Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Contoh Piagam Penghargaan: Pengertian, Fungsi, & Cara Pembuatan

contoh-piagam-penghargaan

Contoh piagam penghargaan – piagam penghargaan, pada umumnya adalah sebuah media berupa selembar kertas yang berisi tulisan atau pernyataan yang bersifat resmi sebagai suatu pemberian dan penghargaan kepada seseorang.

Biasanya piagam penghargaan ini diberikan kepada seseorang yang telah berhasil mengikuti suatu kegiatan, baik perlombaan ataupun lain sebagainya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas tuntas mengenai contoh piagam penghargaan ini sampai dengan cara pembuatannya.

Penasaran dengan isinya? Yuk simak pembahsan berikut ini.

Pengertian Piagam

pengertian-piagam
pixabay

Piagam merupakan sebuah media atau surat yang di dalamnya berisi tulisan berupa pernyataan yang bersifat resmi, umumnya dijadikan sebagai sebuah penghargaan. Contoh, piagam dapat dijadikan sebagai bukti tertulis atas partisipasi seseorang yang sudah ikut serta dalam suatu kegiatan atau lomba tertentu.

Lantas apa itu sertifikat? Apakah piagam dan sertifikat berbeda? Berikut ulasan mengenai perbedaan piagam dan sertifikat.

Perbedaan Piagam Dengan Sertifikat

perbedaan-piagam-dan-sertifikat
pixabay

Di dalam suatu kegiatan seminar ataupun lomba-lomba, seringkali kita menjumpai yang namanya piagam dan sertifikat. Seringkali juga kedua bentuk dokumen tersebut disamakan, padahal keduanya memiliki perbedaan. Oleh karena itu, kita perlu memahami mengenai perbedaan piagam dan sertifikat ini.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, sertifikat merupakan tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis ataupun tercetak dari orang yang memiliki wewenang yang dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan atau suatu kejadian.

Sedangankan piagam ialah, surat (tulisan pada batu, tembaga, dan lain sebagainya) resmi yang berisi berupa pernyataan pemberian hak tanah, dan lain sebagainya. Dapat juga berisi pernyataan dan peneguhan mengenai suatu hal (tentang karir dan sebagainya). Selain itu, KBBI juga mengartikan piagam sebagai diploma atau ijazah.

Dari pengertian-pengertian di atas, maka dapat kita ambil kesimpulan mengenai perbedaan dari piagam dan sertifikat. Keduanya benar sama sebagai bukti pernyataan, namun sertifikat lebih ke arah bukti kepemilikan atau keturutsertaan.

Sedangkan piagam lebih ke arah pemberian penghargaan. Inilah sesuatu yang sering terjadi dimana orang salah menyebutkannya semisal sertifikat penghargaan, sedangkan yang benar adalah piagam penghargaan.

Adapun untuk contoh penyebutan serifikat yang benar adalah seperti sertifikat tanah, sertifikat hak guna bangunan, dan lain sebagainya yang menyangkut  mengenai pengakuan tentang hak milik sesuatu.

Fungsi Sertifikat dan Piagam

fungsi-sertifikat-dan-piagam
pixabay

Terdapat banyak sekali fungsi dan manfaat yang dimiliki piagam penghargaan. Contoh salah satu fungsi dari piagam ialah, saat seorang siswa SMP mengikuti lomba pidato bahasa Inggris dan berhasil memenangkan perlombaan, maka selain juara ia juga harus mendapatkan bukti tertulis berupa piagam penghargaan yang menyatakan ia sebagai pemenang.

Selain fungsi tersebut, di dalam dunia pendidikan piagam dapat bermanfaat sebagai pengajuan beasiswa. Sedangkan di dalam duni kerja piagam dapat berfungsi dan bermanfaat untuk meningkatkan nilai CV pada surat lamaran kerja, sehingga peluang untuk diterima dalam lamaran pekerjaan semakin besar.

