Naufal Muhsy Learner. Blogger. Photographer ~ Mohon do'anya semoga situs ini bisa memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua :)

Cara Mereview Artikel [Terbaik & Terlengkap dari A-Z]

5 min read

cara-mereview-artikel-yang-baik-dan-benar

Cara mereview artikel – Pada dasarnya, mereview artikel memiliki pengertian serta tujuan yang sama sebagaimana pengertian mereview jurnal.

Yaitu, mereview sesuatu yang kemudian akan diinformasikan kepada orang lain. Dalam hal ini adalah pembaca atau penyimak.

Namun ada sedikit perbedaan, yaitu dalam prosesnya. Umumnya sebelum menulis artikel review, si penulis terlebih dahulu melakukan percobaan, pengamatan, dan juga melihat minat seseorang yang kemudian membuatnya menulis artikel review tersebut.

Baik dengan tujuan untuk berbagi, memberikan edukasi, ataupun dalam tujuan untuk mendapatkan uang (dibayar).

Nah, untuk pemaparan yang lebih lengkap, yuk baca dan pelajari pembahasan mengenai cara mereview artikel yang baik dan benar berikut ini.

Apa itu Artikel?

apa-itu-artikel
pixabay

Sebelum masuk pada pembahasan cara mereview, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu memahami apa sih sebenarnya artikel itu? Dan apa bedanya dengan artikel review?

Pengertian artikel: Artikel merupakan sebuah karya tulis yang memiliki panjang tertentu, serta berisi gagasan atau fakta yang dapat mendidik, meyakinkan, dan membujuk pembacanya. Kemudian artikel tersebut akan dipublikasikan ke suatu media seperti koran, majalah, buletin, website, media sosial, dan lain sebagainya.

Namun ada juga yang menyebutkan bahwa, artikel merupakan sebuah karangan berupa esai yang isinya menyampaikan ide-ide atau fakta-fakta secara objektif. Selain itu, ia juga memiliki tujuan untuk meyakinkan, membujuk, serta menghibur pembacanya.

Isi yang dapat disampaikan di dalam sebuah artikel ada bermacam-macam, tergantung pada topik yang akan dibahas. Adapun contoh-contoh dari isi artikel yang sering dipublikasikan melalui berbagai media adalah sebagai berikut:

  • Argumentasi tentang isu tertentu
  • Informasi sejarah
  • Tutorial atau bimbingan yang mengajarkan sesuatu kepada orang lain
  • Hasil penelitian
  • Petualangan seseorang

Pengertian artikel review: artikel review merupakan, sebuah artikel yang segaja dibuat denga tujuan memberikan gambaran secara jelas mengenai suatu hal. Baik itu kelebihan maupun kekurangan dari objek yang direview.

Ketahui juga Cara Mereview Text Film yang Simple & Mudah Dibuat

Cara Mereview Artikel

cara-mereview-artikel-yang-benar
pixabay

Di dalam penulisan review artikel, seorang pereview memiliki sebuah tantangan besar yang perlu dicapai. Apakah tantangan tersebut?

Yap, tantangan tersebut adalah, bagaimana caranya agar artikel review yang ditulis nantinya dapat dengan mudah dipahami oleh para pembacanya.

Oleh sebab itu, agar artikel review yang Anda buat memiliki hasil yang baik, ada poin-poin penting yang harus diperhatikan. Berikut penjelasannya:

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan ini sangat penting sekali, karena keputusan dari pembaca, untuk mau membaca hasil artikel review Anda biasanya tergantung pada kesan yang mereka dapatkan saat membaca kalimat atau paragraf pertama.

Secara umum, kalimat pada pendahuluan ini bisa berisi mengenai alasan dan mengapa penulis tersebut tertarik untuk mereview sebuah produk atau jasa.

Oleh sebab itu, pada bagian pendahuluan ini, Anda dapat menceritakan apa saja hal yang sangat berkesan, mengapa Anda tertarik dan suka sehinggga mau menulis artikel reviewnya.

Di dalam menuliskan kesan, Anda dapat menuliskan kesan positif maupun kesan negatif apabila artikel review yang Anda buat berdasarkan pada keinginan Anda sendiri.

