Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Cara Mulai Menabung Untuk Membeli Hp Bagi Pelajar

5 min read

Cara Menabung Cepat untuk Membeli HP

Cara Menabung Cepat untuk Membeli HP – Kebutuhan manusia akan informasi kian tinggi, tak heran jika kemudian mulai banyak bermunculan jenis HP baru yang bisa memenuhi kebutuhan manusia tersebut.

Setiap tahun, kita akan mendapati kabar adanya peredaran jenis HP terbaru. Sehingga sadar atau tidak, kini HP bukan hanya digunakan sebagai pemenuh kebutuhan loh, melainkan juga sebagai ajang mengikuti trend alias telah menjadi gaya hidup.

Maka tak heran kan kalau sekarang hampir semua orang mulai berlomba-lomba untuk mengupgrade jenis hp-nya ke model yang terbaru, sehingga proses browsing atau berselancar di media sosial menjadi sangat mudah.

Hanya saja, harga HP terbilang cukup mahal ya, sehingga banyak orang yang berfikir masak-masak ketika ingin mengganti jenis hp-nya, terutama bagi kamu yang masih meminta uang dari orang tua.

Daripada merasa nggak enak untuk minta, kenapa nggak coba untuk beli sendiri. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menabung. So, berikut akan kami bahas cara menabung cepat untuk membeli hp yang dapat kamu ikuti.

Cara Menabung Cepat untuk Membeli HP

Agar keinginan kamu mempunyai hp baru bisa tewujud, kamu harus mengetahui cara menabung cepat untuk memebli hp. Bingung bagaimana caranya? Yuk simak dulu caranya berikut ini.

1. Mengetahui Harga HP

Cara menabung cepat untuk membeli hp yang pertama adalah dengan mengetahui harga hp terlebih dahulu.

Hal ini karena memang harga hp cukup bervariasi, tergantung jenis yang kamu inginkan, mulai dari jutaan hingga belasan juta, dan disesuaikan dengan spesifikasi dan fitur yang ada pada hp tersebut.

So, mulailah untuk mencari tahu harga hp terlebih dahulu, sehingga kamu bisa mengatur strategi dengan baik dan mengetahui estimasi harga uang yang akan kamu keluarkan.

Apalagi harga hp di toko-toko pasti berbeda-beda dan ada perbedaan yang cukup signifikan.

So, cobalah untuk mengecek harga HP ke beberapa toko agar bisa mempunyai gambaran harga dan membandingkannya dari toko satu dengan lainnya. Hal ini agar kamu bisa mendapatkan penawaran harga yang terbaik.

2. Menabung Hingga Akhir Tahun

Cara menabung cepat untuk membeli hp berikutnya ialah dengan menabung hingga akhir tahun.

Kenapa sampai akhir tahun? Ya, karena di akhir tahun ada banyak sekali promo-promo yang mudah kamu temukan.

Karena hampir semua toko akan mengadakan promo besar-besaran sebagai bentuk syukur di akhir tahun dan semangat menyambut tahun yang baru.

Hal ini juga dilakukan sejumlah toko karena ingin menghabiskan stok hp yang ada. Nah, di akhir tahun tersebut kamu akan mendapatkan penawaran harga yang pasti jauh lebih murah dibandingkan dari hari biasanya.

Maka, setelah menabung hingga akhir tahun, kamu bisa langsung membeli hp dengan memanfaatkan momen ini untuk memperoleh hp yang telah kamu idam-idamkan.

3. Menabung Harian

Cara Menabung Cepat untuk Membeli HP

Cara selanjutnya adalah dengan menabung harian. Yap, sebagai mahasiswa atau siswa, atau status apapun yang kamu sandang, kamu bisa kok membeli hp, caranya adalah dengan menabung harian.

Sistem menabung harian ini terbilang sangat efektif dan terbilang cukup mudah.

Misalnya, ketahui dahulu harga hp yang kamu inginkan, kemudian tentukan target kapan kamu harus mempunyai dana untuk membeli hpnya, lalu bagikan jumlah harga dengan sisa waktu yang kamu miliki. Gampangkan?

Kita ambil contoh nih ya, misal kamu ingin membeli sebuah HP bermerk A yang harganya Rp. 1.500.000. Kamu harus mempunyai HP A tersebut enam bulan kemudian.

