Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Visa

5 min read

contoh-surat-keterangan-kerja-untuk-visa

Contoh surat keterangan kerja untuk visa – salah satu persyaratan yang harus dipenuhi saat mengajukan visa turis ke keluar negri adalah surat keterangan kerja.

Apabila kita bekerja di sebuah perusahaan, maka surat ini dapat kita peroleh dari bos atau HRD perusahaan tersebut. Apabila kita masih berstatus sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, maka sebagai gantinya kita dapat meminta surat keterangan pelajar atau mahasiswa dari pihak sekolah atau universitas tempat kita belajar.

Namun apabila kita bekerja sendiri atau sebagai seorang freelencer, memiliki usaha sendiri, maka kita sendiri yang harus membuat surat keterangan kerja tersebut.

Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan bersama-sama mempelajari mengenai contoh surat keterangan kerja untuk visa ini.

Tidak perlu lama-lama, yuk langsung simak saja pembahasannya.

Definisi dan Pengertian Visa

apa-itu-visa
pixabay

Visa adalah, salah satu dokumen yang dibutuhkan oleh seorang pengunjung suatu negara.  Umumnya dalam membuat visa, harus dilengkapi juga dengan dokumen ijin lain yakni paspor.

Karena tanpa paspor, sebuah visa tidak akan diberikan, dan tanpa visa seorang pengunjung juga tidak akan diberikan ijin untuk masuk ke suatu negara tertentu (kecuali negara-negara yang telah mengadakan kesepakatan tertentu).

Sehingga pengertian visa sendiri yaitu, sebuah dokumen  yang dikeluarkan oleh sebuah negara yang isinya berupa izin untuk dapat memasuki negara tersebut.

Pengertian Surat Keterangan Kerja

pengertian-surat-keterangan-kerja
pixabay

Surat keterangan kerja memiliki pengertian yaitu, sebuah surat yang dibuat oleh suatu pihak berdasarkan keterangan yang benar atau otentik kepada pihak lainnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan keterangan yang sebenarnya atas suatu hal.

Surat keterangan kerja ini, umumnya digunakan untuk memberikan sebuah keterangan mengenai suatu hal. Baik itu tentang seseorang yang bersangkutan adalah  bekerja di perusahaan tersebut, sejak kapan, dan sampai saat ini.

Performa bekerja di dalam perusahaan, statusnya dalam perusahaan, dan hal-hal lainnya yang perlu untuk dicantumkan.

Jenis Visa Berdasarkan Waktu

macam-macam-visa
bloomberg.com

Berdasarkan waktu untuk mendapatkannya, visa dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni visa on arrival dan visa pre arrival. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Visa on Arrival

Visa on arrival adalah, visa yang bisa didapatkan ketika seseorang telah sampai di perbatasan atau bandara suatu negara. Untuk bisa mendapatkan visa on arrival ini, seorang pengunjung atau turis harus dapat menunjukkan dokumen atau identitas diri berupa paspor.

Nah, perlu kalian ketahui bahwa tidak semua negara menyediakan fasilitas visa on arrival ini. Oleh karena itu, sebelum kalian berkunjung ke suatu negara, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui sistem pemberian visa yang berlaku di negara tersebut.

2. Visa pre Arrival

Sedangkan visa pre arrival yakni, visa yang bisa didapatkan di kedutaan ataupun konsulat negara tujuan yang ada di negara asal kita.

Berbeda dengan visa on arrival yang sudah kita bahas tadi, yang diurus ketika pengunjung atau turis sudah sampai di perbatasan ataupun bandara negara tujuan, visa pre arrival ini terlebih dahulu diurus beberapa hari sebelum pengunjung meninggalkan negara asalnya untuk berkunjung ke negara tujuannya.

Visa arrival ini umumnya diurus di perwakilan negara tujuan yang ada di negara asal kita, seperti kedutaan ataupun konsulat.

