15 Cara Mencari Supplier yang Baik dan Terpercaya Untuk Bisnis Kamu!

Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia usaha dropship, ada baiknya jika kamu memikirkan cara mencari supplier.

Sebab keberadaan supplier tentu akan mendongkrak kemampuan usaha kamu agar tetap bisa bersaing dengan usaha lain dari banyak segi dan faktor.

Mulai dari segi harga, pemenuhan keinginan dan kebutuhan pelanggan, hingga keuntungan. Wong udah jaman canggih kok, kamu bisa menentukan cara mencari supplier dengan memanfaatkan teknologi yang kamu genggam saat ini.

Berapa banyak orang di luar sana yang sukses dengan bisnis jualan onlinenya? Jawabannya pasti banyak banget kan? Nah, kamu juga bisa kok.

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama dengan Mudah

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama dengan Mudah

Dengan teknologi, kamu bisa searching atau kepoin perusahaan besar. Namun, karena memang kamu tidak langsung menelusurinya, tingkat kehati-hatian harus perlu ya.

Tapi kalau mau terjun ke lapangan langsung tentu menjadi pilihan cerdas juga dong, ya meski agak ribet dan memakan waktu, paling tidak kamu bisa bercengkerama dan tanya sepuasnya, sehingga keamanannya lebih terjamin.

Nah, daripada pusing mikirin cara mencari supplier, nih saya kasih tahu caranya, simple, jelas, dan bermanfaat dong.

1. Berkunjung Langsung ke Sentra Industri

Sederhananya, kamu akan mendatangi calon supplier. Kamu akan langsung ke tempat produksi, atau lokasi dagangnya.

Hal ini akan menguntungkan kamu, karena selain bisa menilai kualitas barang, kamu juga bisa melihat dan memilih barang berkualitas yang akan kamu jual lagi.

Banyak hal sebenarnya yang akan kamu dapatkan dengan mengunjungi tempatnya. Kamu bisa ngobrol santai dan menjalin hubungan baik, sehingga timbul rasa saling percaya.

Dengan demikian, bukan hal aneh jika kemudian calon supplier tersebut akan memberikan harga lebih rendah ke kamu. Ia kan?

2. Main ke Bazar

Selain mengunjungi lokasi produksi atau jualannya, kamu juga bisa mencoba untuk rajin-rajin nih main ke bazar bisnis.

Karena biasanya, ketika ada bazar maka banyak sekali bisnis yang ditawarkan dengan mengenalkan produk-produk.

Pihak penjaga bazar juga pasti berharap akan menemukan rekan untuk menjalin kerjasama yag baik.

Tentu, ini adalah kesempatan paling bagus buat kamu, karena ada banyak pilihan sehingga kamu bisa menentukan dan menemukan supplier yang bisa memberikan harga murah.

3. Melalui Online

Kalau ini memang udah nggak asing ya. Cara mencari supplier via online memang terbilang simple. Kamu bisa searching sambil minum kopi, makan roti, atau duduk manis.

Kamu nggak perlu repot-repot kena matahari, keluar bensin buat perjalanan, dan sebagainya.

Kamu bisa mengunjungi situs web resmi atau online shop supplier yang tersedia. Untuk menghemat waktu, ada baiknya kalau kamu sudah punya list sendiri. Kalau belum gimana kak?

Gampang saja, kamu bisa cari informasi resmi dengan menelusuri media sosial. Kamu bisa memasukkan satu buah kata kunci yang kiranya dapat memunculkan banyak pilihan supplier.

Sudah banyak kok online shop yang telah menyediakan supplier. Mudah bukan?

Baca juga Web Penghasil Uang yang Menjajikan dan Terpercaya!

4. Marketplace

Tips Mencari Supplier di Marketplace Shopee - Tokopedia - Bukalapak

Selain menggunakan media online sebagai cara mencari supplier, kamu juga bisa menggunakan marketplace loh.

Berbelanja menggunakan marketplace tentu sangat menyenangkan, karena ini adalah sebuah wadah luas yang menampung banyak pedagang, supplier, grosir, dan sebagainya.

Kamu bisa langsung mengecek one by one penyedia produk yang kamu butuhkan di marketplace tersebut dan bisa menjadikannya sebagai supplier.

