Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Panduan Lengkap Cara Menjadi Star Seller di Shopee

5 min read

Panduan Lengkap Cara Menjadi Star Seller di Shopee Dengan Mudah

Shopee adalah salah satu marketplace atau e-commerce terbesar di Indonesia, dengan pengguna terbanyak pada kuartal II di tahun 2020. Sehingga untuk bisa menjadi seorang star seller di shopee dibutuhkan syarat-syarat tertentu pastinya.

Namun meskipun begitu, dengan mendapatkan kesempatan sebagai seorang star seller maka toko kamu akan menjadi primadona di marketplace ini. Karena toko kamu akan menjadi toko kepercayaan di mata para pelanggan.

Lalu, bagaiaman cara menjadi star seller di shopee? seperti apa syarat-syarat yang harus dipenuhi? Dan apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan?

Yuk langsung aja, simak pembahasan lengkap mengenai cara menjadi star seller di shopee berikut ini.

Cara Menjadi Star Seller di Shopee Untuk Pemula

Pengertian dan Cara Menjadi Star Seller di Shopee
source: bukanandroid.com

Sebelumnya, saya sudah membahas mengenai cara menjadi dropshiper di Shopee, kamu bisa terlebih dahulu membacanya untuk menambah pengetahuan mengenai bisnis online ini.

Kemudian buat kamu yang sudah punya akun alias punya toko belanja online di Shopee, ada baiknya kalau kamu memanfaatkan dan memiliki keinginan menjadi Star Seller di Shopee.

Tentu, star seller bukan hal yang asing lagi bagi kamu yang sudah berjualan di Shopee.

Star Seller Shopee merupakan, sebuah apresiasi yang diberikan pihak Shopee kepada setiap penjual yang sudah aktif menggunakan shopee dan telah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Jika toko kamu sudah mendapatkan star seller, itu artinya kamu telah menjadi penjual primadona di antara penjual lain yang ada di Shopee yang jumlahnya bahkan tidak bisa terhitung.

Ketika gelar ini sudah dimiliki toko kamu di Shopee, maka ada banyak sekali keuntugan yang bisa kamu dapatkan. Seperti:

  • Lebih dipercayai oleh pelanggan
  • Memiliki potensi untuk menjangkau pembeli lebih luas dengan penjualan yang sangat banyak
  • Mendapatkan banyak variasi promo di Shopee
  • Dengan gelar star seller di Shopee, kamu akan mendapatkan kepercayaan tersendiri dari pembeli

Jadi gimana, pengen nggak toko jualan online kamu di Shopee laris manis dan punya banyak pelanggan? Tentu, semua pemilik usaha online di Shopee mendambakan gelar ini tersemat pada tokonya, tek terkecuali kamu.

Saya yakin, kamu pasti ingin toko jualan online yang kamu kelola selalu dikunjungi banyak pelanggan dan diserbu banyak pembeli.

Kamu bisa membayangkan, seandainya setiap bulan toko jualan online kamu berhasil menjual barang sebanyak 2000 item, dan setiap itemnya kamu hanya mengambil laba Rp. 5.000 saja, jika dikalkulasikan, dengan mengambil laba yang sangat kecil tersebut kamu bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp. 10.000.000 per bulannya.

Keren kan? Ya ini nggak mudah dear, butuh waktu agar toko jualan online kamu bisa banjir orderan. Yuk simak cara menjadi star seller di Shopee berikut ini.

Ketahui juga Cara Jualan di Lazada Untuk Pemula!

1. Sudah Melakukan Verifikasi Identitas

Untuk membuktikan kepemilikan toko jualan online yang kamu kelola, pihak Shopee akan meminta kamu untuk memverifikasi KTP.

Hal ini dilakukan pihak Shopee untuk mengantisipasi terjadinya penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ketika toko kamu sudah diverifikasi, tentu akan membuat calon pelanggan merasa aman untuk melakukan berbagai transaksi di toko jualan online kamu.

2. Memiliki Presentase Chat Dibalas Lebih 80%

Shopee menyedikana fitur untuk berbalas pesan dengan calon pembeli sebelum pesanan deal. Fitur ini memungkinkan calon pembeli akan bertanya seputar produk yang kamu tawarkan, seperti:

  • Warna
  • Ukuran
  • Bahan
  • Dan sebagainya.

