Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Simple! Ini Cara Mudah Menabung Dari Uang Jajan 5000

5 min read

Cara Menabung Mulai Dari Uang Jajan 5000

Cara Menabung Uang Jajan 5000 – Uang jajan merupakan salah satu budaya yang sudah lama diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Dan tiap tahun, angkanya selalu berubah, hal ini sesuai dengan harga pasar.

Jika dahulu uang jajan Rp. 500 sudah bisa untuk membeli es dan gorengan, kini angka Rp. 500 hanya bisa dimasukkan di celengan, ditabung hingga angkanya bertambah.

Rata-rata, nominal uang jajan anak sekolahan hari ini adalah Rp. 5.000, dan itu masih dianggap sedikit. Bayangin, kalau kamu hidup di zaman uang gopek bisa buat beli es sama gorengan, dan dikasih jatah uang jajan Rp. 5.000, wes merdeka toh?

Dengan uang jajan Rp. 5.000, yang dianggap pas-pasan, mungkin masih banyak pelajar yang ingin menabung tapi bingung caranya. Oke tenang, karena kali ini saya akan membahas cara menabung uang jajan 5000 buat kamu yang kebetulan memang dikasih jatah segitu.

Cara Menabung Dengan Uang Jajan 5000

Sejak kecil, kita semua diajarkan dan dituntut untuk bisa hidup hemat. Ia kan? Karena ternyata, dengan menerapkan budaya hemat, ada banyak sekali keuntungan yang bisa kita rasakan, salah satunya adalah lebih cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan.

Jadi, nggak ada salahnya loh kalau kamu belajar cara menabung uang jajan 5000 mulai dari sekarang untuk membiasakan perilaku keren ini.

Dan ternyata, menabung itu bukan soal banyak sedikitnya nominal uang jajan yang diberikan orang tua, karena ada banyak kok pelajar yang dikasih uang jajan banyak tapi tetap nggak bisa nabung, dan sebaliknya, ada juga pelajar yang dikasih jajan 5000 doang sehari, pas-pasan pokok e, tapi tetap bisa menabung walaupun sedikit demi sedikit.

Jadi jelas banget ya, kalau menabung bukan soal seberapa banyak uang jajan yang kamu terima, tapi seberapa pintar kamu mengelolanya. Oke baik, nggak usah berlama-lama, berikut cara menabung uang jajan 5000.

1. Mulai dari yang Paling Kecil

Cara Menabung Dengan Uang Jajan 5000

Cara menabung uang jajan 5000 yang pertama adalah dengan memulai dari yang paling kecil.

Yap, ketika memutuskan akan mulai berhemat dan menabung, kamu nggak perlo loh langsung mikir angka yang gede buat ditabung, asli, nggak perlu banget.

Karena yang namanya nabung itu ya nggak kudu banyak. Malah, salah satu tips agar kamu bisa konsisten ya memang angkanya tidak memberatkan kamu.

Mulai dari Rp. 500? Kenapa tidak? Ia kan. kalau Rp. 1.000 boleh juga.

Angka yang kamu tabung nggak pernah jadi masalah kok. So, mulailah untuk menabung dari yang paling kecil. Karena yang kecil, jika terus menerus ditambah juga bakalan jadi banyak. Ia kan?

2. Keinginan atau Kebutuhan?

Cara menabung uang jajan 5000 yang kedua adalah dengan mengetahui keinginan dan kebutuhan.

Saat ini, kamu harus mulai untuk belajar memilih dan memilah antara keinginan dan kebutuhan ya. Karena biasanya, nafsu sering kali mengelabui kamu dengan mengatakan ‘eh kamu butuh ini, eh kamu butuh itu’ padahal sebenarnya itu hanyalah keinginan yang dibalut dengan kebutuhan.

Mulailah untuk menimbang banyak hal, tanyakan baik-baik dengan hatimu saat itu, apakah memang membutuhkan atau hanya menginginkan?

Dengan cara ini, kamu bisa mulai berhemat loh. Kelihatannya sederhana, tapi tetap saja banyak yang gagal ketika akan mempraktekkan. Memang, nafsu kadang sejahat itu. Yuk mulai dari sekarang.