Maka, agar bisa mendapatkan HP A tersebut, kamu bisa membagikan Rp. 1.5000.000 dengan waktu enam bulan yang berjumlah 180 hari, hasilnya adalah Rp. 8.400. Sehingga, dalam sehari kamu meski menabung Rp. 8.400 saja.

Mudahkan? Yuk, mulai cari tahu dulu harga hp yang akan kamu beli, tentukan berapa lama lagi kamu akan mempunyainya, kemudian mulailah menabung dengan sistem harian. Sesimple itu gais.

4. Menjadi Freelance

Cara menabung cepat untuk membeli HP yang berikutnya adalah dengan menjadi freelance.

Istilah freelance tentu tidak lagi asing bagi kamu ya, karena memang sejak perkembangan digital, ada banyak sekali perusahaan atau toko yang mencari freelance untuk mengurusi beberapa hal, misalnya adalah mengurusi sosial media sebuah toko.

Hal ini karena saat ini nyaris semua toko atau perusahaan memanfaatkan Instagram dan media sosial lainnya sebagai ajang promosi, sehingga mereka berlomba-lomba untuk melakukan promosi terbaik.

Kemudian demi mempermudah pekerjaan karyawan, dibutuhkanlah tenaga freelance ini.

So, jika kamu mempunyai kemampuan dalam menulis, desain, dan sebagainya, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kemampuan tersebut dalam menghasilkan pundu-pundi keuangan. Sehingga uang tabungan kamu bisa bertambah dengan cepat.

Baca Juga:

5. Menentukan HP Sesuai Kebutuhan

Cara Menabung Cepat untuk Membeli HP

Meskipun gonta-ganti hp telah menjadi gaya hidup, tapi kamu tidak harus mengikutinya loh, karena kamu meski bisa memilih dan memilah gaya hidup seperti apa yang cocok dan harus kamu terapkan.

Tak semua gaya hidup baik, maka kamu harus bisa menentukan dengan bijak, dan salah satu gaya hidup yang kurang baik tersebut adalah gaya hidup yang suka gonta-ganti HP.

Maka, cara menabung cepat untuk membeli hp selanjutnya adalah dengan menentukan HP Sesuai kebutuhan.

Tentukanlah HP yang memang kamu butuhkan, bukan kamu inginkan!

6. Menabung dengan Rp. 5.000 Per Hari

Cara menabung cepat untuk membeli hp lainnya adalah dengan menabung Rp. 5.000 per hari.

Cara ini pernah kepikir nggak sih? Kalau belum, berarti sudah waktunya kamu mulai menabung Rp. 5.000 per hari deh.

Emang cukup? Mungkin sebagin besar bakalan nanya gitu.

Tenang aja, dengan nabung Rp. 5.000 per hari selama setahun kamu sudah bisa beli hp baru loh. Yap, dengan nominal yang super kecil tersebut kamu bisa megumpulkan uang Rp. 1.5 juta dalam setahun.

So, nggak perlu nunggu bertahun-tahun, cukup setahun dan dengan nominal yang kecil saja kamu sudah bisa menabung. Yakin nggak pengen nerapin cara menabung cepat untuk membli hp yang satu ini? Ntar nyesel loh.

Ya selain nominalnya kecil, waktu menabungnya juga nggak lama kok. Apalagi sekarang dengan modal Rp. 1.5 juta aja kamu sudah dapat model hp yang bagus, dan bisa digunakan untuk banyak hal.

Apalagi kalau ternyata kadang-kadang kamu punya uang yang lebih nih, nggak ada salahnya dimasukkan ke tabungan Rp. 5.000 ini. Hal ini akan mempercepat keinginan kamu untuk memperoleh HP baru.

7. Mengurangi Porsi Jajan

Jika selama ini kamu telah menjadi manusia yang suka jajan, dan porsi jajan kamu nggak biasa, coba deh untuk menguranginya.

Iya, cara menabung cepat untuk membeli hp yang satu ini gampang banget loh kamu lakukan.

Coba deh mengurangi porsi jajan tiga hari aja dalam seminggu, dijamin nggak butuh waktu lama kok untuk memenuhi target beli hp kamu.