Syarat Membuat Visa

syarat-membuat-visa
upi.com

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa syarat untuk membuat visa disetiap negara berbeda antara satu dengan yang lain. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan kebijakan pemerintah masing-masing tentang tata cara pembuatannya.

Oleh karena itu, sebagai gambaran umum, berikut beberapa syarat yang umumnya harus kalian penuhi saat akan membuat visa kunjungan ke luar negri:

1. Paspor

Salah satu syarat utama untuk bisa membuat visa adalah paspor. Namun perlu kalian ingat, paspor yang digunakan dalam hal ini adalah paspor yang masih berlaku, bukan paspor dengan masa berlaku yang sudah kadaluarsa.

2. Formulir online

Selain paspor, syarat berikutnya adalah formulir pendaftaran dan pengajuan pembuatan visa. Namun karena sekarang sudah masuk kepada era modern dan maryoritas masyarakat menggunakan internet, maka pendaftaran dan pengajuan ini dapat dilakukan dengan cara online.

Nah, kalian bisa mendapatkan formulir online ini pada website kedutaan besar perwakilan negara yang akan kalian tuju. Kemudian Kemudian formulir online ini haru kalian isi sebagai syarat pengajuan pembuatan visa.

3. Bukti pembayaran visa

Syarat ketiga yang harus kalian penuhi dalam pembuatan visa yakni, pembayaran visa tersebut. Karena tentunya visa yang akan kalian buat nantinya tidak gratis, kalian harus membayar sejumlah uang ke bank tertentu yang telah diberi kepercayaan untuk melayani pembayaran visa.

4. Pas foto

Disebabkan visa ini berisi mengenai data diri pribadi, maka pas foto adalah hal wajib yang juga harus dipenuhi dalam syarat pembuatan visa.

Pas foto yang harus kalian berikan tidak selalu sama, karena ada perbedaan antara negara satu dengan negara lainnya, sehingga kalian harus mencari informasi terlebih dahulu mengenai pas foto ini.

5. Bukti keuangan

Mengapa bukti keungan? Karena dengan memenuhi syarat bukti keuangan ini, kalian dapat meyakinkan pihak kedubes bahwa kalian nantinya mempunyai biaya hidup yang cukup selama melakukan perjalanan.

sedangkan untuk bukti keuangan, kalian dapat memberikan bukti keuangan berupa slip gaji ataupun fotokopi buku tabungan pribadi.

6. Surat keterangan kerja

Yang terakhir adalah surat keterangan kerja, untuk kalian yang akan pergi ke luar negri karena urusan pekerjaan, maka kalian harus mempunyai surat keterangan kerja dari perusahaan. Hal ini bertujuan juga agar mempermudah kalian dalam pembuatan visa.

Masih sekolah atau kuliah? Jika kalian masih menjadi seorang pelajar atau mahasiswa, maka kalian cukup memberikan surat keterangan pelajar atau mahasiswa dari lembaga atau kampus tempat kalian belajar.

Nah, sedangkan cara pembuatan dan contoh surat keterangan kerja untuk visa, kita akan membahasnya setelah ini.

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja Untuk Visa

cara-membuat-surat-keterangan-kerja-untuk-visa
pixabay

Surat keterangan kerja untuk visa ini berbeda dengan surat kerja guru ataupun surat-surat yang lainnya. Oleh karena itu cara pembuatannya pun juga berbeda.

Kenapa sih kita harus membuat surat keterangan kerja sebagai syarat membuat visa?

Tentu bukan tanpa alasan, karena ada banyak sekali manfaat yang dapat kalian peroleh apabila kalian membuat surat keterangan kerja.

Salah satunya kalian  akan mendapatkan perlindungan khusus dari kedutaan besa negara Indonesia jika kalian bekerja di luar negri dengan ijin yang legal.