3. Yang Kecil itu Berharga

Meski saat ini harga-harga mulai naik, keberadaan uang receh masih tetap tak tergantikan. Kamu tentu bisa menemukan uang receh dimanapun kan?

Termasuk ketika membeli sesuatu di supermarket, mereka masih akan memberikan kembalian uang receh walaupun hanya Rp. 200. Nah, uang receh tersebut jangan dibuang ya dear, kamu bisa menyimpannya untuk ditabung. Kelihatannya kecil sih, tapi kalau dikumpulin juga bakalan jadi besar kok.

Mulai sekarang, berhenti untuk menganggap remeh uang receh ya, karena tanpa adanya uang receh mungkin kamu nggak akan nemu uang kertas. Heheehehe.

Apalagi kita sudah dibiasakan sama peribahasa ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’.

Yuk buktikan peribahasa tersebut dengan terus mengumpulkan uang receh. Selain bisa nambah uang tabungan, keberadaan uang receh juga bisa buat kamu lebih bersyukur loh.

4. Bawa Bekal dari Rumah

Cara Menabung Dengan Uang Jajan 5000

Cara menabung uang jajan 5000 berikutnya adalah dengan membawa bekal dari rumah. Sederhana banget kan? Ia, sederhana, tapi kamu mau nggak ngelakuinnya?

Yah, kita nggak bisa memungkiri sih, bahwa budaya membawa bekal dari rumah sudah mulai ditinggalkan, padahal sebenarnya budaya satu ini sangat bagus untuk dilestarikan loh.

Kenapa? Ya karena dengan membawa bekal dari rumah, kamu bisa lebih berhemat, uang jajan yang mungkin biasanya kamu habiskan untuk membeli makanan, kini bisa kamu tabung.

Tapi lagi lagi, budaya ini mulai ditinggalkan. Saya yakin kok, di antara banyaknya pelajar di Indonesia, masih ada yang tergerak hatinya untuk membawa bekal dari rumah ke sekolah agar bisa menabung, tapi, keinginan tersebut hanya sebatas ingin, karena kondisi tidak mendukung, misalnya karena gengsi yang terlalu besar.

Hey, mulai sekarang, yuk berhenti untuk gengsi terhadap hal-hal yang seharusnya bisa kamu banggakan.

Di tengah zaman seperti ini, seharusnya kamu bangga bisa membawa bekal dari rumah, karena selain bisa menabung, makanan yang masuk ke dalam tubuhmu juga lebih terjamin. Ia nggak?

Baca Juga:

5. Memasukkan Uang ke Celengan

Cara Menabung Dengan Uang Jajan 5000

Cara menabung uang jajan 5000 berikutnya adalah memasukan uang ke celengan. Sebelum ke sekolah, cobalah untuk memasukkan uang ke celengan.

Baik itu Rp. 500, Rp. 1.000 atau berapapun yang kamu inginkan. Karena dengan demikian, kamu bisa menjajankan sisanya di sekolah. Dan ini sudah terbukti sangat ampuh untuk membuat kamu lebih hemat loh.

Saat ini, sudah banyak sekali bentuk celengan yang bisa kamu pilih, mulai dari ukuran, warna, hingga karakternya.

Kamu bisa memilih celengan yang menurut kamu paling bagus, paling oke, paling susah dibongkar, sehingga kamu akan lebih semangat dalam menabungnya.

Kalau ada yang bilang gini, ‘ih kayak anak-anak, masih zaman nabung pakai celengan?’ senyumin aja ya, karena celengan bukan Cuma buat anak-anak kok.

6. Menitipkan Uang ke Orang Terpercaya

Menitipkan Uang ke Orang Terpercaya

Cara ini mungkin agak asing bagi pelajar masa kini ya, padahal, percayalah kalau cara menabung uan jajan 5000 satu ini sudah diterapkan sejak lama oleh ibu bapak kalian.

Yap, dulu cara ini terbilang sangat popular, kamu bisa menitipkan uang yang ingin kamu tabung ke siapapun orang kepercayaanmu, misalnya, ayah, ibu, guru, teman, dan sebagainya.

Titipkan saja kepada mereka, dan jangan lupa untuk mencatat setiap nominal yang kamu titip ya. Hal ini supaya jumlahnya tidak simpang siur dan tidak akan menimbulkan masalah nantinya.