Namun, apabila artikel review tersebut merupakan pesanan dari pihak advertiser, maka usahakan untuk menggunakan bahasa yang santun dan halus untuk membangun kesan yang positif. Sehingga dapat mempersuasif pembaca.

Misal, anda akan mereview sebuah buku, maka ceritakan saja secara alami bagaimana buku tersebut dapat berkesan bagi Anda sehingga Anda ingin mereviewnya. Cara mereviewnya pun dapat di mulai dengan bentuk buku, judul buku, desain, harga, dan lain sebagainya.

Hal tersebut berlaku juga untuk jenis review lainnya. Misal seperti produk atau jasa yang ingin Anda review, baik karena keinginan Anda sendiri ataupun permintaan dari klien.

2. Latar Belakang

Di bagian latar belakang ini, umumnya para penulis artikel review akan mendeskripsikan atau menggambarkan beberapa hal mengenai produk yang sedan ia review.

Sehingga apabila Anda hendak mereview sebuah produk, baik yang Anda beli sendiri ataupun pinjam dari teman, maka yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Menuliskan jenis produknya
  • Siapa yang memproduksinya
  • Bekerjasama dengan siapa
  • Kapan mulai beroperasi
  • Terakhir, informasi-informasi lainnya yang dapat menjelaskan profil produk yang Anda review secara ringkas.

Deskripsi atau gambaran umum ini sangat penting dilakukan, karena hal ini sebagai pengenalan produk.

Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk membuat pembaca artikel review Anda percaya, jika Anda yang menulis review tersebut paham betul dengan apa yang Anda tuliskan.

Oleh karena itu, kenalilah terlebih dahulu produk yang akan Anda review. Kemudian deskripsikan hal tersebut sebaik dan seringkas mungkin agar dapat dipahami oleh pembaca Anda.

3. Poin Paling Penting

Poin yang paling penting di dalam menulis sebuah artikel review adalah, mengutamakan keunggulan dan hal-hal penting yang dianggap perlu untuk diketahui oleh pembaca.

Menuliskan poin-poin penting ini, memiliki manfaat yang besar sekali dalam memperkenalkan produk yang direview secara lebih jujur dan terbuka kepada pembaca. Sehingga hal ini dapat menciptakan timbal balik yang positif.

Lalu bagaimana caranya?

Caranya adalah, dengan menyesuaikan topik atau pembahasan review Anda berdasarkan jenis produk yang akan direview.

Tentunya dengan mengutamakan kegunaan dan fungsi produk, manfaat dan keuntungannya, bagaimana cara atau proses membelinya, dan sepertia apa testimoni pelanggan terhadap produk tersebut.

Pada bagian testimoni pelanggan, umumnya penting jika Anda menulis artikel review produk dan jasa dari sebuah brand tertentu yang bersifat komersil.

Kemudian, lengkapi poin-poin penting lainnya seperti contact, alamat kantor, dan juga situs web apabila ada.

Intinya adalah, pada bagian ini Anda dituntut untuk lebih teliti dalam menyusun poin-poin yang dianggap paling penting untuk dibahas, dan diperkanalkan kepada pembaca mengenai produk yang Anda review.

4. Keunggulan atau Kelebihan

keunggulan-menulis-artikel
pixabay

Perlu Anda ketahui bahwa, sebuah artikel review yang baik dan disukai para advertiser adalah, artikel review yang membangun deskripsi positif yang menceritakan keunggulan atau kelebihan dari produk yang Anda review.

Penilaian seperti ini sangat penting dilakukan, karena pembaca artikel review adalah seorang calon konsumen. Mengapa?

Karena mereka ingin tahu, apa saja nantinya yang akan didapatkan ketika mereka menggunakan atau membeli sebuah produk hasil review dari Anda.

Nah, referensi yang bersifat positif itulah yang akan membuat pembacanya cenderung dan tertarik dengan produk yang telah Anda review.

5. Kelemahan atau Kekurangan

Jika dibagian empat tadi Anda diminta untuk memberikan penilaian tentang keunggulan dan kelebihan produk, maka pada bagian kali ini justru kebalikannya.