8. Mencatat Pengeluaran

Mencatat Pengeluaran Bulanan

Cobalah untuk mencatat semua pengeluaran kamu dengan detail agar keinginan membeli hp semakin cepat terwujud.

Hal ini agar setiap bulannya kamu bisa mengevaluasi tabungan bulan sebelumnya.

Supaya mempermudah, siapkan buku khusus untuk mencatat semua pengeluaran kamu.

Jika tidak, saat ini sudah banyak loh aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mencatat pengeluaran kamu setiap hari, sebulan, atau setahunnya.

Baca Juga:

9. Menabung di Celengan

Saat ini, masyakarat sudah mulai menabung ke bank terdekat. Meski demikian, masih tetap ada kok yang gemar dan memilih untuk menabung menggunakan celengan.

Hal ini karena menabung di celengan jauh lebih mudah dan efisien. Maka, kamu bisa loh menabung dengan memasukkan uang kamu ke celengan.

Cara ini terbilang sangat efektif bagi kamu yang ingin menabung untuk membeli HP.

10. Menyisihkan Uang di Awal

Menyisihkan Uang di Awal Bulan

Cara menabung cepat untuk membeli HP berikutnya adalah dengan menyisihkan uang di awal.

Kenapa sih harus di awal? Ya karena hanya dengan menyisihkan uang di awal kamu bisa lebih mudah mengatur keuangan. Ia kan?

Apalagi sebenarnya uang yang harus kamu tabung bukan uang sisa-sisa ya, tapi memang harus kamu sisihkan.

Selama ini banyak orang yang berfikir, bahwa uang yang harus ditabung adalah uang sisa dalam sebulan. Padahal, pemikiran ini kurang tepat loh.

Karena jika kamu ikut berfikirian demikian maka apabila kebetulan setiap bulan tidak ada uang sisa, mau gimana? Apa mungkin tidak akan menabung selamanya? Nggak mungkin kan?

So, mulai sekarang coba deh untuk berfikir bahwa menabung adalah soal menyisihkan uang, bukan menabung sisa uang.

Hal ini akan membuat kamu lebih semangat dalam menyisihkan uang untuk ditabung, yang kemudian bisa digunakan untuk membeli berbagai keinginan kamu, salah satunya adalah untuk membeli HP.

11. Menentukan Target

Dalam menabung, target menjadi salah satu poin terpenting, karena hanya dengan menentukan target proses menabung kamu menjadi lebih terarah dan mudah.

Buat target kamu sedetail mungkin, misalnya harus mempunyai uang Rp. 5.000.000 dalam setahun, atau yang lainnya. Dan hal ini juga bisa kamu terapkan ketika akan menentukan target untuk pembelian hp.

Buatlah target yang sangat detail, mulai dari nominal hingga strateginya.

12. Membawa Bekal

Cara menabung cepat untuk membeli HP yang terakhir adalah dengan membawa bekal kemanapun kamu pergi.

Ketika sedang bepergian, rasanya membeli makan, minum, atau jajanan adalah sesuatu yang wajib, apalagi jika ada makanan dan minuman yang sedang ngehits. Ia kan?

Tapi, kalau kamu memang serius ingin membeli hp, coba deh untuk membawa bekal jika bepergian kemanapun. Hal ini pasti akan membuat kamu jauh lebih hemat.

So, nggak ada salahnya ya untuk membawa bekal, baik makan, minum, atau jajanan kalau keluar rumah.

Kamu bisa menyiapkan makanan yan sesuai dengan budget ya. Meski dengan membawa bekal, kamu tetap harus memperhatikan budget makanan yang kamu keluarkan ya.

Keuntungan membawa bekal sendiri lainya adalah kualitas makanan pasti lebih terjamin. Bener kan?

Sekian

Berbagai cara menabung cepat untuk membeli HP di atas bisa kamu pilih sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan.

Saran saya, cobalah tentukan cara yang memang bisa kamu jalankan dengan enjoy, karena hanya dengan demikian kamu bisa menjalankan cara menabung cepat untuk membeli hp yang kamu pilih dengan mudah.

Okey, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk menerapkannya dengan benar agar keinginan kamu mempunyai hp baru bisa terwujud.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.