Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Yuk Ketahui! 9+ Cara Menabung untuk Beli Laptop Bagi Pelajar

5 min read

Cara Menabung untuk Beli Laptop Bagi Pelajar

Bagi seorang pelajar, laptop mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang proses belajar. Tak heran jika laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan yang meski dipenuhi.

Karena nyaris semua tugas palajar masa kini harus dibuat menggunakan laptop. Kamu ngerasa nggak sih? Pasti ngerasa lah ya.

Kalau awal-awal sekolah atau ngampus mungkin masih okelah, karena masih bisa menggunakan fasilitas komputer di sekolah atau kampus, tapi kalau lama kelamaan ya nggak enak juga kan?

Selain akan menyulitkan kamu ketika akan mengerjakan tugas, menggunakan laptop di sekolah juga pasti memberikan batasan penggunaannya kan? So, akan lebih baik kalau kamu punya laptop sendiri kan?

Mungkin, salah satu faktor mengapa banyak pelajar yang belum mempunyai laptop adalah dari segi harga, sehingga masih merasa ‘nggak enak’ buat minta ke orangtua.

Tapi kamu nggak usah khawatir, karena kali ini kami akan membahas cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar.

Cara Menabung untuk Beli Laptop Bagi Pelajar & Mahasiswa

Kenapa sih harus repot-repot tahu cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar? Mungkin sebagian besar kalian ada yang terlintas pertanyaan seperti itu.

Maka jawabannya simple sih, karena dengan mengetahui cara menabung, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat yang sangat penting dalam hidup kamu dan bisa kamu praktekkan smapai akhir hayat.

Apa itu? Hidup hemat. Ya, karena menabung tak hanya sekedar membuat kamu dapat membeli laptop belaka, tapi juga membuatmu bisa belajar banyak hal, seperti:

Penasaran nggak nih cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar? Kalau penasaran, yuk simak beberapa caranya berikut ini.

1. Tekad yang Kuat untuk Menabung

Modal menabung pertama yang harus kamu miliki adalah  tekad yang kuat untuk menabung. Hal ini sangat penting ya, karena hanya dengan tekad yang kuat kamu bisa menabung dengan enjoy.

Terutama jika kamu telah membuat tujuan yang jelas dan detail mengenai ‘tujuan’ kamu menabung sebenarnya.

Maka, bulatkan tekad terlebih dhaulu. Kelihatannya memang sangat mudah, tapi saat praktek kamu bisa saja ngedumel ‘ternyata sesulit ini’. Percaya deh. Akan ada banyak godaan yang datang.

Tapi, kalau kamu sudah mulai terbiasa, bekomitmen dalam menabung akan terasa mudah kok. So, nikmati aja proses pembiasaan tekadnya ya.

2. Survey Spesifikasi Laptop

Semua alat elektronik mempunyai spesifikasi masing-maisng, dan biasanya, semakin tinggi harganya maka akan semakin tinggi spesifikasinya.

Nah, cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar selanjutanya adalah dengan menentukan dulu spesifikasi laptop seperti apa yang kira-kira cocok dengan semua pelajaran kamu di sekolah.

Cara sederhana ini juga sangat membantu kamu untuk menentukan nominal yang harus disipakan.

Kalau saran saya sih, coba deh untuk menyesuaikan spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhan kamu, bukan untuk ajang gaya-gayaan.

Inget gais, kamu nabung buat belajar hemat dan membeli kebutuhan, bukan untuk ajang pameran.

Paling tidak, kamu harus mengingat hal ini agar tidak kalap ketika akan membeli laptop. Nggak perlu mahal kok, yang penting sepsisikasi sesuai dengan kebutuhan kamu itu sudah lebih dari cukup.

3. Survey ke Penjual Laptop

Cara Menabung untuk Beli Laptop Bagi Pelajar & Mahasiswa

Cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar yang berikutnya adalah dengan melakukan survey ke penjual laptop.

Sebelum survey harga, kamu meski menentukan terlebih dahulu jenis laptop yang akan kamu beli ya. Jika sudah, baru kamu bisa langsung survey harga.

Hanya dengan cara ini kamu bisa mengetahui nominal uang yang meksi kamu kumpulkan sebelum membeli laptop.