Menyampaikan sebuah kekurangan ataupun kelebihan dari sebuah produk yang Anda review sangat dianjurkan. Hal ini bertujuan, agar artikel review yang Anda tulis mempunyai kesan jujur dan tidak dibuat-buat sehingga terkesan berat sebelah.

Namun tetap tergantung pada artikel review yang Anda tulis. Jika artikel review yang Anda tulis adalah permintaan atau pesanan dari advertaiser, sebaiknya poin ini tidak perlu disertakan.

Karena artikel review yang di pesan oleh advertaiser biasanya akan digunakan dalam rangka beriklan atau promosi.

Berbeda jika Anda menulis artikel review berdasarkan minat sendiri. Jika Anda menulis artikel review berdasarkan minat sendiri, Anda dapat mencantumkan kelemahan atau kekurangan dari produk tersebut.

6. Kesimpulan

Pada bagian akhir terdapat kesimpulan! Sebaiknya tulisan yang Anda buat mampu bersifat persuasif atau mengajak. Caranya bagaimana?

Caranya adalah, dengan Anda membuat kalimat ajakan serta saran yang baik kepada pembaca. Sehingga dengan begitu, pembaca akan dapat merasakan dan bisa menilai apa yang telah Anda review.

Sederhananya begini, Anda dapat menuliskan kalimat ajakan seperti ajakan untuk membeli atau menggunakan sebuah produk/jasa yang Anda review. Baik dengan membeli atau mengunjungi situs web apabila produk/jasa tersebut bersifat online.

Contoh kalimat persuasif:

  • Ayo jaga kesehatan gigi anda dengan rajin menggosok gigi menggunakan pasta gigi propaganda!
  • Ayo gunakan jasa sakana catering dijamin pas di dompet dan pas di lidah.
  • Dlsb.

 

 Ketahui Rahasia Membangun Aset Digital Youtube Channel yang Telah Menghasilkan Milyaran Rupiah! Caranya gampang, kamu tinggal klik link berikut 👉 Belajar YouTube Mastery 1.0

Tambahan

susunan-artikel-review-yang-baik
pixabay

Penulisan artikel review sudah selesai? Ini ada sedikit tambahan agar hasil dari penulisan Anda semakin bagus.

Menulis Review Berdasarkan Pengalaman

Sebenarnya pada bagian ini sifatnya hanya opsional saja, namun penting!

Jadi, pastikan bahwa Anda telah mengalami sendiri mengenai apa yang akan Anda sampaikan kepada pembaca melalui artikel review yang Anda tulis.

Misalnya seperti yang telah dibahas pada artikel cara mereview buku. Sebelum mereview buku, pastikan terlebih dahulu Anda sudah membaca buku tersebut sekaligus memahami inti bacaannya.

Sama halnya dalam mereview produk atau jasa, sebisa mungkin Anda mengenal produk atau jasa tersebut. Jika perlu, Anda juga sudah pernah mencoba atau menggunakannya.

Berbeda cerita jika Anda hanya mereview sebuah website, maka materi dari review Anda adalah menilai dan menganalisa apa saja yang terdapat dalam website yang akan Anda review.

Mengapa hal seperti ini perlu dilakukan?

Karena dengan melakukan hal tersebut, Anda sebagai seorang penulis review akan memiliki lebih banyak tanggapan dan kesan dapat disampaikan di dalam tulisan daripada hanya melihat berdasarkan deskripsi saja.

Selain itu, hal positif yang didapat adalah, artikel review yang Anda tulis akan berjalan sesuai dengan apa yang Anda pikirkan. Isi yang Anda sampaikan pun akan lebih jujur, dan kejujuran inilah yang akan memberikan nilai tambahan pada tulisan atau artikel review yang Anda buat.

Sekian

Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian dan cara mereview artikel yang baik dan benar.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu dan memudahkan Anda dalam memahami serta membuat review artikel yang sesuai dengan tahap-tahapnya.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Learner. Blogger. Photographer ~ Mohon do'anya semoga situs ini bisa memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.