Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Mengulas Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret di Berbagai Bidang

7 min read

contoh-surat-lamaran-kerja-indomaret

Contoh surat lamaran kerja Indomaret, adalah contoh surat kerja yang akan kita bahas bersama-sama pada kesempatan kali ini. Setelah sebelumnya kita membahas mengenai contoh surat lamaran kerja guru, dan contoh surat lamaran kerja perawat.

Contoh surat lamaran kerja Indomaret ini, tentunya akan sangat dibutuhkan oleh kalian yang sedang mencari pekerjaan dan berencana untuk melamar kerja di Indomaret.

Seperti yang kita ketahui, Indomaret adalah salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia. Ia memiliki toko-toko yang tersebar luas hampir di setiap daerah, bahkan di setiap kecamatan di Indonesia.

Oleh karena itu, tentunya Indomaret akan sangat membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak untuk mengisi berbagai macam bidang dalam menjalankan bisnisnya.

Nah, berikut ini  adalah contoh surat lamaran kerja Indomaret yang dapat kalian jadikan sebagai referensi. Yuk simak pembahasannya.

Pengertian Surat Lamaran Kerja 

pengertian-surat-lamaran-kerja
pixabay

Eitss, sebelumnya apa sih pengertian surat lamaran kerja itu?

Surat lamaran kerja adalah, sebuah surat yang digunakan oleh seseorang yang sedang membutuhkan suatu pekerjaan kepada orang atau instansi yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan.

Selain itu, surat lamaran pekerjaan ini juga dapat diartikan sebagai surat dari calon karyawan kepada calon majikan, yang berisi permintaan agar calon karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan.

Surat lamaran kerja, umumnya bersifat formal atau resmi. Misalnya surat lamaran kerja untuk menjadi karyawan atau menjabat pada jabatan tertentu, sesuai dengan iklan yang ditawarkan.

6 Tips Saat Membuat Surat Lamaran Kerja Indomaret

tips-menulis-surat-kerja
pixabay

Pada dasarnya, cara membuat contoh surat lamaran kerja Indomaret ini hampir sama dengan cara membuat surat lamaran kerja yang lain. Hanya saja yang sedikit membedakan adalah tempat kita akan melamar pekerjaan tersebut.

Selain itu, agar surat lamaran pekerjaan yang kita ajukan dapat diterima oleh pihak HRD perusahaan, maka tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Nah apa saja yang harus diperhatikan saat membuat surat lamaran pekerjaan? Berikut ulasannya.

  1. Baca secara baik mengenai persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan Indomaret tersebut. Hal ini bertujuan, agar isi dari surat lamaran kerja kalian tidak keluar dari konteks.
  2. Menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, atau sesuai EYD.
  3. Menggunakan kata-kata yang mudah untuk dipahami (singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik).
  4. Tujuan dari surat harus jelas. Pastikan nama atau instansi yang dituju benar secara ejaan nama, gelar, jabatan, dan juga alamatnya.
  5. Setelah surat lamaran kerja selesai dibuat, baca sekali lagi surat tersebut. Pastikan tidak ada salah ketik atau salah tulis. Menggunakan bahasa yang baik dan benar, dan pastikan tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
  6. Kemudian, baik surat lamaran kerja yang diketik ataupun ditulis tangan, pastikan kertas yang kalian gunakan bersih. Tidak ada bekas lipatan, bekas kotoran, bekas tip-ex, bekas dihapus, dan lain sebagainya.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Indomaret

cara-menulis-surat-lamaran-kerja
pixabay

Langkah-langkah membuat surat lamaran kerja Indomaret:

1. Tempat dan tanggal penulisan surat

Dibagian ini kalian jangan sampai lupa, untuk menuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat tersebut karena ini sangat urgen atau penting sekali.

2. Kepada Yth.

Kalian wajib mencantumkan nama orang beserta gelar dan jabatannya, nama instansi atau nama perusahaan yang dituju, dan juga alamat lengkapnya.

3. Salam hormat

Berikan salam hormat kepada orang atau instansi yang dituju untuk menghormati calon atasan jika nantinya diterima.

4. Kata pengantar atau pembukaan. 

Sedikit berbeda dari kata pengantar karya ilmiah, di dalam kata pengantar atau pembukaan surat ini, kalian wajib mencantumkan mengenai dimana kalian mendapatkan informasi lowongan kerja yang di buka perusahaan/Indomaret yang kalian tuju. Baik dari internet, surat kabar, ataupun dari teman.

Selain itu sebutkan juga jabatan pekerjaan yang kalian pilih, jika di dalam perusahaan/Indomaret tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.

5. Biodata pribadi

Di dalam biodata pribadi, tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, dan pendidikan terakhir kalian. Namun untuk pendidikan ini sifatnya tidak wajib.

Jika kalian ingin menulis latar belakang pendidikan atau diminta untuk menuliskannya, maka tuliskan saja latar belakang pendidikan kalian.