Kamu wajib membalas setiap pesan yang masuk ya, apalagi jika kamu ingin menyandang gelar star seller, karena salah satu syaratnya adalah kamu harus terus membalas setiap chatting yang masuk.

Ini adalah syarat yang tak bisa kamu tawar. Lagi pula, apa susahnya sih membalas pesan dari calon pembeli? Hhehe.

Toh jika kita melayani dengan baik, membalas pesan dengan ramah, pasti calon pembeli akan merasa nyaman dan senang jika membeli produk yang ditawarkan oleh seorang pedagang yang ramah seperti kamu. Ia kan?

Jadi ingat ya dear, kamu harus membalas chat yang masuk. Agar kamu menjalaninya dengan enjoy, maka lakukan dengan mengingat pepatah lama bahwa pembeli adalah raja.

Jika kamu melakan hal tersebut hanya karena ingin mendapatkan gelar star seller, tentu kamu juga yang rugi, karena begitu gelar kamu dapat dan kamu tidak lagi melayani chat mereka tentu akan berdampak buruk juga terhadap jualan kamu.

Lakukan dengan ikhlas dan enjoy.

3. Memiliki Rating Minimal 4.5 Star

Salah satu syarat wajib jika kamu ingin mendapatkan gelar star seller adalah memiliki rating yang bagus, paling tidak 4.5 star.

Hal ini akan digunakan oleh pihak Shopee sebagai indikator reputasi toko yang kamu miliki. Ketika pembeli merasa puas dengan pelayanan dan produk yang kamu tawarkan, tentu akan sangat mudah mendapatkan rating 5 dari pelanggan.

Ya, rating tinggi sebenarnya tidak hanya sebagai pemenuhan syarat menjadi star seller sih, tapi juga sangat penting untuk toko kamu ke depan.

Semakin baik reputasi toko kamu, tentu akan menarik lebih banyak pelangan.

4. Penjualan Minimal 100 Pesanan Tiap Bulan

Ketika kamu benar benar memiliki niat yang besar untuk memperoleh star seller, maka sayarat lain yang meski kamu penuhi adalah angka penjualan.

Dalam sebulan, toko jualan online kamu di Shopee harus mencapai minimal menginjak angka 100 pesanan.

Kamu harus berusaha keras untuk meningkatkan angka penjualan, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur promosi dan fitur lainnya.

Selain itu, demi menjangkau pembeli yang lebih banyak, kamu bisa mulai mempromosikan dagangan kamu di berbagai media sosial yang kamu miliki.

Nggak ada salahnya juga kalau kamu minta keluarga, saudara, dan teman bantuin promosikan?

Dengan adanya banyak fitur di Shopee, kamu bisa memanfaatkan hingga bisa menekan harga penjualan lebih kecil, agar harganya bisa jatuh seperti harga grosir.

Tentu, jika kamu bisa memanfaatkan fitur dengan baik, calon pelanggan akan membeli lebih dari 1 item.

5. Dalam Satu Bulan Toko Kamu Melayani 25 Pembeli yang Berbeda

Selain ditetapkan jumlah rating dan angka penjualan, Shopee juga menerapkan peraturan minimal ada 25 pembeli berbeda yang melakukan transaksi di toko kamu.

Angkanya cukup wow ya?

Hal ini tentu bisa menjadi pemacu buat kamu yang bersungguh-sungguh ingin mendapatkan gelar star seller dari shopee.

Saran saya, lakukan promosi yang ekstra ya agar banyak pembeli baru berdatangan.

Ini Tips Jualan di Tokopedia yang Harus Kamu Tahu!

6. Toko Memiliki 0 Poin Pinalti

Kamu harus bertekad untuk menciptakan sebuah toko terbaik yang berprestasi dan terus memberikan pelayanan terbaik bagi semua pelanggan yang mengunjungi toko kamu.

Tak heran jika ingin mendapatkan star seller, toko kamu tidak boleh memiliki poin pinalti sama sekali.

7. Toko Memiliki Presentasi Produk Pre Order, 20% selama <5 Hari dalam 30 Hari Terakhir

8. Tidak Memiliki Riwayat Pesanan yang Tidak Wajar, Ada Kejanggalan Pada Aktivitas Akun, atau Tidak Ada Penyalahgunaan Program Lain Untuk Kepentingan Pribadi

Ketika memilih Shopee, itu artinya kamu sudah siap dengan segala syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Lakukanlah transaksi yang benar-benar baik, dan jangan pernah mencoba untuk melakukan berbagai tindakan curang yang bisa merugikan pihak lain, baik pembeli ataupun Shopee.

