Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Merinci 5 Contoh Surat Kronologis yang Baik dan Benar

5 min read

contoh-surat-kronologis

Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai surat lamaran kerja guru dan surat permohonan rekomendasi, maka pada pembahasan kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai contoh surat kronologis.

Surat kronologis yang akan kita bahas ini, tentunya dapat dijadikan sebagai referensi atau pembelajaran untuk membuat sebuah laporan kronologi yang baik dan benar.

Karena, surat laporan kronologi suatu waktu tentu akan dibutuhkan untuk kepentingan di dalam dunia kerja maupun pribadi.

Namun pada umumnya, surat laporan kronologi ini di buat oleh karyawan sebagai bentuk penjelasan secara formal terhadap perusahaan di balik suatu kejadian. Misalnya kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan mobil inventaris mengalami kerusakan.

Nggak perlu nunggu lama, yuk langsung simak pembahasannya.

Daftar Surat Laporan Kronologis Kejadian

contoh-surat-kronologis
source: pixabay.com

Terdapat berbagai macam laporan surat kronologis kejadian, berikut ini adalah 5 contoh surat kronologis yang dapat kalian pelajari dan jadikan sebagai referensi:

1. Contoh Laporan Kronologi yang Baik dan Benar

Contoh surat kronologis yang pertama ini adalah contoh surat yang pada umumnya digunakan untuk melaporkan suatu kejadian. Berikut adalah contoh surat kronologi yang baik dan benar.

LAPORAN KRONOLOGI KEJADIAN

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama :

Alamat :

Pekerjaan :

Dengan ini melaporkan bahwa pada,

Hari/tanggal :

Waktu :

Lokasi :

Telah terjadi sebuah kecelakaan kendaraan, dengan kronologi kejadian sebagai berikut:

……………………………………………………………………………………………………. (ceritakan kronologi kejadian).

Demikian kronologi ini kami laporkan agar diketahui oleh kantor pusat dan untuk keperluan proses asuransi asset perusahaan. Mohon informasinya apabila ada hal-hal yang perlu kami tindak lanjuti selanjutnya.

Terima kasih
………………….,………………………….

 

 

( ………………………………)

2. Contoh Surat Kronologis Kematian

Contoh surat laporan yang kedua ini adalah contoh surat yang umumnya digunakan untuk memberikan laporan terkait kronologis kematian. Berikut adalah contoh suratnya.

SURAT KRONOLOGIS KEMATIAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : Mahmud Qomaruddin

Tempat/Tanggal Lahir : Madiun, 09-06-1975

Pekerjaan                    : Wiraswasta

Hubungan Keluarga   : Suami

Alamat                       : Jl. Kamboja, Dsn. Mangunharjo RT. 005 RW. 008, Ds. Rejomulyo, Kec. Kartoharjo, Kab. Madiun 63117

Menyatakan bahwa Istri saya :

Nama                          : Siti Rofiah Al-Adawiyah

Tempat/Tanggal Lahir : Madiun, 12-03-1980

Alamat                        : Jl. Kamboja, Dsn. Mangunharjo RT. 005 RW. 008, Ds. Rejomulyo, Kec. Kartoharjo, Kab. Madiun 63117

Beliau sekitar setengah tahun belakang ini telah mengalami penurunan kondisi kesehatan, dan terkadang harus dibawa ke dokter atau puskesmas terdekat guna berobat dan memeriksakan kesehatannya.

Menurut dokter dan tim medis puskesmas menyatakan, bahwa beliau mengalami gangguan pada bagian lambung.

Kemudian pada tanggal 25 Desember 2019 Pukul 05.50, beliau mengeluhkan rasa sakit pada bagian perutnya. Namun saya dan pihak keluarga belum sempat membawa beliau ke dokter dan puskesmas terdekat guna memerikasakan kondisi beliau.

Hingga akhirnya, tepat pada pukul 16.15 beliau menghebuskan nafas terakhir di Rumah.

Demikian surat laporan kronologi kematian ini saya buat, semoga dapat dimaklumi dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yang membuat pernyataan

Suami/Ahli Waris Almarhumah

 

 

(Mahmud Qomaruddin)

3. Contoh Surat Kronologis Kejadian Penipuan

Contoh surat laporan selanjutnya adalah contoh surat yang umumnya digunakan oleh banyak masyarakat untuk memberikan laporan terkait penipuan yang dilakukan oleh suatu oknum.