Selain itu dengan memiliki piagam penghargaan kalian juga dianggap telah berkontribusi pada bidang yang diselenggarakan oleh pemberi penghargaan tersebut. Semakin banyak penghargaan yang dimiliki, maka semakin banyak pula pengalaman kompetisi ataupun even yang telah kalian ikuti.

Bagian di Dalam Sertifikat dan Piagam Penghargaan

bagian-bagian-serifikat
interestingengineering.com

Selain pengertian dan fungsi-fungsi tersebut, ada bagian-bagian yang perlu diperhatikan dalam penulisan sertifikat atau piagam. Bagian-bagian di dalam sertifikat dan piagam yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

Kop Sertifikat/Piagam dan Logo Organisasi

Pertama, bagian yang tidak boleh sampai lupa dan hilang dari sebuah sertifikat atau piagam adalah kop sertifikat atau piagam dan logo organisasi. Kop sertifikat atau piagam dan logo ini terletak pada bagian paling atas, karenanya buatlah sebaik mungkin.

Tulisan Sertifikat/Piagam

Kedua, tulisan sertifikat atau piagam. Tulisan sertifikat atau piagam ini sangat penting karena dijadikan sebagai penjelas atau penanda untuk diketahui orang lain bahwa berkas tersebut adalah sertifikat ataupun piagam.

Nama Peserta

Nama peserta atau nama kelompok yang menerima sertifikat atau piagam terletak setelah kata-kata penyerahan seperti berikut: “Diberikan Kepada”, “Memberikan Sertifikat atau Piagam Kepada”, dan lain sebagainya.

Waktu dan Tempat

Waktu dan tempat ini biasanya terbagi menjadi dua bagian, yaitu waktu dan tempat dikeluarkannya sertifikat atau piagam, serta waktu dan tempat pelaksaan kegiatan.

Untuk waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan umumnya berada pada isi sertifikat atau piagam, sedangkan untuk waktu dan tempat dikeluarkannya sertifikat atau piagam umumnya berada di bagian atas ataupun pada bagian pengesahan.

Pengesahan

Pengesahan, adalah salah satu bagian yang berada pada bagian bawah atau bagian akhir dari sebuah sertifikat atau piagam. Pengesahan ini umumnya terdiri dari nama pelaksana kegiatan, tanda tangan pimpinan atau ketua, dan cap atau stempel organisasi pelaksana kegiatan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Piagam/Sertifikat

contoh-piagam-penghargaan
pixabay

Adapun hal-hal yang harus kalian perhatikan sebelum membuat sebuah piagam penghargaan atuapun sertifikat adalah sebagai berikut:

1. Ide atau Konsep Desain

Sebelum memutuskan untuk membuat sebuah desain sertifikat atau piagam yang diinginkan, brainstorming atau menggodok ide merupakan suatu hal yang sangat penting. Namun jika kalian adalah tipe orang yang sulit untuk memunculkan sebuah ide, maka kalian dapat mencari referensi-referensi di internet.

Satu hal yang pasti, ide atau konsep yang akan kalian gunakan pada desain sertifikat atau piagam penghargaan haruslah disesuaikan dengan konsep kegiatan, acara, ataupun lembaga yang menaunginya. Sehingga jangan sampai melenceng atau keluar dari konsep dasar.

2. Pilih Software yang Tepat dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Saat ini ada banyak sekali perangkat luanak atau software  yang dapat kalian gunakan untuk membuat sertifikat ataupun piagam penghargaan, baik dari yang berbayar sampai yang gratisan. Misal Ms. Word, Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lain sebagainya.

Ketiga software yang sudah disebutkan di atas tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, sehingga juga dapat memberikan bentuk atau hasil desain yang berbeda.

Untuk software Ms. Word, kalian dapat menggunakannya untuk membuat sertifikat atau piagam, namun desain yang akan dihasilkan nantinya dapat dikatakan sangat sederhana sekali, karena memang tidak tersedia banyak tool yang dapat digunakan. Maklum saja, karena Ms. Word sendiri memang bukanlah program untuk mendesain secara pro.

