Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Lengkap! Cara Mereview Jurnal Beserta Contohnya

4 min read

cara-mereview-jurnal-yang-baik-dan-benar

Cara mereview jurnal – review dapat diartikan sebagai suatu tinjauan atau ringkasan dari beberapa sumber seperti jurnal, buku, berita, dan lain sebagainya.

Review sendiri dapat difungsikan sebagai suatu kegiatan untuk meninjau sebuah karya guna mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan dari karya tersebut.

Selain itu, review ini juga bertujuan untuk memberikan informasi, mengajak, ataupun membuat pembacanya lebih penasaran dengan karya yang dirivew tersebut.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan bersama-sama mempelajari bagaimana cara membuat review jurnal dengan mudah dan sesuai dengan kaidah. Yuk langsung saja, baca pembahasan berikut!

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mereview Jurnal

cara-membuat-review-jurnal
pixabay

Sebelum membuat review jurnal, ada beberapa hal yang harus lebih dahulu kalian perhatikan. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Pilih Jurnal yang Relevan/ Paling Banyak Direview

Untuk tahap pertama, yang perlu diperhatikan sebelum mereview jurnal adalah, memilih jurnal yang sudah sering atau paling banyak di review.

Mengapa?

Karena, jurnal yang populer itu biasanya sudah banyak yang mereview sebelum kalian. Sehingga dengan begitu kalian dapat menemukan referensi berupa ide pokok atau inti dari pembahasan jurnal tersebut.

Kemudian, ketika kalian sudah menemukan inti dari pembahasan tersebut, kalian dapat membuat review ulang dengan menggunakan gaya bahasa sendiri.

2. Pilih Jurnal yang Memiliki Jumlah Halaman Sedikit

Kemudian tahap yang kedua, agar lebih mudah dalam mereview jurnal, kalian dapat memilih jurnal yang mempunyai halaman sedikit.

Mengapa disarankan untuk memilih halaman yang sedikit? Tentu bukan tanpa alasan.

Dengan sedikitnya jumlah halaman yang dimiliki jurnal tersebut, otomatis kalian dapat membuat review dengan bahasa yang singkat, padat, namun tetap berisi.

Selain itu, kalian juga dapat menghemat waktu dan juga dapat memperbaiki review dengan waktu yang lebih singkat, dibandingkan dengan melakukan review pada jurnal yang memiliki jumlah halaman banyak.

3. Pilih Jurnal yang Memiliki Banyak Nilai Positif

Nah untuk tahap yang terakhir, pilihlah jurnal yang mengandung atau memiliki banyak nilai positif. Karena dengan begitu, kalian dapat memberikan manfaat yang banyak kepada pembaca hasil review jurnal tersebut.

Perbedaan antara Jurnal, Artikel, dan Tutorial

perbedaan-antara-jurnal-dan-artikel
pixabay

Sebelumnya perlu kalian ketahui, jika ternyata jurnal berbeda dengan artikel dan tutorial. Memang apa sih perbedaannya?

  • Pertama dari jumlah halaman, jurnal memiliki batas halaman sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan oleh organisasi yang memuat jurnal tersebut.
  • Jurnal memiliki judul beserta nama penulis, alamat email, dan juga asal organisasi penulis.
  •  Memiliki abstract yang berisi ringkasan dari isi jurnal. Kemudian ada intriduction, metodologi yang digunakan sebelumnya dan juga metodologi yang diusulkan (experience/implementasi, conclusion/kesimpulan, dan references).

Cara Mereview Jurnal

cara-membuat-review-jurnal-yang-baik-dan-benar
pixabay

Jika sebelumnya kalian sudah memahami hal-hal apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum mereview jurnal, dan apa sih bedanya jurnal dengan artikel dan juga tutorial. Maka pada pembahasan kali ini, kita akan langsung menuju cara mereview jurnal.

