cara-mereview-buku-yang-baik-dan-benar

Tips & Cara Mereview Buku yang Baik

Cara mereview buku – bagi yang hobi membaca buku dan menulis, suatu waktu pasti memiliki keinginan untuk menuliskan hal-hal menarik dari buku yang telah ia baca.

Baik dengan cara mereview buku untuk memperkenalkan pembahasan dan isi dari buku tersebut, sekedar menulis resensi, atau bahkan menulis sinopsis buku tersebut.

Sehingga dengan begitu, orang lain akan menjadi penasaran dan juga ingin membaca buku yang telah dibacanya.

Namun dalam membuat review buku, ada langkah-langkah yang harus diperhatikan agar hasilnya bagus. Lalu apa saja langkah-langkah tersebut?

Berikut saya sudah memaparkan mengenai cara membuat review buku yang baik dan benar. Yuk disimak!

Tips Sebelum Mereview Buku

tips-sebelum-mereview-buku
pixabay

Buku apa yang ingin kalian review? Jangan sampai salah, karena nanti bisa-bisa kalian pusing sendiri. Bahkan sampai stuck bingung dengan isi dari buku tersebut.

Oleh karena itu, ada poin-poin penting yang harus Anda perhatikan agar lebih mudah dalam membuat review sebuah buku. Berikut adalah poin-poinnya:

1. Membaca Satu Buku yang Sudah Pernah Direview Seseorang

Mungkin Anda sudah pernah membaca pembahasan mengenai tips atau cara membuat review buku, baik secara offline ataupun secara online.

Namun ada banyak kasus yang meminta Anda agar membaca dan memahami isi dari buku baru, kemudian dilanjut dengan menulis reviewnya.

Memang, di dalam membuat review buku hal yang paling utama adalah membaca serta memahami isi dari buku tersebut.

Namun, itu hanya dilakukan buat Anda yang sudah berpengalaman dan pernah membuat beberapa review buku sebelumnya.

Sedangkan buat Anda yang baru pertamakali membuat review buku, poin di atas tentu masih kurang.

Oleh sebab itu, dengan Anda membaca buku yang sudah pernah di review, Anda dapat mempelajari dan menemukan ide-ide pokok atau inti dari pembahasan buku tersebut.

Kemudian setelah Anda menemukan inti dari pembahasannya, Anda dapat membuat review ulang dengan menggunakan gaya bahasa Anda sendiri, serta merubah poin-poin hingga menambahkannya.

2. Bedakan Antara Penulisan Review Buku Umum, Pendidikan, dan Karya Sastra

Membedakan review buku yang hendak ditulis ini memiliki tujuan yaitu, karena pada buku umum, buku pendidikan, dan buku sastra memiliki peranan yang berbeda.

Meskipun dalam penulisan reviewnya memiliki metode yang sama, sebisa mungkin Anda dapat memilah mana yang harus ditulis jika bersinggungan dengan buku umum, buku pendidikan, dan buku sastra.

Sehingga meski sama-sama memiliki manfaat, tanggung jawab dan rasa dari penulis sebagai pembuat review ada pertimbangan penting.

Yakni, membedakan antara penulisan review buku umum, buku pendidikan, dan buku sastra ke dalam kategori dan tanggung jawab yang berbeda.

Intinya, gaya dan teknik dalam mereview ini tetap sama. Namun, nilai yang disampaikan jangan disamakan antara buku yang serius dan hiburan.

Ketahui juga Cara Membuat Review Jurnal Beserta Contohnya Berikut!

Cara Mereview Buku

cara-mereview-buku-umum-pendidikan-sastra
pixabay

Setelah membaca tips barusan, dan sudah mendapatkan buku yang kira-kira cocok untuk kalian review, maka pembahasan selanjutnya adalah cara mereviewnya. Berikut pembahasannya:

1. Menuliskan Anatomi Buku

Sebelum kalian membuat review buku, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menulis atau menyusun anatomi buku. Formatnya seperti ini:

  • Judul Karya Review
  • Cover
  • Judul Buku:
  • Penulis:
  • ISBN:
  • Penerbit:
  • Editor/Penyelaras Kata:
  • Desain Cover:
  • Layout Isi:
  • Tanggal Terbit:
  • Harga:
  • Tebal:
  • Blurb:
  • Ringkasan Buku
  • Isi
  • Penutup

2. Panjang Review

Setiap buku memiliki jumlah halaman yang berbeda-beda. Maka, sesuaikan panjang review buku yang kalian buat dengan ruang media yang akan kalian gunakan untuk mempublikasikannya.

3. Ambil Poin-poin Penting

Selain jumlah halaman, buku juga memiliki jumlah kata yang sangat banyak. Sedangkan untuk melakukan review dengan cara membaca satu persatu kata, tentu akan membuat kalian capek sendiri. Belum ditambah dengan masalah waktu yang akan sangat lama.

Oleh karena itu, baca dan ambilan poin-poin penting dari buku tersebut dengan menggunakan teknik skimming.

Dengan menggunakan teknik skimming ini, kalian dapat dengan mudah menemukan inti-inti dari pembahasan buku yang sedang dibaca.

Jangan lupa juga, untuk mencatat poin-poin intinya. Hal ini bertujuan, agar lebih mempermudah kalian dalam menuliskan isi dari review buku nantinya.

4. Tetapkan Gaya Tulisan

Gaya penulisan seperti apa yang akan kalian gunakan?