Sedangkan untuk software Adobe Photoshop dan Corel Draw, kalian dapat dengan mudah membuat dan mendesain sertifikat atau piagam secara lengkap. Karena memang di dalam software-software tersebut ada beragam tools yang tersedia, sehingga dapat membantu kalian dalam mendesain dengan hasil yang baik dan indah.

3. Bentuk Piagam atau Sertifikat 

Pada umumnya, bentuk dari sertifikat dan piagam penghargaan adalah persegi panjang ataupun horizontal, walaupun dapat juga berbentuk vertikal. Untuk membuat dan menentukan bentuk ini, kalian dapat memanfaatkan tools yang terdapat pada software yang kalian gunakan untuk mendesain.

4. Desain Sertifikat yang Sederhana

Sertifikat atau piagam pada dasarnya adalah selembar kertas yang berisi mengenai data penilaian atau apa yang telah berhasil diraih oleh seseorang pada suatu event, tempat, ataupun posisi.

Namun bukanlah hal yang mustahil apabila sertifikat didesain dan dibuat tanpa mempertimbangkan nilai estetika. Mengingat bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan pengakuan melalui sebuah sertifikat.

Oleh sebab itu, sebaiknya setiap sertifikat selalu memiliki desain, warna, dan format yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk deasain sertifikat atau piagam penghargaan, sebaiknya kalian memilih desain yang sederhana namun tetap berkesan dan elegan.

Cara Membuat Sertifikat/Piagam Penghargaan Simpel dan Mudah

Berikut ini adalah cara membuat sertifikat ataupun piagam penghargaan menggunakan Ms. Word yang simpel dan mudah. Kalian dapat mencoba dan mempraktekannya secara langsung.

1. Pertama, pastikan koneksi internet kalian terhubung secara baik. Kemudian setelah internet kalian terhubung, kalian dapat membuka Ms. Word dan kemudian ketikan tulisa certificate pada kolom pencarian seperti gambar di bawah ini.

cara-membuat-piagam-penghargaan
sumber: tutorial89.com

2. Kedua, silah pilih template sertifikat atau piagam yang sesuai dengan konsep atau kegiatan yang akan dilaksanakan. Pada bagian ini kalian dapat menemukan kurang lebih 118 template sertifikat yang siap kalian pilih. Jika sudah, klik sertifikat yang dipilih dan kemudian klik create. Tunggu beberapa saat sampai  dwonload template sertifikat selesai.

cara-membuat-piagam-penghargaan
sumber: tutorial89.com

3. Setelah template sertifikat terbuka, kalian dapat mengedit kata-kata yang ada sesuai dengan kebutuhan kalian. Kalian juga dapat menambahkan logo yang sesuai dengan organisasi.

cara-membuat-piagam-penghargaan
sumber: tutorial89.com

Contoh-contoh Desain Piagam Penghargaan

Agar lebih faham mengenai piagam penghargaan ataupun sertifikat, berikut ini sudah saya sajikan contoh-contoh piagam penghargaan yang dapat kalian jadikan sebgai referensi dalam pembuatan piagam dan sertifikat tersebut:

Contoh Piagam Penghargaan Simple dan Sederhana

 

contoh-piagam-penghargaan
smknubalikpapan.sch.id
contoh-desain-piagam-penghargaan
pa-jakartaselatan.go.id
contoh-sertifikat
freshklindo.com

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai contoh piagam penghargaan beserta fungsi, bagian, dan juga cara pembuatannya yang mudah.

Selain pembahasan mengenai contoh piagam penghargaan ini, kalian juga dapat membaca contoh surat keterangan domisil dan juga contoh surat peminjaman barang yang dapat kalian jadikan sebagai tambahan wawasan serta referensi lainnya.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.