Dengan menjadikan marketplace sebagai supplier, tentu kamu bisa terlebih dahulu melihat-lihat deskripsi barang dan mendapatkan harga yang murah dengan barang berkualitas baik.

Jika kamu ingin mencari supplier barang luar negeri, tentu marketplace mampu menjangkaunya dengan mudah, terutama dari Negara Cina.

Harga yang ditawarkan juga murah dengan kualitas barang terbaik, seperti Alibaba dan AliExpress.

Cara menggunakannya juga mudah, hampir serupa dengan melakukan pemesanan di marketplace tanaha air, seperti Bukalapak, Shopee, dan sebagainya.

Hanya saja, jika kamu memilih Alibaba sebagai supplier, ada batasa minimum pemesanan yang bisa ditentukan ya.

5. Melalui Forum Bisnis atau Komunitas Online

Salah satu cara mencari supplier adalah dengan mengikuti forum-forum bisnis online, seperti kaskus atau bersosial.com.

Di forum-forum tersebut kamu bisa mengajukan banyak pertanyaan. Kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar supplier di sana.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan forum jual beli online di facebook loh.

Beberapa waktu lalu saya juga pernah menjadi bagian aktif di forum jual beli online sebuah kota. Banyak sekali supplier produk yang siap memenuhi kebutuhan dagangan kamu.

6. Mencari di Majalah Bisnis

Biasanya, majalah bisnis selalu menyediakan space iklan bagi para supplier.

Kamu bisa mencari produk yang sesuai dengan usaha yang kamu miliki. Kamu bisa menghubungi kontak yang disediakan di dalam iklan.

7. Marketplace B2B

Pernah dengar marketplace B2B ini? Jika belum, biar saya beri tahu. Hehe.

B2B merupakan singkatan dari Business to Business, contohnya adalah alibaba.com. Alibaba.com memungkinkan kamu untuk mencari supplier barang impor.

Caranya juga hampir sama dengan marketplacenya.

Ini dia Cara Analisa Peluang Usaha untuk Pemula

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama yang Terpercaya

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama yang Terpercaya

Nah, kalau kamu udah tahu cara menemukan supplier, maka selanjutnya kamu harus tahu tentang supplier yang terpercaya.

Tentu ini penting banget, karena kalau kamu sampai salah memilih supplier pasti akan berdampak buruk bagi usaha yang kamu jalankan.

Jadi, jangan meremehkan cara mencari supplier terbaik ya, karena ini adalah gerbang kesuksesan. Apakah usaha yang kamu jalankan akan mampu memuaskan pelanggan atau tidak.

Yuk simak beberapa cara mencari supplier terpercaya.

1. Alamat dan Kontaknya Jelas

Kalau mau main ke rumah temen aja kamu butuh alamat yang jelas padahal nggak butuh modal, apalagi buat sesuatu yang butuh modal, pasti kamu butuh alamat dan kontak yang jelas kan?

Sederhananya, jika kamu ingin mengetahui sebuah calon supplier terpercaya atau tidak, kamu cukup melihat alamat dan kontaknya, apakah mereka telihat tidak terbuka.

Ketika mereka seperti menutupi sesuatu, maka sudah bisa dijadikan bukti, bahwa supplier yang ngaku-ngaku tersebut punya niat buruk.

2. Feedback

Kamu bisa melihat calon supplier terpercaya atau tidak dengan melihat feedback yang diberikan oleh para konsumennya.

Tentu, biasanya mereka akan memposting berbagai testimoni di media sosialnya.

Terus kalau lihat testimoni di marketplace gimana kak? Tenang gan, kamu bisa kok lihat di kolom penilaian yang sudah disediakan, biasanya tepat di bawah produk.

Hanya saja, hal ini tentu tidak bisa langsung menjudge bahwa toko yang belum punya feedback dari konsumen buruk loh ya, bisa aja tokonya baru buka, ia kan?

Ada baiknya jika kamu memilih supplier yang sigap dan cepat membalas pesan konsumennya, karena supplier yang mampu melayani dengan cepat alias fast respon memiliki peluang besar mendapatkan pelanggan yang banyak.

Pelajari juga Bisnis Online Gratis Cuman Lewat Hp!

3. Stok Barang

Cek Stok Barang Supplier

Kamu harus memastikan bahwa supplier yang kamu pilih adalah supplier yang siap memberikan barang kapanpun kamu mau. Jangan sampai usaha kamu tersendat hanya karena stok barang di supplier kosong.