Kebanyakan dari reviewer pasti akan menggunakan gaya bahasa formal, atau dengan menggunakan bahasa yang baku.

Namun ada sedikit catatan, gaya tulisan di sini bukan hanya soal bahasa, melainkan pemilihan kata yang ingin kalian pakai. Misal kata pengganti seperti Anda, Kamu, Saya, Aku, dan laun sebagainya.

5. Evaluasi Pertama

Setelah kalian membaca empat poin di atas, sebelum membuat review coba lakukan evaluasi terlebih dahulu.

Kira-kira apa saja yang masih kurang? Apa saja yang ingin atau bisa ditambahkan? Dan apa saja yang menurut kalian kurang cocok untuk dimasukkan ke dalam review buku tersebut?

Catatlah hal-hal yang sekiranya diperlukan, lalu perbaiki lagi.

Berikut Langkah-langkah Mereview Artikel yang Perlu Kamu Tahu!

6. Membuat Review Buku

Penulisan review buku ini harus ditulis sesuai dengan inti pembahasannya. Sebagaimana struktur yang telah dijelaskan pada langkah pertama.

a. Judul

Format yang pertama adalah judul, pada format ini buatlah judul semenarik mungkin. Hal ini bertujuan agar dapat membuat orang lain tertarik untuk membaca buku yang kalian review.

b. Ringkasan Buku

Garis besar cerita dari buku, sebisa mungkin jangan sampai spoiler. 

Karena pembaca buku biasanya lebih suka dengan sesuatu yang membuat penasaran atau mengejutkan. Atau mungkin penulis memang ingin membuat twist, maka simpanlah amunisi dari penulis ini.

c. Isi

Pada bagian isi, gunakan untuk mengulas dan memberikan penilaian terhadap buku yang kalian review.

Baik dari yang bersifat fisik seperti cover, pemilihan kertas, ataupun layout yang digunakan.

Selanjutnya, baru masuk pada pembahasan substansi isinya.

Disini kalian juga dapat membandingkan buku yang kalian review dengan buku lain yang masih satu genre atau tema.

Bahaslah kelebihan, kekurangan, dan juga manfaat yang didapat dari buku tersebut.

Setelah itu, koreksi EYD, pengkarakteran, logika cerita, dan yang terpenting adalah sikap dan penilaian dari kalian sebagai reviewer terhadap buku tersebut.

Yons Achmad, bagian Humas FLP pusat mengatakan, salah satu fungsi utama dari seorang revewier yakni sebagai kritikus. Sehingga dengan begitu dapat membantu publik dalam menilai sebuah buku.

Mungkin ada saja yang bilang seperti ini: “Bisanya hanya ngritik, kayak hasil tulisannya udah bagus aja”.

Tenang, tidak perlu takut dalam mengkritik sebuah buku.

Kalian mungkin bukan seorang kritikus yang handal, namun bisa menjadi seorang reviewer merupakan salah satu langkah menjadi kritikus. Apalagi jika hasil review kalian sampai dimuat oleh media.

Jadi jangan khawatir, karena penulis yang baik tahu antara kritik atau saran yang bersifat membangun dengan kritik yang hanya nyinyiran saja.

Oleh karena itu, jika penulis dituntut untuk membuat logika cerita yang benar dalam bukunya.

Maka sebagai seorang reviewer kalian juga harus membuat tulisan yang sama-sama berlogika.

d. Penutup

Nah, dibagian akhir atau penutup ini, tulislah kesimpulan dari hasil review kalian terhadap buku tersebut. Apabila review kalian dimulai dengan pertanyaan, maka penutup adalah jawabannya.

Jangan lupa juga, untuk menuliskan kelebihan dari buku yang kalian review. Untuk penulisan bagian ini, tulislah kelebihan dari buku terlebih dahulu, baru menuliskan kekurangannya.

Karena orang akan cenderung bersikap positif, apabila memulai segala sesuatu dengan hal yang positif. Begitu pula sebaliknya.

6. Evaluasi Kembali Review Buku yang Sudah Kalian Buat

Hasil sepertia apa yang telah kalian dapatkan setelah membuat review buku tersebut?

Coba cek atau evaluasi kembali, kelebihan serta kekurangannya. Tuliskan apa saja hal-hal yang perlu kalian tambahkan, dan hal-hal apa saja yang perlu kalian kurangi dari hasil review tersebut. Jika sudah, maka silahkan untuk memperbaiki keseluruhannya.

Pada evaluasi yang terakhir ini, lebih penting daripada evaluasi yang pertama tadi. Karena bisa saja, terdapat kesalahan-kesalahan fatal pada penulisan metode ataupun bagian lainnya.

Yuk Pelajari! Cara Membuat Literature Review Dengan Baik Tanpa Ribet

Sekian

Itulah, sedikit pembahasan mengenai cara mereview buku yang dapat kalian pelajari dan juga dapat kalian jadikan sebagai referensi.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu kalian dalam membuat dan menyusun review buku dengan mudah dan sesuai dengan kaidah yang sebenarnya.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

2 komentar untuk “Tips & Cara Mereview Buku yang Baik”

  1. Maz Guru

    Musti evaluasi lagi kesalahan nulis review nih. Makasih min atas infonya. Saya sendiri masih mencari panduan yang jelas dan mudah. Nemunya di sini. Makasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.