Baca juga: contoh surat lamaran kerja indomaret

SURAT KRONOLOGIS KEJADIAN
Pada tanggal  25 Desember 2019 pada pukul 08.45 WIB, saya melakukan sebuah transaksi dengan seseorang yang menggunakan rekening Bank ……….. istrinya atas nama…………

Transaksi tersebut saya lakukan untuk membeli sebuah VIEWSONIC LED Monitor 21.5 Inch VA2246 seharga Rp. 1.800.000,-.

Saya mengetahui informasi penjualan monitor tersebut berawal dari Grup Facebook Bursa Jual Beli Laptop & Komputer. Akun yang digunakan bernama ………..

Kemudian saya menghubunginya lewat chatting whatsapp dengan nomor 082329808456 untuk meminta foto detail monitornya. Karena saya tidak mau membeli dengan kondisi cacat dan mahal.

Kemudian ia memberikan foto-foto detailnya, dan saya menawar harga sebesar Rp. 1.500.000, dan langsung disetujui oleh penjual.

Setelah itu saya meminta nomor rekening penjual dan ia memberi rekening mandiri istrinya :
Atas nama       : ………..

Bank                : ………..

No rekening    : ………..

Karena tidak ingin langsung percaya, saya meminta foto KTP yang sesuai dengan atas nama rekening tersebut. Namun penjual memberikan foto KTP miliknya sendiri, yaitu:

Nama KTP      : Aji Pamungkas
Nomor KTP    : 947924990502480
Alamat           : Jl. Pattimura No. 12 RT 05/09 Kel. Kartoharjo, Kec. Mangunharjo, Kab. Madiun, Jawa Timur
Handphone   : 082329808456

Kemudian saya sampaikan kembali dan meminta foto KTP yang sesuai dengan atas nama rekening tersebut. Ia memberikan foto KTP yaitu:
Nama KTP      : …………….
Nomor KTP    : …………….
Alamat           : Jl. Pattimura No. 12 RT 05/09 Kel. Kartoharjo, Kec. Mangunharjo Kab. Madiun, Jawa Timur

Setelah yakin bahwa nama KTP sesuai dengan nama yang tertera pada rekening bank, saya langsung transfer uang melalui rekening bank BTN. Seusai transfer, saya juga langsung mengirimkan konfirmasi kepada penjual beserta print screen bukti transfer saya.

Kemudian ia mengatakan bahwa ingin mengecek terlebih dahulu, dan meminta no rekening saya dengan alasan cek mutasi di sms banking.

Saya kembali tidak langsung percaya begitu saja, dengan memberikan no rekening saya. Karena logikanya, ia tidak perlu nomor rekening saya.

Tanggal 26 Desember 2019, sekitar jam 9 pagi, saya menghubungi penjual via telepon, namun tidak diangkat. Kemudian si penjual sms dan saya menanyakan transfer sudah masuk apa belum dan kapan dikirim.

Penjual mengatakan sudah masuk dan siang akan langsung dikirim. Tidak berhenti sampai disitu, saya meminta foto kondisi velg di pengiriman JNE. Dia menjawab ok.

Siang harinya saya sms penjual tidak di respon. Sorenya, saya telepon via whatssap dan menanyakan kapan dikirim, penjual hanya menjawab “Setelah ini”.

Ternyata, beberapa jam kemudian saya telepon kembali lewat nomor telepon (bukan via whatsapp), penjual tidak menjawab. Bahkan penjual masih berani mengiklankan barang yang sudah saya beli di grup lain yaitu “Bursa Jual Beli LCD/LED.”

Hingga tanggal, 27 Desember 2019, facebook penjual tidak aktif (untungnya saya masih sempat screen facebook penjual), dan semua foto jualannya di grup telah dihapus.

Oleh sebab itu, dengan pertimbangan kejadian yang saya alami ini, saya memutuskan untuk menghubungi pihak Bank …………., agar menjadi pihak ketiga antara saya dengan penjual ini. Supaya saya bisa menghubungi dan meminta keterangan serta meminta uang saya untuk dikembalikan.

Mohon bantuannya dan mohon kerjasamanya supaya masalah ini bisa diselesaikan pihak Bank ………..

Madiun, 28 Desember 2019
Hormat Saya,

 

 

(………………)

4. Surat Laporan Kronologi Kecelakaan untuk Karyawan

Berikut ini adalah contoh surat laporan kecelakaan yang biasa digunakan oleh seorang karyawan yang bekerja disuatu perusahaan ataupun instansi.

CONTOH SURAT KRONOLOGIS KECELAKAAN
Pada tanggal 25 Desember 2019, tepatnya pada pukul 15.30 WIB, saya sedang bertugas untuk mengantarkan barang servisan UD. Manggala Computer. Berupa 1 unit printer dengan menggunakan mobil inventaris kantor (Xenia / AE 4893 RT).

