Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Contoh Aplikasi Berbasis Web: Fungsi & Cara Pembuatan

contoh-aplikasi-berbasis-web

Contoh aplikasi berbasis web – Dikutip dari data Hootsuite, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019 ini ternyata mengalami kenaikan hingga 13% dari tahun 2018 lalu. Yakni sebesar 150 juta pengguna.

Angka tersebut sudah cukup besar, namun pada tahun-tahun mendatang jumlah yang ada akan semakin lebih besar.

Sehingga seiring dengan perkembangan internet yang cukup pesat tersebut, maka kehidupan dan aktivitas kita juga semakin dimudahkan dengan adanya berbagai macam aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi berbasis web.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas secara tuntas mengenai aplikasi web beserta cara pembuatannya. Yuk simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Aplikasi Berbasis Web

pengertian-aplikasi-berbasis-web
pixabay

Apa itu aplikasi berbasis web? Aplikasi berbasis web yaitu aplikasi yang dapat diakses dengan menggunakan web browser ataupun penjelajah web melalui jaringan internet atau intranet.

Walaupun hingga saat ini ternyata lebih luas, lebih banyak, dan juga lebih komersil dalam pemakaiannya, banyak sekali perusahaan-perusahaan berkembang yang menggunakan aplikasi berbasis web dalam merencanakan sumber daya serta mengelola perusahaan mereka.

Sedangkan pengertian lain dari aplikasi berbasis web yaitu, program yang tersimpan pada server kemudian dikirim melalui internet dan diakses dengan antar muka atau interface berupa web browser.

Berdasarkan dari pengertian dan penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa aplikasi berbasis web adalah sebuah aplikasi yang diakses melalui web browser dengan menggunakan jaringan sebagai media transmisinya.

Selain itu, aplikasi berbasis web juga merukan sebuah software atau perangkat lunak yang di kodekan dengan menggunakan bahasa pemrograman. Semisal javascript, php, ruby, html, css, pyhton, dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya.

Fungsi Aplikasi Berbasis Web

fungsi-aplikasi-berbasis-web
pixabay

Aplikasi berbasis web memiliki beberapa fungsi dan kegunaan yang berbeda. Apabila di dalam sebuah perusahaan ritel atau perdagangan, aplikasi berbasis web dapat digunakan untuk mengolah data persediaan barang.

Berbeda dengan fungsi pada divisi HRD, aplikasi berbasis web akan digunakan untuk mengolah data karyawan. Ataupun pada dinas-dinas pemerintahan, aplikasi web dapat diimplementasikan untuk keperluan sistem manajemen kepegawaian, pengelolaan arsip, pengelolaan data surat, sistem e-file, dan lain sebagainya.

Jadi sepertinya kegunaan dan implementasi aplikasi berbasis web ini tidak ada batasannya. Oleh sebab itu, pada saat ini banyak sekali platform yang berusaha untuk menyediakan jasa pembuatan aplikasi berbasis web.

Selain fungsi aplikasi berbasis web di atas, beberapa keunggulan kompetitifnya adalah kecepatan aplikasi, sangat ringan, sedikit sumber data, dan juga dapat diakses dengan cepat melalu browser dan koneksi internet ataupun intranet menuju server.

Sehingga hal tersebut memungkinkan para pengguna untuk bisa mengakses data atau informasi perusahaan mereka hanya dengan menggunakan smartphone, laptop, ataupun komputer PC di rumah mereka sendiri dengan mudah.

Alhasil tidak seperti aplikasi-aplikasi desktop yang lain, dimana para pengguna terlebih dahulu harus menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang diperlukan hanya untuk mengakses data dan informasi.

Pengertian Aplikasi Berbasis Web Menurut Para Ahli

pengertian-aplikasi-berbasis-web-menurut-para-ahli
pixabay

Selain pengertian aplikasi berbasis web di atas, dua orang ahli dan pakar pada bidang tersebut juga mengutarakan definisi dan pengertian mengenai aplikasi berbasis web yaitu:

Rouse (2011)

Menurut Rouse, pengertian dari aplikasi berbasis web yaitu, sebuah program yang disimpan pada sebuah server kemudian dikirim melalui internet dan diakses melalui antarmuka browser.

Remick (2011)

Menurut Remick, aplikasi berbasis adalah, sebuah aplikasi yang menggunakan teknologi browser untuk menjalankan aplikasi dan diakses melalui jaringan internet.