Memang, pada umumnya para supplier pasti menyediakan banyak stok, sehingga ketika datang pesanan dengan jumlah banyak mereka sudah siap.

4. Kondisi Produk

Kualitas tentu menjadi hal utama dalam membeli barang. Tak heran jika banyak yang siap membeli produk mahal asal kualitas terjamin bagus.

Nah, cara mencari supplier terpercaya selanjutnya adalah memastikan kondisi produk. Kamu bisa bisa melihat kondisi barang yang dijual dengan memperhatikan keterangan produknya.

Ketika ada informasi yang masih kurang di kemasan, kamu bisa langsung menanyakannya kepada supplier. Atau jika kamu menggunakan marketplace, forum, atau appun, kamu bisa menghubungi mereka atau sekedar bertanya melalui kolom komentar.

Jangan terkecoh dengan harga miring ya sis, karena biasanya, barang yang dijual dengan harga miring spesifikasi produknya pasti kurang, atau bahkan tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen kamu.

5. Kecepatan Pengiriman Produk

Disiplin menjadi hal yang sangat penting dalam dunia usaha, sehingga kamu harus memastikan bahwa supplier kamu akan selalu disiplin dalam mengantarkan pesanan.

Kalau bisnis jualan online tentu sudah sangat paham dengan hal ini, karena memang ada kompetisi yang hebat dan cepat, tak heran jika barang yang dikirim mereka selalu sampai tepat waktu.

Kamu harus memastikan bahwa supplier kamu adalah toko yang memiliki riwayat pengiriman baik, karena jika tidak pasti bisa berdampak buruk bagi usaha yang kamu jalankan.

6. Peraturan Toko

Sebelum memilih supplier, maka kamu harus melakukan cek peraturan yang berlaku di calon supplier tersebut. Hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di hari depan.

Contohnya, apakah toko tersebut menyediakan refund atau return produk, yang dilengkapi dengan langkah-langkahnya, sehigga akan memberikan rasa nyaman bagi keduanya.

7. Waktu Terakhir Login

Cek Waktu Terakhir Login

Emang cuma gebetan kamu doang yang bisa kamu intip terakhir dilihatnya kapan? Ups. Dalam dunia usaha, kamu juga bisa ngintip kapan terakhir kali calon supplier login loh.

Tentu, fitur sekeren ini hanya berlaku bagi calon supplier dari marketplace.

Cara mencari supplier terpercaya dengan melihat waktu terakhirnya login tentu sangat penting, karena toko yang professional pasti selalu melakukan cek terhadap akunnya di marketplace, sehingga pesanan yang masuk bisa langsung diproses dengan cepat.

8. Pelayanan Ramah

Selain fast respon, kamu juga butuh partner supplier yang ramah ketika melayani pelanggannya. Ia kan?

Karena kamu juga pasti melayani semua pelanggan usaha kamu dengan sangat ramah, sehingga konsumen merasa nyaman ketika memesan kebutuhannya di usaha kita.

Jadi, pastikan supplier kamu melayani dengan sepenuh hati, ramah, dan menyenangkan, agar bisnis yang dibangun memiliki ikatan baik ke depannya.

Trus kalau ketemu calon supplier yang jutek gimana kak? Haduh, pusing juga ya. Tapi biasanya supplier ramah-ramah kok, hehe.

Hal ini karena memang faktror sama-sama butuh. Kamu butuh dia untuk memenuhi pesanan pelanggan, sementara supplier butuh kamu untuk melarisi barangnya. Ia kan?

Tapi kalau memang ketemu yang jutek ya tetap tanggapi dengan baik dan ramah ya dear, karena kan memang ada orang yang awalnya cuek, tapi tetep bisa ngalir kalau kita respon dengan baik.

Sekian

Sekian cara mendapatkan supplier dan cara mendapatkan supplier terpercaya. Saya kira jelas ya.

Kamu tinggal praktek aja di lapangan. Kamu bisa pilih cara yang kamu anggap paling mudah pastinya.

Jangan lupa siapkan ongkos sama paket data ya, karena cara mendapatkan supplier online dan offlinenya tetep butuh biaya, meski ngga banyak. Semangat calon orang sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.