Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Cara Menabung dengan Gaji di Bawah 1 Juta

5 min read

Cara Menabung dengan Gaji di Bawah 1 Juta

Nominal gaji bukanlah alasan seseorang untuk tidak menabung, apapun alasannya. Biasanya, hal ini terjadi pada kamu yang bergaji di bawah 1 juta. Ia kan?

Padahal sebenarnya, di luar sana juga ada banyak juga kok orang yang gajinya besar tapi tetap tidak bisa menabung. Kenapa? Karena menabung hanya dijadikan sebagai pilihan yang akan dilakukan ketika mereka ingin saja.

Meski sebenarnya, menabung harus dijadikan sebagai kebutuhan, bukan sekedar pilihan. So, jika saat ini kamu merasa kesulitan untuk menabung karena gaji pas-pasan, itu bukan alasan untuk tidak menabung ya. Karena ada berbagai cara menabung dengan gaji di bawah 1 juta yang bisa kamu lakukan.

Bingung bagaimana caranya? Tenang dear, karena kali ini saya akan membagikan informasi seputar cara menabung dengan gaji di bawah 1 juta.

Cara Menabung Gaji di Bawah 1 Juta

 

Sampai detik ini, kamu tentu tahu betul bahwa menghemat uang merupakan hal yang meski dilakukan. Orangtua pasti telah menanamkan pribadi yang hemat kepada semua anaknya, dan kamu tentu juga sudah mendapat wejangannya juga kan?

Maka, mulailah untuk menabung dari sekarang, tak peduli sekecil apapun gajimu. Jangan karena menganggap gaji kamu kecil, lantas berfikiran tidak bisa menabung, sehingga lebih memilih untuk mengahambur-hamburkan uang.

Stop ya. Karena kasus ini bukan sekali dua kali terjadi, tapi banyak yang mengalaminya. Jika disuruh menabung alasannya gaji kecil, tapi tetap bisa hidup dengan ‘menghambur-hamburkan uang’. Terutama bagi generasi Z.

Bagi milenial, memenuhi keinginannya setiap bulan adalah hal yang paling utama, jika uangnya sisa, barulah akan dimasukkan ke dalam tabungan, sing penting seneng.

Padahal seharusnya menabung menjadi prioritas yang pertama. Apalagi setelah gajian, kamu harus bisa bijak-bijak dalam mengatur semua yang yang masuk dan uang yang akan dikeluarkan.

1. Hidup Sesuai Dompet

Cara Menabung Gaji di Bawah 1 Juta

Cara menabung gaji di bawah 1 juta yang pertama adalah dengan hidup sesuai dompet. Ya, hanya dengan cara ini kamu bisa mulai menabung.

Bagi kamu yang mempunyai kecenderungan berbelanja dan kongkow cukup besar, tentu hal ini adalah cara menabung gaji di bawah 1 juta yang sangat sulit, lantaran hati kamu yang mudah sekali terbuai.

Padahal sebenarnya, dengan hidup tidak sesuai dompet kamu akan mengalami banyak hal buruk, yakni menyadari bahwa akan lebih besar pasak daripada tiang, ada banyak uang yang meski kamu keluarkan daripada uang yang masuk.

Sehingga, ketika baru memasuki minggu kedua saja kamu sudah kualahan karena tidak ada uang yang tersisa.

So, hiduplah sesuai dengan isi dompet kamu, berbelanjalah lebih sedikit dari gaji yang kamu miliki, karena hal ini sudah terbukti dapat membuat kamu jauh lebih hemat walaupun hanya bergaji pas-pasan.

Sederhananya begini, berhenti membeli barang yang memang tidak bisa kamu bayar dengan tunai.

2. Membuat Target

Tips Menabung dengan Gaji di Bawah 1 Juta

Cara menabung gaji di bawah 1 juta yang kedua adalah dengan membuat target, buatlah target pribadi.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengatur keuangan lebih mudah sehingga bisa melakukan penghematan. Kamu meski membuat dan menetapkan, berapa sih kira-kira nominal yang bisa kamu hemat untuk ditabung dalam sebulannya.

Jika sudah, maka begitu gajian kamu bisa langsung memisahkan uang tersebut dari uang lainnya yang akan digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan sebulan. Sehingga, kamu bisa menabung sesuai dengan rencana yang kamu buat.