Dengan memenuhi syarat dan ketentuan di atas tentu sudah sangat mudah untuk kamu bisa meraih gelar star seller bagi toko kebanggana kamu. Raih keuntungan fantastis dengan menjadi bagian dari shopee.

Lalu, ketika toko kamu sudah menyandang gelar primadona ini, apa yang harus dilakukan?

Tentu kamu harus mempertahankan gelar ini, karena star seller bukanlah sebuah akhir, sehingga kamu tetap harus menjaga pelayanan dan performa jualan agar tetap bisa mempertahankan gelar ini.

Pertama, harus membalas chattingan pelanggan dengan presntase lebih dari 70%.

Kedua, rating harus lebih dari 4.5. Jika ingin mendapatkan status star seller, kamu membutuhkan rating minimal 4.5 sementara ketika mempertahankannya kamu harus bisa mendapatkan rating lebih dari 4.5.

Ketiga, transaksi penjualan minimal 15 pesanan. Tentu angka ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan syarat dan ketentuan ketika akan memperoleh status star seller. Ia kan?

Jadi, gampanglah kalau hanya untuk memperoleh 15 pesanan. Ketika kamu tetap menjaga kepercayaan pelanggan dan memberikan pelayanan yang sangat baik, saya yakin ini adalah angka yang sangat kecil.

Keempat, angka penalty tidak lebih dari 2. Jika syarat dan ketentuan menjadi star seller adalah 0 penalty, maka untuk mempertahankannya kamu butuh angka maksimal 2.

Kelima, tidak memiliki pelanggaran terkait dengan kebijakan yang sudah ditetapkan pihak shopee.

Keenam, dalam sebulan harus melayani 9 pembeli yang berbeda. Angka 9 pembeli tentu sangatlah kecil dear, karena kamu pernah bisa meraih 25 pembeli berbeda dalam sebulan.

Ia kan? So, kamu pasti bisa mempertahankan ststus star seller yang sudah kamu peroleh dengan kerja keras tersebut.

Setelah mengetahui banyak hal terkait cara menjadi star seller maka sudah waktunya kamu memaksimalkan potensi yang dimiliki toko kamu.

Berikut beberapa poin sederhana yang bisa kamu ikuti:

  • Mematuhi peraturan dan kebijakan yang sudah ditetapkan shopee
  • Memenuhi syarat upload KTP
  • Menjaga kualitas produk
  • Membuat judul dan deskripsi produk yang menarik, singkat, dan jelas
  • Memberikan harga yang lebih murah dianding yang lain
  • Menjadi seorang penjual yang baik, ramah, dan melayani sepenuh hati
  • Melakukan pengiriman barang secara diisplin alias tepat waktu
  • Menghindari keterlambatan dan kesalahn dalam pengiriman
  • Mengupdate produk secara berkala
  • Menoptimalkan produk dengan memanfaatkan fitur yang ada
  • Memberikan promo berbayar

Sekian

Wah lumayan panjang ya, padahal yang dibahas hanya seputar cara menjadi star seller di Shopee.

Tentu dari penjelasan panjang ini kamu bisa mengambil banyak poin penting, seperti manfaat status star seller, cara mejadi star seller, hingga cara mempertahankan status star seller ketika sudah mendapatkan gelar tersebut.

Kamu tak perlu terburu-buru dear, nikmati saja setiap prosesnya, nikmati jatuh bangunnya. Kamu butuh waktu untuk mendapatkan status star seller ini.

Selain itu, kamu juga butuh usaha yang ekstra, jadi jangan malu untuk promosi terus terusan di media sosial kamu ya.

Menawarkan produk yang kamu jual di grup kelas atau komunitas juga nggak masalah, karena mereka juga merupakan target pasar yang pas untuk bisnis yang kamu jalani.

Jangan lupa untuk memanfaatkan semua fitur fitur yang sudah disediakan pihak Shopee, layani pelanggan dengan baik, dan usaha keras. Ketika semua hal tersebut sudah kamu padukan, tentu kesuksesan sudah berada di ambang mata. Semangat sis.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.