1. Membuat Struktur Tulisan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, terlebih dahulu membuat struktur jurnal. Untuk struktur dalam penulisan ini sudah memiliki standarnya sendiri, berikut pembahasannya:

  • Judul
  • Data-data Jurnal
  • Reviewer Jurnal
  • Tanggal pembuatan review jurnal
  • Bahan dan Metode
  • Hasil
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Daftar Pustaka

2. Mereview Jumlah Halaman

Setelah kalian menentukan struktur penulisan, selanjutnya lakukan review pada jumlah halaman yang dimana kalian harus menjelaskan tentang jumlah halaman pada jurnal yang kalian review tersebut.

Jelaskan selengkap mungkin, termasuk pada jenis kertas yang digunakan jurnal tersebut. Hal ini bertujuan agar kalian dinilai teliti oleh dosen.

3. Membaca Hal-hal Penting

Selanjutnya, bacalah hal-hal penting yang dapat kalian paparkan pada review dengan singkat dan padat. Karena dengan membaca hal-hal penting pada jurnal tersebut, kalian lebih bisa menghemat waktu daripada membaca keseluruhan isi jurnal dengan waktu yang lama.

Serta jangan lupa untuk mencatat poin-poin penting tersebut, agar kalian tidak lupa saat melakukan penulisan review.

4. Buat Ucapan Pembuka

Pada bagian yang keempat, kalian dapat menuliskan kata pengantar atau ucapan pembukan seperti, ucapan puji syukur, ucapan terimakasih kepada pihak yang telah ikut andil, dan lain sebagainya,

Untuk contoh pembukaan atau kata pengantar, kalian dapat melihat reverensi dari pembahasan contoh kata pengantar karya ilmiah berikut.

5. Membuat Daftar Isi

Setelah menuliskan kalimat pembuka, jangan lupa untuk membuatkan daftar isi. Daftar isi ini perlu karena akan lebih memudahkan pembaca.

6. Tentukan Judul

Buatlah judul jurnal yang sesuai dengan isi tulisan, jangan membuat judul yang opini atau memiliki makna yang berbeda. Karena hal ini akan dapat menyesatkan pembaca, jika judul yang dicantumkan berbeda.

Serta buatlah judul yang dapat mewakili seluruh isi dari jurnal, jangan terlalu panjang dan juga jangan terlalu ringkas. Tinggal kalian sesuaikan saja.

7. Tulis Keterangan Jurnal

Langkah berikutnya yaitu, tuliskan mengenai keterangan jurnal. Baik dari gaya bahasa, nama penulis, alamat email, penerbit, dan tahun terbit jurnal.

Sebisa mungkin tuliskan keterangan secara rinci dengan menggunakan EYD yang baik dan benar, dan jangan sampai menggunakan kata-kata singkatan.

8. Introduction Atau Memperkenalkan Isi  Jurnal

Introduction yaitu memperkenalkan isi jurnal kepada pembaca, dengan begitu pembaca akan lebih mudah mengetahui tentang jurnal. Baik itu penulis, penerbit, atau bahkan kontak yang sesuai dengan keterangan.

9. Metodelogi yang Digunakan

Tuliskan secara rinci tentang metodelogi yang kalian gunakan pada jurnal.

10. Sumber Jurnal

Selanjutnya jangan lupa untuk menuliskan sumber jurnal, bagaimana dan darimana  kalian mendapatkan jurnal tersebut.

11. Tulis Penelitian Jurnal

Kemudian kalian dapat menuliskan secara singkat, padat, dan jelas mengenai apa saja yang ada pada jurnal tersebut. Baik dari informasi dan tata cara yang didapat dari jurnal setelah kalian membaca jurnal tersebut pada langkah kedua.

Oleh karena itu, mengapa saya meminta kalian untuk membaca hal-hal penting pada jurnal di point ketiga.

12. Buat Kesimpulan

Tuliskan kesimpulan dan apa saja yang kalian dapatkan dari pembahasan jurnal tersebut. Ambil sebanyak mungkin nilai-nilai positifnya, dan paparkan sedikit saja kekurangan dari jurnal tersebut agar tidak menjatuhkan penulisnya.