Baca juga: Contoh Database Perpustakaan

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Berbasis Web

cotnoh-aplikasi-berbasis-web
pixabay

Adapun kelebihan dan kekurangan aplikasi berbasis web adalah sebagai berikut:

Kelebihan Aplikasi Berbasis Web

  • Dapat diakses melalu banyak media seperti smartphone, laptop, komputer, handheld, dan lain sebagainya yang sudah sesuai dengan standard WAP.
  • Tidak membutuhkan lisensi pada saat menggunakan web-based application. Sebab lisensi sudah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
  • Tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini. Karena pada beberapa kasus sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web tersebut.
  • Dapat dijalankan dengan sistem operasi apapun. Tidak melihat apakah kita menggunakan windows, linux, dan lain sebagainya aplikasi berbasis web ini dapat dijalankan asal kita mempunyai browser dan akses internet.
  • Dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun dan kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan terlebih dahulu.

Kekurangan Aplikasi Berbasis Web

  • Membutuhkan sistem keamanan yang baik. Disebabkan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server pusat mengalami down maka sistem aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik.
  • Membutuhkan koneksi internet dan intranet yang bagus dan stabil. Hal ini bertujuan supaya pada saat aplikasi dijalankan akan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Jenis-jenis Aplikasi Berbasis Web

Jenis-jenis Aplikasi Berbasis Web
pixabay

Agar lebih mudah dan jelas dalam memahami materi ini, yuk kita pelajari tentang jenis-jenis aplikasi berbasis web yang sudah familiar dan sering kita gunakan untuk menunjang kegiatan kita setiap hari:

  • Web Media Sosial: Dengan menggunakan layanan web ini, kita dapat melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Contoh dari web app media sosial ini adalah twitter.com, facebook.com, instagram.com, dan lain sebagainya.
  • Web Bisnis atau Jual Beli: Web app ini berguna untuk melakukan proses jual beli, lelang, penyewaan, ataupun kegiatan bisnis lainnya. Contoh web app bisnis: Tokopedia.com, bukalapak.com, ebay.com, erafone.com, dan lain sebagainya.
  • Web Internet Banking: Web ini berfungsi untuk melakukan transaksi bank seperti cek mutasi, transfer, dan lain sebagainya. Contoh yang termasuk pada web transaksi adalah ibank.bni.co.id dan klikbca.xom.
  • Web Berita dan Informasi: Jenis website yang satu ini umumnya berisi mengenai berita dan informasi terupdate. Misal: Merdeka.com, tribunnews.com, kumparan.com, detik.com, dan banyak lagi.
  • Web Pencarian atau Search Engine: Dengan menggunakan search engine kita dapat melakukan pencarian apapun di internet dengan cepat. Misalnya google.com, bing.com, yahoo.com, dan lain sebagainya.

Contoh Aplikasi Berbasis Web

contoh-aplikasi-berbasis-web
pixabay

Pada saat ini hampir semua bidang telah menggunakan aplikasi berbasis web untuk pengolahan data-data. Adapaun beberapa contoh dari aplikasi web yaitu:

  • Web untuk pendaftaran SBMPTN: Dengan menggunakan alamat https://sbmptn.itmpt.ac.id/, aplikasi ini berguna untuk melakukan pendaftaran bagi calon mahasiswa/mahasiswi yang ingin kuliah di Universitas-universitas yang terdapat di Indonesia.
  • Gmail: Biasa disebut juga dengan Google Mail, yakni layanan web (sekarang sudah terdapat versi smartphonenya) yang diluncurkan oleh Google untuk membuat akun email, kirim dan terima email, melamar pekerjaan secara online, ataupun membuat akun media sosial, dan lain sebagainya.
  • Dapodik: Yakin sebuah aplikasi yang digunakan untuk mendata kelembagaan dan kurikulum sekolah, data guru, siswa, dan karyawan. Serta berguna juga untuk data sarana dan prasarana sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Aplikasi yang satu ini diluncurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Baca juga: Contoh Data Ordinal 

Contoh Aplikasi Berbasis Web Menggunakan Php dan MySQL

Contoh Aplikasi Berbasis Web Menggunakan Php dan MySQL
pixabay

Jika tadi kita sudah membahas mengenai aplikasi berbasis web saja, maka berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi berbasis web menggunakan Php dan Mysql:

  • Smart School System
  • POS (Poin Of Sales) Sistem Kasir
  • Aplikasi Management Stok Kendaraan
  • Dan lain sebagainya

Contoh dan Cara Membuat Aplikasi Penjualan Berbasis Web

Berikut ini adalah sebuah video mengenai contoh dan cara membuat aplikasi penjulan berbasis web yang dapat kalian pelajari dan jadikan sebagai bahan referensi:

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai contoh aplikasi berbasis web beserta pengertian dan fungsinya yang dapat kalian pelajari dan jadikan referensi.

Selain pembahasan mengenai contoh aplikasi web ini, kalian juga dapat membaca pembahasan lain seperti contoh piagam penghargaan, dan juga contoh database penjualan yang baik.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.