Untuk cara pembuatannya, kalian dapat mempraktekan referensi cara membuat surat keterangan kerja berikut ini:

  • Hal pertama yang harus diperhatikan, untuk membuat surat keterangan kerja untuk visa adalah, kalian harus menulisnya dalam bentuk bahasa Inggris.
  • Kemudian, kalian tuliskan untuk siapa surat keterangan kerja itu ditujukan. Tentu saja surat keterangan kerja itu ditujukan untuk wakil kedutaan besar negara yang akan kalian kunjungi.
  • Dibagian ketiga, surat keterangan kerja ini harus kalian isi dengan biodata yang lengkap seperti nama, tempat tanggal lahir, jabatan, dan lain sebagainya. Sehingga jangan sampai ada bagian yang terlewat satupun, karena surat keterangan ini akan ditujukan kepada orang penting, jadi jangan sampai main-main.
  • Keempat, surat keterangan kerja yang kalian buat sudah harus dicetak menggunakan kertas kop perusahaan yang sah dan terbaru.
  • Terakhir,  terdapat tanda tangan atasan atau admin personalia tempat kalian bekerja sebagai keabsahan dari surat tersebut.
  • Sebagai tambahan, kalian perlu mengecek kembali surat yang telah kalian buat, hal-hal apa saja yang sekiranya perlu ditambahkan dan dikurangi.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Berikut ini adalah contoh surat keterangan kerja untuk visa yang dapat kalian jadikan sebagai contoh atau referensi sebelum pembuatan:

Surat Keterangan Kerja untuk Visa

[KOP SURAT]

To:

Visa Section of

Embassy of Italy

Jakarta

Dear Sir/Madam,

A long with this letter, I would like to inform you, I the undersignet:

Name                   : Marvel Sholeh

Position                : Head Manager

Certify that,

Name                   : Akbar Ismail

Position               : Financial Departement

DOB                    : March, 15th 1992

Working Since    : 2017

Is planning to have vacation to Italy, on December, 25th 2019 until January, 15th 2020.

I acknowledge and guarantee that he is really an Employee in our company with average monthly THP is IDR 20.000.000. We guarantee that he will not find work or live permanently in your country, and will return to Indonesia as soon as his vacation time is over.

All expenses incurred during the trip latter, will be fully borne by the brother.

Kindly grant his the necessary entry visa to your country. Your kind assistance will be verry highly appereciated.

Sincerely yours,

 

Marvel Sholeh

Jakarta, September, 15th 2019

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pengajuan Visa

Surat Keterangan Kerja untuk Pengajuan Visa

PT. INDOMARCO CAHAYA

Jl. Jendral Sudirman No. 25C

Jakarta Pusat

E-mail: [email protected]

Telp/Fax: (024) 9476428/894309

Jakarta, November 25th 2019

To:

The Embassy of Australia

Visa Section

9th Floor Thamrin Tower

Jl. Thamrin Kav. 54-57

Jakarta

Subject: Recommendation Letter for Visitor Visa Application

To whom it may concern,

Here with to certify that:

Name              : Muhammad Hanif

Date of Birth   : August, 25th 1990

Address          : Jl. Pahlawan Blok B No. 43, Kebayoran Utara, North Jakarta

Is a permanent employee of PT. INDOMARCO CAHAYA since 20 October 2017 as Administration and Accounting Staff with employee no: 788580. He will be going to Australia for holiday from Wednesday, December 25th 2019, will be return back to Indonesia and start work again on Tuesday, December 31th 2019.

It would be very appreciate if you could grant her necessary visa to enter your country at your earlist convenience.

Thank you very much for your kind attention and corporation.

Your sincerely,

PT. INDOMARCO CAHAYA

 

Bram Suherman

Branch Manager

Sekian

Demikianlah beberapa pembahasan mengenai contoh surat keterangan kerja untuk visa yang dapat kalian jadikan sebagai referensi.

Selain contoh surat keterangan kerja untuk visa tersebut, kalian juga dapat membaca contoh surat keterangan domisili dan surat penangguhan penahanan untuk dijadikan sebagai referensi atau tambahan wawasan lainnya.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Trifaris Muhsy -Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.