Cara menentukan nominalnya seperti apa? Mungkin di antara kamu ada yang bertanya dalam hati, ia kan?

Jadi, caranya gampang kok dear, kamu bisa mencoba untuk menabung dari uang yang kecil dulu, misalnya adalah Rp.50.000 saja sebulan.

Apabila sebulan sukses, maka di bulan berikutnya kamu bisa menaikkan nominalnya menjadi Rp. 100.000, begitu seterusnya.

Sehingga kamu bisa menemukan, mana nominal yang benar-benar bisa kamu tabung setiap bulannya.

Apabila angka yang cocok sudah kamu temukan, maka setiap bulan kamu meski menabung sesuai dengan nominal yang tadi. Gampang kan?

Baca Juga:

3. Belajar Berinvestasi Kecil

Tips Menabung dengan Gaji di Bawah 1 Juta

Cara menabung gaji di bawah 1 juta selanjutnya ialah dengan belajar berinvestasi. Jumlah penghasilan kamu sebulan, biasanya tidak akan dapat tumbuh optimal jika hanya kamu memasukkannya ke dalam tabungan biasa.

Hal ini karena nilainya dapat berkurang akibat inflasi setiap tahunnya. Maka, untuk mengatasinya kamu bisa memulainya dengan mulai belajar berinvestasi. Lalu sisihkan uang yang kamu miliki untuk diinvestasikan dengan berbagai instrument investasi.

Mungkin selama ini, satu-satunya alasan mengapa kamu tidak berinvestasi adalah karena mengira bahwa investasi harus dimulai dengan dana yang besar. Ia kan?

Padahal sebenarnya tidak loh, bahkan hanya dengan modal Rp. 10.000 saja kamu sudah bisa berinvestasi, salah satunya adalah dengan berinvestasi emas .

Hanya saja, sebelum mulai berinvestasi, kamu harus memahami terlebih dahulu seluk beluk seputar investasi yang akan kamu ambil lengkap dengan system kerjanya.

4. Tidak Membeli Barang yang Kamu Inginkan

Cara Menabung Gaji di Bawah 1 Juta

Poin cara menabung gaji di bawah 1 juta ini sama sekali tidak melarang kamu untuk membeli barang yang kamu inginkan kok.

Karena saya yakin, setelah bekerja selama satu bulan, tentu kamu mempunyai barang yang memang kamu inginkan, ia kan?

Maka, maksud dari tidak membeli barang yang kamu inginkan di sini adalah tidak membeli semua barang. Ingat ya, ada penekanan pada kata  ‘semua’.

Hal ini karena nyaris semua orang sibuk membeli barang yang diinginkannya begitu selesai gajian, padahal hal ini bukanlah cara yang tepat untuk membahagiakan diri setelah bekerja keras selama sebulan loh.

Kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan setiap dua bulan sekali saja, apalagi jika ternyata harga barang yang kamu inginkan cukup mahal, tentu bisa membuat  dompet kamu menjerit.

Maka, mulailah untuk ngerem sedikit saja, dan jangan membeli barang yang memang angka alias harganya sangat tinggi.

Belilah barang yang memang biayanya sesuai dengan penghasilan kamu dalam sebulan ya, sehingga sisa uangnya bisa kamu tabung.

5. Berhenti Menghabiskan Uang yang Ada

Berhenti Menghabiskan Uang yang Ada

Kebiasaan buruk ini kerap terjadi bagi kamu yang menyandang status anak kost, ia nggak sih?

Karena saya pribadi merasakan sendiri hal ini beberapa tahun yang lalu. Kalau ada uang sisa, rasanya sayang banget kalau nggak dihabisin. Ya ampun.

Jadi, jika saat ini kamu juga melakukan tindakan buruk ini, menghabiskan uang yang sedang kamu miliki, berhenti.

Berhenti melakukan hal konyol ini, karena mempunyai uang yang banyak bukan berarti meski langsung kamu habiskan, cobalah untuk menyisihkannya.

Jika kamu masih terus menghabiskan uang yang kamu miliki, kapan kamu akan mulai menabung dan memikirkan masa depan, ia kan?

Percayalah, degan cara ini, kamu bisa mengatasi kebutuhan yang tiba-tiba mendesak.