Jika memang tiba-tiba kamu membutuhkan sesuatu, kamu bisa memintanya kepada mereka. Atau, kamu juga bisa kok nabung ke bank ataupun koperasi yang ada di sekolah, yang memang menyediakan tabungan bagi siswa.

Yang terpenting adalah, jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk ditabung ya sebelum dibelanjakan, dan menabung bukan menunggu uang sisa ya, tapi menyisihkan uang yang ada, karena sebagian orang ada yang salah kaprah dengan berfikir, bahwa uang yang ditabung adalah uang sisa dalam sebulan.

Lah, kalau tidak ada uang yang sisa dalam sebulan? Masak ia nggak bakalan nabung. Ia kan?

7. Membawa Air Minum dari Rumah

Tips Menabung Dengan Membawa Air Minum dari Rumah

Di sekolah, jajanan yang paling dilarisi pelajar adalah air minum. Ia kan? Nah, daripada uang kamu dibelanjakan untuk membeli minum, akan lebih baik jika kamu membawa minum saja dari rumah. Cara menabung uang jajan 5000 ini mudah banget toh?

Dengan cara sesimple ini kamu sudah bisa menabung paling tidak Rp. 1.000 dalam sehari. Keren kan? Dan efeknya bukan hanya akan membuat kamu bisa menabung loh, tapi juga telah membuat kamu untuk ikut berpartisipasi dalam merawat bumi.

Bagaimana caranya? Saya yakin, kamu pasti bertanya-tanya, ia kan? Yap, hanya dengan rutin membawa air minum dari rumah kamu sudah mengurangi sampah plastik di bumi.

Hal ini sangat penting, karena sampah plastik adalah sampah yang paling sulit terurai oleh bumi.

Bayangnkan, hanya dengan cara semudah ini kamu bisa berkontribusi dalam merawat bumi, apalagi jika kamu mengkampanyekan cara menabung uang jajan 5000 satu ini ke semua teman kamu.

Tentu akan memiliki dampak yang lebih besar bagi bumi, dan berapa banyak pahala kebaikan yang kamu dapatkan. Ia kan? Jadi, mulai sekarang, yuk bawa air minum dari rumah saja ya.

8. Komitmen

Cara menabung uang jajan 5000 berikutnya ialah dengan berkomitmen. Bagaimanapun, komitmen mempunyai peranan yang paling penting dalam proses menabung dan belajar hematmu, karena komitmen bisa menjadi penentu berhasil tidaknya proses yang kamu jalani.

Maka dari itu, mulailah untuk komitmen semaksimal mungkin agar proses menabung dan belajar hematmu menjadi lebih mudah dan bisa menjadi sebuah gaya hidup.

Baca Juga:

9. Menentukan Target

Menentukan Target Tabungan

Cara menabung uang jajan 5000 yang terkahir adalah dengan menentukan target. Kamu harus punya target dalam menabung, karena tak sedikit yang gagal menabung hanya karena tidak mempunyai target yang jelas.

Start now, buatlah target yang sederhana saja, namun jelas, sehingga kamu selalu punya berbagai alasan untuk menabung.

Misalnya, agar bisa membayar buku pelajaran sendiri semester depan, atau agar bisa membeli sepatu baru, dan sebagainya.

Karena kadang-kadang, target adalah sebuah penyemangat yang sering kali dilupakan. Ia nggak?

Yuk buat target sekarang, buat secara detail, lalu wujudkan dalam aksi nyata.

Untuk langkah awal, kamu harus membaut target yang paling kecil dulu ya, karena yang namanya menabung dan berhemat itu butuh trik, yakni harus dimulai dari sesuatu yang kecil.

Jangan langsung membuat target yang besar, karena ini pasti akan memberatkanmu, sehingga kamu akan merasa lebih kesulitan nantinya.

Sekian

So, itulah dia beberapa cara menabung uang jajan 5000 yang bisa kamu terapkan dari sekarang.

Kamu bisa memilih mana cara menabung uang jajan 5000 yang memang menurutmu lebih mudah dan simple diterapkan. Atau, kamu juga bisa kok memilih beberapa cara agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Demikian, semoga bermanfaat ya. Yuk mulai hidup hemat dan menabung, serta jadikan hidup hemat sebagai budaya agar lebih mudah untuk kamu jalanlan.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.