akan lebih cepat terealisasikan.

5. Tekan Gaya Hidup Konsumtif

Sampai kini, tuntutan berbagai gaya hidup kian tinggi, tak heran jika tuntutan gaya hidup menjadi salah satu hambatan terbesar dalam menabung.

Karena itu, cara menabung 50 juta dalam setahun yang bisa kamu lakukan ialah dengan menekan gaya hidup yang konsumtif.

Bahkan dalam hal ini, Bank Indonesia telah bekerjasama dengan Instansi perbankan nasional dalam mempelopori gerakan Indonesia menabung untuk menghadirkan dan menumbuhkan makna pentingnya menekan gaya hidup masyarakat yang konsumtif dan pentingnya memulai budaya menabung.

6. Membuat Tujuan yang Jelas

Membuat Tujuan yang Jelas sebelum menabung

Cara menabung 50 juta dalam setahun yang lainnya ialah dengan membuat tujuan yang jelas.

Agar kamu merasa lebih ringan ketika menabung, cobalah untuk membuat tujuan yang jelas. Karena tanpa adanya tujuan mengapa kamu menabung, bisa membuat kamu menjadi lebih malas ketika akan menyisihkan dana untuk ditabung.

Jangankan untuk berusaha mengetahui cara menabung 50 juta dalam setahun dengan benar, untuk memunculkan pikiran tentang menabung saja akan sangat sulit. Ia kan?

Padahal sebenarnya, menabung merupakan satu-satunya cara agar masa depan kamu bisa lebih jelas dan terjamin.

So, buatlah tujuan yang jelas, misalnya ialah untuk menikah menggunakan modal sendiri, membeli motor, membeli rumah, memberangkat kedua orang tua haji atau umrah, dan sebagainya.

Target-target tersebut bisa membuat kamu lebih bersemangat dalam menabung.

7. Berinvestasi

Mulai berinvestasi dari dini

Penghasilan sebulan tiap orang berbeda-beda.  Sehingga kadang, ada yang berfikir bahwa gajinya tidak akan cukup untuk memenuhi target Rp. 50 juta dalam setahun. Padahal sebenarnya bisa saja loh, asalkan kamu dapat mengembangkan uang yang kamu miliki.

Salah satunya adalah dengan investasi atau menyimpan uang kamu ke tabungan untuk jangka yang panjang.

Dengan berinvestasi, kamu bisa loh memulainya dari sekarang ke berbagai pegadaian atau di beberapa perusahaan keuangan yang sudah resmi dan terjamin legalitasnya.

Jika kamu sama sekali tidak mempunyai waktu yang senggang untuk megunjungi lembaga keuangan atau pegadaian tersebut, kamu bisa loh mencoba berinvestasi via online.

Karena selain uang yang kamu simpan aman, dengan berinvestasi online, uang kamu juga akan dikelola agar jumlahnya terus berkembnag.

8. Mencatat Semua Penghasilan dan Pengeluaran

Mencatat Semua Penghasilan dan Pengeluaran

Cara menabung 50 juta dalam setahun yang berikutnya ialah dengan mencatat semua penghasilan dan pengeluaran kamu dalam sebulan.

Dengan mencatat semua penghasilan dan pengeluaran dalam sebulan, kamu bisa mengetahui apakah ada kemajuan atau tidak.

Sehingga, kamu dapat memikirkan kembali strategi selanjutnya yang memang diperlukan agar target tabungan kamu segera tercapai.

Contohnya adalah, jika kamu ingin memiliki tabungan Rp. 50 juta setahun, maka kamu dapat menyesuaikan target tabungan kamu dengan dana yang akan kamu keluarkan dalam memenuhi seluruh kebutuhan sebulan.

Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menysuaikannya dengan semua pemasukan dalam sebulan.

9. Mencari Pekerjaan Sampingan

Mencari Pekerjaan Sampingan

Cara menabung 50 juta dalam setahun berikutnya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Namun, sebelum mencari pekerjaan sampingan, kamu meski menentukan dulu uang yang meski kamu kumpulkan tiap bulannya.

Misalnya, kamu membutuhkan uang Rp. 4.800.000 selama setahun, maka dalam sebulan kamu harus menabung sebanyak Rp. 400.000 dalam sebulan, kamu meski mendapatkan uang paling tidak Rp. 400.000.

Maka, cara menabung 50 juta dalam setahun yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan bekerja sebagai freelance menulis, karena sistem kerjanya cukup mudah.

10. Pandai-pandai Mengelola Keuangan

Cara menabung 50 juta dalam setahun berikutnya adalah dengan pandai-pandai mengelola keuangan.

Angka Rp. 50 juta bukanlah angka yang kecil. Maka, cobalah untuk pandai-pandai dalam mengelola keuangan agar dalam setahun target kamu menghasilkan Rp. 50 juta bisa terwujud.

Waktu akan terus berlalu semakin cepat, sementara itu kebutuan kamu pasti kian hari kian bertambah. Maka, kamu dituntut keras untuk pandai-pandai dalam memanage keuangan.

11. Meminta Bantuan dengan Teman atau Saudara

Cara menabung 50 juta dalam setahun terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta bantuan dengan teman ataupun saudara.

Cara ini adalah cara terkahir yang bisa dilakukan oleh kamu yang masih belum bisa konsisten dalam menabung. Meminta bantuan di sini bermakna, meminta dorongan agar bisa konsisten menabung ya.

Hal ini karena kadang ada beberapa orang yang memang kesulitan dalam menabung, dan meski ada inisiatif dari orang lain.

Maka, kamu bisa meminta bantuan berupa dorongan dari orang-orang terdekat, seperti teman atau saudara yang bisa memotivasi kamu untuk terus konsisten menabung.

Sekian

Gimana, gampangkan? Nah, cara menabung 50 juta dalam setahun tersebut bisa kamu praktekkan dalam kehidupan nyata ya.

Hal yang paling penting untuk kamu pahami adalah, semua orang mempunyai tujuannya masing-masing kenapa ia meski menabung, dan yang paling jelas adalah, semua orang meski menabung.

Dengan tujuan-tujuan yang telah kamu rancang, kamu meski cerdas dalam mengatur strategi supaya rencana menabung Rp.50 juta dalam setahun bisa terwujud.

So, sekarang mempunyai uang yang banyak bukan  lagi sekedar mimpi ya, karena kamu sudah bisa mulai mewujdukannya perlahan.

Demikian berbabagi cara menabung 50 juta dalam setahun. Mulailah dengan cara yang memang mudah menurut kamu, lalu konsisten. Karena hanya dengan konsisten dan melakukan cara menabung 50 juta dalam setahun di atas target kamu mempunyai tabungan Rp. 50 juta setahun bisa terwujud.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu atau siapapun yang ingin mulai menabung ya.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.