Jangan lupa untuk kepoin promo yang ada ya, misalnya adanya potongan harga atau cashback. Ya siapa tahu memag lagi rezeki, nggak ada salahnya kan ya?

4. Membuat Target Tabungan

Apabila cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar di atas sudah kamu lakukan, maka selanjutnya adalah dengan membuat target tabungan.

Proses survey spesifikasi laptop dan spesifikasi harga di atas, bertujuan agar kamu bisa menemukan angka yang jelas berapa uang yang kamu butuhkan.

Apabila sudah mempunyai gambaran harga, maka kamu bisa loh langsung membuat target tabungan.

Kalau bisa, buat target yang detail ya. Misalnya nih, kamu bisa memasukkan berapa lama sih waktu yang kamu butuhkan untuk menabung membeli laptopnya, enam bulan? Setahun? Terserah, tergantung kapan kamu membutuhkannya.

Jika sudah juga, kamu bisa langsung menentukan nominal tabungannya, bisa harian, mingguan, atau bulanan.

Namun, tentu saja akan sangat baik jika kamu menabung dengan sistem per hari saja ya. Karena selain bisa membuat tabungan kamu cukup untuk membeli laptop, kegiatan menabung per hari ini juga bisa menjadi pembiasaan yang baik loh.

Nggak percaya? Coba deh.

So, buatlah taget sejelas mungkin, sehingga tujuan kamu membeli laptop akan mdah tewujudnya.

5. Menyiapkan Tempat Untuk Tabungan

Menyiapkan Tempat Untuk Tabungan Pribadi

Cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar selanjutnya adalah dengan menyiapkan tempat untuk tabungan.

Di tengah maraknya penggunaan ATM, tetap saja masih banyak yang menggunakan celengan ya.

Apalagi Saat ini, sudah banyak sekali contoh tempat untuk tabungan yang bisa kamu pilih, misalnya adalah celengan, botol, kaleng, dan sebagainya dengan berbagai pilihan, seperti warna, bentuk, karakter, dan lain-lain.

Akan sangat baik apabila kamu menggunakan wadah yang transparan loh.

Kenapa? Ya tentu karena dengan wadah yang transparan kamu bisa melihat isinya dengan mudah, sehingga akan membuat kamu terus termotifasi.

Selain itu, kamu juga meski memilih tempat yang sulit untuk diambil. Karena banyak loh yang gagal nabung hanya karena uaang di celengannya gampang banget diambil.

Jaga dan letakkan di tempat yang terbaik ya!

Baca Juga:

6. Membuka Rekening Baru

Semua tempat menabung mempunyai berbagai risikonya masing-masing. Ia ngak sih? Ya termasuk menabung di celengan.

So, kalau kamu punya kenangan buruk nabung di celengan, nggak ada salahnya loh kalau kamu mencoba cara menabung untuk beli laptop ini, dengan membuka rekening baru.

Rekening menjadi salah satu ajang penyimpanan uang yang modern dan telah digunakan oleh nyaris seluruh masyarakat Indonesia. Proses pembuatan rekening sama sekali nggak butuh modal apa-apa.

Apalagi sudah ada kok produk tabungan yang sama sekali tidak menetapkan biaya administrasi dalam sebulan.

So, kamu bisa membuat dua atm ya, satu untuk digunakan sebagai pemenuh kebutuhan, sementara satu lagi untuk tempat menabung kamu.

Hal ini akan membuat kamu lebih mudah menyisihkan uang dan mengontrol keuangan.

Inget ya, dan catat baik-baik, kalau kamu tidak boleh menggabungkan antara rekening tabungan dengan rekening pemenuhan kebutuhan tiap hari.

Ya kalau udah buat rekening dua, tapi masih tetap suka digabung-gabungin mah sama aja, ia kan? So, gunakan saja masing-masing ATM sesuai dengan fungsi yang telah ditentukan.

7. Mengurangi Jalan-jalan dan Makan di Luar 

Cara Menabung untuk Beli Laptop Bagi Pelajar & Mahasiswa

Bagaimanapun, kamu pasti selalu mempunyai jadwal jalan-jalan kan? Atau, paling tidak kamu juga sering makan di luar daripada di rumah. Ngaku deh, hhehe.