13. Penutup

Untuk yang terakhir, yaitu penutup. Pada penutup, buatlah kata-kata yang bagus, yang dapat menyentuh hati pembaca review yang kalian buat.

Contoh Review Jurnal

contoh-review-jurnal-yang-baik-dan-benar
pixabay

Setelah membaca pembahasan-pembahasan di atas, diharapkan kalian sudah memahami dengan baik mengenai hal yang harus diperhatikan sebelum mereview, perbedaan antara jurnal dan artikel, serta cara mereview jurnal.

Nah, biar kalian lebih baik lagi dalam memahami tentang review jurnal, berikut ada contoh (gambaran) dari review jurnal:

Judul Perencangan Struktur Data Yang Efesien Untuk Pemrograman Analisis Jaringan
Jurnal Natural
Volume & Halaman Vol. 9, Hal. 10-15
Tahun 2019
Penulis Pamungkas Adipura, ST
Pembuat Review Ahmad Fahrurizal
Tanggal 29 Desember 2019

Kemudian dilanjut lagi dengan tujuan, subjek, metode penelitian, serta kelebihan dan kelemahan apa metode tersebut.

Tujuan Penelitian Tujuan utama dari penelitian berikut ini adalah, bagaimana cara menghubungkan antara mode satu dengan mode yang lain, dengan jarak terpendek atau minimum.
Subjek Penelitian Ahli IT
Metode Penelitian Melakukan wawancara secara langsung kepada ahli-ahli IT serta para pengembang teknologi Pemrograman Jaringan. Menanyakan kepada mereka tentang apa itu Pemrograman Jaringan, dan bagaimana cara kerjanya, serta apa tujuan mereka mengembangkan teknologi ini.
Hasil Penelitian Hasil dari penelitian ini adalah, untuk mencari lintasan jarak terdekat dari mode sumber ke mode tujuan yang memberikan jarak minimum. Untuk menangani masalah jaringan, dapat menggunakan struktur data graph berupa data ADT yang digunakan untuk menangani masalah jaringan. Namun sangat disayangkan apabila struktur data yang digunakan bersifat statis.
Kekuatan
Kelemahan

Kesimpulan

cara-membuat-review-jurnal
pixabay

Setelah membaca pembahasan-pembahasan di atas, maka kita dapat mengambil beberapa kesimpulan, yaitu:

1. Memastikan Jurnal yang Dipilih Sudah Sesuai

Pada langkah yang pertama, pastikan terlebih dahulu jika jurnal yang akan kalian jadikan sebagai bahan review sudah sesui dengan kebutuhan. Terutama pada segi pembahasan atau isinya.

2. Membuat Struktur Dasar

Kedua, jangan lupa untuk memastikan jika struktur yang dibuat sudah sesuai standar yang ada. Namun memang ada beberapa perbedaan pada standar ini, oleh karena itu kalian juga dapat mengikuti struktur review dari karya orang lain jika memang dibutuhkan.

3. Melakukan Persiapan Dasar dan Evaluasi

Jangan lupa untuk mencatat terlebih dahulu mengenai berapa banyak halaman jurnal yang akan kalian review. Kemudian baca hal-hal penting yang terdapat pada jurnal, dan catat poin-poin penting yang didapatkan serta lakukan evaluasi agar mengetahui kekurangan yang ada.

4. Membuat Review Jurnal

Pembuatan review jurnal dapat diawali dengan pembukaan atau kata pengantar, seperti ucapan puji syukur, ucapan terimakasih kepada pihak yang telah membantu, dan lain sebagainya.

5. Mengevaluasi Review Jurnal yang Sudah Jadi

Ketika pembuatan review jurnal sudah selesai, evaluasi atau cek kembali apa saja hal-hal yang masih perlu direvisi dari review jurnal yang telah dibuat. Jika ada, jangan lupa untuk dicatat dan kemudian perbaiki.

Sekian

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara mereview jurnal yang baik dan benar, semoga dengan adanya pembahasan review jurnal tersebut dapat membantu kalian dalam membuat review yang sesuai dengan harapan kalian.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.