6. Pengalaman kerja dan kemampuan kalian

Jika sebelumnya kalian sudah pernah bekerja, maka tuliskan pekerjaan kalian sebelumnya. Namun jika belum pernah bekerja, atau masih fresh graduate, maka tidak perlu untuk menuliskannya.

Tuliskan juga mengenai kemampuan kalian yang sekiranya di butuhkan di dalam perusahaan/Indomaret tersebut.

7. Lampiran surat lamaran kerja

Agar perusahaan/Indomaret yang kalian tuju semakin yakin untuk menerima kalian, maka lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai lebih.

Apa saja lampiran surat kerja yang dapat menambah nilai lebih tersebut?

  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir (legalisir)
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah diikuti)
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto terbaru

8. Penutup

Pada bagian penutup, tuliskan bahwa kalian benar-benar mempunyai keinginan kuat supaya diterima oleh perusahaan/Indomaret tersebut. Serta jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih.

9. Hormat saya (tanda tangan dan nama lengkap) 

Di bagian akhir, cantumkan tanda tangan beserta nama lengkap kalian.

Kemudian untuk lebih jelasnya, kalian dapat membaca contoh-contoh surat lamaran kerja Indomaret berbagai macam bidang yang sudah saya tulis berikut ini.

Baca juga: Contoh Surat Kronologis

Daftar Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret

Berikut ini adalah contoh-contoh surat lamaran kerja Indomaret yang dapat kalian jadikan sebagai referensi dan acuan dalam menyusun dan membuat surat lamaran kerja Indomaret:

1. Surat Lamaran Kerja Indomaret yang Baik dan Benar

Untuk bekerja di sebuah Indomaret, kalian terlebih dahulu diharuskan untuk membuat surat lamaran kerja. Hal tersebut disebabkan banyak sekali orang yang ingin bekerja di Indomaret, sehingga dilakukan seleksi calon karyawan yang lebih ketat dan teliti.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja Indomaret yang dapat kalian jadikan referensi, dan hanya tinggal menyesuaikan tanggal, nama, dlsb.

Surat Lamaran Kerja Indomaret
Madiun, 25 Desember 2019

Kepada Yth.

Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Prismatama

JL Kelapa Manis, No.108, Manisrejo, Taman, Manisrejo, Madiun, Kota Madiun.

Dengan hormat,

Bersama dengan ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja di PT. Indomarco Prismatama yang Bapak/Ibu pimpin. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                             : Muhammad Effendi

Tempat/ Tanggal Lahir   : Madiun, 10 September 1992

Alamat                           : Jl. Jendral Sudirman No. 15 Madiun

Pendidikan terakhir       : SMA

No. HP                          : 083420048207

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  7. Pas Foto Terbaru 3×4 dan 4×6 masing-masing 3 lembar

Demikian surat ini saya buat, besar harapan saya dapat di terima untuk bergabung dan bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Muhammad Effendi

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Bagian Surveyor

Mungkin masih belum begitu banyak yang mengetahui posisi sebagai surveyor di Indomaret, karena memang jarang sekali dilakukan perekrutan di posisi ini.

Hal tersebut disebabkan posisi sebagai surveyor tidak begitu banyak dibutuhkan, tidak seperti pada bagian-bagian yang lain.

Posisi sebagai seorang surveyor ini memiliki tugas untuk mengecek sebuah lokasi sebelum menentukan tempat tersebut untuk dijadikan toko/ Indomaret.

Surat Lamaran Kerja Bagian Surveyor
Madiun, 25 Desember

Kepada Yth.

Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Prismatama

JL. Urip Sumoharjo, No. 277, Manguharjo, 63127, Manguharjo, Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur.

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari koran jawapos radar madiun edisi 23 Desember 2019, bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja sebagai surveyor. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama                            : Ilham Putra Ardana

Tempat/ Tanggal Lahir  : Madiun, 20 Agustus 1994

Alamat                          : Jl. Slamet Riyadi No. 23 Madiun

No. HP                          : 08213478998

Berikut saya sertakan beberapa lampiran berkas sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  7. Surat Keterangan Pengalaman Kerja
  8. Pas Foto Terbaru 4×6 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebaik-baiknya, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Ilham Putra Ardana

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Bagian Kasir

Untuk bekerja sebagai kasir di sebuah Indomaret diberikan syarat minimal yaitu lulusan/ memiliki ijazah SMA. Selain itu posisi ini juga merupakan posisi yang paling favorit dan paling sering dibuka lowongan. Sehingga banyak sekali orang yang mengajukan lamaran di posisi ini.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja Indomaret untuk posisi kasir yang dapat kalian jadikan sebagai referensi:

Surat Lamaran Kerja Bagian Kasir
Madiun, 25 Desember 2019

Kepada Yth.

Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Prismatama

Jl. Salak No.44, Taman, Kec. Taman, Kota Madiun

Dengan hormat,

Bersama dengan ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja sebagai kasir di PT. Indomarco Prismatama yang Bapak/Ibu pimpin. Sehubungan dengan itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Maulana Malik Idris

Tempat/ Tanggal Lahir: Madiun, 10 Desember 1995

Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 32 Madiun

Pendidikan Terakhir: SMA

No. HP: 082539579080

Bersama dengan ini, saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi Sertifikat Kursus Komputer
  7. Surat Keterangan Sehat Dokter
  8. Pas Foto Terbaru 3×6 dan 4×6 3 lembar

Demikian surat ini saya buat, besar harapan saya dapat di terima untuk bergabung dan bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Maulana Malik Idris

4. Surat Lamaran Kerja Bagian Pramuniaga di Indomaret

Selain sebagai posisi kasir yang telah disebutkan di atas, posisi pramuniaga ini juga salah satu posisi yang sering diterima oleh Kepala Indomaret.

Bahkan hampir di setiap Indomaret memiliki jumlah pramuniaga yang lebih banyak dari pada karyawan di posisi kasir.

Oleh karena itu, posisi sebagai pramuniaga ini memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa diterima. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja Indomaret untuk posisi pramuniaga:

Surat Lamaran Kerja Bagian Pramuniaga
Madiun, 25 Desember 2019

Kepada Yth.

Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Prismatama

Jl. Dwi Jaya XI No.7, Klegen, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : Bambang Sutedy

Tempat/ Tanggal Lahir  : Madiun, 9 Agustus 1996

Alamat                          : Jl. Manggis No. 23 Madiun

Pendidikan Terakhir      : SMA

No. HP                          : 082147394858

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan lamaran kerja di Indomaret yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi pramuniaga.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki:

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  7. Pas Foto 4×6 3 lembar

Demikian surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat diteima di indomaret yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

 

Bambang Sutedy

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Bagian Gudang di Indomaret

Untuk memenuhi stok barang di Indomaret, sekaligus memastikan stok barang ada atau tidak, maka dibutuhkan orang dengan bagian yang berbeda yaitu bagian gudang.

Pada bagian ini memiliki tugas untuk melakukan pengecekan barang, sehingga tidak heran jika Indomaret juga membutuhkan banyak pekerja di bagian ini.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja Indomaret di posisi gudang yang dapat dijadikan sebagai referensi yang baik:

Surat Lamaran Kerja Bagian Gudang
Madiun, 25 Desember 2019

Kepada Yth.

Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Primsmatama

 Jl. Panglima Sudirman No.26, Kartoharjo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun

Dengan hormat,

Bersama dengan ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja di PT. Indomarco Prismatama yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi bagian gudang. Sehubungan dengan hal tersebut, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                             : Adam Pangestu

Tempat/ Tanggal Lahir   : Madiun, 23 Januri 1995

Alamat                           : Jl. Mangonsidi No. 12 Madiun

Pendidikan Terakhir       : SMA

No. HP                          : 082409495086

Bersama dengan ini, saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Surat Keterangan Pengalaman Kerja
  7. Surat Keterangan Sehat Dokter
  8. Pas Foto Terbaru 3×6 dan 4×6 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya dapat di terima untuk bergabung dan bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Adam Pangestu

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret Bagian Tenaga IT

Untuk bisa memastikan sistem yang ada di suatu perusahaan berjalan dengan baik dan normal, maka dibutuhkan tenaga kerja di bidang IT.

Indomaret adalah salah satu perusahaan denga sistem retail yang tentunya juga membutuhkan tenaga kerja IT, hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa perangkat kerja di Indomaret berjalan dengan lancar, baik, dan normal.

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja indomaret untuk bagian bidang IT yang dapat kalian jadikan sebagai referensi:

Surat Lamaran Kerja Bagian IT
Madiun, 25 Desember 2019

Kepada Yth.

Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Primsmatama

JL Kelapa Manis, No.108, Manisrejo, Taman, Manisrejo, Madiun

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari koran jawapos radar madiun edisi 23 Desember 2019, tentang penerimaan tenaga IT di Indomaret yang Bapak/Ibu pimpin.

Bersama dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja sebagai Tenaga IT, adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama                              : Fauzan Alhabib

Tempat/ Tanggal Lahir   : Madiun, 20 Mei 1997

Alamat                           : Jl. Diponegoro No. 45 Madiun

No. HP                           : 08128503809

Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan surat lamaran ini saya juga melampirkan dokumen:

  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Surat Keterangan Pengalaman Kerja
  7. Surat Keterangan Sehat Dokter
  8. Pas Foto Terbaru 3×6 dan 4×6 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebaik-baiknya, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

 

Fauzan Alhabib

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai contoh surat lamaran kerja Indomaret yang dapat kalian jadikan sebagai referensi. Selebihnya kalian dapat menyesuaikan sendiri mengenai tanggal pembuatan, alamat, dan lain sebagainya.

Semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat membantu dan memudahkan kalian dalam menyusun serta membuat surat lamaran kerja Indomaret yang baik dan benar dengan mudah.

Akhir kata, semoga pembahasan-pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Suka sharing, fotografi, dan bertualang :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.