Nah, jika benar, coba hitung sudah berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk jalan-jalan atau makan setiap minggunya? Hitungnya slow aja ya, slow. Berapa? Banyakkan?

Kalau banyak, coba deh untuk menguranginya. Mengurangi ya, bukan menghilangkan.

Kebiasaan jalan-jalan yang hampir setiap hari bisa kamu ubah menjadi sebulan sekali atau dua bulan sekali.

Kebiasaan makan di luar bisa kamu ganti dengan makan di rumah atau kost saja, sehingga uangnya bisa kamu irit dan bisa dimasukkan ke tabungan.

Gampang toh? Eman-eman uangnya rek kalau cuma kamu gunakan buat menuhin keinginan belaka, ya karena yang namanya keinginan itu nggak bakalan ada habisnya.

8. Memisahkan Uang Sejak Awal

Cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar yang selanjutnya adalah dengan langsung memisahkan uang. Cara ini terbilang sangat simple tapi dampaknya cukup besar bagi keuangan kamu, coba aja deh.

So, mulai dari sekarang, kalau baru dapet kiriman atau kalau baru dikasih uang bulanan, langsung disisihkan untuk ditabung ya, karena sejatinya menabung itu bukan mengalokasikan uang sisa sebulan untuk ditabung, tapi menyisihkan uang untuk ditabung.

Kamu harus bisa membedakan antara sisa dan sisih ya, karena selama ini banyak banget yang salah kaprah, mengira bahwa menabung adalah memasukkan uang sisa sebulan ke dalam tabungan, padahal seharusnya bukan gitu.

Baca Juga:

9. Menjadi Freelance

Menjadi Freelance

Kamu pernah denger istilah freelance nggak sis? Kalau pernah, nggak ada salahnya loh nyoba jadi freelance.

Ya sekalian hasilnya bisa digunakan menabung untuk beli laptop bagi pelajar. Menjadi freelance juga akan meberikan berbagai keuntungan bagi kamu, salah satunya ya dapat pengalaman baru dan mengasah minat dan bakat. Keren nggak tuh?

Saat ini, di tengah pesatnya dunia digital, sudah ada banyak sekali pekerjaan yang bisa kamu lakukan hanya dari rumah, apalagi menjadi freelance.

Coba deh cek di berbagai media sosial, banyak banget. Biasanya, tenaga freelance yang banyak dicari itu kayak penulis lepas, desain, admin media sosial, atau spesialis media sosial.

Karena hampir semua toko dan perusahaan membutuhkan tenaga freelance untuk mengatur dan mengurus akun media sosial.

So, status pelajar yang kamu sandang nggak perlu dijadikan sebagai alasan untuk tidak bisa bekerja ya.

Cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar ini sangat ampuh dalam membantu kamu menabung untuk membeli laptop dengan cepat.

10. Memulai Bisnis

Jika selama ini kamu berfikir bahwa bisnis hanya bisa dilakukan oleh mereka yang beruang, kamu salah dear.

Karena modal utama seorang pebisnis sejati adalah kerja keras, tak peduli berapapun jumlah modal yang dimiliki.

Apalagi di tengah dunia digital seperti ini, ada banyak sekali bisnis yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Misalnya, menjadi seorang dropshipper. Apa sih kak dropshipper itu?

Jadi, dropshipper adalah system jualan yang saat ini sedang ngetren, yakni jualan tanpa pakai modal  dan hanya membtuhkan hp dan paket data, itu saja.

Sistem kerjanya gini, kamu hanya perlu mengupload barang-barang yang disediakan oleh penyedia barang, posting kemana pun yang kamu anggap akan mendapatkan banyak pembeli.

Nah, apabila sudah ada yang membeli, kamu tinggal mengabari pihak toko, dan mereka akan memperoses pesanan. Mudahkan?

Kamu juga bisa mempelajari cara dropship di shopee berikut.

Sekian

Oke gais, demikian dulu pembahasan seputar cara menabung untuk beli laptop bagi pelajar. Semoga bermanfaat ya.

Nanti, kalau cara di atas udah berhasil buat kamu beli laptop, jangan lupa tetap menabung ya, karena menabung bukan cuma sekedar untuk memenuhi kebutuhan kamu, tapi harus bisa jadi gaya hidup.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.