6. Mencari Liburan yang Murah

Mencari Liburan yang Murah

Liburan selalu diidentikkan dengan ‘menghambur-hamburkan uang dan membutuhkan uang yang banyak’. Padahal tidak juga loh.

Sehingga jika kamu merasa lelah bekerja, tak ada salahnya untuk berlibur lohh. Asalkan kamu bisa mencoba cara menabung gaji di bawah 1 juta ini yakni dengan mencari liburan yang murah.

Lah, emang ada? Jawabannya ada dong.

Mungkin selama ini kamu selalu memilih berlibur ke bioskop, kemudian ditemani dengan popcorn dan minuman pelengkapnya. Ia kan?

Jika demikian, kamu bisa kok menggantinya dengan nonton online, misalnya dengan menggunakan aplikasi nonton online. Sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi nonton online yang bisa kamu manfaatkan dan bisa menemani waktu libur.

Atau, kalau kamu merasa ini terlalu biasa, maka liburan lainnya adalah dengan berjalan-jalan, jogging, sepedaan, dan sebagainya, atau malah hanya keliling mengunakan motor.

Kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin dalam mensiasati liburan yang murah. Carilah liburan yang memang tidak memakan banyak uang.

Malah biasanya, liburan yang gratisan juga bisa menjadi liburan paling berkesan loh, apalagi kalau kamu liburannya bersama orang-orang terkasih, misalnya orangtua, saudara, sahabat, teman, dan sebagainya.

So, kamu tetap bisa refresh santuy meski tanpa biaya.

Baca Juga:

7. Manfaatkan Diskon dan Promo

Manfaatkan Diskon dan Promo

Biasanya, momen diskon dan promo adalah momen yang ditunggu-tunggu siapapun, terutama anak kost dan anak rantau.

Hanya saja, kebanyakan mereka memanfaatakn momen ini agar uang sisanya bisa dibelikan untuk hal yang lain. Ia kan?

Padahal seharusnya, mereka bisa menjadikan momen ini untuk menghemat sehingga bisa menabung.

Apa kamu termasuk di antara anak kost yang suka memanfaatkan momen diskon dan promo agar bisa membeli barang lain?

Jika ia, stop melakukannya ya. Cobalah memanfaatkan momen ini dengan tujuan menghemat agar uang yang tersisa bisa kamu masukkan ke dalam kas tabungan.

8. Membuat Dua Rekening yang Berbeda

Membuat Dua Rekening yang Berbeda

Cara menabung gaji di bawah 1 juta yang terakhir adalah dengan membuat dua rekening yang berbeda.

Apabila kamu membuat dua rekening, maka kamu akan merasa terbantu dalam mengurusi pengeluaran harian ataupun bulanannya, sehingga semua menjadi lebih terstruktur.

Apalagi sistem kerjanya mudah, yakni kamu meski memisahkan uang yang akan kamu tabung ke rekening yang satu, sementara rekening satu lagi berfungsi untuk dana kebutuhan setiap harinya selama satu bulan.

Maka, agar tetap bisa menabung, kamu meski mencari rekening yang memang potongannya kecil, atau sama sekali tidak ada potongan, dan sekalian tidak perlu membuat ATM nya ya.

Karena dengan demikian, kamu tidak serta merta dapat langsung mengambil uang yang sudah ditabung. Dan untuk kebutuhan sehari-hari, masukkan ke dalam rekening yang memang ada ATM nya.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam mengelola keuangan, percaya deh.

Kemudian simpanlah jumlah uang yang telah kamu tetapkan untuk kebutuhan sehari-hari pada rekening yang berbeda tadi.

Mungkin kalau awal-awal memang terasa agak sulit, namun lama kelamaan kamu akan terbiasa kok, sehingga budaya menabung akan melekat dalam diri kamu

Sekian

Demikian informasi seputar cara menabung dengan gaji di bawah 1 juta.

So, tanamkan keyakinan dan keinginan yang kuat ya, bahwa meski gaji pas-pasan atau malah di bawah 1 juta, kamu tetap bisa dan harus menabung, karena menabung bukan cuma pilihan, tapi kebutuhan. Karena yang namanya musibah bisa datang kapanpun dia mau tanpa ngasih kode.

Semoga informasi cara menabung gaji di bawah 1 juta ini bermanfaat bagi kamu yang benar-benar bingung harus mulai nabung darimana ya.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.