Saya mengendarai mobil tersebut dengan kecapatan 70 KM/jam. Saya berangkat dari kantor menuju lokasi tepat pada pukul 15.30 WIB.

Ketika tiba disebuah perempatan, tepatnya di Jl. Ronggowarsito No. 101, sebuah motor yang berada tepat didepan saya tiba-tiba berhenti secara mendadak. Kemudian saya mencoba untuk menghindari motor tersebut, dan akhirnya mobil yang saya kendari menabrak sebuah tiang listrik pinggir jalan.

Sipengendara motor tersebut lantas langsung bergegas menghampiri saya, dan memberikan pertolongan karena ia tidak melihat saya keluar dari mobil. Saya sempat merasa sangat kaget dan tidak dapat bergerak selama kurang lebih 1-3 menit.

Kemudian setelah saya kembali sadarkan diri, sipengendara motor meminta maaf kepada saya. Karena ia beranggapan bahwa salah satu yang menjadi penyebab saya menabrak pohon adalah, akibat menghindari ia yang berhenti secara mendadak.

Selang beberapa menit, saya mencoba untuk meminta tanggung jawab kepada yang bersangkutan. Kemudian, ia berjanji untuk memberikan ganti rugi sesuai dengan biaya untuk memperbaiki mobil xenia yang saya gunakan.

Dengan catatan, mobil harus dibawa ke sebuah workshop dan dilakukan perbaikan atau service sebagaimana mestinya.

Sehingga dengan itu, kami langsung menuju workshop terdekat untuk segera melakukan perbaikan pada mobil. Dikarenakan proses perbaikan atau service tidak dapat selesai saat itu juga, maka sebagai bahan jaminan saya meminta SIM dan nomor telepon sipengendara motor sebelum yang bersangkutan pulang.

Kemudian sipengendara motor yang bersangkutan meminta kepada saya untuk menghubunginya, apabila proses perbaikan mobil sudah selesai. Dia juga berjanji akan membayar semua biaya perbaikan.

Demikian surat laporan kronologi ini saya buat berdasarakan dengan kondisi di lapangan, tan ada rekayasa sedikitpun. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Madiun, 26 Desember 2019

Dibuat oleh,

 

Yanuar Pamungkas

Karyawan

5. Contoh Surat Kronologis Kecelakaan untuk Klaim BPJS

KRONOLOGIS KECELAKAAN
Pada hari Rabu, 25 Desember 2019 pukul 12.00 WIB, karyawati kami mengalami kecelekaan yang terjadi di Jl. Ahmad Yani, Wareng, Mangunharjo, Madiun. Adapun karyawan kami tersebut adalah:

Nama                       : Agus Widodo

Jabatan                    : Surveyor

Tugas/Penempatan : Madiun Kota

Adapun kronologi kecelekaannya adalah sebagai berikut:

Pada hari Rabu, tanggal 25 Desember 2019 saudara Agus rencananya akan melakukan survey ke minimarket sumber rejeki, sumber murah, dan sumber barokah.

Pada pukul 07.00-08.30 WIB, saudara Agus berangkat dari rumah menuju kantor.

Pada pukul 08.00-09.00 WIB, pihaknya mengikuti breafing pagi.

Pada pukul 09.00-10.00 WIB, saudara Agus berangkat dari kantor menuju minimarket sumber rejeki, sekaligus melakukan survey.

Pada pukul 10.00-11.00 WIB, setelah berkunjung dari minimarket sumber rejeki kemudian langsung menuju ke minimarket sumber murah.

Pada pukul 11.00-12.00 WIB, dari minimarket sumber murah menuju minimarket sumber barokah. Namun, pada saat perjalanan tersebut saudara Agus mengalami sebuah kecelakaan di Jl. Mongonsidi KM 5 Madiun pada pukul 12.15 WIB.

Setelah mengalami kecelakaan tersebut, saudara Agus langsung di evakuasi untuk dilarikan ke RSI Siti Aisyah Madiun dengan menggunakan mobil ambulan.

Sesampainya di rumah sakit, saudara Agus langsung di rawat di UGD, untuk selanjutnya mendapatkan layanan rawat inap di rumah sakit tersebut.

Demikianlah surat kronologis kecelakaan ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Madiun, 26 Desember 2019

Mengetahui,

Head Of Region

 

Saksi I                                                               Saksi II

Sekian

Itulah beberapa pembahasan mengenai contoh surat kronologis untuk berbagai macam kondisi dan keadaan, yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu dan memudahkan kalian dalam menyusun dan membuat surat kronologi kejadian yang baik dan benar.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.